Web Logo Bee
Penulis: Rininta Oktaviana

Marketing Affiliate dan Strateginya Hasilkan Keuntungan

Kategori:
Dipublish Tgl: Friday, 19 August 2022

Mungkin Anda sudah cukup sering mendengar tentang istilah affiliate. Sebenarnya affiliate artinya apa sih? Affiliate adalah suatu kegiatan mempromosikan produk maupun jasa orang lain. Kegiatan ini akan menghasilkan keuntungan jika promosi yang dilakukan berhasil. 

Terlepas dari itu, ternyata kegiatan affiliate ini tak hanya bisa dilakukan  per orangnya, namun sebuah grup atau perusahaan pun bisa melakukan affiliate untuk perusahaan lain. Dalam dunia bisnis cara ini akan sangat membantu untuk menghasilkan banyak keuntungan.

Trik Jalankan Affiliate

Trik Jalankan Affiliate

Ilustrasi Affiliate Marketing (Sumber: Freepik.com)

Meskipun secara istilah terdengar sangat mudah, namun menjalankan bisnis affiliate ternyata memiliki tingkat kesulitan tersendiri khususnya bagi yang masih pemula. Untuk itu sangat penting mengetahui bagaimana strategi menjalankan affiliate ini. Diantara trik jalankan affiliate adalah

  • Memahami Informasi Produk atau Jasa

Jika Anda berada di posisi yang akan mempromosikan produk orang lain, maka trik yang pertama ini sangat penting untuk dilakukan. Pastikan untuk mempelajari semua jenis produk atau jasa yang dimiliki oleh perusahaan tersebut. Pilih mana produk yang cukup banyak diminati di pasaran. 

Selain itu sesuaikan juga dengan minat Anda, karena promosi produk yang sesuai dengan kesenangan akan membantu memudahkan proses promosi karena dijalankan dengan tulus. 

  • Pembuatan Konten Usaha

Selanjutnya trik marketing affiliate adalah erhatikan bagaimana konten yang dibuat bisa punya kualitas tinggi dan menarik bagi semua pengunjung Internet. Sebuah bisnis online tidak akan mau bekerja sama dengan jasa afiliasi yang punya kualitas konten rendah. 

Jika bisa, gunakan website khusus dan hosting berbayar yang punya kualitas tinggi. Nantinya website dan hosting ini khususkan hanya untuk affiliate business yang Anda jalankan. Sehingga website tidak tercampur dengan blog pribadi yang tidak dipakai untuk usaha affiliate. 

Tunjukkan bagaimana kualitas konten yang Anda buat agar customer semakin percaya bahwa jasa affiliate tersebut memang layak diajak bekerjasama. Selain membuat konten berupa tulisan, Anda juga bisa membuat konten video atau foto sesuai dengan produk atau jasa tersebut. 

Buat video atau foto semenarik mungkin dengan kualitas gambar terbaik agar pengunjung Internet jadi lebih tertarik untuk melihat promosi dari awal hingga memutuskan untuk membeli produk atau jasa tersebut. 

Baca Juga: 7 Tips Promosi di Instagram Untuk Pemula

  • Manfaatkan Semua Media Sosial

Affiliate Adalah Dengan Sosial Media

Ilustrasi Sosial Media (Sumber: Pexels.com)

Saat ini hampir semua orang menggunakan media sosial, entah itu Facebook, line, instagram, dan berbagai media sosial lainnya. Selain menggunakan blog sebagai media afiliasi, manfaatkan juga media sosial ini sebagai media untuk promosi produk yang bekerjasama dengan Anda. 

Jangkauan media sosial yang sangat luas, akan sangat berpengaruh untuk menghasilkan keuntungan besar. Bisa dibilang media sosial ini merupakan platform yang punya kesetiaan tingkat tinggi dalam hal promosi. 

Dengan menggunakan media sosial pun Anda jadi terbantu untuk waktu yang tepat dalam melakukan promosi sesuai dengan traffic tertinggi dari waktu terbanyak rata-rata orang membuka media sosialnya. 

  • Mencoba Produk Atau Jasa

Banyak sekali jasa affiliate yang tidak benar-benar memberikan penilaian jujur pada produk atau jasa yang sedang dipromosikan. Akibatnya konsumen lah yang akan merasakan kerugian dan tidak terkecuali pihak penjual pun juga akan kena imannya. 

Untuk menghindari tindakan yang merugikan pihak manapun, berikan penilaian real atau jujur sesuai dengan keadaan. Cobalah produk atau jasa yang akan Anda promosikan. Bagikan penilaian pribadi Anda kepada publik terkait produk atau jasa tersebut. 

Jika memang terdapat minus, sampaikan dengan bahasa yang lebih baik sehingga kesannya bisa menutupi kekurangan produk atau jasa tersebut. Dengan begitu konsumen akan menaruh kepercayaan besar pada Anda sebagai jasa affiliate. 

Dan tidak menutup kemungkinan konsumen akan lebih bisa menerima produk atau jasa tersebut untuk dibeli. Tindakan ini akan sangat berpengaruh untuk mendapatkan keuntungan besar. 

