Logo Bee Web

Word of Mouth Adalah Pemasaran Efektif Saat Ini

Word of mouth adalah salah satu strategi pemasaran yang paling efektif. Pelajari cara memanfaatkan promosi dari mulut ke mulut.
Penulis: Al Faris
Kategori:
Dipublish Tgl: Wednesday, 26 April 2023

Word of mouth adalah fenomena di mana seseorang merekomendasikan produk atau jasa kepada orang lain berdasarkan pengalaman positif yang dimilikinya. Dalam dunia pemasaran, pemasaran dari mulut ke mulut dikenal sebagai salah satu bentuk pemasaran yang paling efektif dan menguntungkan.

Di artikel ini, kita akan membahas lebih lanjut tentang pentingnya word of mouth dalam pemasaran, bagaimana cara meningkatkan pemasaran dari mulut ke mulut, dan bagaimana strategi ini dapat membantu bisnis Anda tumbuh secara organik.

Word of Mouth Adalah …

Word of Mouth adalah strategi pemasaran di mana informasi atau rekomendasi tentang produk atau layanan disebarkan melalui mulut ke mulut oleh orang-orang yang sudah menggunakan produk atau layanan tersebut.

Apa Itu Word Of Mouth

word of mouth marketing adalah pemasaran dari mulut ke mulut (Credit: Unsplash)

Ini adalah cara yang efektif untuk mempromosikan produk Anda karena orang lebih cenderung mempercayai rekomendasi dari orang lain daripada iklan tradisional.

Dalam Word of Mouth Marketing, Anda tidak secara langsung mempromosikan produk Anda. Sebaliknya, Anda memberikan pengalaman yang baik kepada pelanggan Anda sehingga mereka merasa nyaman untuk merekomendasikan produk Anda kepada teman-teman dan keluarga mereka.

Cara Kerja Pemasaran dari Mulut ke Mulut

Word of Mouth Marketing bekerja dengan mengandalkan rekomendasi dan pengalaman positif dari pelanggan yang telah menggunakan produk atau layanan Anda. Cara kerjanya adalah sebagai berikut:

  • Pelanggan Anda memiliki pengalaman positif dengan produk atau layanan Anda.
  • Pelanggan tersebut berbagi pengalaman positif mereka dengan teman, keluarga, atau kolega mereka melalui percakapan informal, media sosial, ulasan online, atau blog.
  • Orang-orang yang menerima rekomendasi tersebut mempertimbangkan untuk menggunakan produk atau layanan Anda.
  • Jika mereka memiliki pengalaman positif sendiri, mereka akan terus merekomendasikan produk atau layanan Anda kepada orang lain, dan siklus ini terus berlanjut.

Dalam Word of Mouth Marketing, pelanggan yang telah memiliki pengalaman positif dengan produk atau layanan Anda adalah sumber pemasaran utama.

Oleh karena itu, penting bagi bisnis untuk memberikan pengalaman yang baik kepada pelanggan mereka dan memastikan bahwa mereka puas dengan produk atau layanan yang mereka terima.

Manfaat Word of Mouth Marketing

Word of Mouth Marketing atau pemasaran dari mulut ke mulut merupakan strategi pemasaran yang saat ini sangat populer dan terbukti efektif.

Dengan dasar rekomendasi dari orang lain, strategi ini mampu meningkatkan popularitas brand, kepercayaan konsumen, serta penjualan produk atau layanan tanpa harus mengeluarkan biaya yang besar seperti iklan tradisional.

Oleh karena itu, penting bagi para pebisnis untuk memahami manfaat dari Word of Mouth Marketing berikut ini:

1. Meningkatkan Popularitas Brand

Word of Mouth Marketing membantu meningkatkan popularitas brand karena rekomendasi dari orang lain dianggap lebih kredibel daripada iklan yang dibuat oleh brand itu sendiri.

Jika pelanggan Anda merekomendasikan produk atau layanan Anda kepada orang lain, orang-orang ini lebih cenderung mencoba produk Anda daripada jika mereka hanya melihat iklan di media sosial atau TV. Akibatnya, brand Anda menjadi lebih dikenal dan populer.

2. Tidak Memerlukan Biaya yang Besar

Word of Mouth Marketing tidak memerlukan biaya besar seperti iklan tradisional. Pelanggan yang sudah puas dengan produk atau layanan Anda akan dengan sukarela merekomendasikannya kepada orang lain tanpa memerlukan biaya tambahan.

Oleh karena itu, Word of Mouth Marketing bisa menjadi strategi pemasaran yang hemat biaya namun efektif.

3. Meningkatkan Kepercayaan Konsumen terhadap Brand

Rekomendasi dari orang lain dianggap lebih dapat dipercaya daripada iklan. Jika orang-orang yang dikenal oleh konsumen merekomendasikan produk atau layanan Anda, hal ini akan meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap brand Anda.

Konsumen akan lebih cenderung membeli produk atau layanan Anda karena mereka merasa lebih yakin dengan kualitas produk Anda.

4. Meningkatkan Omset Penjualan

Word of Mouth Marketing dapat membantu meningkatkan penjualan produk atau layanan Anda. Jika orang-orang merekomendasikan produk Anda kepada teman dan keluarga mereka, hal ini dapat menarik perhatian konsumen baru yang mungkin tidak akan mengetahui produk Anda jika hanya mengandalkan iklan tradisional.

Akibatnya, penjualan Anda dapat meningkat karena ada lebih banyak orang yang tertarik dengan produk Anda.

Pentingnya Pemasaran Word of Mouth

Word of Mouth Marketing atau pemasaran dari mulut ke mulut merupakan salah satu strategi pemasaran yang sangat penting dalam dunia bisnis.

Hal ini karena, rekomendasi dari pelanggan yang puas dapat membantu meningkatkan citra dan reputasi toko anda secara signifikan. Kelebihan dari pemasaran dari mulut ke mulut adalah lebih mudah terpercaya karena didasarkan pada pengalaman nyata pelanggan.

 

 

Bikin Promo Pakai Beepos Mobile

Namun, untuk memaksimalkan efektivitas dari strategi pemasaran ini, aplikasi kasir android Beepos dapat menjadi solusi yang tepat. Aplikasi kasir ini dilengkapi dengan berbagai fitur promosi yang memungkinkan anda untuk membuat promo-promo menarik seperti promo khusus member, diskon jam tertentu, buy 1 get 1, beli A gratis B dan masih banyak lagi.

Dengan fitur-fitur ini, Anda dapat menarik perhatian calon pelanggan dan meningkatkan penjualan toko anda secara signifikan.

Strategi Word of Mouth Marketing

Ada beberapa strategi yang bisa Anda gunakan untuk mengimplementasikan pemasaran dari mulut ke mulut, antara lain influencer marketing, meminta feedback dari konsumen, dan memanfaatkan efek hashtag.

1. Influencer Marketing

Strategi ini melibatkan kerja sama dengan influencer yang memiliki pengikut yang banyak di media sosial untuk mempromosikan produk atau layanan Anda.

Anda bisa memilih influencer yang sesuai dengan target pasar Anda dan memberikan mereka kesempatan untuk mencoba produk Anda.

Setelah itu, influencer tersebut dapat merekomendasikan produk Anda kepada pengikutnya, yang dapat memicu efek domino dan membuat orang lain tertarik pada produk Anda.

2. Meminta Feedback ke Konsumen

Meminta feedback dari konsumen bisa menjadi strategi yang sangat efektif dalam membangun kepercayaan dan kesetiaan konsumen.

Anda dapat meminta konsumen untuk memberikan review atau testimoni tentang produk atau layanan Anda. Testimoni positif dari konsumen dapat menjadi bukti yang meyakinkan bagi orang lain yang belum pernah mencoba produk Anda.

3. Memanfaatkan Efek Hashtag

Anda dapat memanfaatkan efek hashtag untuk membuat kampanye Word of Mouth Marketing Anda lebih mudah tersebar dan populer di media sosial.

Buatlah hashtag yang sesuai dengan brand Anda dan ajak konsumen untuk menggunakan hashtag tersebut ketika mereka berbicara tentang produk atau layanan Anda di media sosial.

Dengan begitu, informasi tentang produk atau layanan Anda akan lebih mudah tersebar dan mencapai orang yang lebih banyak.

Faktor Penting Word of Mouth Marketing

Untuk dapat berhasil dengan strategi ini, ada beberapa faktor penting yang harus diperhatikan, yaitu engage, equip, dan empower.

1. Engage

Faktor pertama yang penting dalam pemasaran dari mulut ke mulut adalah engage atau keterlibatan. Anda harus terlibat secara aktif dengan konsumen Anda, baik itu melalui media sosial, email, atau forum diskusi.

Anda harus merespons pertanyaan, kritik, atau saran dari konsumen dengan cepat dan sopan. Dengan cara ini, Anda dapat membangun hubungan yang lebih baik dengan konsumen Anda, dan mereka akan lebih cenderung merekomendasikan produk atau layanan Anda kepada orang lain.

2. Equip

Faktor kedua adalah equip atau mempersiapkan. Anda harus mempersiapkan alat atau media yang diperlukan untuk memudahkan konsumen Anda dalam merekomendasikan produk atau layanan Anda kepada orang lain.

equip video promosi

80% konsumen sosial media banyak yang menyukai video

Misalnya, Anda dapat menyediakan materi promosi yang menarik, seperti video, gambar, atau infographic. Selain itu, Anda juga harus memastikan bahwa produk atau layanan Anda berkualitas dan memenuhi kebutuhan konsumen Anda.

3. Empower

Faktor ketiga adalah empower atau memberdayakan. Anda harus memberdayakan konsumen Anda dengan memberikan mereka kemampuan atau kesempatan untuk berbagi pengalaman mereka tentang produk atau layanan Anda.

Misalnya, Anda dapat mengadakan kontes atau hadiah untuk konsumen yang memberikan testimoni atau merekomendasikan produk atau layanan Anda kepada orang lain.

Dengan cara ini, konsumen Anda akan merasa dihargai dan akan lebih cenderung untuk merekomendasikan produk atau layanan Anda kepada orang lain.

Contoh Strategi Pemasaran Word of Mouth

Agar Anda lebih paham memahami strategi WoM ini, berikut adalah beberapa contoh yang dapat memberikan ide tentang bagaimana cara menggunakan fenomena ini dalam pemasaran Anda.

1. Program Referral

Beberapa perusahaan menawarkan program referral di mana pelanggan yang merujuk teman atau keluarga untuk menggunakan produk atau jasa mereka akan mendapatkan insentif atau hadiah.

Hal ini dapat mendorong pelanggan untuk melakukan word of mouth positif tentang perusahaan tersebut.

2. Influencer Marketing

Beberapa merek bekerja sama dengan influencer atau orang terkenal di media sosial untuk merekomendasikan produk mereka.

Ketika influencer membagikan pengalaman positif mereka menggunakan produk tersebut, itu dapat mendorong pengikut mereka untuk mencoba produk tersebut juga.

3. Customer Reviews

Banyak situs web seperti Amazon atau TripAdvisor memungkinkan pelanggan untuk menulis ulasan produk atau jasa.

Ulasan positif dapat menjadi bentuk pemasaran dari mulut ke mulut dan membantu produk atau jasa tersebut mendapatkan lebih banyak perhatian dari calon pelanggan.

Artikel Terkait

Guerilla Marketing: Pengertian, Jenis, Contoh dan Caranya
Guerilla marketing atau pemasaran gerilya adalah strategi pemasaran yang tak konvensional dan kreatif, telah menjadi seni tersendiri dalam menghadapi persaingan
Baca Juga
9 Contoh Iklan Niaga, Pengertian Hingga Jenisnya
Iklan niaga adalah jenis iklan yang menawarkan barang, makanan atau minuman dengan tujuan untuk meningkatkan penjualan. Bedanya iklan ini dengan
Baca Juga
Contoh Digital Marketing: Tingkatkan Penjualan di Era Digital
Dalam era digital yang semakin maju seperti sekarang, tidak dapat dipungkiri bahwa pemasaran digital atau digital marketing telah menjadi elemen
Baca Juga
5 Cara Promosi Produk yang Mudah dan Murah
Promosi produk merupakan strategi penting dalam bisnis untuk meningkatkan penjualan dan meningkatkan brand awareness. Dalam era digital seperti saat ini,
Baca Juga
Pengertian Promotion Mix, Komponen dan Manfaatnya bagi Bisnis
Berbagai cara dilakukan oleh perusahaan supaya penjualan produknya dapat meningkat dari waktu ke waktu, salah satunya melalui promotion mix. Dalam
Baca Juga
Brand Ambassador: Peran dan Manfaat Bagi Bisnis
Brand ambassador atau dikenal duta merek merupakan salah satu orang yang bertugas untuk mempromosikan sebuah produk. Kehadiran duta merek ini
Baca Juga

Artikel Populer

Tuesday, 10 May 2022
Download File Excel Laporan Laba Rugi Gratis
Baca Juga
Friday, 11 September 2020
11 Contoh SIM (Sistem Informasi Manajemen) Perusahaan
Baca Juga
Monday, 7 March 2022
[DOWNLOAD] Contoh Cash Flow Excel dan Template Membuatnya Gratis
Baca Juga
Thursday, 21 April 2022
Aplikasi POS Alfamart Adalah: Pengertian dan Cara Kerja
Baca Juga
Friday, 25 September 2020
Mengenal Sejarah Akuntansi Secara Singkat
Baca Juga
Monday, 25 April 2022
4 Contoh Pembukuan Kas Masuk dan Keluar dan Prosesnya
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Aer Space - Jl. Karang Tinggal No.41B, Cipedes, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu