🌙 Beerkah Ramadhan Disc. upto 20% dan Cashback 15%
00
Hari
:
00
Jam
:
00
Menit
:
00
Detik
Logo Bee Web

Pengertian Prinsip Ekonomi dan Penjelasannya

Apa itu prinsip ekonomi? Tak sedikit orang memahami artian dari prinsip ekonomi yang sebenarnya penting untuk diketahui maka dari itu simak penjelasan ini
Penulis: Farhan Anggara
Dipublish Tgl: Friday, 11 December 2020

Apa itu prinsip ekonomi? Tak sedikit orang memahami artian dari  ekonomi yang sebenarnya penting untuk diketahui. Terkait segala kegiatan sehari-hari termasuk dalam kegiatan bisnis memang tidak jauh dari ekonomi, untuk itulah dibutuhkan pemahaman terkait pengertian prinsip tentang ekonomi.

Pemahaman Tentang Prinsip-Prinsip Ekonomi

Prinsip Ekonomi

Memahami Prinsip Ekonomi (Sumber: Freepik.com)

Pada situs resmi Kementerian Keuangan Republik Indonesia, prinsip ekonomi ialah panduan dalam kegiatan ekonomi untuk mencapai perbandingan rasional antara pengorbanan yang timbul dan hasil yang diperoleh.

Dengan kata lain, prinsip-prinsip economy adalah bisnis dengan pengorbanan terkecil untuk mendapatkan hasil tertentu atau dengan pengorbanan tertentu yang ingin mendapatkan hasil maksimal.

Istilah ini juga dapat didefinisikan sebagai upaya atau tindakan untuk memperoleh kepuasan kebutuhan tertentu dengan pengorbanan sekecil apa pun yang mungkin.

Prinsip economy berlaku untuk semua orang yang dimana orang tersebut terlibat dalam kegiatan keuangan seperti contohnya kegiatan sehari-hari ataupu kegiatan bisnis. Berikut ini yang merupakan penerapan prinsip ekonomi oleh konsumen adalah:

Prinsip Ekonomi Syariah

Prinsip Ekonomi Syariah adalah cabang ilmu yang berupaya melihat, menganalisis, dan, akhirnya, memecahkan masalah dengan metode prinsip ekonomi Islam, yaitu berdasarkan pada ajaran Islam.

Ekonomi Islam memiliki dua hal utama yang merupakan dasar hukum dari sistem ekonomi Islam, yaitu Al-Qur'an dan Sunnah Nabi, undang-undang yang diambil dari dua fondasi dasar dalam konsep dan prinsipnya tidak berubah (mereka tidak dapat berubah dalam apa pun momen dan di mana saja).

Prinsip Ekonomi Konsumen

Saat mengonsumsi barang dan jasa, konsumen harus bertindak dengan hati-hati dan efisien. Dengan kata lain, konsumen harus menerapkan prinsip-prinsip ekonomi untuk melakukan semua tindakan ekonomi.

Bagi konsumen, ketika menerapkan prinsip-prinsip, mereka dapat mengendalikan keinginan mereka yang tidak terbatas. Prinsip-prinsip ekonomi dalam kegiatan konsumen merupakan dasar berpikir untuk memperoleh kepuasan yang ukurannya sebanyak mungkin dengan anggaran atau pengorbanan tertentu.

Dalam beraktivitas, seorang konsumen harus memperhitungkan pengorbanan atau biaya kebutuhan dan kemampuan untuk memenuhinya. Jika kapasitas dan anggaran tersedia terbatas, sedangkan kebutuhannya sangat besar, konsumen harus memiliki prioritas tentang barang atau jasa yang diperlukan.

Baca Juga: Pengertian Ekonomi Makro, Penjelasan dan Tujuan

Definisi Prinsip Ekonomi Menurut Para Ahli

prinsip ekonomi menurut alfred marshall

Alfred Marshall Ahli Ekonomi (Sumber: Wikipedia.org)

Untuk lebih memahami apa itu ekonomi, maka kita dapat merujuk pada beberapa ahli. Berikut ini adalah definisi ekonomi menurut para ahli:

1. Robbins.

Menurut Robins, definisi ekonomi adalah studi tentang perilaku manusia, karena suatu hubungan antara tujuannya menghadapi ketersediaan sumber daya untuk mencapai tujuannya.

2. Alfred Marshall.

Menurut Alfred Marshall, definisi ekonomi adalah studi tentang manusia sebagai kehidupan hidup, mereka bergerak dan berpikir dalam konteks harian.

3. John Adam Smith

Menurut Adam Smith, definisi ekonomi adalah penyelidikan situasi dan penyebab kekayaan negara.

4. John Stuart Mill

Menurut John Stuart Mill, pemahaman ekonomi adalah pengetahuan yang mengacu pada penciptaan nilai tukar dan layanan yang dapat meningkatkan kekayaan dan kemakmuran suatu negara.

5. Hermawan Kartajaya.

Menurut Hermawan Kartajaya, pemahaman ekonomi adalah wadah di mana ia melekat pada sektor industri.

Tujuan Prinsip Ekonomi

Seperti disebutkan dalam arti prinsip-prinsip ekonomi sebelumnya, tujuan utama dari prinsip-prinsip ekonomi adalah bahwa manusia dapat memenuhi kebutuhan ekonomi mereka secara efektif dan efisien.

Selain itu, ada beberapa tujuan dari prinsip economy, yaitu:

  • Untuk menghindari residu dalam hal konsumsi.
  • Meminimalkan kemungkinan kerugian karena kesalahan tertentu.
  • Untuk mendapatkan manfaat besar dari kegiatan ekonomi.
  • Untuk menggunakan modal dan kemampuan untuk menjadi maksimal.

Ciri-ciri Prinsip Ekonomi

prinsip-ekonom

Memahami Prinsip Ekonomi (Suumber: Freepik.com)

Setelah memahami pemahaman tentang prinsip-prinsip ekonomi, tentu saja kita juga perlu tahu apa ciri-ciri atau penerapan prinsip dari ekonomi. Karakteristik prinsip-prinsip ekonomi adalah:

  • Selalu bertindak hemat dalam segala hal ekonomi
  • Bertindak secara ekonomi, yaitu, dengan mempertimbangkan hilangnya laba dalam melaksanakan kegiatan ekonomi.
  • Bertindak rasional dengan terlebih dahulu memprioritaskan kebutuhan yang paling penting.
  • Melakukan perencanaan yang baik tentang pengeluaran untuk kebutuhan.
  • Ini memiliki prinsip bahwa biaya harus disesuaikan dengan pendapatan.

Manfaat Prinsip Ekonomi

Berikut merupakan manfaat penerapan prinsip-prinsip ekonomi:

  • Optimalisasi sumber daya yang ada untuk mendapatkan keuntungan maksimal.
  • Pekerjaan hemat, cepat dan kanan untuk meminimalkan risiko kehilangan atau kerusakan.
  • Dapatkan tujuan tepat waktu dan menjadi sukses untuk mencapai tingkat kemakmuran yang diinginkan.
  • Mencapai hasil kerja yang dijamin untuk memenuhi tingkat kepuasan aktor ekonomi.
  • Hidup lebih maju dalam persaingan yang sehat.

Baca Juga: Peluang Ide Usaha Kreatif Ramah Lingkungan yang Bisa Anda Coba

10 Prisnsip Ekonomi

Agar lebih memahami tentang prinsip-prinsip ekonomi, berikut ini terdapat 10 prinsip-prinsip yang bisa Anda terapkan.

1. Kompensasi

Ketika seseorang menginginkan sesuatu, ia harus bisa mengorbankan sesuatu yang lain. Setiap orang yang ingin memiliki barang yang berkualitas, harus ada sesuatu yang dikorbankan untuk mendapatkan barang tersebut. Pengorbanan dapat berupa waktu, uang, energi, dan lainnya.

2. Kemungkinan biaya.

Biaya peluang akan terjadi ketika seseorang harus menentukan pilihan, maka kesempatan akan berubah. Karena itu, seseorang harus diminta untuk mengambil peluang atau peluang lebih menguntungkan dan meninggalkan peluang lain. Setidaknya, kesempatan yang diambil harus proporsional dengan biaya yang dikeluarkan.

3. Rasional.

Rasional adalah prinsip yang mendorong peran terhadap ekonomi untuk menggunakan pemikiran rasional setiap kali mereka memutuskan sesuatu. Berpikir rasional akan membuat seseorang dengan mudah memahami keuntungan dan juga menghindari kerugian pada setiap kesempatan yang dipilih.

4. Jawab untuk intensif.

Secara umum, manusia akan lebih aktif ketika memperoleh manfaat tambahan dari hal-hal yang telah dilakukan. Misalnya, ketika Anda ditawari seseorang insentif untuk bekerja lebih keras, tidak diragukan lagi apabila memanfaatkan kesempatan itu.

5. Perdagangan yang menguntungkan.

Perdagangan yang menguntungkan adalah prinsip yang memprioritaskan spesialisasi. Misalnya, suatu negara menghasilkan barang atau jasa berdasarkan kapasitas yang paling baik, kemudian menjual produk ke negara lain yang produksinya tidak optimal untuk artikel. Negara yang produksinya tidak optimal akan membeli produk dari negara yang tingkat produksi lebih optimal. Oleh karena itu, suatu prinsip yang menguntungkan semua pihak dengan negosiasi yang menguntungkan.

