📅 Sisa 2 Hari Lagi, Diskon 15% Berakhir!
00
Hari
:
00
Jam
:
00
Menit
:
00
Detik
Logo Bee Web

Bisnis UMKM Adalah, Definisi dan Perkembangannya

mengenal lebih dekat tentang bisnis umkm. Umkm adalah Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah yang tentunya bisa Anda jalankan dengan modal yang tidak banyak
Penulis: Farhan Anggara
Kategori: ,
Dipublish Tgl: Sunday, 6 December 2020

Bagi pelaku usaha yang dibilang masih kecil, kita sering mendengar kata UMKM. Tentunya banyak orang yang sudah mengetahui apa itu umkm dan mengapa banyak orang menjalankan bisnis ini. Umkm adalah salah satu bisnis yang bisa kita rintis dari awal hingga menjadi sebuah perusahaan yang besar.

Pengertian UMKM

umkm adalah

Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (Sumber: Freepik.com)

Secara umum, pengertian dari umkm adalah sebuah singkatan dari Usaha Mikro Kecil dan Menengah. Yaitu merupakan salah satu model bisnis dalam kegiatan perniagaan atau perdagangan.

Pengertian lain ada yang menganggap bahwa usaha umkm adalah suatu usaha perniagaan yang pengelolaannya dilakukan oleh individu atau perseorangan beserta badan usaha dalam limgkup kecil yang biasanya lebih dikenal dengan istilah mikro.

Menurut beberapa ahli yang mendeskripsikan UMKM adalah sebagai aktivitas usaha skala kecil yang mendukung pergerakan perekonomian Indonesia.

Baca Juga: Bagaimana Strategi Bisnis UKM Survive Saat “LockDown”?

Perbedaan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah

Meskipun sering dibahas sebagai satu kesatuan, UMKM adalah kependekan dari tiga jenis bentuk usaha: mikro, kecil, dan menengah, dan inilah beberapa perbedaannya.

Usaha Mikro

Usaha mikro umumnya dimiliki perseorangan atau keluarga, dan biasanya pendapatan bersihnya di bawah 50 juta Rupiah per tahun. Biasanya pula keuangan pribadi dan modal juga dapat disatukan dalam perhitungannya.

Usaha Mikro di Pasar

Penampakan Usaha Mikro di Pasar (Sumber: Pexels.com)

Usaha Kecil

Usaha kecil umumnya adalah bisnis yang mendapat keuntungan bersih di bawah 300 juta Rupiah per tahun. Usaha ini bisa mencakup dari bisnis informal (contohnya industri sepatu rumahan) atau juga perusahaan dan institusi berskala kecil (misalnya toko kecil).

Usaha Menengah

Usaha menengah umumnya telah memiliki sistem pembukuan yang lengkap, dan terpisah dari uang pribadi. Keuntungannya bisa di atas 300 juta Rupiah per tahun. Biasanya sudah banyak di antara usaha menengah yang telah memiliki NPWP dan legalitas lainnya.

Beberapa Contoh UMKM

Meskipun dianggap sebagai bisnis yang masih berada di posisi berkembang, tentunya pajak juga berlaku pada kategori bisnis ini. Pajak UMKM adalah salah satu biaya yang harus dibayar bagi setiap pelaku usaha. Terlepas dari itu, banyak juga beberapa jenis umkm yang wajib Anda ketahui, yaitu sebagai berikut:

1. Usaha Kuliner

Salah satu model bisnis yang banyak digemari dan tentunya banyak dibutuhkan adalah bisnis kuliner. Teruntuk orang-orang yang ingin bisnis yang mudah berkembang, adalah bisnis makanan kuliner

2. Usaha Fashion

Selain usaha kuliner, usaha fashion juga termasuk umkm yang begitu banyak yang menjalani. Termasuk dalam salah satu kebutuhan pokok, tentunya bisnis ini juga cukup mudah berkembang.

3. Usaha Agribisnis

Contoh usaha yang termasuk ke dalam UMKM yang ketiga ialah usaha agribisnis. Agribisnis adalah suatu bisnis atau satu jenis usaha yang ada kaitannya dengan penyediaan alat pertanian. Contoh UMKM adalah menjual pupuk, bibit tanaman, zat pestisida dan yang lainnya.

Bisnis Penyedia Peralatan Pertanian

Bisnis Penyedia Peralatan Pertanian (Sumber: Pexels.com)

Umumnya usaha ini berada di daerah pedesaan. Merujuk pada modal yang dibilang minim dan proses usaha yang kurang menentu, benarnya bisnis ini masih layak dijadikan sebagai jenis usaha UMKM.

Perkembangan UMKM

Adanya umkm adalah upaya pemerintah dalam mendukung perekonomian masyarakat. Dengan adanya UMKM, akan banyak perorangan yang bisa mengatasi masalah perekonomian. Umumnya tergolong salah satu usaha yang tidak terlalu memakan banyak modal. Terdapat beberapa jenis umkm yang bisa disesuaikan dengan modal yang dimiliki.

software

UKM dan UMKM adalah jenis bisnis yang bisa Anda mulai. Karenanya terdapat banyak jenis umkm yang cukup memerlukan modal yang tidak banyak. Salah satu contohnya Anda bisa mulai dengan membangun bisnis umkm seperti kuliner, fashion, kerajinan, dan masih banyak lagi.

Artikel Terkait

Mau Punya POS Kasir Alfamart untuk Usaha Anda?
Pos kasir alfamart adalah sebuah sistem yang banyak orang lihat untuk melakukan penghitungan transaksi di alfamart. Ketika kita berkunjung dan
Baca Juga
Daftar Harga Komputer Kasir Terjangkau (Update 2023)
Daftar Komputer Kasir - Perkembangan teknologi saat ini sudah merambah lebih canggih dari zaman ke zaman. Teruma saat ini teknologi
Baca Juga
Hukum Permintaan dan Penawaran, Bagaimana Bunyinya?
Bagi yang pernah mempelajari ilmu ekonomi, tentunya tidak asing lagi dengan hukum permintaan dan penawaran. Pasalnya, kedua hukum ini akan
Baca Juga
Tindakan Ekonomi Adalah: Tujuan, Motif, dan Contohnya
Tindakan ekonomi adalah sebuah tindakan yang mencakup kepentingan setiap individu untuk memenuhi segala jenis kebutuhan dalam hidupnya. Di dalam proses
Baca Juga
Program Minimarket Gratis yang Patut Dicoba
Program minimarket dіреrlukаn di toko tеrtеntu аtаu ѕuреrmаrkеt kесіl. Bukаn hаnуа alat уаng bisa mеmbаntu operasional usaha kесіl. Kita mеmbutuhkаn
Baca Juga
Apa Itu Scan Produk dan Mengapa Penting Bagi Bisnis Anda?
Berbicara tentang scan produk, apa yang terlintas dalam benak Anda? Apakah sebuah kode batang yang terdapat pada produk belanjaan Anda?
Baca Juga

Artikel Populer

Tuesday, 10 May 2022
Download File Excel Laporan Laba Rugi Gratis
Baca Juga
Friday, 11 September 2020
11 Contoh SIM (Sistem Informasi Manajemen) Perusahaan
Baca Juga
Monday, 7 March 2022
[DOWNLOAD] Contoh Cash Flow Excel dan Template Membuatnya Gratis
Baca Juga
Thursday, 21 April 2022
Aplikasi POS Alfamart Adalah: Pengertian dan Cara Kerja
Baca Juga
Friday, 25 September 2020
Mengenal Sejarah Akuntansi Secara Singkat
Baca Juga
Monday, 25 April 2022
4 Contoh Pembukuan Kas Masuk dan Keluar dan Prosesnya
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Aer Space - Jl. Karang Tinggal No.41B, Cipedes, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu