Logo Bee Web

7 Tips Terapkan Promosi Buy One Get One Agar Tidak Rugi!

Buy one get one adalah teknik promosi yang bisa menaikkan angka penjualan secara instan. Agar hasilnya maksimal, simak informasi berikut
Penulis: Lutfatul Malihah
Dipublish Tgl: Saturday, 13 May 2023

Selain memberi diskon untuk menarik lebih banyak target pasar, Anda juga dapat menerapkan buy one get one (beli satu gratis satu). Strategis bisnis yang satu ini termasuk paling populer karena hasilnya yang menjanjikan. Bahkan, bisnis baru dengan skala yang kecil pun juga sudah dapat menerapkannya.

Ada banyak manfaat dari menerapkan strategi ini termasuk menghabiskan stok yang awalnya menumpuk di gudang dalam waktu yang relatif lebih cepat. Namun, ada beberapa tips penting yang perlu diperhatikan agar strategi buy 1 get 1 dapat berhasil diterapkan. Anda bisa cek selengkapnya di bawah ini.

Apa Itu Promo Buy One Get One?

Bogof

Tips dan Trik promosi dengan Buy one get one (Credit: Freepik.com)

Persis dengan namanya, strategi pemasaran buy one get one artinya ketika konsumen mendapatkan dua item dari tempat Anda tapi mereka hanya membayar untuk satu item.

Artinya, barang satunya lagi didapat secara cuma-cuma alias gratis. Istilah promosi ini kerap disingkat BOGOF, yang kepanjangannya adalah Buy One Get One Free.

5 Manfaat Menerapkan Strategi Promosi Buy One Get One

Berikut ini deretan keuntungan yang akan didapatkan pebisnis ketika menerapkan promosi beli satu gratis satu:

1. Habiskan Stok

Apakah Anda memiliki produk edisi lama yang hanya menumpuk di gudang? Atau ada barang-barang di toko yang tak kunjung terjual dalam waktu lama? Maka, Anda bisa menerapkan teknik BOGOF.

Dijamin, stok yang tak kunjung terjual akan habis dalam waktu singkat bahkan bisa kurang dari 24 jam. Beli 1 barang dan gratis 1 dianggap sangat menguntungkan bagi konsumen, sehingga produk yang mungkin kurang sesuai selera pun akan tetap dibeli.

2. Meningkatkan Angka Penjualan Sementara

Angka penjualan sedang turun selama berbulan-bulan? Maka Anda bisa membuatnya naik secara instan dengan teknik BOGOF. Menurut penelitian, sekitar 66% konsumen menyukai promo beli satu gratis satu dibanding promo jenis lainnya, dan lebih dari 90% konsumen telah mencoba promo ini.

Namun, teknik ini hanya menaikkan penjualan dalam waktu singkat. Jadi setelah menerapkan teknik tadi, Anda harus secepat mungkin menemukan strategi lain untuk membuat angka penjualan tetap tinggi.

3. Memperkenalkan Produk Baru

Saat meluncurkan produk baru, tentunya Anda ingin mendapat banyak perhatian target pasar, bukan? Semakin banyak yang tahu tentang produk tersebut, maka penjualan akan semakin meningkat, dan untuk menarik perhatian Anda bisa terapkan BOGOF.

4. Pembeli Mengulang Pembelian

Satu lagi manfaat dari teknik promosi ini adalah pembeli yang sama dapat mengulang pembelian di waktu yang berbeda. Misalnya produk Anda memang berkualitas bagus, lalu agar target pasar mengetahuinya maka Anda terapkan teknik BOGOF tadi.

Ketika konsumen puas dengan produk tersebut, tentu mereka akan membeli lagi di kemudian hari, bahkan bisa juga penasaran dengan produk lain dari merk Anda. Ketika muncul rasa percaya, maka pelanggan potensial bisa berubah menjadi pelanggan setia.

5. Branding

Saat suatu merk dikenal konsumen suka memberikan promo, seperti beli 1 gratis 1, tentu merk tersebut akan lebih disukai, bukan? Semakin populer maka semakin naik juga omsetnya. Jadi, promo jenis ini juga dapat membantu branding.

7 Tips Menerapkan Strategi Buy One Get One

Berikut ini 7 tips yang bisa Anda lakukan agar promosi bisa berjalan dengan optimal:

1. Tentukan Audiens

Misal Anda menjual produk untuk remaja, maka target audiens bisa banyak Anda temukan di media sosial. Anda bisa gencar promosikan teknik BOGOF di Instagram, Twitter, Facebook, TikTok, atau platform lain yang sedang populer di kalangan anak muda.

2. Terapkan FOMO

FOMO adalah akronim dari Fear of Missing Out, yaitu perasaan takut akan kehilangan sebuah momen. Sebagai contoh, Anda bisa buat tulisan "Buy 1 Get 1 Khusus Hari Ini!"

Ketika ada batas waktu, maka target pasar akan sesegera mungkin membeli produk. Hal ini pun membuat teknik BOGOF lebih maksimal. Anda juga bisa menampilkan jumlah stok untuk menarik perhatian, misalnya "Beli 1 Gratis 1 Stok Tinggal 10".

Baca Juga: Mengenal Psikologi FOMO sebagai Taktik Pemasaran yang Efektif

3. Dekati Audiens

Jika tulisan beli 1 gratis 1 hanya ada di dalam toko, maka orang-orang yang melihatnya akan terbatas. Karena itu, dekati audiens dengan membuat tulisan di depan toko.

4. Pilih Waktu

Terapkan BOGOF di saat yang tepat agar tidak merugikan. Contohnya saat stok barang lama tak kunjung terjual, saat ingin cepat-cepat membeli stok baru, atau ketika produk mendekati tanggal kadaluarsa.

5. Gunakan Software Untuk Pantau Stok Barang dengan Akurat

Tips selanjutnya yang bisa dilakukana adalah dengan mengunakan software dimana Anda bisa lebih mudah memnatau dan mengontrol stok barang, sehingga promosi buy 1 get 1 ini bisa menghasilkan penjualan tinggi namun tidak merugikan.

Anda bisa menggunakan software kasir online Beepos, mudahkan Anda dalam mengontrol stok langsung potong sesuai dengan penjualan, sudah dilengkapi dengan lapoan stok lengkap yang akan memudahkan Anda dalam melakukan stok opname.

Kontrol Stok Bpm

Selain itu, Anda juga bisa mengontrolnya dimana saja secara real-time tanpa repot wira-wiri ke semua cabang. Jangan lupa pantau juga mana produk telaris dan mana produk yang kurang dan lakukan program promosi agar penjualan produk lebih merata.

6. Banyak Pilihan Iklan

Agar hasilnya maksimal, iklankan promosi BOGOF di banyak tempat, seperti pada banner, spanduk, selebaran, media sosial, website, poster, WOM (word of mouth), dan sebagainya.

7. Naikkan Harga

Agar tidak terlalu merugi, Anda bisa terlebih dulu menaikkan harga sebelum menerapkan BOGOF. Misalnya untuk produk seharga Rp10.000 bisa dinaikkan menjadi Rp15.000. Jadi harga ini sebenarnya untuk 2 produk karena nantinya konsumen akan mendapat 1 produk gratis.

8. Demo Produk

Menarik pelanggan bisa juga dengan demo produk, misalnya dalam bentuk video yang di upload ke media sosial, atau demo langsung di depan stand jualan jika Anda sedang ikut event.

Baca Juga: Tips Teknik Promosi, Jenis, Strategi dan Contohnya

Kesimpulannya, teknik promosi buy one get one akan memberikan keuntungan jika diterapkan pada saat yang tepat, seperti saat angka penjualan turun, barang edisi lama tidak laku terjual, atau produk hampir kadaluarsa. Jika tak ingin terlalu merugi, bisa juga menaikkan harga terlebih dulu.

Artikel Terbaru

Artikel Populer

Tips Bisnis

Coba Gratis

Follow Social Media Bee

Cara Memasarkan Produk Online Shop Dengan Tepat
Baik Anda pebisnis online baru atau sudah lama, mempelajari cara memasarkan suatu produk akan sangat berguna. Tanpa strategi pemasaran yang
Baca Juga
Kenali Lebih Dalam Tentang Riset Pemasaran Sebelum Memulai Bisnis
Sebelum memulai suatu bisnis atau usaha perlu dilakukannya riset pemasaran untuk mendapatkan data yang akurat dan bersifat objektif sehingga dapat
Baca Juga
Peluang Usaha di Desa yang Menguntungkan Bagi Perintis Bisnis
Saat zaman beralih serba digital, ada berbagai peluang usaha di desa yang bisa dirintis untuk memulai bisnis. Orang tidak perlu
Baca Juga
Peluang dan Kiat Sukses Usaha Toko Minimarket
Usaha toko minimarket seiring berjalannya waktu mengalami masa-masa sulit terutama saat pandemi melanda Indonesia. Bukan hanya itu, keberadaan usaha toko
Baca Juga
SEO Marketing: Jenis, Fungsi dan Penerapannya dalam Bisnis
SEO marketing adalah sebuah teknik optimasi bisnis guna meningkatkan konversi marketing hingga penjualan. Konversi sendiri merupakan istilah dalam digital marketing
Baca Juga
Manajemen Salesman: Pengertian, Aspek, dan Cara Melakukan
Salesman (manajemen) merupakan elemen penting dalam strategi penjualan suatu perusahaan. Dalam dunia bisnis yang kompetitif, memiliki tim penjualan yang efektif
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Ruang 59 - Jl. Surya Sumantri No.59, Sukawarna, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu