Disc. 11% khusus Ritel & Distributor
00
Hari
:
00
Jam
:
00
Menit
:
00
Detik
Web Logo Bee
Penulis: Farhan Anggara

Software Bengkel Mobil: 9+ Cara Memulai Usaha Bengkel Mobil

Kategori: ,
Dipublish Tgl: Saturday, 25 June 2022

Software bengkel mobil adalah salah satu kebutuhan pengusaha dalam mengelola usaha bengkel mobil. Software biasanya digunakan untuk memudahkan operasional.

Jumlah kendaraan bermotor selalu meningkat. Ini didorong dengan meningkatkan daya beli orang dan kemudahan aplikasi kredit.

Kendaraan bermotor tidak selalu dapat berfungsi dengan baik. Terkadang, mesin memiliki gangguan sehingga tidak berfungsi dengan baik. Mesin kendaraan seperti motor dan mobil juga membutuhkan perawatan rutin. Suku cadang harus diganti dalam periode waktu tertentu.

Dari beberapa kondisi di atas, beberapa orang meraih peluang tersebut untuk membuka usaha bengkel.

Pada pada artikel ini akan menjelaskan tentang cara memulai usaha bengkel mobil dari awal hingga sukses dengan bantuan software bengkel mobil.

9+ Cara Memulai Usaha Bengkel Mobil

9+ Cara Memulai Usaha Bengkel Mobil

Ilustrasi Usaha Bengkel Mobil (Sumber: Freepik.com)

Usaha bengkel yang paling potensial adalah usaha bengkel mobil. Inilah cara memulai bisnis perbaikan mobil yang dapat Anda buat sebagai referensi.

1. Pencarian Lokasi Usaha

Usaha perbaikan mobil Anda membutuhkan lahan bisnis yang strategis. Tidak hanya itu, Anda juga membutuhkan tanah besar.

Mobil tentunya membutuhkan lahan atau tempat yang lebih luas dibandingkan dengan sepeda motor. Paling tidak, usaha bengkel Anda dapat memuat 3 hingga 4 mobil sekaligus. Jangan lupa menyediakan tempat parkir untuk pelanggan.

2. Budgeting Modal Awal dan Biaya Operasional

Anda dapat memetakan beberapa kebutuhan untuk memulai bisnis lokakarya. Di antaranya adalah:

  • Membangun atau menyewa toko.
  • Biaya untuk kebutuhan listrik dan air.
  • Biaya pembelian peralatan dan suku cadang.
  • Biaya operasional dan gaji karyawan (jika ada).

Juga hitung perkiraan pengeluaran per bulan, dan sebagai langkah pertama Anda mencoba untuk mengantongi biaya operasional selama 3 bulan.

Ini dilakukan dengan tujuan untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

3. Tentukan Target Market Bengkel Anda

Tentukan Target Market Bengkelmu

Ilustrasi Target Market (Sumber: Freepik.com)

Menentukan target pasar akan mempengaruhi penganggaran modal awal dan biaya operasional. Tentukan siapa pasar atau konsumen Anda. Misalnya, apakah Anda menargetkan semua jenis mobil, atau hanya mobil mewah?

Target pasar juga akan mempengaruhi pencapaian yang ingin dicapai perusahaan Anda. Tentukan target pasar sedini mungkin sebelum melangkah lebih jauh.

4. Perlengkapan dan Peralatan Kerja

Hal kedua yang perlu Anda persiapkan adalah peralatan dan juga perlengkapan kerja. Selain kunci dan obeng, Anda juga membutuhkan dongkrak pula.

Jika perlu, juga berikan peralatan hidrolik sehingga Anda lebih mudah menangani kerusakan di bagian bawah mobil.

Jika Anda ingin pekerjaan selesai lebih cepat, berikan peralatan yang canggih dan modern. Salah satunya adalah deteksi kerusakan berbasis komputer.

5. Merekrut Montir

Pada hari -hari awal pendirian, tidak apa -apa jika Anda ingin bekerja sendiri tanpa menambahkan karyawan.

Namun, seiring waktu, dan meningkatnya jumlah pelanggan yang mempercayakan perbaikan kendaraan mereka kepada Anda, tentu saja Anda harus meningkatkan sumber daya manusia.

Ini dilakukan agar prosesnya berjalan lebih cepat, sehingga akan meningkatkan kualitas pengalaman pelanggan Anda.

Cari mekanik yang memiliki kemampuan baik di bidang otomotif, terutama perbaikan. Anda dapat memilih kemampuan mereka, untuk menemukan kandidat terbaik.

Selain keterampilan keras yang memenuhi syarat, cari mekanik dengan soft skill yang baik seperti kejujuran, keramahan, tanggung jawab, dan kesetiaan.

6. Meningkatkan Kualitas Pelayanan

Meningkatkan Kualitas Pelayanan Bengkel Mobil

Ilustrasi Memantau Kualitas Pelayanan (Sumber: Freepik.com)

Layanan sangat penting dalam kinerja bisnis Anda. Layanan juga bisa menjadi alasan, apakah pelanggan Anda akan kembali menggunakan layanan usaha bengkel Anda pada peluang berikutnya.

Lampirkan kritik dan saran semua pelanggan semata -mata untuk meningkatkan kualitas layanan. Evaluasi kinerja karyawan Anda per periode, berikan pelatihan untuk memaksimalkan potensi mereka.

Faktanya, keramahan karyawan terhadap pelanggan sangat berpengaruh untuk kenyamanan pelanggan bengkel Anda. Anda juga dapat menambahkan layanan panggilan untuk kendaraan yang rusak di area yang jauh dari bengkel. Tambahkan nomor telepon yang akan dihubungi kapan saja.

7. Menentukan Strategi Pemasaran

Branding adalah citra perusahaan atau produk yang ditawarkan untuk menarik pelanggan. Sementara pemasaran adalah cara untuk membuat pelanggan potensial membeli produk atau menggunakan layanan yang kami tawarkan.

Anda dapat menggunakan layanan agen branding untuk membuat strategi dan melaksanakan branding perusahaan Anda. Kemudian gunakan layanan pemasaran digital untuk membawa pelanggan.

Untuk pelanggan yang loyal, merusaknya dengan fasilitas yang menarik seperti kupon diskon, suvenir, dan sebagainya.

8. Layanan Panggilan

Kerusakan mobil dapat terjadi di mana saja. Banyak orang merasa bingung ketika mobil mereka tiba -tiba berhenti di tengah jalan karena rusak.

Tawarkan layanan panggilan untuk mengatasi hal -hal seperti ini. Pelanggan dapat menghubungi bengkel Anda melalui telepon. Selanjutnya mekanik akan datang ke tempat di mana pelanggan berada.

9. Mempersiapkan Manajemen dan Teknisi yang Baik

Teknisi Bengkel

Ilustrasi Teknisi Bengkel (Sumber: Freepik.com)

Usaha bengkel mobil akan berhasil jika didukung oleh manajemen dan teknisi yang baik. Pastikan keuangan perusahaan selalu direkam dan didokumentasikan secara teratur.

Dengan begitu, Anda akan lebih mudah memantau kondisi bisnis dalam keadaan laba atau menderita kerugian. Data keuangan juga dapat digunakan sebagai bahan evaluasi.

Mekanik yang dimiliki oleh bengkel Anda juga harus dipertimbangkan. Pastikan teknisi dapat menangani kerusakan dan masalah mobil dengan baik. Prioritaskan kejujuran dan juga sikap ramah.

10. Memberikan Souvenir Untuk Pelanggan Setia

Pelanggan akan lebih setia apabila Anda memberikan sesuatu yang istimewa. Sebagai contoh, ia menyediakan suvenir untuk pelanggan yang setia dan paling sering berkunjung ke bengkel Anda.

Contoh -contoh suvenir yang boleh anda sediakan di antara payung, pakaian, topi, kalendar, dan banyak lagi. Anda juga boleh memberikan reward berupa servis gratis kepada pelanggan setia Anda.

11. Menyusun Pembukuan yang Baik dengan Software Bengkel Mobil

Pembukuan adalah salah satu aspek penting dalam membangun bisnis. Banyak manfaat pembukuan yang bisa Anda dapatkan.

Terutama pada saat ini pembukuan lebih mudah dilakukan berkat bantuan Software bengkel mobil bernama Beeaccounting.

Aplikasi ini dapat digunakan untuk mencatat semua pendapatan dan pengeluaran dari bisnis bengkel Anda. Selain itu, Anda juga dapat mencatatat pelanggan yang belum membayar.

Khusus lagi, aplikasi Beeaccounting memiliki plugin atau menu tambahan khusus untuk usaha bengkel. Ini bertujuan untuk memudahkan pengelolaan usaha bengkel.

Contoh fiturnya seperti manajemen antrian yang dimana Anda bisa mengatur dengan baik antrian yang sedang ada pada usaha bengkel. Karena terkadang jika dilakukan secara manual itu tidak akan terkelola dengan baik.

Selain itu, pembukuan yang Anda lakukan dengan software bengkel mobil Beeaccounting adalah laporan keuangan yang otomatis. Sehingga Anda tidak perlu repot malukan pencatatan manual yang memakan waktu dan tenaga lebih dalam membuatnya.

Baca Juga: Cari Aplikasi Pembukuan Bengkel? Simak Biar Nggak Salah Pilih!

Software Bengkel Mobil untuk Manajemen Service Antrian Bengkel

Aplikasi pembukuan bengkel didesain khusus untuk memudahkan manajemen bisnis bengkel dan toko sparepart/aksesoris mobil & motor. Aplikasi pembukan bengkel Beeaccounting terintegrasi mulai dari pencatatan order dan servis, antrian kendaraan, riwayat service, penjualan jasa dan sparepart, komisi teknisi, pembelian, hutang, stok, kas/bank hingga akuntansi. Berikut beberapa fitur utama dari aplikasi pembukuan bengkel Beeaccounting:

  • Sistem manajemen service dengan nomor urut antrian
  • Buat dan cetak surat Perintah Kerja Bengkel (PKB) otomatis
  • Cepat rekap pekerjaan mekanik dan akurat hitung komisi
  • Mencegah kehabisan stok sparepart
  • Keterangan saran service untuk mengingatkan jadwal service selanjutnya
  • Monitor pendapatan jasa vs penjualan sparepart
  • Database pelanggan
  • Pencatatan riwayat service kendaraan terstruktur

Kesimpulan

Ketika memutuskan untuk membuka dan memulai usaha bengkel mobil, Anda pasti tahu bahwa memang menjalankan bisnis tidak mudah. Memang bengkel mobil menjadi salah satu peluang bisnis yang menjanjikan, tapi Anda perlu mengelola dengan baik dan benar.

Menggunakan software bengkel mobil adalah keputusan yang tepat dimana Anda lebih memilih untuk mengembangkan usaha dengan bantuan dari software bengkel. Selain memberikan kemudahan, software bengkel juga akan memberikan Anda kecepatan dalam mengerjakan setiap kegiatan yang ada pada usaha bengkel.

Software bengkel Beeaccounting yang didesain khusus untuk memudahkan manajemen bisnis bengkel dan toko sparepart/aksesoris mobil & motor. Terintegrasi mulai dari pencatatan order dan servis, antrian kendaraan, riwayat service, penjualan jasa dan sparepart, komisi teknisi, pembelian, hutang, stok, kas/bank hingga akuntansi.

Coba gratis sekarang! Klik gambar di bawah ini untuk info selengkapnya!

Beeaccounting Bengkel Cc Web

 

Software Kasir Toko Baju Gratis untuk Bisnis Anda
Software kasir toko baju gratis merupakan salah satu alat yang dapat digunakan untuk melakukan transaksi penjualan pada usaha toko baju. Berbicara […]
Baca Juga
3+ Aplikasi untuk Cetak Faktur Penjualan di Windows
Aplikasi Faktur Penjualan – Apakah anda masih bingung bagaimana caranya cetak Faktur Penjualan ? Atau anda masih menggunakan cara manual […]
Baca Juga
Software Toko Grosir, Kunci Sukses Manajemen Toko Grosir
Software toko grosir merupakan salah satu sistem yang dapat digunakan dalam melakukan manajemen hingga pengelolaan yang bertujuan untuk mengembangkan usaha […]
Baca Juga

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Kontak
No. GSM klik bawah ini
Logo GSM Telp
Copyright © 2022 Bee.id
magnifiercrossmenu