4 Strategi Pemasaran Yang Jitu di Era Digital

Tuesday, 8 September 2020
Feni Purwantini
Feni Purwantini
4 Strategi Pemasaran yang Jitu

Share

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

Strategi Pemasaran yang jitu di era digital seperti saat ini sangat dibutuhkan oleh para pebisnis. Hanya dengan startegi pemasaran yang baiklah bisnis Anda bisa tetap mengudara dikancah persaingan bisnis yang semakin hari semakin keras.

Bisnis di zaman sekarang ini mengharuskan kita untuk memutar otak, dibutuhkan ide-ide kreatif dalam mencetuskan teknik marketing yang tepat sasaran dan kemudian menghasilkan pundi-pundi profit.

Memang sudah banyak artikel yang memuat bagaimana tips marketing yang baik. Tapi apakah artikel yang memberikan cara marketing yang baik itu sudah relevan dengan bisnis Anda?

Karena itu Anda harus pandai-pandai memilah tips pemasaran, mana yang sesuai dengan bisnis Anda jalankan.

Nah jika Anda sedang mencari startegi untuk bisnis yang tentunya relevan dimasa sekarang dan pas untuk bisnis Anda. Baca artikel ini sampai selesai ya.

Namun sebelum saya membahas bagaiamana cara menentukan marketing strategy yang jitu di era digital ini, alangkah baiknya jika tahu dulu apa itu arti startegi pemasaran.

Apa itu Strategi Pemasaran ?

Strategi pemasaran secara mudah adalah cara seseorang atau suatu perusahaan melakukan sesuatu tindakan agar produk mereka yang berupa barang maupun jasa diterima, bahkan dibeli dan digunakan oleh masyarakat luas.

Fungsi Strategi Pemasaran

  1. Meningkatkan penjualan dalam jangka pendek
  2. Memperluas kerjasama
  3. Memperkenalkan perusahaan kepada khalayak luas atau istilah sekarang adalah Branding

Dari ketiga fungsi di atas bisa disimpulkan jika pada dasarnya fungsi dari strategi pemasaran adalah bagaimanapun prosesnya tujuan akhirnya adalah terjadinya transaksi jual beli.

4 Strategi Pemasaran Yang Jitu

4 Strategi Pemasaran yang Jitu

Strategi Marketing (Sumber: Freepik.com)

Untuk membantu Anda dalam mengembangkan bisnis, berikut Ada 4 strategi pemasaran yang saya jamin jitu jika dilakukan dengan baik dan benar ;

1. Kenali Target Market / Customer Anda

Mengenali target market Anda merupakan pondasi yang harus Anda kuasai, agar strategi pemasaran yang Anda buat bisa sukses. Riset menjadi pilihan terbaik agar Anda tidak salah sasaran target market.

Contohnya  jika produk yang Anda jual baju kerja wanita maka target market Anda tentu saja harus wanita dengan rentan usia  18-45 tahun.

3. Promosi

Setelah menentukan target market hal selanjutnya yaitu melakukan promosi. Pemasaran digital ini ada 2 macam :

  • Promosi Berbayar, Contohnya facebook ads, google ads, Ig ads, endorse, iklan di TV, iklan di youtube dll.
  • Promosi Gratis. Contohnya posting beberapa produk yang Anda tawarkan ke sosial media yang Anda miliki.
Ilustrasi Promosi Online Marketing

Pemasaran Secara Online (Sumber: Freepik.com)

Dalam perkembangannya teknologi saat ini media untuk melakukan promosi sangatlah banyak. Jadi Anda harus rajin-rajin mencoba agar tahu media promosi mana yang efektif dan efisien untuk bisnis Anda.

3. Menjalin Hubungan Yang Baik dengan Customer

Menjalin hubungan yang baik dengan customer adalah salah satu pemasaran efektif menurut saya. Karena dengan begitu customer akan selalu membeli produk Anda.

Bahkan jika barang Anda mungkin lebih mahal dibandingkan kompetitor. Namun jika memiliki hubungan baik maka itu semua tidak akan mempengaruhinya.

Dan bagusnya lagi jika customer puas bertransaksi mereka tidak akan segan-segan merekomendasikan kepada rekan, teman dan keluarga mereka untuk ikut membeli produk Anda.

Mereka juga bisa menjadi media promosi Anda yang efisien dan efektif ditambah gratis lagi.

4. Fokus dan Konsisten

Fokus dan konsisten terhadap apa yang Anda sedang kerjakan adalah kunci keberhasilan. Jika gagal cari cara lain, coba lagi dan lagi. Jangan pernah menyerah.

Untuk mendapatkan satu keberhasilan Anda harus melewati beberapa kegagalan agar Anda bisa belajar dari sana.

Kesimpulan

Sebagus apapun startegi marketing yang Anda sudah buat namun jika tidak dipraketkkan tidak akan membuat bisnis berkembang. Jadi praktekan jika gagal coba lagi dan cari cara lain.

Jika startegi pemasaran produk sudah bisa berjalan dengan baik otomatis omset juga naik. PR Anda selanjutnya adalah bagaimana caranya mengelola keuangan yang baik dan benar.

Mengelola keuangan tidak mudah bagi Anda yang tidak memiliki pengetahuan dasarnya. Merekrut karyawan baru sebagai admin juga harus mengeluarkan uang yang tidak sedikit. Untuk itu lebih baik Anda menggunakan software untuk mencatat keuangan.

Dan software keuangan yang sekali klik semua laporan keuangan jadi plus harganya sangat terjangkua yaitu Beepos. Dan amazingnya lagi Beepos juga menyediakan berbagai fitur promosi yang bisa Anda gunakan untuk meningkatkan omset bisnis Anda.

software toko

Fitur promosi apa saja yang dimiliki Beepos? Langsung saja Anda bisa kontak customer servicenya di sini atau juga bisa langsung coba gratis softwarenya di sini.

Jika dari artikel tentang 4 strategi pemasaran yang jitu di era digital ini ada yang ingin Anda tanyakan. Silahkan koment di bawah ya, dan saya akan sangat senang sekali jika bisa membantu bisnis Anda. Sampai jumpa.

Banyak Berbagi Banyak Rejeki :
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram
Share on print
Print
Artikel Yang Mungkin Anda Suka :