Web Logo Bee
Penulis: Rininta Oktaviana

Pentingnya Tujuan Promosi dan Bentuk-bentuk Promosi

Kategori:
Dipublish Tgl: Monday, 28 November 2022

Dalam kegiatan berbisnis tidak akan jauh dari kata promosi. Dimana secara umum tujuan promosi adalah agar produk yang dihasilkan dari pesnis diketahui dan diinginkan oleh banyak orang. Akan tetapi, pada kenyataannya promosi mempunyai tujuan yang cukup kompleks.

Promosi memiliki peranan yang sangat penting dalam divisi pemasaran. Promosi menjadi salah satu bentuk penawaran dan pengenalan terhadap suatu produk kepada calon pelanggan. Dengan adanya promosi akan memudahkan konsumen mudah mengenali suatu produk atau jasa.

Pengertian Promosi

Pengertian Promosi Adalah

Ilustrasi Promo Sale (Sumber: Freepik.com)

Pengertian promosi adalah usaha yang dilakukan oleh perusahaan untuk membangun pengetahuan, pemahaman, dan pengenalan akan suatu produk kepada masyarakat. Adanya promosi ini berfungsi agar pelanggan melakukan pembelian produk yang ditawarkan.

Dalam bidang pemasaran, promosi memiliki arti sebagai kegiatan yang dilaksanakan supaya dapat meningkatkan perkembangan sesuatu. Perkembangan dalam pemasaran meliputi perkembangan produk, perkembangan merek, atau perkembangan suatu perusahaan.

Proses promosi tidak jauh dari kegiatan komunikasi untuk menyampaikan sesuatu kepada masyarakat luas. Tujuan utama dari kegiatan promosi ini adalah untuk memperkenalkan produk, merek, serta perusahaan kepada calon pelanggan.

Baca Juga: Strategi Promosi Kreatif dan Kekinian Untuk Meningkatkan Omset

Tujuan Promosi secara Umum

Setiap perusahaan yang melakukan promosi tentu saja mempunyai capaian atau tujuan yang ingin diraih. Apa tujuan promosi akan dijelaskan pada beberapa point di bawah ini:

  • Informing

Tujuan promosi adalah memberikan informasi mengenai seluruh jenis produk yang ditawarkan oleh pengusaha kepada pasar. Umumnya informasi yang disampaikan meliputi fungsi produk, kualitas, harga, manfaat, kelebihan atau keunggulan, dan lain sebagainya.

Dalam tujuan informasi untuk menginformasikan ini kegiatannya berupa:

  • Memberikan penjelasan mengenai cara kerja suatu produk kepada calon pelanggan
  • Menjelaskan cara menggunakan yang baru dari sebuah produk.
  • Menginformasikan adanya perubahan harga.
  • Memberi tawaran mengenai jasa-jasa yang disediakan oleh suatu perusahaan.
  • Meminimalisir kekhawatiran dan ketakutan konsumen terhadap suatu produk.
  • Membangun citra perusahaan dan memperbaiki kesan buruk terhadap produk.
  • Persuading

Ilustrasi Membujuk Konsumen (Sumber: Freepik.com)

Persuading adalah membujuk target pelanggan atau konsumen untuk menggunakan produk yang dipromosikan. Dalam hal ini promosi mempunyai peran untuk mendorong konsumen dalam meningkatkan hubungan jangka panjang maupun jangka pendek.

Dalam membujuk konsumen atau pelanggan terdiri dari:

  • Mengubah persepsi konsumen mengenai atribut suatu produk.
  • Memberikan dorongan kepada suatu pihak supaya menerima kunjungan dari sales.
  • Membentuk pemilihan merek serta mengalihkan konsumen kepada merek yang ditawarkan oleh suatu pihak.
  • Mendorong masyarakat untuk membeli produk yang ditawarkan pada saat itu juga.
  • Pengingat Suatu brand

Tujuan promosi yang selanjutnya adalah mengingatkan seseorang terhadap suatu produk serta mempertahankan keberadaan produk dalam kehidupan sehari-hari masyarakat. Sebagai pengingat, promosi memiliki berbagai kegiatan diantaranya ialah:

  • Menjaga supaya suatu produk menjadi ingatan pertama konsumen ketika ingin membeli.
  • Menjadikan konsumen selalu mengingat produk yang telah dibeli atau digunakan.
  • Mengingatkan kepada konsumen bahwa produk yang ditawarkan akan dibutuhkan dalam waktu yang dekat.
  • Mengingatkan mengenai tempat-tempat yang menjual produk dari pihak terkait.

Baca Juga: Pengertian, Jenis, dan Manfaat dari Brand Awareness

  • Mengubah Tingkah Laku

Kegiatan promosi dapat memodifikasi atau mengubah kebiasaan masyarakat serta tingkah laku. Dengan adanya promosi akan menjadikan konsumen tidak hanya bergantung pada suatu produk. Hal ini dikarenakan dalam promosi mampu mengubah perspektif terhadap suatu produk.

  • Laba (Meningkatkan Keuntungan)

Semua pebisnis tentu akan berorientasi dengan keuntungan atau biasanya disebut dengan laba. Promosi menjadikan perusahaan dapat memiliki peluang untuk menjual produk dalam jumlah besar.

  • Membedakan Antar Produk

Membedakan suatu produk dengan produk lain yang merupakan pesaing menjadi tujuan promosi juga. Dalam hal ini perusahaan diwajibkan mampu membedakan dan menunjukkan produk yang unggul dibanding dengan produk pesaing.

Tujuan Promosi Menurut Para Ahli

Tujuan Promosi

Ilustrasi Belanja dengan Bahagia (Sumber: Freepik.com)

Dengan memahami mengenai tujuan promosi akan menjadikan Anda lebih mudah dalam menentukan promosi yang baik dan tepat. Banyak ahli atau ilmuwan yang telah merumuskan tujuan dari promosi dalam bidang ilmu pemasaran.

Berikut beberapa penjelasan mengenai tujuan promosi menurut para ilmuwan atau ahli:

1. Menurut Kotler dan Armstrong

Tujuan dari kegiatan promosi menurut Kotler dan Armstrong diantaranya ialah:

  • Meningkatkan hubungan dengan pelanggan dalam jangka panjang dan memberikan dorongan kepada pelanggan untuk membeli dalam jangka pendek.
  • Mengiklankan suatu produk yang akan ditawarkan serta memberikan ruang gerak lebih banyak.
  • Mendorong para penjual eceran untuk membelanjakan barang baruĀ  serta menjualnya dalam persediaan yang lebih banyak.
  • Memperoleh lebih banyak dukungan mengenai produk baru maupun produk lama.
  • Memberikan dorongan agar pengusaha memperoleh pelanggan yang baru.

2. Menurut Boone dan Kurtz

Tujuan promosi menurut Boone dan Kurtz (2002:134) adalah sebagai berikut:

  • Menyediakan informasi

Salah satu tujuan promosi menurut boone dan kurtzĀ  adalah menyediakan informasi. Dimana penyediaan informasi ini bermanfaat untuk menginformasikan kepada calon pelanggan mengenai jasa atau produk yang ditawarkan.

  • Menaikkan penjualan

Menaikkan penjualan menjadi tujuan yang paling umum dalam kegiatan promosi yang dilakukan oleh pelaku usaha. Berbagai strategi berfokus pada rangsangan permintaan primer meskipun sebagian melakukan kegiatan untuk menstabilkan penjualan.

  • Mendiferensiasikan suatu produk

Tujuan yang satu ini adalah untuk mendiferensiasikan produk atau jasa yang ditawarkan suatu perusahaan dengan produk atau jasa dari perusahaan lain. Divisi pemasaran akan berusaha untuk meraih hati konsumen.

Dalam hal ini dilakukan dengan memberikan informasi mengenai perbedaan-perbedaan yang signifikan mengenai harga, atribut, kualitas, serta manfaat dari jasa atau produk.

  • Memperlihatkan keunggulan produk

Kegiatan promosi diajukan untuk memperlihatkan keunggulan yang dimiliki suatu produk atau jasa kepada masyarakat. Selain itu, dalam hal ini pihak promosi juga memberikan informasi mengenai manfaat-manfaat dari kepemilikan akan suatu produk yang telah dibeli.

  • Menstabilkan penjualan

Stabilisasi penjualan juga merupakan tujuan dari dilakukannya kegiatan promos. Umumnya perusahaan akan mempromosikan konten terkait penjualan pada periode penurunan penjualan.

Hal tersebut bermanfaat untuk memotivasi para pelaku bisnis dan memberikan tawaran berupa hadiah-hadiah. Contoh dari hal ini diantaranya ialah hadiah beasiswa atau liburan untuk mereka yang mampu mencapai target.

Bentuk-Bentuk Promosi

Bentuk Bentuk Promosi

Ilustrasi Bentuk Promosi sebagai Voucher Diskon (Sumber: Freepik.com)

Bentuk promosi menjadi suatu strategi pemasaran untuk mencapai tujuan dari kegiatan promosi. Berikut beberapa bentuk promosi menurut Kotler dan Armstrong:

  • Periklanan

Periklanan merupakan bentuk promosi berupa presentasi mengenai ide barang atau jasa yang ditawarkan. Periklanan ini mempunyai tujuan untuk meningkatkan jumlah permintaan pasar.

  • Promosi Penjualan

Promosi penjualan dilakukan dengan publisitas yang dapat memberikan dorongan mengenai efektivitas pembelian. Dalam hal ini pembeli diperlihatkan peragaan, demonstrasi, pameran, dan lain sebagainya.

  • Pemasaran Langsung

Pemasaran langsung merupakan pemasaran yang dilakukan dengan cara interaksi secara langsung dengan calon konsumen.

  • Hubungan Masyarakat

Hubungan masyarakat adalah kegiatan membangun suatu relasi dengan tujuan untuk mendapatkan dukungan.

Kesimpulan

Tujuan promosi cukup penting untuk diketahui agar memudahkan pelaku usaha dalam menentukan strategi pemasaran. Promosi menjadi bagian paling penting dalam bidang pemasaran agar suatu produk dan jasa dapat dikenal serta memberikan keuntungan atau laba kepada pelaku usaha.

Strategi promosi dilakukan dengan tujuan meningkatkan permintaan, menjangkau konsumen baru, menstimulus pembelian kembali dengan kuantitas lebih banyak dan menciptakanĀ goodwill,Ā memberi pengaruh terhadap keputusan pembelian produk/jasa, menjaga loyalitas konsumen dan strategi bersaing dengan kompetitor.

Untuk mempermudah dalam menyusun promosi, gunakanĀ Software Kasir Online. Jangan mau kalah dengan toko sebelah jaringan nasional yang punya banyak Promo. Promo seperti limit waktu hari/jam tertentu, syarat pembelanjaan, min/max Qty, khusus member, dll. DenganĀ Software Kasir Online BeeposĀ sekarang anda bisa!

Setting promosi semua cabang terpusat! Coba gratis 14 hari denganĀ klik di siniĀ atau klik gambar di bawah ini.

Setting-Promosi-Semua-Cabang-Terpusat-dengan-Beepos

Contoh Strategi Pemasaran 4P beserta Penjelasannya (Lengkap!)
Strategi pemasaran 4P adalah salah satu jenis istilah yang sudah tidak terdengar asing lagi bagi sebagian besar pelaku usaha di […]
Baca Juga
Apa Itu SWOT? Simak Juga Tujuan dan Strateginya
Dewasa ini banyak jenis analisis yang digunakan untuk membuat strategi bisnis, salah satunya adalah SWOT.  SWOT singkatan dari Strength, Weaknesses, […]
Baca Juga
Inspirasi Bisnis Online Modal Kecil: Menguntungkan Banget!
Saat ini, bisnis yang menguntungkan tidak selalu dikerjakan secara offline atau luring. Namun, bisnis online modal kecil juga tidak kalah […]
Baca Juga

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Kontak
No. GSM klik bawah ini
Logo GSM Telp
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Aer Space - Jl. Karang Tinggal No. 41B, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright Ā© 2023 Bee.id
magnifiercrossmenu