🌙 Ketupat Lebaran Disc. upto 20%, Pebisnis Ritel Merapat!
00
Hari
:
00
Jam
:
00
Menit
:
00
Detik
Logo Bee Web

4 Contoh Proses Bisnis Sederhana dan Manfaatnya

Simak beberapa contoh proses bisnis sederhana ini untuk meningkatkan produktivitas, mengurangi risiko kegagalan, mengatur waktu dan lainnya.
Penulis: Lutfatul Malihah
Kategori:
Dipublish Tgl: Monday, 24 April 2023

Mengelola sebuah bisnis tidaklah mudah, untuk itu dibutuhkan tahapan-tahapan yang jelas tentang operasional bisnis nantinya. Inilah yang dinamakan proses berbisnis. Apa itu dan bagaimana contoh proses bisnis? Pada dasarnya, proses ini terdiri dari serangkaian tahapan yang saling berhubungan.

Tujuan diadakannya tahapan-tahapan tersebut yakni supaya bisnis berjalan dengan maksimal dan efisien. Sebagai usaha, sudah menjadi kewajiban untuk mengelola sumber daya agar produktivitas bisnis kian meningkat. Kabar baiknya, merancang proses dalam berbisnis tidak begitu sulit.

Namun tetap membutuhkan pemahaman yang kuat terkait alur usaha dan sedikit kreativitas. Untuk para pengusaha yang ingin mencapai target-target bisnis secara optimal, pahami dulu cara merangkai proses dalam berbisnis yang benar melalui pembahasan sebagai berikut!

Proses Bisnis itu Apa?

Proses Bisnis Sederhana

Setiap Bisnis yang Tercipta Membutuhkan Proses Didalamnya (Credit: Freepik.com)

Berdasarkan pengertian yang disinggung di atas, dapat diketahui bahwa proses bisnis adalah serangkaian aktivitas yang tersusun secara sistematis dan berkaitan guna mencapai target bisnis dengan risiko yang minim.

Di dalam setiap aktivitas akan diisi oleh tugas-tugas yang harus diselesaikan. Tugas-tugas tersebut menjadi patokan bagi pengusaha dalam mencapai tujuan bisnis yang diinginkan. Proses bisnis juga perlu dievaluasi secara berkala, mengingat selera konsumen bisa berubah-ubah.

Contoh Proses Bisnis Sederhana Berbagai Usaha

Bagi orang yang pertama kali melakukannya, mungkin sedikit bingung dengan proses bisnis. Untuk itu, gunakan beberapa contoh berikut sebagai referensi untuk membuat proses bisnis sesuai dengan target yang mau dicapai:

1. Contoh Proses Bisnis Perusahaan Dagang

Sebuah perusahaan dagang ingin meningkatkan penjualan supaya lebih maksimal. Hal yang pertama dilakukannya adalah dengan membeli stok produk secara berkala, sehingga konsumen yang ingin membelinya dapat langsung mendapatkannya.

Perusahaan akan melakukan pengawasan untuk memastikan produk yang dibutuhkan konsumen selalu ada. Selain itu, pegawai yang merekapitulasi penjualan juga dilatih untuk mencatat dan menghitung seluruh data transaksi yang masuk.

2. Contoh Proses Bisnis Online

Sedangkan untuk proses bisnis online dimulai ketika pembeli membutuhkan suatu barang, misalnya baju tidur. Pembeli mencari penjual yang berkualitas di internet. Setelah mendapatkan penjual yang kredibel, pembeli pun melakukan pemesanan terhadap baju tidur yang diinginkan.

Pembeli menyampaikan jumlah baju tidur yang mau dipesan dan saling bernegosiasi terkait harga. Apabila penjual dan pembeli sepakat dengan kesepakatan tersebut, pembeli akan melakukan pembayaran. Penjual segera mengemas baju tidur tersebut dan mengirimnya ke alamat tujuan pembeli.

3. Contoh Alur Proses Bisnis Sederhana

Sebuah perusahaan logistik ingin meningkatkan kinerja perusahaan. Untuk itu pemilik perusahaan melatih pegawai agar selalu memasukkan data-data pengiriman sebelum pindah ke tahap selanjutnya. Kemudian pegawai tersebut menghitung biaya pengiriman sesuai jarak dan berat paket.

Pengirim paket membayar biaya ekspedisi tersebut berdasarkan nominal yang tertera. Sisanya, perusahaan logistik yang melakukan pengiriman. Perusahaan juga ruin melakukan evaluasi untuk menjaga kualitas perusahaan.

4. Contoh Alur Bisnis Perusahaan Asuransi

Contoh bisnis proses selanjutnya mengambil ilustrasi di sebuah perusahaan asuransi. Seperti diketahui, produk asuransi cenderung berubah-ubah, tergantung dengan kondisi terkini. Biasanya proses berbisnis yang dilakukan perusahaan ini adalah memasarkan produk.

Caranya dapat dilakukan melalui broker, telemarketing, atau agen asuransi. Apabila calon nasabah tertarik untuk membeli asuransi tersebut, maka penjual akan membuat perjanjian bersama nasabah tersebut. Selama periode yang sudah disepakati, nasabah diharuskan untuk membayar premi asuransi.

Setelah terjadi pembayaran yang sah, perusahaan asuransi dan nasabah harus sama-sama menjalankan kewajiban dan menerima konsekuensi sesuai kesepakatan yang disetujui bersama.

Baca Juga: 7 Contoh Perusahaan Jasa Berbagai Bidang di Indonesia

Manfaat Proses Bisnis

Proses berbisnis mempunyai banyak kegunaan bagi perusahaan yang ingin berkembang secara efisien. Jika belum merancang proses berbisnis, ada baiknya segera melakukannya, karena inilah beberapa manfaat yang akan didapatkan nantinya:

1. Meningkatkan Produktivitas Bisnis

Dengan mengetahui tahapan-tahapan seperti pada contoh alur proses bisnis tadi, pengusaha dapat meningkatkan produktivitas bisnis dengan mendorong kinerja masing-masing divisi. Pengusaha yang kreatif akan berpikir mengambil keputusan inovatif yang bisa meningkatkan efisiensi bisnis.

2. Menerapkan Teknologi dalam Operasional Bisnis

Perkembangan teknologi yang semakin canggih memungkinkan untuk diadopsi ke dalam operasional bisnis, sehingga kinerjanya bisnis semakin cepat, akurat dan maksimal.

Beecloud Evaluasi Keuangan Lebih Mudah Efisien Dan Memudahkan Pengambilan Keputusan Bisnis

Salah satunya dengan menggunakan software akuntansi online Beecloud, membatu dalam pengelolaan keuangan, kontrol stok barang sampai laporan laba rugi dan akuntansi lainnya. Mengadopsi teknologi cloud menjadkan bisnis lebih mudah dipantau dan dikontrol dimana saja kapan saja.

3. Memprioritaskan Kebutuhan Konsumen

Hal yang diinginkan dan dibutuhkan konsumen tetap menjadi tujuan utama setiap bisnis. Dengan mempunyai proses berbisnis yang jelas, langkah-langkah yang diambil bisa lebih tertuju untuk memenuhi kebutuhan konsumen.

4. Mengurangi Risiko Kegagalan Bisnis

Memetakan semua tahapan yang hendak dilakukan dapat membantu mengurangi risiko kegagalan yang disebabkan oleh kesalahan teknis atau pemborosan sumber daya. Hal ini bisa dicegah karena rangkaian bisnis sudah tersusun secara berurutan.

Baca Juga: 13 Tips Mencegah Fraud Pada Bisnis

5. Mengurangi Human Error

Kesalahan yang disebabkan oleh manusia tidak bisa dicegah sepenuhnya, namun dengan menerapkan contoh proses bisnis sederhana seperti di atas, dapat membantu mengurangi terjadinya human error selama proses produksi.

6. Mengatur Waktu Agar Efisien

Mempunyai proses bisnis yang sistematis membantu dalam mengatur waktu agar operasional bisnis nantinya semakin efisien dan tidak ada waktu yang terbuang sia-sia.

Setelah mengetahui berbagai contoh proses bisnis sederhana di atas, segera terapkan untuk memaksimalkan keuntungan, meningkatkan produktivitas dan mengurangi risiko kegagalan bisnis. Pahami karakteristik konsumen dan misi perusahaan supaya proses dalam berbisnis semakin jelas.

Contoh Proposal Bisnis dan Panduan Cara Membuatnya, Lengkap!
Proposal bisnis adalah dokumen tertulis yang memaparkan secara detail tentang sebuah peluang usaha, strategi, dan proyeksi keuangannya. Proposal ini berfungsi
Baca Juga
Scale Up Adalah: Fungsi, Strategi Penerapannya dalam Bisnis
Scale up adalah kunci utama bagi perusahaan yang ingin meraih sukses dan pertumbuhan yang berkelanjutan. Scale up bukan sekadar tentang
Baca Juga
8 Tips Memulai Bisnis Rental Mobil Pemula
Bisnis rental mobil pemula adalah jеnіѕ bіѕnіѕ jаѕа уаng раlіng mudаh untuk Anda jаlаnkаn dan раѕtі menguntungkan. Cаrа kеrjаnуа juga
Baca Juga
9+ Ide Bisnis Online 2023 Untuk Pemula Modal Kecil
Mencari ide bisnis online untuk pemula, pelajar, mahasiswa dengan modal kecil untung besar dan masih banyak lagi. Silahkan simak artikel
Baca Juga
Cara Mudah Menghitung HPP Perusahaan Dagang
Dalam berbisnis Anda dituntut untuk bisa belajar mengenai berbagai bidang, hal ini demi kelangsungan bisnis Anda sendiri. Tidak hanya harus
Baca Juga
Cara Buat Buku Kas Mudah dan Sederhana
Cara buat buku kas sangat penting untuk membuat buku kas yang seharusnya dimiliki setiap pebisnis. Cara buat buku kas sendiri
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Aer Space - Jl. Karang Tinggal No.41B, Cipedes, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu