Logo Bee Web

Sistem Informasi Akuntansi: Pengertian, Fungsi, Serta Contoh

Sistem Informasi Akuntansi (SIA) adalah sistem yang dipakai perusahaan untuk mengelola keuangan dan mempunyai informasi akurat.
Penulis: Rizal Arisona
Kategori:
Dipublish Tgl: Thursday, 2 March 2023

Sistem Informasi Akuntansi (SIA) adalah sebuah sistem yang biasanya digunakan oleh perusahaan atau organisasi untuk mengelola keuangan mereka dan menyediakan informasi akurat serta berguna dalam pengambilan keputusan.

Dalam era digital saat ini, SIA telah berkembang menjadi sebuah sistem informasi berbasis teknologi yang lebih kompleks dan terintegrasi dengan sistem-sistem lainnya.

Artikel ini akan membahas tentang SIA secara detail, termasuk pengertian, komponen dasarnya, fungsi, serta contoh. Mari baca hingga akhir untuk memperoleh pemahaman tentang SIA dan bagaimana sistem ini membantu perusahaan dalam mengelola keuangan.

Pengertian Sistem Informasi Akuntansi (SIA)

Apa itu Sistem Informasi Akuntansi atau SIA? Ini merupakan sistem yang digunakan untuk mengumpulkan, memproses, menyimpan, dan menyajikan informasi akuntansi secara sistematis oleh perusahaan atau organisasi.

SIA memungkinkan informasi keuangan dan akuntansi yang diperlukan bisa diperoleh secara cepat dan akurat serta digunakan oleh manajemen dalam memantau kinerja keuangan perusahaan, merencanakan anggaran, dan mengambil keputusan strategis.

Sistem ini juga membantu dalam pengendalian keuangan dengan memberikan mekanisme pengawasan dan validasi transaksi keuangan, sehingga bisa mengurangi risiko kesalahan atau kecurangan.

Ini bisa dikatakan bahwa akuntansi sebagai sistem informasi sehingga SIA menjadi salah satu alat penting dalam menjalankan bisnis dan mengelola keuangan perusahaan.

Komponen-Komponen Sistem Informasi Akuntansi

SIA terdiri dari beberapa komponen penting yang berfungsi untuk mengumpulkan, mengolah, serta menyajikan informasi keuangan dan akuntansi. Berikut adalah beberapa komponen utama SIA, antara lain:

1. Masukan atau Input Block

Komponen input dalam SIA mencakup semua data atau informasi keuangan dan akuntansi yang masuk ke dalam sistem, seperti transaksi penjualan, pembelian, penggajian, perintah, pesan dan lain-lain.

Informasi ini dikumpulkan dan dimasukkan ke dalam sistem untuk diolah dan digunakan dalam proses pengambilan keputusan.

2. Model atau Model Block

Ini terdiri dari logico mathematical model yang bekerja untuk mengolah masukan data agar bisa memproduksi hasil atau keluaran. Setelah itu, komponen model juga menjawab pertanyaan dan menggabungkan data menjadi laporan yang ringkas.

3. Keluaran atau Output Block

Komponen output dalam SIA mencakup semua informasi yang dihasilkan dari proses pengolahan data. Informasi ini disajikan dalam bentuk laporan keuangan, seperti faktur, surat pembelian, neraca, laporan laba rugi, dan laporan arus kas.

4. Teknologi atau Technology Block

Alat penunjang SIA yang bisa menangkan masukan, mengakses data, menjalankan model, menghasilkan data output, dan mengendalikan seluruh sistem.

Dalam SIA berbasis komputer, teknologi dikelompokkan menjadi tiga komponen, yaitu komputer, penyimpanan data eksternal telekomunikasi, dan perangkat lunak.

5. Basis Data atau Data Base Block

Tempat penyimpanan data yang digunakan untuk melayani kebutuhan pengguna informasi. Ini dibedakan menjadi dua, yaitu fisik berupa flashdisk dan logis.

6. Pengendalian atau Control Block

Komponen ini berfungsi untuk mengendalikan proses input, prosesor, dan output dalam sistem. SIA harus memastikan bahwa data dan informasi yang dimasukkan dalam sistem akuntansi valid serta melindungi data dari kerusakan, kehilangan, sabotase, atau pencurian.

Sia Atau Sistem Informasi Akuntansi Ilustrasi Kalkulator

Ilustrasi Menghitung Keuangan Menggunakan Kalkulator (Credit: Freepik.com)

Fungsi Sistem Informasi Akuntansi (SIA)

SIA mengambil beberapa peran atau fungsi penting dalam membantu perusahaan atau organisasi mengelola hingga memantau keuangan dan akuntansi mereka. Berikut adalah beberapa fungsi utama dari SIA, antara lain:

1. Mencatat Transaksi Keuangan

Sistem digunakan untuk mencatat transaksi keuangan dan akuntansi, seperti pembelian, penjualan, pembayaran, penggajian, dan lainnya. Setiap transaksi dicatat dalam jurnal dan buku besar untuk memastikan semua transaksi tercatat secara akurat dan terstruktur.

2. Menghasilkan Laporan Keuangan

SIA bisa menghasilkan laporan keuangan seperti neraca, laporan laba rugi, dan laporan arus kas. Laporan ini memberikan informasi penting bagi manajemen dan investor dalam memantau kinerja keuangan perusahaan serta untuk membuat keputusan investasi.

3. Membantu Dalam Perencanaan Anggaran

Berfungsi untuk mengidentifikasi pendapatan dan pengeluaran yang diperlukan dalam menjalankan bisnis. Menggunakan informasi dalam SIA, memungkinkan perusahaan bisa membuat anggaran realistis dan sesuai dengan kondisi keuangan yang ada.

Baca Juga: Cara Membuat Anggaran Tahunan untuk Bisnis dan Contohnya

4. Membantu Dalam Pengambilan Keputusan

Informasi SIA bisa digunakan oleh manajemen dalam pengambilan keputusan bisnis. Contoh, informasi tentang kinerja keuangan perusahaan akan membantu manajemen dalam memutuskan apakah harus memperluas bisnis atau menahan pengeluaran.

5. Mengendalikan Keuangan

SIA digunakan untuk mengendalikan keuangan dengan memberikan mekanisme pengawasan dan validasi transaksi keuangan, sehingga bisa mengurangi risiko kesalahan atau kecurangan.

6. Mengurangi Biaya

Menggunakan SIA memungkinkan perusahaan bisa mengurangi biaya administrasi karena semua proses akuntansi dan keuangan terpusat dalam satu sistem. Hal ini juga akan mengurangi biaya kesalahan manusia dan meningkatkan efisiensi.

Financial System Atau Sia

Sistem Keuangan untuk Bisnis (Credit: Freepik.com)

Dasar Proses Transaksi Bisnis dalam SIA

Adapun dasar proses transaksi bisnis dalam sistem yang berguna bagi perusahaan atau organisasi ini, antara lain:

1. Komponen Pendapatan

Pendapatan adalah salah satu komponen dasar dalam proses transaksi bisnis dalam SIA. Transaksi pendapatan meliputi aktivitas yang berhubungan dengan penjualan produk atau layanan oleh bisnis kepada pelanggan.

Beberapa langkah dasar dalam proses transaksi pendapatan adalah pencatatan penjualan, pembuatan invoice, penerimaan pembayaran, pencatatan dalam buku besar, dan penyusunan laporan keuangan.

2. Komponen Pengeluaran

Transaksi pengeluaran meliputi aktivitas yang berhubungan dengan pembelian barang atau jasa oleh bisnis dari pemasok atau vendor.

Beberapa langkah dasar yang dilakukan dalam proses transaksi ini adalah permintaan pembeli, pembuatan pesanan pembelian, penerimaan barang atau jasa, pencatatan faktur pembelian, pembayaran faktur, hingga penyusunan laporan keuangan.

3. Komponen Konversi

Salah satu dasar proses transaksi bisnis dalam SIA yang mengacu pada proses mengubah data keuangan dari satu bentuk ke bentuk lainnya.

Ini terdiri dari beberapa tahapan, yaitu pengumpulan data, pengkodean, pengolahan, dan pelaporan yang disajikan berupa laporan keuangan, seperti laporan laba rugi, neraca, dan arus kas.

Proses konversi memainkan peran penting dalam SIA karena memungkinkan data keuangan yang awalnya tidak terstruktur dan beragam diubah menjadi informasi keuangan lebih terstruktur dan relevan.

Informasi keuangan yang dihasilkan dari proses konversi memungkinkan manajemen dan pemangku kepentingan untuk membuat keputusan bisnis yang lebih baik dan berdasarkan data yang akurat.

