🌙 Ketupat Lebaran Disc. upto 20%, Pebisnis Ritel Merapat!
00
Hari
:
00
Jam
:
00
Menit
:
00
Detik
Logo Bee Web

11 Tips Copywriting untuk Deskripsi Produk yang Menarik

Deskripsi produk adalah kalimat pemasaran yang berisi fitur, keunggulan, dan manfaat sebuah produk. Simak Tips copywriting berikut ini
Penulis: Lutfatul Malihah
Dipublish Tgl: Friday, 19 May 2023

Deskripsi produk penting untuk dipikirkan sebaik-baiknya karena merupakan kunci utama dalam menarik pembeli. Semakin kompleks sebuah produk, maka Anda semakin membutuhkan deskripsi yang detail agar calon pembeli tidak bingung dan semakin yakin membelinya. Sehingga perlu yang namanya copywriting.

Deskripsi ini harus berisi tentang informasi yang dibutuhkan oleh pembeli. Selain itu, penulisannya harus memperhatikan teknik copywriting. Tidak usah bingung karena Anda bisa langsung mempelajari teknik copywriting untuk menulis penjelasan tentang produk melalui artikel ini!

11 Tips Copywriting Cara Membuat Deskripsi Produk

Contoh Deskripsi Produk dan Tips Copywriting

Contoh Deskripsi Produk Skincare di Online Shop (Credit: Bee.id)

Deskripsi produk adalah kalimat-kalimat yang berisi penjelasan penting tentang sebuah produk dan alasan kenapa produk tersebut layak dibeli. Berikut beberapa tips copywriting yang bisa Anda ikuti dalam penulisan deskripsi tersebut agar jualan laris manis, yaitu:

1. Gunakan Bahasa Sesuai dengan Pelanggan yang Ditargetkan

Tips copywriting yang pertama adalah pahami dengan baik tentang karakteristik target pelanggan. Jika menjual sesuatu yang bersifat teknis, maka penting untuk memakai bahasa menarik bagi keahlian target pelanggan. Jika menjual sesuatu yang bersifat umum, maka sebaiknya gunakan bahasa yang gampang dipahami oleh masyarakat umum.

Baca Juga: 20 Contoh Copywriting dengan Kalimat Paling Efektif

2. Pertimbangkan Karakteristik Pelanggan

Beberapa hal yang harus dipertimbangkan saat membuat copywriting, antara lain jenis kelamin target pelanggan, kelompok usia, dan demografi. Setelah mengetahui secara jelas tentang aspek-aspek ini, buatlah deskripsi pemasaran yang dapat menawarkan solusi atas masalah pelanggan.

3. Membuat Daftar Kata Sifat Sensorik

Kata sifat sensorik mengacu pada kata-kata yang memicu reaksi panca indra

, seperti suara, rasa, sentuhan, penglihatan, dan aroma. Saat berbelanja online, pelanggan tidak dapat mengambil produk secara langsung sehingga penting untuk memberikan deskripsi yang mengandung kata sifat.

4. Hubungkan Fitur Produk dengan Manfaat

Fitur mengacu pada sesuatu yang dimiliki oleh produk. Misalnya, contoh deskripsi produk tentang kartu memori berkapasitas 64GB. Anda bisa menghubungkannya dengan manfaat tertentu, seperti “tidak perlu lagi khawatir akan kehabisan ruang untuk berfoto saat liburan”.

5. Temukan Nilai Keunikan Produk

Jangan lupa untuk menyertakan nilai keunikan saat membuat deskripsi jualan. Nilai unik ini merupakan pembeda produk Anda dengan para pesaing. Coba bahas tentang manfaat utama dari produk, tetapi pada saat yang sama, harus berhati-hati agar tidak terkesan membuat klaim palsu.

6. Tampilkan Urgensi

Pembeli tidak senang melewatkan sesuatu yang diinginkan. Oleh karena itu, ketika membuat copywriting pastikan untuk menampilkan faktor urgensi. Tunjukkan bahwa pembeli harus melakukan transaksi secepatnya jika tidak ingin melewatkan penawaran menarik.

Contoh deskripsi produk makanan dengan promo “buy 1 get 1” yang memiliki batas waktu. Anda bisa menggunakan salinan, seperti “Buruan beli, stok tinggal 5!”.

Baca Juga: 7 Tips Terapkan Promosi Buy One Get One Agar Tidak Rugi!

7. Tunjukkan Testimoni dari Pelanggan Sebelumnya

Testimoni dari pelanggan sebelumnya dapat menumbuhkan rasa percaya di benak calon pelanggan. Tunjukkan bahwa mereka bukan satu-satunya atau orang pertama yang membeli produk tersebut. Testimoni ini bisa berupa rating, ulasan, studi kasus, dan lencana sertifikasi.

8. Buatlah Judul yang Menarik

Judul adalah hal pertama yang akan diperhatikan oleh calon pembeli. Judul akan menentukan minat untuk membaca deskripsi jualan. Jika judul tidak menarik, maka tentu orang juga bisa merasa ragu untuk mencari tahu tentang produk tersebut.

9. Gunakan Kalimat Retorika

Kalimat retorika adalah deskripsi yang bisa membangkitkan emosi seseorang. Anda bisa memperhatikan pengalaman, bukan hanya produk. Misalnya, jika sedang menulis deskripsi jualan tentang tas kulit, Anda dapat memulainya dengan menyinggung tentang seberapa lembut rasanya di kulit pengguna.

Kalimat retorika dapat memicu pelanggan membayangkan pengalaman tertentu ketika menggunakan produk Anda. Hal tersebut akan mendorong mereka untuk melakukan transaksi.

10. Tambahkan Cerita Mini

Menambahkan cerita mini ke dalam deskripsi jualan akan meminimalkan kalimat persuasif yang terlalu terlihat. Cerita mini bisa berupa informasi tentang pembuat produk, hambatan yang dilalui saat mengembangkan produk, inspirasi, dan bagaimana produk akan dijual.

11. Tutup dengan CTA

Setelah menuliskan informasi penting dan menyertakan bukti testimoni, jangan lupa untuk menutup deskripsi jualan dengan call to action atau CTA. Anda bisa mengajak pembeli memasukkan produk ke keranjang, checkout, atau mengeklik tautan tertentu.

Komponen Penting dalam Deskripsi Produk

Deskripsi jualan pada dasarnya harus memuat informasi yang rinci tentang produk. Terkadang orang jadi gagal melakukan pembelian karena tidak adanya deskripsi. Saat berbelanja online, pembeli tidak dapat menyentuh barang langsung sehingga diperlukan deskripsi yang membangkitkan imajinasi.

Menulis deskripsi jualan sebenarnya tidak terlalu rumit. Deskripsi tersebut ini melibatkan retorika sederhana yang memuat enam komponen penting untuk memenuhi kebutuhan konsumen dan mesin pencari. Berikut ini beberapa elemen-elemen penting dalam deskripsi jualan, yaitu:

  • Deskripsi akurat tentang produk, seperti bahan, ukuran, dan dimensinya
  • Gambar produk yang berkualitas tinggi dan menarik
  • Informasi tentang harga dan pengiriman secara jelas
  • Spesifikasi rinci tentang fitur produk
  • Testimoni pelanggan
  • CTA

Deskripsi produk merupakan cara untuk memberikan gambaran yang jelas tentang suatu produk. Tujuannya membangkitkan imajinasi dan menarik minat pembeli untuk melakukan transaksi melalui tips copywriting di atas. Tidak sulit untuk membuat deskripsi ini, tetapi butuh kehati-hatian agar tidak terkesan melebih-lebihkan!

Setelah memalui proses pembuatan deskripsi produk yang menarik, langkah selanjutnya adalah melakukan promosi secara berkala agar bisnis mulai dikenal dan penjualan juga terus menarik. Dalam menjalankan promosi bisnis tentunya membutuhkan biaya didalamnya.

Sehingga Anda perlu melakukan penganggaran yang sesuai agar tidak berlebihan dan berakibat kerugian. Mulai dari memperhatikan pengeluaran dan pendapatan bisnis, memantau laba rugi dan laporan keuangan yang kemudian dianalisa.

Beecloud Untuk Mencatat Biaya Promosi Iklan Pemasaran Dan Mengetahui Laba Rugi

Untuk menigkatkan proses ini, Anda bisa menggunakan software akuntansi online Beecloud, memudahkan Anda melakukan pembukuan, pencatatan, pemantauan hingga analisa bisnis dengan lebih mudah dengan laporan keuangan langsung jadi. Bisa pantau bisnis dimana saja dan kapan saja.

Contoh Pembukuan Penjualan untuk Usaha Pemula
Bisnis yang dikelola akan berjalan lancar dan bertahan ketika keuangannya tertata. Oleh karenanya, contoh pembukuan penjualan wajib diterapkan bagi para
Baca Juga
Pengertian Komunikasi Bisnis, Jenis, Teknik, hingga Tujuannya
Apakah Anda sudah tahu pengertian komunikasi bisnis secara mendalam? Karena komunikasi bisnis adalah hal penting yang harus ada dalam sebuah
Baca Juga
Analisis Pasar: Tujuan, Metode, Faktor, Caranya dan Contoh
Analisis pasar menjadi kunci utama bagi pelaku bisnis yang ingin bertahan dan berkembang. Pasar yang berubah dengan cepat memerlukan pengamatan
Baca Juga
Contoh Laporan Bisnis Sederhana dan Cara Membuatnya
Laporan bisnis menjadi salah satu bagian yang tidak bisa dipisahkan lagi dalam proses berbisnis, dimana dari laporan ini akan memberikan
Baca Juga
9 Ide Bisnis Menjanjikan di Era Digital 2023
Di era digital seperti saat ini, jika Anda ingin memiliki bisnis menjanjikan yang sukses, Anda harus melakukannya berbasis digital juga.
Baca Juga
Tips Optimasi Facebook Business Manager pada Pemasaran Online
Facebook business manager saat ini banyak digemari oleh Masyarakat. Seperti yang diketahui bersama, Facebook sendiri dikenal sebagai salah satu perusahaan
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Aer Space - Jl. Karang Tinggal No.41B, Cipedes, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu