Web Logo Bee
Penulis: Rininta Oktaviana

Tindakan Ekonomi Adalah: Tujuan, Motif, dan Contohnya

Kategori:
Dipublish Tgl: Friday, 25 November 2022

Tindakan ekonomi adalah sebuah tindakan yang mencakup kepentingan setiap individu untuk memenuhi segala jenis kebutuhan dalam hidupnya. Di dalam proses ekonomi itu sendiri, tindakan ini akan menjadi unsur pokok yang wajib diperhatikan oleh setiap individu.

Ketika tindakan ekonomi diabaikan begitu saja, hal ini dapat membuat kegiatan perekonomian tidak akan bisa terjadi. Dengan begitu, hubungan erat antara dua aspek ekonomi penting lainnya juga akan terganggu. Untuk itu, kenali pengertian dan tujuan dari tindakan ini dengan sebaik mungkin.

Apa itu Tindakan Ekonomi?

Tindakan Ekonomi Adalah

Ilustrasi Tindakan Ekonomi Photo by Arturo Rey on Unsplash 

Masih ada beberapa orang yang belum tahu tentang apa yang dimaksud dengan tindakan ekonomi. Pada dasarnya, tindakan ini adalah aktivitas yang tidak bisa lepas dalam kehidupan manusia, sehingga tidak mengherankan jika istilah ini sering dibahas oleh banyak orang.

Menurut artikel yang ditulis oleh Elias L. Khalil, pengertian dari tindakan ekonomi adalah suatu hal yang tidak hanya membahas tentang langkah individu dalam mengejar selera dan tujuan ekonomi saja, tapi juga dapat berkaitan dengan tahapan dalam meminimalkan dana di setiap tujuan ekonominya.

Jadi, dapat dipastikan bahwa tindakan ekonomi ini tidak hanya bertujuan untuk memenuhi kebutuhan seseorang, tapi juga dapat meminimalkan biaya yang harus dikeluarkan oleh suatu individu tertentu untuk memenuhi kebutuhannya masing-masing.

Nantinya, dengan adanya tindakan ekonomi seperti ini kehidupan manusia dapat terasa lebih mudah. Sebab, kebutuhan dalam hidupnya bisa lebih mudah untuk terpenuhi dengan baik. Selain itu, tindakan ini juga akan berpengaruh terhadap faktor jumlah penghasilan, tingkat kebutuhan, dan lain sebagainya.

Baca Juga: Pengertian Prinsip Ekonomi dan Penjelasannya

Tujuan Tindakan Ekonomi

Tujuan Tindakan Ekonomi

Ilustrasi Berbelanja di Toko Retail Photo by Atoms on Unsplash 

Pada dasarnya, tindakan ekonomi dilakukan dengan memperhatikan latar belakangnya yang meliputi tujuan serta dorongan ekonomi yang telah ditetapkan. Oleh karena itu, selain memahami tentang pengertian tindakan ini, Anda juga perlu memahami apa tujuan dari tindakan ekonomi tersebut.

Berikut adalah tujuan utama dari tindakan ekonomi yang akan dikategorikan menurut kebutuhannya masing-masing, yaitu:

  • Penetapan Untung Rugi

Salah satu tujuan dari tindakan ekonomi adalah untuk menentukan tingkat untung dan rugi dari sejumlah tujuan ekonomi yang disuarakan oleh suatu individu maupun kelompok tertentu. Dengan begitu, perhitungan untung dan rugi tersebut bisa berjalan secara lebih akurat.

  • Mengecek Kualitas Produk

Tindakan ekonomi juga dapat berguna untuk mengetahui kualitas produk maupun jasa yang akan dibeli. Nantinya, baik individu maupun kelompok dari para pelaku ekonomi dapat lebih mudah dalam mengetahui kualitas produk dan jasa yang akan dibelinya.

  • Menguji Prioritas Kebutuhan

Penting untuk diketahui bahwa tindakan ekonomi akan dilakukan oleh beberapa pihak untuk menguji apa saja hal yang dapat dijadikan sebagai prioritas dalam memenuhi kebutuhan. Untuk itu, dapat dipastikan bahwa tindakan ekonomi juga dapat menguji prioritas kebutuhan manusia.

  • Meraih Kepuasan Tersendiri

Baik suatu individu tertentu maupun kelompok pelaku ekonomi dapat meraih kepuasan tersendiri dengan melakukan tindakan ini. Nantinya, kepuasan ini akan berada di tingkatan yang berbeda satu sama lain. Dalam hal ini, perbedaan tersebut akan disesuaikan dengan kebutuhan dasarnya.

Motif Tindakan Ekonomi

Motif Tindakan Ekonomi

Ilustrasi Suasana Pasar

Seperti yang sudah kami jelaskan di beberapa paragraf sebelumnya, tindakan ekonomi akan diambil oleh suatu pihak tertentu dengan didasari motif ekonomi yang ada. Motif ekonomi itu sendiri dapat diartikan sebagai alasan yang bisa mendorong suatu pihak untuk melakukan tindakan ekonomi.

Nantinya, motif ekonomi pada setiap orang maupun kelompok dapat dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal, sehingga tidak mengherankan jika motif tersebut berbeda-beda. Untuk lebih jelasnya, di sini kami akan membagikan penjelasannya lengkap:

  • Motif Intrinsik

Motif ekonomi yang pertama adalah motif intrinsik. Motif tindakan ekonomi yang terjadi dalam individu maupun kelompok tertentu adalah pengertian dari motif intrinsik. Dengan demikian, dapat dipastikan bahwa motif ini tidak berpengaruh sama sekali dengan faktor luar atau lingkungan sekitar.

Sebagai contoh, ada sebuah perusahaan yang ingin memproduksi mesin untuk mendaur ulang sampah organik dalam perusahaan tersebut, kemudian hasil daur ulang ini akan dijadikan sebagai kompos yang bermanfaat.

Dengan begitu, pihak manajemen akan melakukan jajak pendapat kepada seluruh jajaran direksi dan karyawan, apakah tindakan tersebut patut untuk dilakukan atau tidak. Jika sebagian besar orang menyetujui usul ini, maka proses produksi bisa langsung dilakukan.

Karena tindakan ekonomi ini tidak melibatkan pendapat pihak luar sedikit pun, jadi dapat dipastikan bahwa motif yang digunakan perusahaan tersebut adalah motif intrinsik.

  • Motif Ekstrinsik

Sesuai dengan namanya, motif ekstrinsik adalah sebuah motif dari tindakan ekonomi yang terjadi di luar individu maupun kelompok yang bersangkutan. Nantinya, pengambilan tindakan ekonomi dalam motif ekstrinsik ini akan dilanjutkan ke faktor eksternal yang lainnya.

Salah satu contoh dari motif ekstrinsik dalam tindakan ekonomi ialah ketika Ali menjual donat buatan ibunya yang enak dan selalu membawa donat tersebut ke sekolahnya, untuk ditawarkan ke teman-teman dan guru-gurunya.

Karena donat yang dijual tersebut memiliki rasa yang lezat, jadi Ali disarankan untuk menjualnya setiap hari. Setelah mendapat saran tersebut, Ali termotivasi untuk menggelar lapak di depan sekolahnya untuk menjual donat-donat ibunya.

Dengan melihat penjelasan yang ada di atas, dapat dipastikan bahwa tindakan ekonomi yang dilakukan Ali memiliki motif ekstrinsik. Sebab, tindakan ini dilakukan karena adanya pengaruh luar yang memotivasi Ali.

Contoh Tindakan Ekonomi Berdasarkan Jenisnya

Contoh Tindakan Ekonomi

Ilustrasi Contoh Tindakan Ekonomi Photo by Kleomenis Spyroglou on Unsplash 

Tindakan ekonomi dapat dibedakan menjadi dua jenis yang berbeda, yaitu tindakan ekonomi rasional dan tindakan ekonomi irasional. Kedua jenis tindakan ekonomi ini memiliki sistem dan karakteristik yang berbeda, sehingga Anda perlu memahami penjelasan ini dengan baik:

  • Tindakan Ekonomi Rasional

Tindakan ekonomi rasional adalah tindakan ekonomi yang dipilih oleh suatu pihak untuk mendapatkan keuntungan. Hal ini sesuai dengan namanya itu sendiri yang menggunakan kata rasional dan memiliki arti sesuai dengan logika.

Ada beberapa contoh tindakan yang termasuk dalam hal ini. Untuk membantu orang-orang dalam mengetahui contoh-contohnya tersebut, berikut kami berikan beberapa contohnya:

  • Penggunaan asuransi jiwa, mobil, dan lain sebagainya memang sangat penting, agar dapat menghindari terjadinya pengeluaran besar secara tiba-tiba. Jika sampai terjadi kecelakaan, pemilik tidak perlu mengeluarkan biaya yang besar jika kerusakannya sesuai dengan ketentuan asuransi.
  • Saat ingin membeli produk elektronik, seseorang pasti akan memperhatikan model, tegangan listrik, merek, harga, dan spesifikasi dari produk tersebut. Hal ini akan dilakukan sampai mereka bisa benar-benar menemukan produk elektronik yang paling pas.
  • Tindakan Ekonomi Irasional

Berbeda dengan jenis yang sebelumnya, untuk tindakan ekonomi irasional sendiri adalah tindakan yang dilakukan untuk mendapatkan keuntungan, tapi ternyata justru merugikan. Berikut adalah beberapa contoh tindakan ekonomi irasional:

  • Ada seorang pengusaha yang berencana untuk menyediakan produk varian baru. Namun, hal ini dilakukan tanpa perencanaan yang matang, sehingga produk baru tersebut gagal di pasaran setelah diluncurkan oleh perusahaan itu.
  • Ibu menghemat uang belanjanya dengan membeli bahan-bahan makanan yang murah dan sedikit. Namun, ketika bahan makanan tersebut dimasak, ternyata jumlahnya semakin sedikit, sehingga makanan itu tidak cukup untuk dimakan satu keluarga.

Baca Juga: Contoh Pasar Persaingan Sempurna dan Tidak Sempurna

Kesimpulan

Dengan melihat penjelasan di atas, dapat dipastikan bahwa tindakan ekonomi adalah salah satu jenis tindakan yang akan selalu ada dalam lingkungan sekitar kita. Jadi, Anda perlu memahami pengertian, tujuan, dan contohnya dengan sebaik mungkin.

Ekonomi adalah ilmu yang mempelajari perilaku manusia dan masyarakat bagaimana membuat pilihan (dengan menggunakan uang atau tidak) dalam memanfaatkan sumber daya yang terbatas guna memenuhi kebutuhannya yang tidak terbatas dan mencapai kemakmuran dalam hidup.

Dasarnya segala permasalahan bisnis dapat teratasi jika kita sama-sama memahami ilmu yang berkaitan dengan perekonomian. Jika Anda menjalankan bisnis dan memerlukan pengelolaan keuangan supaya operasional keuangan lancar, Anda bisa menggunakan Beeaccounting sebagai software akuntansi yang siap membantu Anda untuk memperlancar bisnis.

Banner Beeaccounting Software untuk Mempermudah Laporan Akuntansi

Mesin Printer Kasir Portable, Kecil Tapi Canggih
Mesin printer kasir portable, benda kecil yang sering kita jumpai di berbagai sektor usaha, termasuk di bidang F&B. Tidak hanya […]
Baca Juga
Aplikasi Toko Terbaik Harus Memiliki Hal Berikut!
Selera manusia di zaman sekarang dalam memilih sesuatu harus serba terbaik. Sifat ini juga harus dimiliki owner saat memilih aplikasi […]
Baca Juga
Apa Itu Aplikasi POS Web, Kelebihan Serta Kekurangannya?
Kemajuan teknologi memberikan dampak positif bagi para pelaku usaha, Umumnya, usaha ini menggunakan teknologi berupa aplikasi POS versi web. Tujuannya […]
Baca Juga

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Kontak
No. GSM klik bawah ini
Logo GSM Telp
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Aer Space - Jl. Karang Tinggal No. 41B, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2023 Bee.id
magnifiercrossmenu