6 Strategi Pemasaran Produk Berbagai Bisnis

Friday, 27 November 2020
Anggara Farhan
Anggara Farhan
Strategi Pemasaran Produk

Share

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

Strategi Pemasaran Produk – Untuk saat ini memang sudah banyak orang yang menjalankan bisnis baik itu online maupun offline. Segala bisnis pasti membutuhkan cara tersendiri untuk bisa melariskan produknya hingga mendapatkan hasil penjualan yang fantastis. Untuk mewujudkan hal tersebut pastinya membutuhkan strategi pemasaran produk yang tepat dan benar.

Dalam menentukan strategi pemasaran, tentu banyak hal yang perlu dipertimbangkan agar berjalan dengan baik. Contohnya adalah melakukan riset pasar, memanfaatkan berbagai media, memberikan testimoni, dan lain sebagainya.

Memahami Strategi Pemasaran Produk

strategi pemasaran produk

Bagaimana agar produk terjual laris? (Sumber: Freepik.com)

Pemasaran produk merupakan satu-satunya hal penting yang turut berperan dalam menentukan performa perusahaan. Strategi pemasaran produk adalah sebuah kegiatan yang patut dilakukan untuk memperkenalkan produk secara lebih luas ke taregt market. Di bawah ini akan dibahas 6 (enam) strategi pemasaran produk terbaik untuk segala bisnis yang mungkin salah satunya sedang Anda jalankan untuk saat ini.

1. Strategi Pemasaran Produk Makanan

strategi pemasaran produk

Strategi Pemasaran Produk Makanan (Sumber: Freepik.com)

Salah satu bisnis yang dibilang sebagai kebutuhan setiap orang adalah bisnis makanan. Biasanya banyak yang menjalankan bisnis ini mulai dari membuka warung sederhana, hingga membuka sebuah restoran. Supaya bisnis makanan Anda banyak mendapatkan penjualan, maka Anda bisa mengikuti strategi berikut ini:

  1. Jaga Kualitas Rasa. Sebagai senjata jitu dalam memenangkan usaha kuliner, adalah terletak pada sebuah rasa yang tentunya banyak disukai orang. Untuk itu, Anda sangat wajib untuk memiliki ciri khas rasa dan menjaga kualitasnya agar banyak orang yang menyukai bisnis makanan Anda.
  2. Membuat Event. Setelah menciptakan sebuah ciri khas rasa, maka selanjutnya Anda bisa mengadakan sebuah event yang mengundang banyak orang agar bisa mencicipi bisnis makanan Anda. Contohnya Anda bisa mengadakan event bazaar sederhana.
  3. Memanfaatkan Sosial Media. Dengan berkembangnya teknologi, semakin banyak orang saat ini menggunakan sosial media untuk mendapatkan informasi. Maka dari itu, Anda bisa menggunakan sosial media untuk memasarkan produk makanan Anda.

2. Strategi Pemasaran Produk Kerajinan

strategi pemasaran produk

Pemasaran Produk Kerajinan (Sumber: Google.com)

Jika Anda saat ini sedang menjalankan bisnis jual beli kerajinan, maka Anda bisa mengikut strategi pemasaran berikut ini:

  1. Membuat Produk Kerajinan yang Unik. Pertama yang bisa Anda lakukan adalah membuat kerajinan seunik mungkin sehingga akan memancing perhatian orang untuk membeli. Yang paling ampuh adalah Anda harus membuat kerajinan dengan ciri khas tersendiri.
  2. Menentukan Target Pasar yang Tepat. Selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah menentukan target market sesuai dengan produk yang Anda jual. Misalnya menentukan target market berdasarkan usia, perilaku, dan lainnya.
  3. Memanfaatkan Pasar Online. Anda juga bisa memanfaatkan pasar online atau yang disebut dengan marketplace. Anda bisa menjual segala produk kerajinan Anda disana.

 

3. Strategi Pemasaran Makanan Khas Daerah

Sama seperti strategi pemasaran makanan, untuk Anda yang menjalankan bisnis makanan khas daerah, salah satu strategi pemasaran yang tepat adalah dengan menciptkan rasa yang tepat. Maksudnya, pasti akan ada banyak kompetitor dengan bisnis yang sama, namun tentunya Anda harus memiliki ciri khas tersendiri atau juga yang disebut dengan Branding.

4. Strategi Pemasaran Produk Online

Untuk Anda yang menjalankan bisnis produk online, strategi yang tepat adalah membuat website. Selain meningkatkan branding, tentunya produk online Anda akan banyak dipercaya oleh banyak orang. Maka dari itu bangunlah website yang sesuai dengan branding produk online Anda.

Baca Juga: 4 Strategi Pemasaran Yang Jitu di Era Digital

5. Strategi Pemasaran Produk Makanan Ringan

Selain memanfaatkan internet atau sosial media, tentunya untuk melariskan produk makanan ringan Anda adalah dengan mengadakan promo yang menarik banyak orang. Sesuaikan dengan promo yang diinginkan target market Anda agar nantinya semakin banyak orang yang membeli produk makanan ringan Anda.

6. Strategi Pemasaran Produk yang Baik dan Tepat

Untuk Anda yang sedang menjalankan bisnis apapun itu, silahkan Anda simak tips atau strategi pemasaran berikut ini:

  • Meningkatkan branding, agar produk Anda mendapatkan kepercayaan banyak orang
  • Memanfaatkan sosial media, promosikan produk Anda di sosial media seperti Facebook, Instagram, Twitter
  • Sering mengadakan promo, ampuhnya banyak orang yang pasti tergiur dengan adanya promo pada bisnis Anda
  • Beriklan di google dan facebook, jika Anda punya budget lebih Anda bisa mengiklankan produk Anda melalui platform yang sudah terpercaya.

Silahkan Anda praktikkan sendiri pada bisnis Anda. Terima kasih sudah membaca artikel ini.

Kesimpulan

Dalam menentukan strategi pemasaran, tentu banyak hal yang perlu dipertimbangkan agar berjalan dengan baik. Beda bisnis beda juga strategi pemasarannya. Jadi jangan takut untuk terus bereksperimen mencari strategi pemasaran yang cocok untuk bisnis Anda.

Jika Anda sudah menemukan racikan yang sempurna untuk strategi pemasaran produk bisnis Anda, otomatis omset juga akan terus bertambah. PR Anda selanjutnya adalah bagaimana cara mengontrol promosi yang telah Anda jalankan dan bagaimana menyusun laporan keuangan setiap bulannya.

Image Software Kasir Online Offline Twitter

Software Kasir Online Beepos menyediakan berbagai fitur promosi yang bisa Anda gunakan untuk meningkatkan omset bisnis Anda. Mudah digunakan dan cocok untuk yang sedang bereksperimen melakukan strategi promosi produk. Hebatnya lagi, Beepos juga menyediakan semua laporan keuangan secara realtime dalam sekali klik. Gampang banget deh.

Penasaran bagaimana Beepos bisa membantu promosi bisnis Anda? Klik di sini untuk coba gratis.

Banyak Berbagi Banyak Rejeki :
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram
Share on print
Print
Artikel Yang Mungkin Anda Suka :