Promo SERBU - Tambah Dongle Diskon 12% 
00
Hari
:
00
Jam
:
00
Menit
:
00
Detik
Penulis: Rizal Arisona

Mengenal Segmentasi Pasar (Pengertian, Tujuan, dan Contohnya)

Dipublish Tgl: Tuesday, 3 September 2019

Segmentasi pasar adalah istilah pemasaran yang merujuk pada metode menjumlahkan calon pembeli ke dalam kelompok atau segmen dengan kebutuhan yang sama dan yang merespon tindakan pemasaran dengan cara yang sama. Segmentasi pasar memungkinkan perusahaan untuk menargetkan berbagai kategori konsumen yang merasakan nilai penuh dari produk dan layanan tertentu secara berbeda satu sama lain.

Memahami Segmentasi Pasar

segmentasi pasar

Gambar 1. Memahami segmentasi pasar (Sumber: Freepik.com)

Perusahaan umumnya dapat menggunakan tiga kriteria untuk mengidentifikasi segmen pasar yang berbeda:

  • Homogenitas, atau kebutuhan umum dalam suatu segmen
  • Perbedaan, atau cara menjadi unik dari kelompok lain
  • Reaksi, atau respons serupa terhadap pasar

Misalnya, perusahaan sepatu atletik mungkin memiliki segmen pasar untuk pemain bola basket dan pelari jarak jauh. Karena berasal dari kelompok yang berbeda, pemain bola basket dan pelari jarak jauh merespons iklan yang sangat berbeda.

Baca Juga: Keuntungan dan Kerugian Segmentasi Pasar Demografis

Tujuan segmentasi pasar

adalah perpanjangan dari riset pasar yang berupaya mengidentifikasi kelompok sasaran konsumen untuk menyesuaikan produk dan merek dengan cara yang menarik bagi kelompoknya. Tujuan segmentasi pasar adalah untuk meminimalkan risiko dengan menentukan produk mana yang memiliki peluang terbaik untuk mendapatkan pangsa pasar target dan menentukan cara terbaik untuk mengirimkan produk ke pasar. Hal ini memungkinkan perusahaan untuk meningkatkan efisiensi secara keseluruhan dengan memfokuskan sumber daya yang terbatas pada upaya yang menghasilkan pengembalian investasi terbaik (ROI). Jadi secara umum tujuan segmentasi pasar adalah:

  1. Meminimalkan risiko dengan menentukan produk mana yang memiliki peluang terbaik untuk mendapatkan pangsa pasar target
  2. Menentukan cara terbaik untuk mengirimkan produk ke pasar
  3. Meningkatkan efisiensi secara keseluruhan dengan memfokuskan sumber daya
  4. Menghasilkan pengembalian investasi terbaik (ROI)

Perusahaan dapat melakukan segmentasi pasar dengan beberapa cara:

  • Secara geografis berdasarkan wilayah
  • Demografis berdasarkan usia, jenis kelamin, jumlah anggota keluarga, jumlah atau besarnya pendapatan
  • Secara psikografis berdasarkan kelas sosial, gaya hidup, atau kepribadian
  • Secara perilaku berdasarkan manfaat, penggunaan, atau respons terhadap produk

Tujuannya adalah untuk memungkinkan perusahaan untuk membedakan produk sesuai dengan dimensi umum dari segmen pasar. Segmentasi pasar memungkinkan perusahaan untuk meningkatkan efisiensi secara keseluruhan dengan memfokuskan sumber daya yang terbatas pada upaya yang menghasilkan pengembalian investasi terbaik (ROI).

Contoh Segmentasi Pasar

Segmentasi pasar terlihat jelas dalam produk, pemasaran, dan iklan yang digunakan orang setiap hari. Produsen mobil terus berinovasi untuk mengidentifikasi segmen pasar dengan benar dan membuat produk dan kampanye iklan yang menarik bagi segmen tersebut.

Produsen sereal memasarkan secara aktif ke tiga atau empat segmen pasar sekaligus, mendorong merek tradisional yang menarik bagi konsumen yang lebih tua dan merek yang sehat bagi konsumen yang sadar kesehatan, sambil membangun loyalitas merek di antara konsumen termuda dengan mengikat produk mereka.

Studi Kasus Target Pemasaran: McDonald's

Menurut QSR 2017 QRS 50 majalah 2017, McDonald's adalah rantai makanan cepat saji terbesar di AS yang diperingkatkan berdasarkan penjualan. Ini juga salah satu contoh paling sukses dari pemasaran target secara demografis, mengarahkan produk-produknya pada anak-anak, remaja, dan keluarga muda perkotaan dengan menawarkan PlayPlaces & Parties, Arch Card (kartu tunai isi ulang), wifi gratis, Happy Meals yang mencakup mainan seperti karakter Marvel Studios, promosi khusus, dan kampanye iklan yang cerdas. Iklan yang ditargetkan dan penetapan harga yang agresif telah memungkinkan McDonald's untuk menangkap 17 persen pangsa pasar makanan cepat saji di AS pada 2015.

Namun, ketika generasi millennial melampaui “baby boomer” (generasi yang lahir di era tahun 1990-2000) pada tahun 2016 untuk menjadi generasi terbesar di angkatan kerja AS, penjualan McDonald's mengalami penurunan karena item menu gaya makanan cepat saji, seperti Big Mac dan kentang goreng di mana-mana, kurang menarik bagi generasi millenial. Sebagai tanggapan, McDonald's telah mengubah strategi pemasarannya untuk menargetkan generasi milenial dengan mengiklankan yang lebih segar, pilihan menu yang lebih sehat, dan produk kopi kelas atas seperti espresso.

Kesimpulan

Segmentasi pasar berupaya mengidentifikasi kelompok sasaran konsumen untuk menyesuaikan produk dan merek dengan cara yang menarik bagi kelompok itu. Pasar dapat disegmentasi dengan beberapa cara seperti secara geografis, demografis, atau perilaku. Segmentasi pasar memungkinkan perusahaan untuk memfokuskan sumber dayanya pada upaya yang paling menguntungkan.

5 Rahasia Membangun E-Commerce Yang Sukses
Sebagai pengusaha, Anda tentunya ingin usaha Anda bisa mendatangkan keuntungan dalam jumlah besar. Ada banyak cara yang bisa ditempuh untuk […]
Baca Juga
Keuntungan dan Kerugian Segmentasi Pasar Demografis
Segmentasi demografis adalah salah satu jenis segmentasi pasar yang didasarkan pada usia, jenis kelamin, tingkat pendidikan, status sosial, tingkat penghasilan, […]
Baca Juga
Pengertian Lengkap Marketing Mix atau Bauran Pemasaran
Istilah marketing mix banyak digunakan oleh pebisnis. Banyak sekali artikel yang membahas mengenai strategi pemasaran satu ini. Artikel-artikel yang membahas […]
Baca Juga
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial.
Chat via WA
Waktu Kerja
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Kontak
No. GSM klik bawah ini
Copyright © 2022 Bee.id
magnifiercrossmenu