4. Komponen Administratif

Dasar proses transaksi bisnis yang mengacu pada pengelolaan dokumen dan rekaman transaksi bisnis perusahaan.

Administrasi dalam SIA melibatkan beberapa tugas, yaitu pengumpulan dan pengolahan dokumen transaksi, pencatatan dan pemrosesan data, pelaporan keuangan, manajemen arsip dokumen dan rekaman transaksi bisnis.

Melakukan administrasi yang baik berarti perusahaan bisa memastikan bahwa transaksi bisnis tercatat dengan baik dan akurat untuk memonitor kesehatan keuangan, mengetahui profitabilitas bisnis, mengukur kinerja karyawan, dan memenuhi kewajiban pajak.

Contoh Sistem Informasi Akuntansi

Untung Pakai Beecloud Ambil Keputusan Cepat Laporan Keuangan Realtime

 

Ada banyak contoh SIA yang bisa Anda gunakan salah satunya adalah Beecloud. Ini merupakan software akuntansi online cloud yang memungkinkan untuk mengontrol banyak cabang dari satu lokasi saja.

Menggunakan perangkat lunak berbasis web ini memungkinkan Anda untuk menganalisa bisnis berdasarkan angka akurat, mencetak laporan dan invoice, mengatur hak akses karyawan, aman dari manipulasi dan kebocoran, serta bisa diakses melalui HP maupun PC.

Selain itu, Anda juga akan dimudahkan dalam pencatatan transaksi, pembuatan pembukuan, hingga penyusunan laporan keuangan. Semua data transaksi cabang terpusat secara online dan realtime. Jadi, Anda bisa kontrol bisnis kapan pun dan di mana pun.

Kesimpulan

SIA adalah suatu sistem yang mengintegrasikan teknologi informasi dengan akuntansi untuk mendukung perusahaan atau organisasi. Jadi, agar semua berjalan lebih mudah apakah Anda sudah siap untuk menggunakan Sistem Informasi Akuntansi Beecloud?

Artikel Terkait

Rasio Profitabilitas: Pengertian, Jenis dan Contohnya
Rasio profitabilitas adalah sebuah metode yang digunakan untuk mengetahui perbandingan kemampuan dua perusahaan berkaitan dengan pendapatan laba dari pendapatan yang
Baca Juga
Fixed Cost Adalah Biaya Tetap yang Penting Bagi Bisnis
Fixed cost adalah komponen penting dalam perencanaan keuangan perusahaan karena merupakan jenis biaya tetap yang harus dibayar dalam jangka waktu
Baca Juga
Mengenal dan Memahami Saldo Normal Akun dalam Akuntansi
Saldo normal akun merupakan salah satu konsep penting dalam akuntansi yang digunakan untuk memahami dan menganalisis keuangan suatu perusahaan. Dalam
Baca Juga
Pengertian dan Contoh Jurnal Penyesuaian Bisnis
Contoh jurnal penyesuaian banyak dicari oleh pebisnis seperti Anda. Seperti yang kita ketahui bersama jika pembukuan keuangan merupakan hal yang
Baca Juga
Goodwill Adalah Aset Tak Berwujud, Ini Penjelasan dan Jenisnya
Goodwill adalah aset tidak berwujud yang termasuk dalam bagian aset dalam neraca keuangan perusahaan yang berkaitan dengan perhitungan akuntansi. Pada
Baca Juga
Wesel Tagih Adalah Permintaan Bayaran Atas Utang
Wesel tagih adalah sebuah instrumen keuangan yang sering digunakan dalam transaksi bisnis dan berfungsi sebagai bukti utang wajib bayar oleh
Baca Juga

Artikel Populer

Tuesday, 10 May 2022
Download File Excel Laporan Laba Rugi Gratis
Baca Juga
Friday, 11 September 2020
11 Contoh SIM (Sistem Informasi Manajemen) Perusahaan
Baca Juga
Monday, 7 March 2022
[DOWNLOAD] Contoh Cash Flow Excel dan Template Membuatnya Gratis
Baca Juga
Thursday, 21 April 2022
Aplikasi POS Alfamart Adalah: Pengertian dan Cara Kerja
Baca Juga
Friday, 25 September 2020
Mengenal Sejarah Akuntansi Secara Singkat
Baca Juga
Monday, 25 April 2022
4 Contoh Pembukuan Kas Masuk dan Keluar dan Prosesnya
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Aer Space - Jl. Karang Tinggal No.41B, Cipedes, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu