🎉 Promo Spesial Ritel, Dapatkan Disc. Rp. 750.000
00
Hari
:
00
Jam
:
00
Menit
:
00
Detik
Logo Bee Web

USP Adalah, Simak Definisi sampai Manfaat Menariknya

USP adalah unique selling poin, sesuatu yang membuat bisnis Anda lebih unggul dibandingkan kompetitor karena memiliki keunikan tertentu
Penulis: Lutfatul Malihah
Kategori: ,
Dipublish Tgl: Friday, 7 April 2023

Membahas USP adalah hal yang sangat penting karena berguna bagi upaya marketing. Penjualan memang memerlukan strategi khusus agar bisa bertahan dari persaingan. Selain itu, goal utamanya agar produk/jasa Anda bisa diterima secara baik.

Tentunya hal ini perlu upaya yang tepat sehingga apa yang Anda jual tidaklah sia-sia. Lebih lanjut tentang poin penting penjualan sampai manfaatnya, berikut ulasan lebih lengkap.

Apa Itu USP? USP Adalah Berikut Definisinya

USP

Menentukan USP Salah Cara Menumbuhkan Brand Identity(Credit: Freepik.com/ @vector4stock)

Untuk memahami tentang apa itu Unique Selling Point, ketahui dahulu bahwa dalam sebuah bisnis pasti ada kompetitor. Jumlahnya bervariasi, tergantung ranah bisnis apa yang Anda jalankan.

USP adalah sesuatu yang membuat bisnis Anda lebih unggul dibandingkan kompetitor karena memiliki keunikan tertentu. Entah itu dari segi tagline, pemasaran, kualitas produk, fitur, dan sebagainya. Manfaatnya tentu sangat penting agar apa yang Anda tawarkan lebih menonjol.

Kembali lagi ke kompetitor yang banyak dalam bisnis, tentu harus ada poin penting yang membuat Anda lebih unggul. Tanpa poin unik ini, sulit rasanya untuk menang bersaing di tengah banyaknya produsen produk/layanan serupa.

Baca Juga: Kompetitor Adalah Pesaing, Pahami Arti dan Cara Analisisnya

Peran pentingnya sebagai dasar alasan kuat mengapa konsumen rela membeli produk/layanan Anda. Hal inilah yang harus dipikirkan baik-baik para pemilik usaha agar tidak tumbang oleh persaingan.

USP (Unique Selling Point) Menurut Para Ahli

Definisi unique selling point juga banyak diajarkan oleh para ahli ekonomi. Agar lebih memahami tentang poin unik penjualan ini, kenali juga berbagai macam definisi dari ahlinya.

1. Madjadikara (2004:67)

Menurut Madjadikara, “Unique Selling Proposition merupakan hal yang selalu mengutamakan performance dan keistimewaan produk” . Bisa diartikan bahwa strategi ini merupakan teknik kreatif yang optimal.

2. Terence (2009;442)

Sedangkan menurut Terence (2009;442), USP adalah “strategi yang didasarkan pada promosi perbedaan fisik dan fungsional produk pengiklan dan tawaran pesaing”.

3. Wijayanti (2017:6465)

Menurut ahli satu ini, USP merupakan “keunikan-keunikan produk yang ditawarkan ke konsumen, agar memiliki nilai lebih dari produk lain”

Karakteristik Unique Selling Point (USP) yang Wajib Anda Pahami

Unique Point Selling

Salah Satu Kunci Sukses Dari Pemerapan Unique Selling Adalah Konsumen Mudah Mengingat (Credit: Freepik.com/ @freepik)

USP adalah sebuah hal yang membuat brand memiliki keunikan dibanding kompetitornya. Untuk upaya menemukan keunikan ini, pahami juga apa saja karakteristiknya seperti:

1. Harus Mudah Diingat

Tujuan adanya poin unik penjualan ini salah satunya agar tidak tumbang oleh persaingan. Oleh karena itu, karakteristik produk/layanan yang mudah diingat harus Anda terapkan. Salah satu upayanya adalah menggunakan informasi sederhana, sehingga mudah dicerna dari segi brand value.

2. Layanan/Produk Tampilannya Menarik

USP adalah tentang bagaimana first impression produk/jasa yang dilihat konsumen. Oleh karena itu, perlu memikirkan bagaimana tampilan awal produk/layanan agar lebih menarik. Jika sejak pertama sudah menarik, tentu konsumen akan kepo untuk mengenal produk lebih lanjut.

3. Ada Kelebihan Produk yang Ditonjolkan

Karakteristik point unik penjualan berikutnya adalah menonjolkan kelebihan produk. Hal ini harus dilakukan agar konsumen tahu isi, fitur, dan bagaimana produk/layanan Anda ditawarkan.

Poin penting dalam penjualan harus memuat kinerja produk/layanan sebagai solusi atas apa yang dibutuhkan konsumen. Tentunya hal ini akan menciptakan produk yang kelebihannya ditonjolkan.

4. CTA/Call to Action Harus Ada

Layaknya iklan, dalam unique selling point juga harus ada ajakan yang jelas. Ajakan agar konsumen melakukan suatu tindakan terkait brand yang ditawarkan wajib ada dalam USP ini. Anda bisa membubuhkan tautan untuk mempermudah contact person jika ingin memesan.

Selain itu, ada juga hal lain terkait CTA seperti mengedukasi terlebih dahulu. Setelah edukasi produk/layanan, baru ajakan pembelian/penggunaan Anda bubuhkan.

5. Tujuannya Harus Jelas

Harus ada tujuan jelas yang digambarkan jika hendak menyusun poin unik penjualan. Tujuan yang jelas ini bisa dilihat dari kemungkinan konsumen tahu seperti apa brand atau perusahaan Anda.

Selain itu, konsumen juga ditargetkan paham bagaimana produk/layanan berfungsi. Hal ini yang nantinya berujung goal pada upaya pemasaran agar lebih berhasil.

Cara Membuat dan Menentukan Unique Selling Point (USP) Bisnis Anda

 

Menentukan dan menyusun sebuah poin unik penjualan ternyata harus tepat. Tujuannya agar upaya tersebut berhasil, sehingga produk bisa bersaing di tengah ganasnya kompetitor.

1. Menempatkan Diri di Posisi Pelanggan

Sebelum lanjut ke langkah berikutnya, pastikan dasar dari pembuatan poin penjualan unik sudah dipahami. USP adalah upaya untuk membuat produk/jasa lebih menarik karena menjawab apa yang diinginkan pelanggan.

Oleh karena itu, coba tempatkan dahulu Anda sebagai produsen di posisi pelanggan. Pahami apa yang sekiranya sedang dibutuhkan atau diinginkan. Jawab hal tersebut dengan meluncurkan layanan/produk yang tepat.

2. Bandingkan dengan Pesaing

Lihat bagaimana pesaing bekerja dalam membuat sebuah layanan/produk. Pelajari bagaimana kompetitor melakukan kesalahan, perbaiki di produk/layanan Anda nantinya. Selain itu, upgrade setiap kelebihan pesaing agar apa yang Anda tawarkan lebih unik.

3. Ketahui Apa Motivasi Konsumen Berbelanja

Hal berikutnya dalam membuat USP adalah dengan memahami apa saja motivasi berbelanja konsumen. Hal ini bertujuan agar Anda mudah dalam menyusun strategi dalam membuat produk yang tepat.

Contohnya ketika Anda hendak membuka sebuah katering di tengah target pasar pekerja kantoran. Tentu yang harus dipikirkan adalah bagaimana agar produk/layanan ini bisa diterima. Caranya dengan melakukan manuver di bidang pelayanan.

Misalnya membuat promosi katering makan siang dengan menu sehat/organik. Bisa juga menjual lauk dan sayur siap masak yang tentu sangat membantu para pekerja kantoran.

Baca Juga: Customer Adalah Pelanggan, Begini Tips Cara Mendapatkannya

Inilah Manfaat Menerapkan Unique Selling Point (USP)

Menyusun strategi bagaimana produk/layanan lebih unik tentu ada banyak manfaatnya. Beberapa manfaat berikut ini wajib dipahami agar mengerti pentingnya strategi ini agar tidak diabaikan.

1. Pembeda

Bagaimana sebuah poin unik penjualan bisa sangat berguna? Salah satunya karena dapat bekerja sebagai pembeda dengan kompetitor. Sudah dijelaskan sebelumnya bahwa kompetisi di sebuah usaha pastinya akan sangat ketat.

Oleh karena itu, Anda perlu memikirkan sebuah pembeda agar produk/layanan lebih diminati. Hadirnya USP ini merupakan solusi atas kebutuhan untuk lebih unggul dalam persaingan.

2. Optimisasi Penjualan

Keunikan poin sebuah penjualan yang berhasil berbanding lurus dengan optimasi proses marketing. Hadirnya unique selling point ini akan membuat konsumen lebih mudah mengingat produk. Potensi pembelian pasti akan lebih besar jika dibanding strategi biasa.

3. Memudahkan Upaya Penjualan

Jika Anda jelas dalam membuat sebuah produk memiliki poin unik, tentu penjualan lebih mudah. Pekerjaan sales lebih mudah karena dari segi produknya saja sudah sangat persuasif. Tidak perlu lagi repot memikirkan kata-kata baru demi bisa meraih atensi calon konsumen.

Kemudahan dalam penjualan ini tentu berdampak positif bagi meningkatnya kinerja sales. Bukan tidak mungkin penjualan akan lebih cepat dan mudah melakukan closing.

4. Menggaet Loyalis

Menyusun keunikan sebuah produk agar lebih menarik ternyata bisa mendatangkan banyak loyalis baru. Konsumen yang setia pasti akan diperoleh jika sudah memperoleh pengalaman menarik menggunakan layanan/produk Anda.

Hal ini disebabkan karena pengalaman positif seseorang akan mempengaruhi sentimen emosional. Tentu berlaku juga bagi sebuah produk/layanan yang pada akhirnya akan meningkatkan pamor brand tersebut.

Beepos Bikin Program Promo Mudah Untuk Semua Cabang Secara Terpusat

Anda bisa menggunakan software kasir online Beepos, mempercepat layanan, membuat program promo, member dan loyalitas lainntya yang semakin membanu Anda dalam membangun pengalaman positif dengan konsumen.

Terintegrasi dengan software akuntansi semakin memudahkan Anda dalam mengelola bisnis, laporan akuntansi, pemantauan stok barang, manajemen aset semuanya bisa dilakukan sekaligus dalam sekali berlangganan Beepos.

Artikel Terkait

Usaha Mikro Kecil Menengah: Panduan Sukses Lengkap, Praktis
Apakah Anda sedang mempertimbangkan untuk memulai usaha mikro kecil menengah (UMKM) atau ingin memperluas bisnis yang sudah ada? Jika iya,
Baca Juga
Contoh Data Penjualan dan Analisis Penjualan
Setiap perusahaan pasti memiliki target penjualan yang harus dicapai. Berbagai cara dilakukan untuk meningkatkan angka penjualan. Namun mereka sering mengabaikan
Baca Juga
Kredibilitas: Arti dan Pentingnya di Kehidupan Sehari-hari
Apakah Anda pernah mendengar istilah "kredibilitas" atau integritas atau biasa disebut kejujuran? Kredibilitas adalah sebuah konsep yang sangat penting dalam
Baca Juga
Mesin Kasir Digital yang Punya Banyak Manfaat Untuk Toko Anda
Mesin kasir digital merupakan barang yang wajib dimiliki oleh pemilik toko atau minimarket sebagai alat bantu transaksi penjualan. Mesin kasir
Baca Juga
Kasir Minimarket yang Penting Untuk Anda Ketahui dan Pelajari
Kasir minimarket selalu stand by di depan mesin kasir dan membantu dalam urusan transaksi ketika kita mengunjungi minimarket. Merekalah yang
Baca Juga
Merger dan Akuisisi, Apa Pengertian dan Contohnya?
Apabila Anda terjun ke dunia saham pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah merger dan akuisisi. Secara singkat adalah aksi
Baca Juga

Artikel Populer

Wednesday, 15 March 2023
Model AIDA: Pengertian, Kelebihan dan Contohnya
Baca Juga
Sunday, 4 December 2022
Berbagai Contoh Proposal Bisnis Lengkap dengan Rinciannya
Baca Juga
Wednesday, 28 June 2023
7 Contoh Positioning Produk Brand Ternama dan Strateginya
Baca Juga
Wednesday, 18 October 2023
Contoh Matriks SWOT, Pengertian dan Strategi Penerapannya
Baca Juga
Wednesday, 7 June 2023
Feedback Artinya: Jenis, Fungsi, beserta Cara Mendapatkannya
Baca Juga
Wednesday, 7 February 2024
4 Tahapan Proses Manajemen Strategi, Fungsi dan Komponennya
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Aer Space - Jl. Karang Tinggal No.41B, Cipedes, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu