Logo Bee Web

Hukum Permintaan dan Penawaran Serta Faktor yang Mempengaruhi

Permintaan dan penawaran adalah suatu teori yang nantinya akan menjelaskan tentang transaksi maupun interaksi antara penjual dan pembeli.
Penulis: Al Faris
Kategori:
Dipublish Tgl: Thursday, 2 March 2023

Permintaan dan penawaran adalah suatu teori yang nantinya akan menjelaskan tentang transaksi maupun interaksi antara penjual dan pembeli. Dibuatnya teori ini untuk bosa mendefinisikan pengaruh keinginan terhadap suatu barang atau produk tertentu.

Kedua hal ini adalah salah satu dasar hukum di dalam dunia perekonomian. Jika dilihat dari kehidupan nyata permintaan penawaran termasuk dua hal yang saling berlawanan.

Apa Itu Permintaan dan Penawaran?

Hukum permintaan dapat dijadikan sebagai acuan terhadap naik turunnya harga jasa maupun jasa. Artinya, bila terjadi perubahan harga jasa dan barang maka terjadi perubahan terhadap permintaan barang.

Apa Itu Permintaan Dan Penawaran atau transaksi

ilustrasi permintaan dan penawaran (Credit: Istockphoto)

Sedangkan, hukum penawaran berarti ketika harga barang meningkat tentunya akan menawarkan suatu barang atau jasa. Apabila barang atau jasa harganya semakin meningkat, maka produksi barang lebih banyak dan sebaliknya.

Hukum Permintaan dan Penawaran

Ada beberapa hukum permintaan penawaran yang wajib diketahui. Berikut ini sudah ada penjelasan terkait Permintaan dan penawaran.

1. Hukum Permintaan

Pada dasarnya, hukum permintaan selalu berkaitan dengan jumlah serta harga barang. Ada berbagai macam faktor yang menentukan permintaan, seperti harga barang pengganti, harga barang itu sendiri, selera masyarakat, penghasilan dan lain sebagainya.

Adapun bunyi dari hukum permintaan sebagai berikut: Permintaan akan meningkat saat harga produk rendah, sehingga jumlah produk yang diminta semakin bertambah. Menurunnya permintaan transaksi ketika harga produk naik, maka jumlah produk yang diminta menjadi menurun.

2. Hukum Penawaran

Hukum penawaran merupakan suatu hubungan antara jumlah dan harga. Pada dasarnya, hukum penawaran transaksi berlaku ketika harga barang meningkat, begitupun sebaliknya.

Bunyi dari hukum penawaran, yaitu apabila harga barang meningkat, maka jumlah barang yang dijual produsen akan meningkatkan. Sebaliknya, bila harga turun, maka jumlah barang yang dijual produsen berkurang.

Memang bunyi dari hukum permintaan penawaran berbanding terbalik. Meski begitu, kedua hukum ini diperlukan untuk harga di pasar agar bisa mencapai keseimbangan.

Faktor yang Mempengaruhi Permintaan dan Penawaran

Pada dasarnya, dengan adanya permintaan penawaran yang seimbang maka daya beli masyarakat akan bertambah tinggi. Hal ini tentunya membuat pertumbuhan ekonomi dari suatu negara juga semakin tinggi.

Faktor Yang Mempengaruhi Transaksi

permintaan dan penawaran juga dipengaruhi oleh beberapa faktor (Credit: Istockphoto)

Sebaliknya, permintaan dan penawaran akan rendah jika jasa maupun barang menjadi salah satu indikasi melemahnya pertumbuhan ekonomi negara. Dikutip dari Gramedia berikut ini sudah ada beberapa faktor yang mempengaruhi permintaan penawaran terhadap barang maupun jasa.

1. Faktor Permintaan

Permintaan merupakan suatu keinginan untuk bisa mendapatkan barang maupun jasa guna memenuhi kebutuhan seseorang terhadap waktu dan harga yang ditentukan. Berikut ini sudah ada beberapa faktor dari permintaan antara lain:

a. Tren atau selera masyarakat

Salah satu faktor utama yang mempengaruhi permintaan barang dan jasa adalah selera konsumen. Misalnya saja, suatu waktu masyarakat lebih suka mengkonsumsi produk herbal hal ini karena lebih aman.

Akan tetapi, pada waktu yang lain masyarakat memutuskan untuk meninggalkan produk herbal ini. Hal ini mungkin karena kurang memberikan khasiat dan terlalu mahal.

b. Barang pengganti dan pelengkap

Faktor faktor yang mempengaruhi permintaan selanjutnya adalah Ketersediaan dari barang pelengkap atau komplementer serta ke barang pengganti atau substitusi.

c. Tingkat pendapatan

Apabila pendapatan masyarakat semakin meningkat, maka jumlah uang yang diedarkan akan meningkat sehingga berdampak terhadap permintaan. Jadi jika pendapatan masyarakat menurun, aktivitas konsumsi juga ikut menurun sehingga permintaan produk berkurang.

d. Jumlah penduduk

Pada dasarnya, semakin meningkatnya jumlah pertumbuhan penduduk, maka akan semakin meningkat pula jumlah permintaan pada barang. Apalagi jika hal ini menjadi sebuah kebutuhan pokok.

Sebaliknya, apabila populasi suatu wilayah memiliki penduduk yang sedikit Maka permintaan barang konsumsi ini tentunya tidak terlalu tinggi.

e. Harga barang

Faktor yang mempengaruhi permintaan berikutnya adalah harga barang. Biasanya faktor harga barang yang tinggi akan membuat masyarakat berpikir ulang sebelum terjadinya transaksi.

Harga Barang transaksi

harga barang mempengaruhi permintaan transaksi (Credit: Istockphoto)

Jika harga barang terjangkau dan murah, maka permintaan akan semakin tinggi. Hal ini ternyata harga menjadi salah satu pertimbangan utama para konsumen.

2. Faktor Penawaran

Penawaran merupakan jumlah barang dan jasa yang dapat langsung ditawarkan oleh pihak produsen terhadap konsumen maupun masyarakat dengan rentang waktu tertentu. Berikut ini sudah beberapa faktor yang akan mempengaruhi penawaran terhadap barang dan jasa.

a. Pajak dan subsidi

Faktor yang akan memengaruhi penawaran pertama adalah pajak dan subsidi. Apabila pajak yang terlalu tinggi akan membuat produsen tidak dapat memberikan harga terjangkau. Hal ini tentunya akan membuat penawaran tampak semakin menurun.

b. Biaya produksi dan teknologi

Apabila biaya produksi semakin besar, maka seorang produsen pasti akan memberikan tarif yang tinggi. Harga yang ditawarkan juga akan semakin tinggi, apabila teknologi yang digunakan berkualitas.

Kenaikan dari biaya produksi jasa atau barang biasanya akan dipengaruhi oleh beberapa hal. Misalnya saja seperti biaya transportasi, tingginya harga bahan baku, upah tenaga kerja, sampai besaran pajak.

c. Persaingan produsen

Ketersedian terhadap jumlah barang juga biasanya dipengaruhi oleh hadirnya produsen maupun pesaing. Ketika beberapa produsen berlomba untuk menawarkan barang yang sama, maka nantinya stok barang di pasar menjadi lebih banyak.

Jadi akan membuat penawaran semakin meningkat terhadap barang atau jasa. Namun, bisa saja merugikan jika tidak ada transaksi oleh konsumen.

d. Ketersediaan barang pengganti

Apabila barang yang ditawarkan adalah barang pengganti dan harganya lebih murah. Hal ini tentunya akan membuat transaksi dari barang tersebut semakin menurun.

Barang Pengganti

ilustrasi barang pengganti (Credit: Istockphoto)

Dikarenakan hal tersebut termasuk salah satu bentuk persaingan produk yang sama di pasaran. Jadi akan memengaruhi penawaran pada sebuah barang.

Jadi, produknya bisa langsung bersaing dan produsen juga harus meningkatkan kualitasnya. Hal ini karena masyarakat pasti lebih memilih barang yang dilihat dari pertimbangan harga, fungsi, maupun kualitasnya.

e. Faktor Alam

Kondisi alam juga termasuk salah satu faktor yang akan memengaruhi penawaran. Contohnya saja saat terjadi perubahan iklim hingga bencana alam yang mengakibatkan hilangnya bahan baku sebuah barang.

Selain itu, ketika terjadinya gagal panen jagung, pasti penawaran produksi bahan baku jagung mengakibatkan terjadinya penurunan. Jadi permintaan penawaran ini merupakan bentuk dasar dari perekonomian.

Oleh karena itu, diharapkan semakin banyak orang yang paham terkait kedua hal tersebut. Jadi tidak hanya orang yang berada di dalam dunia perekonomian saja melainkan untuk semua orang.

Hukum permintaan dan penawaran ini memang selalu berhubungan dengan penjualan dan harga yang ditawarkan. Umumnya keduanya merupakan suatu hal yang umum bagi para pemilik usaha di kehidupan sehari-hari.

Jika Anda saat ini mempunyai sebuah usaha, maka pembahasan ini cocok sekali untuk memperluas pengetahuan. Jadi dapat langsung diterapkan di dalam bisnis agar tidak salah langkah ketika mengatur keseimbangan harga.

Apalagi setiap usaha pasti perlu sebuah pengelolaan stok yang cepat dan tepat. Hal ini karena stok menjadi aset yang paling berharga bagi setiap perusahaan.

Apabila perusahaan Anda telah berkembang dengan baik maka pasti akan lebih mudah mengelola stok dengan jumlah pesanan yang banyak. Oleh sebab itu, dalam melakukan suatu perhitungan pada stok permintaan Anda harus bisa lebih teliti.

Kesimpulan

Jadi dapat dikatakan bahwa penawaran permintaan memiliki fungsi yang berbeda. Namun, keduanya tetap dibutuhkan di dalam dunia ekonomi. Bagi Anda yang selalu berkaitan dengan perekonomian harus tahu apa saja faktor yang dimiliki oleh keduanya. Dengan begitu, Anda akan paham apa yang dimaksud dengan hukum permintaan dan penawaran.

Selain hukum dalam membuat penawaran, jangan lupa untuk membuat surat penawaran. Apalagi jika barang yang Anda tawarkan itemnya tidak hanya satu dan bisnis Anda bergerak di bidang retail yang itemnya puluhan bahkan ratusan ribu. Bayangkan saja jika Anda harus menulis itemnya satu-satu secara manual.

Jadi saran saya gunakan saja software akuntansi yang sekaligus bisa membuat surat penawaran. Karena dengan begitu Anda akan menghemat waktu, tenaga dan uang tentunya. Hal terpeenting yaitu Anda tidak perlu mengetik satu persatu jenis item barang Anda.

Beecloud merupakan software akuntansi online berbasis cloud yang sudah dilengkapi dengan pembuatan surat penawaran penjualan.

Kenapa saya merekomendasikan Beecloud, selain sifatnya online sistem sehingga bisa diakses kapan saja dan dimana saja. Dari segi harganya pun sangat terjangkau karena Anda bisa bayar perbulan/sistem sewa. Jadi Anda tidak perlu khawatir harus mengeluarkan uang dalam jumlah besar.

Coba gratis Beecloud sekarang!

Bikin Surat Penawaran Ratusan Hingga Ribuan Item Dan Beragam Harga Beecloud

Toko Kelontong: Asal Mula Bisnis Modal Kecil Indonesia
"Budi tolongin ibu beli telur setengah kilo sama gula sekilo ya di toko kelontong bu Ira" kata Ibu. Masih ingatkah
Baca Juga
Hal yang Boleh dan Tidak Boleh Dilakukan dalam Strategi Marketing
Sebagai pemilik bisnis, Anda tahu bahwa strategi marketing yang sukses adalah kunci kesuksesan Anda. Tetapi apa saja yang boleh dan
Baca Juga
Mesin Kasir Alfamart, Aplikasi POS Minimarket Favorit Sejuta Umat
Mesin kasir alfamart merupakan toko retail terpopuler dengan jenis aplikasi POS yang diinginkan banyak orang. Terlebih mesin kasir alfamart yang dinilai
Baca Juga
Apa yang Dimaksud dengan Forecast Penjualan dan Tujuan?
Anda mungkin pernah mendengar istilah "Forecast Penjualan" sebelumnya, tetapi apa arti sebenarnya? Dan mengapa hal ini sangat penting? Forecast artinya
Baca Juga
Importir Adalah: Prosedur & Persyaratan yang Harus Dipenuhi
Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas mengenai peran dan pentingnya seorang importir dalam perdagangan internasional. Importir adalah tokoh kunci
Baca Juga
Cara Menjadi Dropshipper dalam 5 Langkah Mudah
Dropshipping adalah cara yang bagus untuk memulai bisnis dengan modal yang sangat sedikit. Anda tidak perlu khawatir tentang stok, pengiriman
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Ruang 59 - Jl. Surya Sumantri No.59, Sukawarna, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu