Mengenal Segmentasi Pasar (Pengertian, Tujuan, dan Contohnya)

Tuesday, 3 September 2019
Anggara Farhan
Anggara Farhan

Share

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

Segmentasi pasar adalah istilah pemasaran yang merujuk pada metode menjumlahkan calon pembeli ke dalam kelompok atau segmen dengan kebutuhan yang sama dan yang merespon tindakan pemasaran dengan cara yang sama. Segmentasi pasar memungkinkan perusahaan untuk menargetkan berbagai kategori konsumen yang merasakan nilai penuh dari produk dan layanan tertentu secara berbeda satu sama lain.

Memahami Segmentasi Pasar

segmentasi pasar
Gambar 1. Memahami segmentasi pasar (Sumber: Freepik.com)

Perusahaan umumnya dapat menggunakan tiga kriteria untuk mengidentifikasi segmen pasar yang berbeda:

  • Homogenitas, atau kebutuhan umum dalam suatu segmen
  • Perbedaan, atau cara menjadi unik dari kelompok lain
  • Reaksi, atau respons serupa terhadap pasar

Misalnya, perusahaan sepatu atletik mungkin memiliki segmen pasar untuk pemain bola basket dan pelari jarak jauh. Karena berasal dari kelompok yang berbeda, pemain bola basket dan pelari jarak jauh merespons iklan yang sangat berbeda.

Baca Juga: Keuntungan dan Kerugian Segmentasi Pasar Demografis

Tujuan segmentasi pasar

adalah perpanjangan dari riset pasar yang berupaya mengidentifikasi kelompok sasaran konsumen untuk menyesuaikan produk dan merek dengan cara yang menarik bagi kelompoknya. Tujuan segmentasi pasar adalah untuk meminimalkan risiko dengan menentukan produk mana yang memiliki peluang terbaik untuk mendapatkan pangsa pasar target dan menentukan cara terbaik untuk mengirimkan produk ke pasar. Hal ini memungkinkan perusahaan untuk meningkatkan efisiensi secara keseluruhan dengan memfokuskan sumber daya yang terbatas pada upaya yang menghasilkan pengembalian investasi terbaik (ROI). Jadi secara umum tujuan segmentasi pasar adalah:

  1. Meminimalkan risiko dengan menentukan produk mana yang memiliki peluang terbaik untuk mendapatkan pangsa pasar target
  2. Menentukan cara terbaik untuk mengirimkan produk ke pasar
  3. Meningkatkan efisiensi secara keseluruhan dengan memfokuskan sumber daya
  4. Menghasilkan pengembalian investasi terbaik (ROI)

Perusahaan dapat melakukan segmentasi pasar dengan beberapa cara:

  • Secara geografis berdasarkan wilayah
  • Demografis berdasarkan usia, jenis kelamin, jumlah anggota keluarga, jumlah atau besarnya pendapatan
  • Secara psikografis berdasarkan kelas sosial, gaya hidup, atau kepribadian
  • Secara perilaku berdasarkan manfaat, penggunaan, atau respons terhadap produk

Tujuannya adalah untuk memungkinkan perusahaan untuk membedakan produk sesuai dengan dimensi umum dari segmen pasar. Segmentasi pasar memungkinkan perusahaan untuk meningkatkan efisiensi secara keseluruhan dengan memfokuskan sumber daya yang terbatas pada upaya yang menghasilkan pengembalian investasi terbaik (ROI).

Contoh Segmentasi Pasar

Segmentasi pasar terlihat jelas dalam produk, pemasaran, dan iklan yang digunakan orang setiap hari. Produsen mobil terus berinovasi untuk mengidentifikasi segmen pasar dengan benar dan membuat produk dan kampanye iklan yang menarik bagi segmen tersebut.

Produsen sereal memasarkan secara aktif ke tiga atau empat segmen pasar sekaligus, mendorong merek tradisional yang menarik bagi konsumen yang lebih tua dan merek yang sehat bagi konsumen yang sadar kesehatan, sambil membangun loyalitas merek di antara konsumen termuda dengan mengikat produk mereka.

Studi Kasus Target Pemasaran: McDonald’s

Menurut QSR 2017 QRS 50 majalah 2017, McDonald’s adalah rantai makanan cepat saji terbesar di AS yang diperingkatkan berdasarkan penjualan. Ini juga salah satu contoh paling sukses dari pemasaran target secara demografis, mengarahkan produk-produknya pada anak-anak, remaja, dan keluarga muda perkotaan dengan menawarkan PlayPlaces & Parties, Arch Card (kartu tunai isi ulang), wifi gratis, Happy Meals yang mencakup mainan seperti karakter Marvel Studios, promosi khusus, dan kampanye iklan yang cerdas. Iklan yang ditargetkan dan penetapan harga yang agresif telah memungkinkan McDonald’s untuk menangkap 17 persen pangsa pasar makanan cepat saji di AS pada 2015.

Namun, ketika generasi millennial melampaui “baby boomer” (generasi yang lahir di era tahun 1990-2000) pada tahun 2016 untuk menjadi generasi terbesar di angkatan kerja AS, penjualan McDonald’s mengalami penurunan karena item menu gaya makanan cepat saji, seperti Big Mac dan kentang goreng di mana-mana, kurang menarik bagi generasi millenial. Sebagai tanggapan, McDonald’s telah mengubah strategi pemasarannya untuk menargetkan generasi milenial dengan mengiklankan yang lebih segar, pilihan menu yang lebih sehat, dan produk kopi kelas atas seperti espresso.

Kesimpulan

Segmentasi pasar berupaya mengidentifikasi kelompok sasaran konsumen untuk menyesuaikan produk dan merek dengan cara yang menarik bagi kelompok itu. Pasar dapat disegmentasi dengan beberapa cara seperti secara geografis, demografis, atau perilaku. Segmentasi pasar memungkinkan perusahaan untuk memfokuskan sumber dayanya pada upaya yang paling menguntungkan.

Banyak Berbagi Banyak Rejeki :

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram
Share on print
Print

Artikel Yang Mungkin Anda Suka :