🌙 Ketupat Lebaran Disc. upto 20%, Pebisnis Ritel Merapat!
00
Hari
:
00
Jam
:
00
Menit
:
00
Detik
Logo Bee Web

Contoh Pasar Persaingan Sempurna dan Tidak Sempurna

Contoh pasar persaingan sempurna dan tidak sempurna yang dapat dipelajari. Keduanya memiliki karakteristik berbeda satu dan lainnya.
Penulis: Rininta Oktaviana
Kategori: ,
Dipublish Tgl: Tuesday, 25 October 2022

Ada beberapa contoh pasar persaingan sempurna maupun tidak sempurna yang bisa dianalisis berdasarkan beberapa aspek. Misalnya komoditas yang diperjualbelikan juga beberapa faktor lainnya. Pasar merupakan tempat pertemuan antara penjual dan pembeli melakukan transaksi.

Ada perbedaan mendasar dari kedua jenis pasar persaingan ini yaitu perbandingan antara jumlah produsen atau penjual dengan jumlah konsumen. Jadi nantinya bisa tercipta perbedaan persaingan baik sempurna maupun tidak.

Pengertian Pasar Persaingan Sempurna

Pasar Persaingan Sempurna Adalah

Ilustrasi Pasar Persaingan Sempurna (Sumber: Pexels.com)

Banyak orang yang seringkali tidak menyadari saat membeli produk yang dibeli. Apakah harga tersebut didapatkan dari keuntungan produsen dan juga konsumen? Apakah ada yang mempermainkan harga dan juga berbagai pertanyaan lainnya.

Disinilah definisi dari persaingan pasar sangatlah penting. Anda seringkali membeli produk makanan seperti buah-buahan, sayuran, daging, telur, dan berbagai bahan makanan yang ada di pasar tersebut. Bisa dikatakan bahwa di pasar terjadi persaingan sempurna.

Sehingga tidak ada pedagang yang dapat mengontrol harga terlalu tinggi atau memonopoli suatu barang. Maka kedepannya, tidak akan ada pihak yang merasa dirugikan akibat tindakan ini. Cara ini juga dapat dikatakan sebagai salah satu cara efektif untuk meningkatkan ekonomi masyarakat.

Hal ini terjadi karena adanya keseimbangan permintaan dan penawaran baik di tingkat pedagang dan konsumen. Pengertian pasar persaingan sempurna adalah struktur pasar dimana banyak penjual yang menjajak produk serupa dan hampir tidak ada perbedaan keuntungan karena persaingan yang ketat.

Baca Juga: Jenis-Jenis Pasar Berdasarkan Wilayah, Transaksi, dan Bentuknya

Contoh Pasar Persaingan Sempurna

Pasar Tradisional Persaingan Sempurna

Ilustrasi Pasar Tradisional (Sumber: Pexels.com)

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bawah persaingan di dalam pasar sangat wajar terjadi sehingga hubungan timbal balik saling menguntungkan antara penjual dan pembeli sangat diperlukan. Beberapa contoh yang dapat dilihat adalah:

  • Pasar Tradisional

Pasar ini merupakan salah satu tempat yang menjual berbagai kebutuhan makanan sehari-sehari, mirip seperti supermarket. Di dalam pasar tradisional tentu terdapat berbagai pedagang berbagai komoditas makanan misalnya buah-buahan, sayuran, daging, telur, dan yang lainnya.

Harga jual yang ditawarkan juga standar dan hampir mirip antara satu dengan lainnya bahkan sama. Selain itu, jumlah pedagang komoditas tersebut juga cukup beragam dan banyak jumlahnya. Jadi harga jual tetap stabil di dalam pasarnya sendiri.

  • Pasar Saham

Termasuk pasar yang stabil karena harga produk saham, modal, dan bursa efek telah ditentukan oleh perusahaan. Jadi harga tidak akan banyak terpengaruh oleh penjual maupun pembeli.

Akan tetapi, kebanyakan jenis pasar ini dipengaruhi oleh keadaan politik ekonomi, dan stabilitas perusahaan atau negara. Misalnya saja penjualan secara tiba-tiba lit saham dari berbagai investor yang membuat harga saham perusahaan turun.

Pengertian Pasar Persaingan Tidak Sempurna

Pasar Persaingan Tidak Sempurna

Ilustrasi Central Market Photo by Johen Redman on Unsplash 

Sedangkan contoh pasar persaingan tidak sempurna merupakan jenis pasar dimana jumlah penjualnya terbatas dan pembelinya membludak atau sangat banyak. Dalam hal ini bahkan penjual dapat memiliki wewenang untuk menentukan harga.

Layaknya seperti monopoli pasar, tipe persaingan tidak sempurna ini sebenarnya sangat menguntungkan pihak penjual. Untuk itu beberapa jenis pasar seharusnya tidak memiliki tipe pasar persaingan tidak sempurna.

Contoh Pasar Persaingan Tidak Sempurna

Ada beberapa contoh dari pasar persaingan tidak sempurna yang terjadi di masyarakat. Utamanya karakteristik pasar ini adalah melakukan monopoli terhadap barang yang dijual. Misalnya daya listrik, bensin, air, dan sumber daya utama lainnya yang dimonopoli oleh pihak tertentu.

  • Pasar Monopolistis

Pasar Monopolistik Persaingan Tidak Sempurna

Ilustrasi Monopoli (Sumber: Pexels.com)

Contoh pasar persaingan monopolistik adalah produsen shampoo, pasta gigi, deterjen, dan lain sebagainya. Dibandingkan pasar monopoli, pasar ini memiliki jangkauan untuk mempengaruhi harga tetapi tidak terlalu besar.

Produsen dari beberapa produk yang telah dijelaskan tadi dimonopoli oleh beberapa kalangan tertentu saja. Sehingga harga jualnya pun dapat dikontrol oleh sebagian orang.

  • Pasar Oligopoli

Contoh dari pasar persaingan oligopoli adalah industri air mineral, rokok, kendaraan bermotor, dan lain sebagainya. Barang yang ditawarkan biasanya hanya satu jenis atau homogen. Meskipun ada beberapa perusahaan berbeda, akan tetapi lebih mudah untuk mencapai kesepakatan harga dari penjual.

Hal ini seringkali dilakukan untuk dapat menahan berbagi pasar potensial memasuki pasar. Sehingga persaingannya juga terbatas dan mempermudah untuk menggaet konsumen.

Kesimpulan

Contoh pasar persaingan sangat beragam dan memiliki karakteristik yang berbeda. Untuk itu harus dipahami pengertian masing-masing untuk mendapatkan keuntungan terbaik.

Buat Laporan Penjualan Harian Satu Kali Klik dengan Beecloud

Ternyata jenis-jenis pasar yang berkembang di Indonesia ada banyak. Semuanya memiliki berbagai ciri khas tersendiri tergantung kepada pemanfaatan dan klasifikasi waktu dari pasar tersebut.

Hal terpenting yang terjadi dalam pasar adalah adanya transaksi antara penjual dan pembeli. Sebagai penjual di pasar Anda juga sudah harus melek dengan pencatatan transaksi atau keuangan. Hal ini dilakukan untuk menghindari uang jualan di pasar dengan uang pribadi tercampur. Apabila uang tercampur dan habis untuk keperluan pribadi maka tidak ada lagi perputaran uang karena tidak bisa kulakan.

Beecloud merupakan software akuntansi yang bisa mencatat keluar/masuk barang dan transaksi (uang) sehingga mencegah kebocoran/manipulasi stok dan pembukuan usaha akan lebih rapi. Beecloud juga bisa diakses di hp, tablet, maupun laptop.  Selain itu terdapat laporan keuangan yang bisa disajikan melalui Beecloud  yaitu Laporan Laba/Rugi, Neraca, Kas/Bank, Stok, Piutang.

Bikin Laporan Penjualan Mudah dan Cepat
Pengertian Positioning Adalah: Jenis, Manfaat dan Strateginya
Brand positioning adalah kunci penting dalam membangun citra dan reputasi perusahaan. Dengan brand positioning yang tepat, sebuah merek atau produk
Baca Juga
Software Toko Pakaian Solusi Catat Transaksi Lebih Akurat
Software toko pakaian rekomendasi untuk catat transaksi lebih akurat. Hingga saat ini kebutuhan akan software bisnis terus meningkat. Sama halnya
Baca Juga
Harga, Syarat dan Cara Daftar Franchise Alfamart (Update 2023)
Melihat ramainya toko ritel seperti alfamart seking kali menjadikan iri, bagaimana ya caranya buat usaha seperti itu? Tenang Anda bisa
Baca Juga
Cara Membuat SIUP Online 2022
SIUP merupakan  sebuah perpanjangan dari Surat Izin Usaha Perdagangan. Buat yang hendak membangun bisnis terutama di bidang perdagangan, maka harus
Baca Juga
5 Rekomendasi Software Cetak Struk Online Terbaik 2023
Software struk cetak online merupakan inovasi teknologi yang sangat berguna dalam mengembangkan bisnis Anda, pasalnya software cetak struk ini sudah
Baca Juga
Software Kasir Online: Jualan Makin Cepat & Aman
Software Kasir Online merupakan sebuah teknologi zaman sekarang yang akan sangat memudahkan Anda dalam berjualan terutama yang sedang menjalankan Bisnis
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Aer Space - Jl. Karang Tinggal No.41B, Cipedes, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu