🌙 Ketupat Lebaran Disc. upto 20%, Pebisnis Ritel Merapat!
00
Hari
:
00
Jam
:
00
Menit
:
00
Detik
Logo Bee Web

9 Tips Sukses Jalankan Bisnis Toko Kue Kering

Bagamana cara bersaing jaankan bisnis toko kue kering ditengah padatnya pesaing? Coba terapkan beberapa tips dalam artikel berikut ini
Penulis: Lutfatul Malihah
Kategori:
Dipublish Tgl: Friday, 1 September 2023

Kue kering menjadi makanan ringan yang tidak asing lagi di lidah masyarakat Indonesia, biasanya disajikan untuk cemilan biasa hingga hidangan ketika hari raya. Oleh sebab itu, keberadaan bisnis toko kue kering berada dimana-mana.

Dari sudut pandang pembeli hal ini menguntungkan karena mereka bisa memilih dimana kue yang akan dibeli. Namun, dari sudut pandang penjual hal ini menjadi tantangan tersendiri karena banyaknya persaingan bisnis yang bergerak di sektor yang sama.

Untuk itu, pebisnis perlu memiliki diferensiasi produk agar mudah dibedakan dengan kompetitor lainnya. Selain itu, ada beberapa tips sukses lainnya yang bisa Anda lakukan agar keuntungan bisnis semakin meningkat.

Tips Sukses Bisnis Toko Kue Kering Untung 2x Lipat

Bisnis toko kue kering

Coba lakukan riset pasar agar bisis toko kue Anda bisa fokus dalam meningkatkan penjualan (Credit: Freepik.com)

Ikuti beberapa tips di bawah ini agar bisnis toko kue kering Anda sukses dengan hasil penjualan 2x lipat:

1. Susun Rencana Bisnis dengan Matang

Langkah pertama untuk membuka bisnis toko kue kering tentunya dengan menyusun rencana bisnis secara matang terlebih dahulu. Mulai dari memilih jenis kue kering apa yang akan dijual.

Bagaimana resep kue kering yang akan digunakan, desain kemasan, proses produksi, sistem penjualan, strategi promosi dan masih banyak lagi lainnya. Usahakan susun rencana bisnis ini dengan detail dan matang sebelum Anda benar-benar membuka usaha.

Baca Juga: Contoh Perencanaan Usaha: Tips Membuat Usaha yang Sukses

2. Tentukan Siapa Target Pasar

Hal paling penting berikutnya dalam menjalankan bisnis, termasuk untuk usaha kue kering adalah mengenal target pasar. Apa sih target pasar itu? Target adalah sekelompok konsumen yang menjadi sasaran pendekatan bisnis agar produk tersebut dibeli.

Contoh target pasar pada usaha toko kue kering yakni remaja dan anak-anak dengan bentuk kue kering kekinian dan sehat sehingga aman dikonsumsi balita.

3. Buat Inovasi Baru

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, jika bisnis toko kue kering di Indonesia begitu mewabah dan berada dimana-mana yang menjadikan persaingan begitu ketat antar pengusaha, sehingga dibutuhkan inovasi baru agar produk lebih unggul dan mudah dikenali.

Dalam berinvosi sendiri tidak ada batasan, ada banyak peluang dan kesempatan yang bisa Anda inovasikan. Seperti produk kue kering dengan karakter unik, inovasi dari kemasannya, inovasi dari cara promosi dan lain sebagainya.

4. Berikan Kemasan yang Menarik

Kemasan Kue Kering Menarik

Ilustrasi proses pengemasan kue kering menarik dan berkualitas (Credit: Freepik.com)

Tips sukses dalam menjalankan bisnis toko kue kering adalah dengan memberikan kemasan yang menarik. Kemasan tidak hanya berguna untuk wadah dari produk saja, dari kemasan pembeli akan memberikan nilai awal mereka. Kemasan adalah branding dari produk itu sendiri.

Semakin baik kemasan maka semakin tinggi peluang konsumen akan tertarik dengan produk yang Anda jual. Jangan lupa, tambahkan informasi produk Anda dalam kemasan, lampirkan juga hasil uji nutrisi agar produk semakin dipercaya dan terlihat kualitasnya.

5. Jaga Kualitas Produk

Berikutnya adalah menjaga kualitas produk, sekali saja Anda menjual produk dengan kualitas tidak baik maka citra bisnis Anda akan tercoreng begitu juga kepercayaan pelanggan terhadap Anda.

Kesan buruk akan lebih mudah diingat oleh pelanggan dibandingkan dengan kesan yang baik, Harga kepercayaan lebih mahal dalam bisnis dibandingkan apapun. Oleh sebab itu, pastikan untuk selalu menjaga kualitas produk.

6. Jual Offline dan Online

Tips sukses berikutnya adalah perluas jangkauan pasar, yakni dengan menjualnya secara offline dan online. Dengan berjualan menggunakan dua metode langsung maka potensi meningkatnya angka penjualan juga semakin tinggi.

Penjualan offline bisa Anda lakukan di toko pada umumnya, atau menggunakan sistem konsinyasi dengan menitipkan produk pada beberapa toko untuk dijual. Sedangkan secara online bisa dilakukan dengan cara yang lebih variatif, bisa dengan media sosial, e-commerce, website dan lain sebagainya.

7. Manfaatkan Media Sosial

Toko Kue Kering

Potret produk toko kue kering untuk keperluan promosi media sosial (Credit: Freepik.com)

Hal selanjutnya yang bisa dilakukan agar penjualan bisnis toko kue kering semakin meningkat adalah dengan memanfaatkan media sosial. Di era sekarang siapa yang tidak menggunakan media sosial? Hampir semua kalangan menggunakannya. Tanpa batasan usia dan wilayah.

Oleh karena itu, memanfaatkan media sosial dalam pemasaran kue kering adalah langkah strategis untuk mengembangkan bisnis Anda. Dengan memilih platform yang sesuai seperti Instagram atau Facebook, Anda dapat mengunggah foto-foto kue kering yang menggiurkan, menciptakan konten yang berkualitas, dan berinteraksi dengan audiens secara aktif.

Penggunaan hashtag yang tepat juga dapat membantu meningkatkan visibilitas konten Anda. Konten yang beragam, seperti resep menggunakan kue kering Anda, testimoni pelanggan, dan cerita di balik produk dan seterusnya.

8. Buka Reseller Eceran

Memperluas penjualan kue kering juga bisa dilakukan melalui pembukaan reseller eceran baik secara online maupun offline. Hal pertama yang perlu Anda lakukan untuk membuka kegiatan ini adalah membuat rencana strategis.

Seperti menentukan jangkauan wilayah geografis mengingat produk kue kering memiliki batas waktu sebelum kadaluarsa, kemudian menentukan kriteria reseller, perencanaan sistem penjualan, stok dan lain sebagainya.

Pastikan semua manajemen bisnis sudah tertata rapi sebelum menggandeng jasa reseller, agar pihak kita maupun reseller tidak ada yang dirugikan karena sistem yang belum sempurna.

Baca Juga: 17 Ide Bisnis Rumahan Modal Kecil Untung Besar 2023

9. Buat Pembukuan Keuangan Bisnis

Tips terakhir sukses dalam menjalankan bisnis toko kue adalah dengan memiliki pembukuan keuangan bisnis yang baik. Pentingnya menjaga pembukuan keuangan dalam bisnis toko kue tidak dapat diabaikan.

Dengan pembukuan yang teratur, Anda mampu memantau laba dan rugi perusahaan secara lebih akurat. Data yang tercatat dengan baik akan memberikan gambaran yang jelas tentang pendapatan dan pengeluaran, membantu Anda mengambil keputusan yang lebih cerdas dalam mengelola bisnis Anda.

Pakai Beecloud Dapatkan Pembukuan Keuangan Bisnis Lebih Baik

Catat Biaya Produksi Menggunakan Beecloud

Dengan menggunakan Software Akuntansi Online Beecloud, Anda akan mendapatkan kemudahan dalam mengelola pembukuan keuangan. Software ini menyediakan fitur yang memudahkan pencatatan transaksi harian, pembuatan laporan keuangan, dan pelacakan arus kas. Ini memungkinkan Anda untuk secara real-time melihat bagaimana bisnis Anda tumbuh dan berkinerja.

Selain itu, evaluasi berdasarkan data yang dihasilkan oleh software akuntansi online seperti Beecloud akan membantu Anda mengidentifikasi tren dan pola dalam bisnis Anda. Anda dapat melihat produk yang paling laris, periode dengan penjualan tertinggi, dan faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja bisnis Anda. Dengan informasi ini, Anda dapat merencanakan strategi pemasaran dan pengembangan produk yang lebih efektif.

Terakhir, Beecloud menggabungkan semua keuntungan di atas dalam satu aplikasi yang user-friendly. Anda tidak perlu memiliki latar belakang akuntansi yang mendalam untuk menggunakannya. Ini memberikan fleksibilitas dan kemudahan akses.

Coba gratis sekarang juga khusus untuk Anda pengguna pertama sekarang juga dan jadikan bisnis toko kue kering Anda lebih baik dari sebelumnya.

10 Contoh Iklan Produk dan Tips Membuatnya
Iklan produk menjadi salah satu aspek penting dalam pemasaran yang tidak dapat diabaikan. Ada banyak sekali contoh iklan produk yang
Baca Juga
Instagram Ads: Cara Efektif Beriklan di Platform Populer 2023
Apakah Anda ingin menjangkau audiens yang lebih luas untuk bisnis Anda? Instagram Ads dapat menjadi solusi yang tepat untuk Anda.
Baca Juga
Jastip Adalah: Pengertian, Cara Kerja serta Tips
Jastip adalah singkatan dari jasa titip, bisnis ini menjadi semakin populer di kalangan masyarakat Indonesia, terutama dengan semakin berkembangnya teknologi
Baca Juga
9 Tips Buat Label Makanan Keren Sesuai BPOM
Memiliki label makanan pada produk yang makanan yang diproduksi memang menjadi impian bagi semua pebisnis makanan, apalagi saat ini banyak
Baca Juga
Tips Mudah Bikin Laporan Akuntansi Excel dan Rumusnya
Membahas mengenai akuntansi excel memang tidak bisa lepas dengan laporan keuangan. Apakah Anda sudah mengenali apa saja rumus yang bisa
Baca Juga
13 Fungsi Kemasan Produk Bagi Konsumen dan Bisnis, Apa Saja?
Kemasan produk adalah salah satu elemen dalam bisnis yang perlu sangat perlu untuk diperhatikan. Ini dikarenakan kemasan atau bungkus sendiri
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Aer Space - Jl. Karang Tinggal No.41B, Cipedes, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu