Web Logo Bee
Penulis: Rininta Oktaviana

Ketahui Pentingnya Nota Penjualan dan Cara Mudah Membuatnya

Dipublish Tgl: Tuesday, 30 August 2022

Pernahkah kalian melakukan pembelian kemudian mendapatkan kertas yang bertuliskan barang apa saja yang kita beli? Kertas yang sering kita sebut dengan istilah struk ini merupakan bentuk dari nota penjualan. Nota ini menjadi bukti sah menganai transaksi jual beli yang kita lakukan. Di dalam sebuah transaksi perdagangan nota memiliki peran penting baik untuk pembeli maupun penjual.

Apa itu Nota Penjualan?

manfaat nota penjualan

Ilustrasi Nota Penjualan (Sumber: Freepik.com)

Nota penjualan merupakan bukti resmi berupa dokumen tertulis dari transaksi perdagangan yang diberikan penjual kepada pembeli ketika transaksi telah selesai. Secara umum berisi informasi barang, jumlah dan rincian harga barang yang dibeli. Nota biasanya terdiri dua rangkap dimana satu rangkap diberikan kepada pembeli. Sedangkan sisanya disimpan oleh penjual. Selain sebagai bukti transaksi, nota  juga memiliki peran yang sangat penting dalam penyusunan laporan keuangan pemilik usaha.

Fungsi Nota Penjualan

Selain fungsi utamanya sebagai bukti sah sebuah transkasi, nota penjualan juga memiliki beberapa fungsi lain yang juga tidak kalah penting bagi pihak pembeli maupun penjual.

  1. Sebagai bukti sah bahwa transaksi perdagangan telah terlaksana. Nota kerap dibubuhi dengan identitas perusahaan penjual seperti logo, stempel bahkan tanda tangan sebagai bukti valid atas transaksi yang terjadi.
  2. Selanjutnya sebagai bahan pembukuan bagi penjual. Nota berisi data informasi barang/jasa yang ditransaksikan. Sumber data inilah yang menjadi referensi penjual dalam melakukan pembukuan.
  3. Sebagai bentuk kepercayaan konsumen kepada penjual atas barang yang telah dibeli
  4. Sebagai bukti bahwa barang yang tertulis sama dengan barang yang diterima pembeli. Sehingga ketika ada kesalahan penerimaan barang bisa dijadikan bukti dan dapat diajukan pengembalian.

Baca Juga: Pengertian, Fungsi dan Cara Membuat Nota Kosong Manual

Komponen Nota Penjualan

contoh nota penjualan laundry

Ilustrasi Contoh Nota Penjualan Laundry

Setelah memahami fungsi dari nota penjualan, kira-kira informasi apa saja yang diperlukan untuk membuat nota penjualan? Sebagai bukti sah transaksi jual beli, nota memiliki beberapa komponen yang harus ada di dalamnya. Komponen-komponen tersebut di antaranya :

  1. Informasi tentang hari dan tanggal transaksi perdagangan.
  2. Informasi mengenai pemilik bisnis seperti nama, alamat, telepon dan lainnya.
  3. Informasi mengenai jenis barang, jumlah barang serta harga barang yang dijual.
  4. Detail informasi mengenai total harga yang harus dibayar pembeli.
  5. Bukti sah pemilik usaha baik berupa stempel maupun tanda tangan.

Jenis-jenis Nota Penjualan

Apakah kalian pernah mengamati nota penjualan yang kalian terima dari supermarket? Ternyata nota tersebut hanya satu dari beberapa jenis nota penjualan yang beredar. Ada beberapa jenis nota yang juga digunakan dalam transaksi jual beli. Mari kita simak, nota apa saja yang digunakan dalam sebuah transaksi jual beli.

  • Nota Kontan

Nota kontan adalah nota yang diterbitkan sebagai bukti transaksi jual beli telah diselesaikan secara tunai. Nota jenis ini sering kita dapatkan dalam transkasi sehari-hari. Biasanya rangkap dua, nota asli diberikan kepada pembeli dan nota salinan akan disimpan pemilik usaha.

  • Nota Debit

Nota debit adalah nota yang dibuat oleh pihak pembeli sebagai bukti pengembalian barang karena adanya ketidaksesuaian barang yang diterima pembeli. Sama dengan nota kontan, nota debit juga terdiri rangkap dua. Bedanya nota asli diberikan kepada penjual bersama dengan barang yang dikembalikan. Sedangkan nota salinan akan disimpan pembeli sebagai bukti transaksi.

  • Nota Kredit

Ada kaitannya dengan nota debit, nota kredit dibuat oleh penjual sebagai bukti dari penerimaan barang yang dikembalikan oleh pembeli. 

Apa Pentingnya Nota Penjualan Saat Berbisnis

Ilustrasi Memerika Nota Penjualan

Apabila dilihat lebih dalam lagi, nota penjualan tidak hanya penting bagi pembeli saja. Nota juga penting untuk pemilik bisnis. Lalu apa pentingnya nota penjualan untuk pemilik bisnis? Berikut adalah penjelasannya. 

  • Membantu Pembukuan Keuangan

Setiap pemilik usaha pasti membutuhkan pembukuan keuangan mengenai bisnis yang mereka kelola. Pembukuan keuangan ini membutuhkan informasi transaksi apa saja yang telah terjadi. Di sinilah  letak fungsi dari nota penjualan di dalam sebuah bisnis usaha. Nota penjualan sebagai bukti transaksi dikumpulkan dan dikelolah hingga menghasilkan informasi berupa laporan keuangan. Dari laporan keuangan tersebut dapat diambil kesimpulan bagaimana keadaan usaha yang sedang dikelola. Sehingga dapat dengan mudah bagi pemilik bisnis dalam megambil keputusan untuk langkah selanjutnya, 

  • Sebagai Catatan Barang dan Jasa

Di dalam sebuah bisnis, informasi mengenai barang keluar sangat dibutuhkan. Karena itu keberadaan nota menjadi penting. Informasi yang terdapat di dalam nota dapat dijadikan acuan untuk mengetahui barang apa saja yang telah terjual. Dari infromasi berapa banyak barang yang terjual dapat diketahui juga barang apa saja yang masih tersisa. Sehingga akan sangat mudah bagi pemilik usaha untuk mengontrol keluar masuk barang. Maka dari itu sangat penting bagi pemilik bisnis untuk memiliki catatan atau bukti transaksi penjualan 

  • Menunjukkan Rincian Harga

software akuntansi penjualan invoice nota

Ilustrasi Software Akuntansi Membuat Nota Penjualan (Sumber: Bee.id)

Dalam nota penjualan telah tertulis jelas harga yang telah disepakati oleh penjual dan pembeli. Adanya nota menjadi bukti valid karena transaksi penjualan dilakukan secara transaparan dan jelas. Sehingga apabila terjadi permasalahan dikemudian hari dapat menjadi bukti kuat.

  • Meningkatkan Kepercayaan Konsumen

Dalam berbisnis kepercayaan konsumen merupakan prioritas utama bagi perusahaan. Tanpa ada kepercayaan konsumen, bisnis tidak akan mudah dijalankan. Untuk itu perusahaan terus berusaha untuk meningkatkan kepercayaan konsumen. Salah satu cara yang mudah dilakukan adalah dengan memberikan bukti kepada konsumen berupa informasi transaksi yang didokumentasikan. Kesesuaian barang yang diterima dengan nota yang diberikan menjadi poin tambahan bahwa bisnis kita memiliki sifat yang jujur.

  • Pengingat Piutang Konsumen

Seperti yang kita ketahui ada beberapa jenis nota yang beredar. Salah satunya adalah nota kredit. Nota kredit dapat mempengaruhi pendapatan perusahaan.  Karena mempengaruhi penerimaan piutang yang diberikan kepada konsumen oleh perusahaan. Maka dari itu, adanya nota kredit dapat membantu mengingatkan perusahaan dalam menagih piutang konsumen. Piutang biasanya diberikan kepada konsumen dengan tanggang waktu tertentu sesuai dengan yang tertera di nota. Pembayaran tepat waktu bisa membuat arus kas perusahaan berjalan lancar.

  • Menghentikan Masalah Berulang

Ilustrasi Memeriksa Nota Penjualan

Dalam transaksi tidak jarang kita menemui kegiatan yang berulang. Seperti kita harus menagih piutang setiap bulan karena kesetiaan pelanggan yang secara rutin membeli produk kita. Karena data informasi yang digunakan juga berulang maka untuk mempercepat proses kinerja dapat diotomatisasikan pembuatan nota invoice. 

Cara Membuat Nota Penjualan

Punya usaha tapi belum memiliki nota? Tidak perlu khawatir apabila usaha masih kecil dan belum mampu membeli software mahal. Kalian dapat membuat nota penjualan dengan Microsoft Excel. Untuk membuat nota kalian hanya menggunakan fungsi Index, Match dan Sum.

Membuat Nota Penjualan dengan Beecloud

nota invoice penjualan

Invoice Penjualan dengan Software Akuntansi Beecloud

Jika kalian menggunakan Microsoft Excel berarti kalian masih menggunakan cara manual. Kalian harus memasukkan rumus hitungan ke dalam template. Berbeda lagi jika kalian menggunakan aplikasi dari Beecloud, kalian tidak perlu lagi memasukkan rumus perhitungan. Dengan menggunakan aplikasi Beecloud semua otomatis dan aplikasi juga telah terintegrasi satu sama lain. Sehingga transaksi dapat berjalan dengan mudah dan cepat. 

Baca Juga: 5 Aplikasi Pembuat Nota Penjualan dan Pembayaran di 2022

Kesimpulan

Penting untuk diingat nota penjualan sangat penting sebagai buukti transaksi yang sah dan menjadi acuan dalam pembuatan laporan keuangan. Tanpa adanya nota penjuualan akan sulit mendapat rincian harga dan bukti pembayaran yang sah.

Seperti yang telah dijelaskan di atas ada cara mudah untuk membuat nota penjualan. Jika Anda ingin membuat nota yang cepat dan mudah kami sarankan untuk menggunakan software. Software Akuntansi Beeaccounting bisa menjadi solusi cepat Anda. Software ini telah dilengkapi dengan nota penjualan otomatis yang juga terintegrasi dengan laporan keuangan. Jadi Anda tidak perlu lagi membuat laporan keuangan dengan dicocokan dengan nota terlebih dahulu. Dengan Software Akuntansi Beeaccounting seluruh data telah sinkron dan mudah untuk digunakan.

Coba gratis 30 dengan klik di sini atau klik gambar di bawah ini.

Bikin-Nota-Penjualan-Sekali-Klik
6 Inspirasi Desain Toko Estetik Bikin Customer Betah Belanja
Tidak sedikit pemilik usaha toko yang mengaku bingung bagaimana menata toko yang baik agar terlihat menarik. Ada juga pemilik toko […]
Baca Juga
Rekomendasi 9 Aplikasi Kasir Swalayan yang Aman dan Murah
Aplikasi kasir swalayan adalah sebuah sistem yang banyak digunakan kasir. Bаgі Andа уаng mеnjаlаnkаn bіѕnіѕ, Anda perlu dan bеnаr-bеnаr mеmbutuhkаn […]
Baca Juga
Aplikasi Penjualan Barang untuk Pengusaha Banyak Cabang
Untuk saat ini, dunia bisnis memang sudah sangat jauh berkembang. Apalagi dengan adanya sebuah teknologi yang dapat memudahkan kegiatan berbisnis. […]
Baca Juga

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Kontak
No. GSM klik bawah ini
Logo GSM Telp
Copyright © 2022 Bee.id
magnifiercrossmenu