  • Menerapkan Metode SEO

Metode Seo Affiliate

Ilustrasi SEO Google Photo by Edho Pratama on Unsplash 

Sebenarnya trik yang satu ini masih sangat erat kaitannya dengan pembuatan konten berkualitas. Penerapan SEO artinya Anda akan memakai yang namanya kata kunci berdasarkan kata yang sering dicari di media online. 

Saat ini ada banyak situs terpercaya untuk mencari kata kunci terbaik yang bisa diaplikasikan pada konten Anda. Dengan penerapan SEO ini, potensi konten dijangkau oleh pengunjung internet akan semakin besar. 

Secara otomatis nantinya potensi lakunya produk juga semakin besar. Pastikan menerapkan kata kunci yang memang punya keterkaitan erat dengan produk atau jasa yang sedang dipromosikan. Penerapan SEO akan membuat konten Anda lebih mudah muncul di barisan pencarian teratas. 

  • Mengaplikasikan Metode Upselling

Memang ada sebagian besar orang yang lebih memilih menggunakan produk atau jasa dengan harga yang murah. Namun harga rendah biasanya memunculkan kesimpulan kualitas rendah oleh sebagian besar orang juga. 

Dari sini akhirnya lebih banyak orang yang tertarik dengan produk dengan harga lebih mahal karena akan menjamin kualitasnya. 

Meski begitu tetap utamakan kejujuran. Jika memang menurut Anda produk atau jasa tersebut kualitasnya masih rendah, maka jangan lakukan upselling. Sebaliknya, jika memang kualitas produk tersebut memang bagus, lakukan upselling sewajarnya agar pengunjung tertarik. 

Metode up selling ini memang punya resiko untuk tidak laku karena masih banyak juga orang yang memilih produk dengan harga miring. Meski begitu cara ini layak dicoba bagi siapa saja yang menjalankan bisnis online. 

Sebagai tambahan, sebelum menerapkan metode up selling ini, pastikan Anda sudah melakukan survey harga pasaran. Pahami penerapan harga dari promotor lain agar memudahkan Anda dalam menentukan harga yang pas untuk dipromosikan. 

  • Memilih Strategi Yang Tepat

Memang ada banyak sekali media dan strategi yang bisa dipakai untuk menjalankan bisnis affiliate ini. Namun akan susah melakukan evaluasi apabila strategi atau media yang digunakan terlalu banyak, apalagi bagi seorang pemula pasti akan sangat kewalahan. 

Oleh karena itu, Anda bisa lebih bijak dalam memilih beberapa strategi saja untuk dijalankan. Strategi yang tidak terlalu banyak akan memudahkan Anda untuk melakukan evaluasi dan mengontrol keberhasilan bisnis. 

Banyak orang yang salah langkah saat menjalankan bisnis affiliate ini karena merasa 8ngin menggunakan semua strategi. Ujung-ujungnya sangat susah melakukan evaluasi dan saat bisnis tidak berhasil, yang ada justru menyerah dan berhenti di tengah jalan. 

Baca Juga: Shopee Affiliate Adalah: Pengertian, Syarat dan Cara Mendaftarnya

  • Mengatur Keuangan

catat anggaran bulanan otomatis sinkron pembukuan

catat anggaran bulanan otomatis sinkron pembukuan

Salah satu trik yang juga penting dalam affliate adalah memanajemen Keuangan. Tentu saja hal ini sangat penting karena tidak menutup kemungkinan seorang affiliate marketer harus mengeluarkan biaya untuk melakukan promosinya. 

Pastikan untuk menetapkan anggaran pengeluaran yang akan digunakan untuk promosi. Jumlahnya harus lebih kecil dari keuntungan yang didapat dari hasil bisnis affiliate. Dengan pengaturan keuangan yang bagus, nantinya bisnis Anda jadi lebih mudah berkembang. 

Misalnya saja dengan menjadi affiliate marketer saat ini akan meningkat menjadi reseller di kemudian hari karena sudah bisa stok produk sendiri tanpa aba-aba dari supplier. 

Bisa dibilang bisnis affiliate adalah kegiatan bisnis yang saat ini sedang trend yang bisa dijalankan dengan modal minim. Meski begitu tetap terapkan strategi di atas karena menjalankan affiliate marketing tidak semudah membalikkan telapak tangan untuk naik ke tingkat yang lebih tinggi. 

Mau Buka Usaha? Inilah Kriteria Tempat Strategis untuk Membuka Usaha
Berada di lokasi yang tepat adalah unsur utama dalam kesuksesan sebuah bisnis. Jika suatu perusahaan memilih lokasi yang salah, kedepan […]
Baca Juga
Aplikasi Toko Bangunan Online Mudah Buat Laporan Keuangan
Transaksi yang semakin cepat juga membuka peluang bagi munculnya penggunaan aplikasi toko bangunan online untuk mengelola sistem transaksi lebih cepat. […]
Baca Juga
Usaha Bengkel untuk Pemula Mulai Persiapan Hingga Cuan
Apakah Anda termasuk pelaku usaha bengkel pemula ? Atau mempunyai niatan untuk membuka usaha bengkel? Anda sebelum membangun usaha ini […]
Baca Juga

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Kontak
No. GSM klik bawah ini
Logo GSM Telp
Copyright © 2022 Bee.id
magnifiercrossmenu