Prinsip-Eknomi-Perdagangan-Dunia-yang-Saling-Menguntungkan

Prinsip Ekonomi Perdagangan Dunia yang Saling Menguntungkan (Sumber: Freepik.com)

6. Pasar

Pasar adalah tempat untuk membeli dan menjual transaksi antara penjual dan pembeli. Oleh karena itu, pabrikan memiliki hak untuk menentukan produksi dan barang individu yang diproduksi. Sementara konsumen memiliki hak untuk bekerja di perusahaan dan membeli barang yang diinginkan dari pendapatan yang telah diperolehnya.

7. Intervensi

Seseorang dapat melakukan intervensi di bidang ekonomi yang kemudian dilakukan melalui pasar yang membantu merchant. Oleh karena itu, seseorang dapat meningkatkan faktor-faktor produksi yang bermanfaat bagi penjual dan pembeli. Intervensi seseorang dapat membantu penjual memaksimalkan pendapatan, menambah produk dan tindakan komersial.

8. Ternak

Kapasitas faktor-faktor produksi dapat menjadi penentu stok hidup di suatu negara. Negara-negara kerja dapat menghasilkan sejumlah barang dan jasa dengan maksimum, maka kebanyakan orang tentu hidup dengan standar hidup yang tinggi. Oleh karena itu, standar hidup dan tingkat pertumbuhan produktivitas suatu negara dapat menentukan tingkat pertumbuhan pendapatan rata-rata.

9. Inflasi

Sejumlah besar uang yang bersirkulasi di masyarakat akan berdampak pada nilai uang yang cenderung lebih menurun. Oleh karena itu, suatu negara akan mengalami inflasi dengan dampak dari nilai peningkatan barang karena nilai penurunan uang.

10. Pengangguran

Orang yang menghadapi kompensasi jangka pendek antara inflasi dan pengangguran hanya bisa sementara. Namun, situasi ini juga dapat terjadi dalam bertahun-tahun. Situasi unik telah terjadi di beberapa negara yang mengalami inflasi sebenarnya membuat tingkat pengangguran menurun di negara ini.

Kesimpulan

Ekonomi adalah ilmu yang mempelajari perilaku manusia dan masyarakat bagaimana membuat pilihan (dengan menggunakan uang atau tidak) dalam memanfaatkan sumber daya yang terbatas guna memenuhi kebutuhannya yang tidak terbatas dan mencapai kemakmuran dalam hidup.

Dasarnya segala permasalahan bisnis dapat teratasi jika kita sama-sama memahami ilmu yang berkaitan dengan perekonomian. Jika Anda menjalankan bisnis dan memerlukan pengelolaan keuangan supaya operasional keuangan lancar, Anda bisa menggunakan Beeaccounting sebagai software akuntansi yang siap membantu Anda untuk memperlancar bisnis.

Laporan Keuangan Akurat Untuk Laporan Pajak Pakai Beeaccounting 1x Klik Langsung Jadi

Beeaccounting memiliki fitur yang bermanfaat untuk membantu perekonomian pada bisnis Anda. Sehingga apabila Anda mengalami masalah terkait dengan perekonomian bisnis, Beeaccouunting adalah solusi tepat yang bisa Anda gunakan. Klik di sini untuk coba gratis sekarang!

Artikel Terbaru

Artikel Populer

Tips Bisnis

Coba Gratis

Follow Social Media Bee

Ini Keuntungan Menggunakan Aplikasi Kasir Toko Untuk Usaha Anda
Hari ini banyak beragam pertanyaan yang dilontarkan para pengusaha mengenai manfaat menggunakan aplikasi toko kasir bagi mereka? Jawabannya banyak sekali.
Baca Juga
Tahukah Anda Ciri-Ciri Pasar Monopoli? Ini Pembahasannya!
Informasi terkait ciri-ciri pasar monopoli memberikan gambaran tentang salahsatu sistem jual beli. Anda bakal mengetahui bahwa berbicara pasar dari sisi
Baca Juga
Rumus Current Ratio, Contoh dan Cara Menghitungnya
Rumus current ratio atau rasio lancar adalah salah satu bagian dari rasio likuiditas yang bisa dijadikan sebagai alat pengukur kemampuan
Baca Juga
2020: UMK Naik 8.5%, BPJS Naik 100%, Gimana Nasib Anda?
UMK naik lagi, apa yang bisa Anda lakukan (sebagai Pengusaha) untuk mengantisipasinya ? Semalam Saya baru baca berita tentang Daftar
Baca Juga
Fitur Penting Aplikasi Manajemen Keuangan untuk Perusahaan
Sebagai seorang pengusaha ada kalanya mengikuti perkembangan jaman. Untuk saat ini dunia teknologi sudah jauh berkembang, dan tentunya terdapat beberapa
Baca Juga
11 Ide Bisnis Musim Konser Dijamin Menguntungkan
Musim konser di Indonesia sudah dimulai sejak pertengahan tahun 2022 lalu, mulai dari konser artis dalam negeri, beberapa grup KPOP
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Ruang 59 - Jl. Surya Sumantri No.59, Sukawarna, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu