Web Logo Bee
Penulis: Farhan Anggara

Software Toko Grosir, Kunci Sukses Manajemen Toko Grosir

Dipublish Tgl: Monday, 20 June 2022

Software toko grosir merupakan salah satu sistem yang dapat digunakan dalam melakukan manajemen hingga pengelolaan yang bertujuan untuk mengembangkan usaha toko grosir.

Toko grosir pasti berurusan dengan stok dalam jumlah besar, yang berarti kebutuhan mereka berbeda dari pengecer – dan manajemen inventaris yang tepat dalam skala besar memainkan peranyang krusial dalam kesuksesan bisnis mereka.

Pada artikel ini kami telah merampung 6 langkah utama yang dapat dilakukan toko grosir untuk mengelola bisnis mereka dengan sukses, mulai dari perencanaan, penetapan harga, dan penempatan staf  hingga proses penting yang menggunakan software toko grosir.

6 Strategi Sukses Bisnis Toko Grosir

Strategi Sukses Toko Grosir

Ilustrasi Warehouse Toko Grosi (Sumber: Freepik.com)

Streategi ini tentu saja dapat langsung Anda praktekan untuk mengembangkan bisnis toko grosir. Berikut adalah strateginya.

1. Memiliki Perencanaan Bisnis Toko Grosis yang Kokoh

Perencanaan bisnis merupakan landasan manajemen bisnis grosir. Rencana bisnis yang baik merupakan peta jalan menuju masa depan bisnis grosir Anda.

Rencana bisnis toko grosir harus mencakup:

  • Pernyataan misi. Ini adalah ringkasan dari tujuan, nilai, dan tujuan perusahaan. Ini menjawab pertanyaan tentang siapa Anda sebagai sebuah perusahaan dan apa yang di perjuangkan.
  • Tujuan bisnis, termasuk tujuan strategis, keuangan, operasional, dan pemasaran.
  • Ringkasan eksekutif yang memberikan ikhtisar bisnis, dan potret keseluruhan rencana bisnis.
  • Produk dan layanan yang disediakan bisnis, dan masalah yang dirasakan mereka pecahkan.
  • Analisis industri dan pesaing, termasuk struktur bisnis dan detail pelanggan, pemasok, dan mitra.
  • Analisis pasar dan segmentasi pelanggan untuk menentukan siapa audiens target – bersama dengan rencana pemasaran dan operasional yang menguraikan taktik yang diperlukan untuk menjangkau audiens ini.
  • Nilai jual unik; atau 'mengapa'. Ini adalah proposisi nilai yang memberi tahu konsumen apa yang membuat produk dan layanan lebih baik daripada produk dan layanan pesaing.

2. Tetapkan Strategi Penetapan Harga Bisnis Grosir

Strategi penetapan harga yang kuat sangat penting untuk menciptakan bisnis toko grosir yang menguntungkan dan harus mempertimbangkan biaya, harga grosir, dan eceran yang direkomendasikan.

Memilih harga yang tepat dalam manajemen bisnis grosir adalah tentang menjaga keseimbangan antara volume penjualan dan profitabilitas. Tujuannya adalah untuk menutupi biaya dan menciptakan rasa nilai bagi pelanggan – dan agar Anda tetap kompetitif dan pada akhirnya menguntungkan.

Penetapan harga grosir didasarkan pada prinsip penjualan volume yang lebih besar dengan markup yang lebih rendah. Biasanya, bisnis grosir akan menawarkan diskon 50% kepada pelanggan ritel dari harga eceran reguler mereka, memungkinkan mereka untuk menawarkan harga yang kompetitif kepada pelanggan mereka, sambil juga mempertahankan margin keuntungan yang sehat.

Karena bisnis toko grosir memiliki lebih sedikit kebutuhan untuk pemasaran yang mahal atau pemeliharaan toko fisik, biaya operasi mereka umumnya lebih rendah daripada ritel. Oleh karena itu, bisnis toko grosir masih dapat menghasilkan keuntungan yang signifikan dengan margin yang lebih rendah.

Baca Juga: Apa itu Distributor? Tugas, Jenis dan Kunci Sukses Distributor

3. Promosikan Merek Grosir

Pedagang grosir sama seperti pengecer dan B2C perlu menciptakan brand awareness karena bagaimana lagi pelanggan akan menemukan toko Anda atau mengetahui merek apa saja yang Anda jual?

Tiga area utama yang harus difokuskan saat mempromosikan bisnis toko grosir adalah:

  • Menarik pelanggan grosir baru
  • Memperoleh lebih banyak pesanan dari pelanggan yang sudah ada
  • Meningkatkan ukuran pesanan

Pameran dagang adalah cara yang bagus untuk mempromosikan merek toko grosir, karena spesifik industri dan ditargetkan untuk orang-orang dan bisnis yang tertarik dan terlibat di sektor Anda. Dengan kata lain, peserta dan pameran dagang sudah tertarik dengan apa yang disediakan oleh bisnis toko grosir Anda.

Pemesanan dan pengiriman otomatis mendorong pesanan yang lebih banyak dan lebih besar dari pelanggan yang sudah ada karena menyederhanakan proses dan memudahkan pengecer untuk menempatkan dan menerima pesanan grosir mereka.

Ini juga memberi Anda data untuk melakukan cross-sell dan upsell kepada pelanggan karena Anda dapat memberikan saran kepada pelanggan berdasarkan penjualan sebelumnya.

4. Rekrut Staf yang Tepat untuk Bisnis Toko Grosir

Rekrut Staff Untuk Toko Grosir

Ilustrasi Karyawan Mendata Pesanan (Sumber: Freepik.com)

Mempekerjakan staf yang tepat adalah penting dalam bisnis apa pun, dan ini tentu tidak berbeda untuk bisnis grosir. Untuk memastikan Anda merekrut orang yang tepat, Anda harus terlebih dahulu mengidentifikasi tujuan bisnis toko grosir dan membangun tim Anda di sekitar ini.

Pertimbangkan tujuan bisnis jangka panjang Anda dan rencanakan orientasi, pelatihan keterampilan, dan perencanaan suksesi terlebih dahulu.

Mengevaluasi situasi saat ini berkaitan dengan tingkat kepegawaian, keterampilan, dan kinerja yang ada. Bagaimana kinerja staf dan di mana perbaikan dapat dilakukan? Keterampilan apa yang penting untuk tugas-tugas yang perlu dilakukan? Apakah karyawan aNDA saat ini ditawari kesempatan untuk meningkatkan keterampilan atau memberikan masukan tentang cara mengoptimalkan tugas dan proses?

Menjawab pertanyaan-pertanyaan ini memungkinkan manajer bisnis grosir untuk tidak hanya menilai seberapa baik kinerja staf, tetapi juga untuk menentukan kekurangan keterampilan – atau bahkan jika staf merasa diberi kompensasi yang memadai atau dihargai atas kontribusi

5. Membina Hubungan Jangka Panjang dengan Stakeholders

Pemangku kepentingan atau stakeholders adalah orang-orang yang memiliki kepentingan dalam bisnis toko grosir. Mereka bisa menjadi pelanggan, klien, staf, pemasok, atau bahkan anggota dewan semuanya penting bagi bisnis toko grosir.

Ini berarti manajemen hubungan pemangku kepentingan adalah tentang menciptakan dan memelihara hubungan jangka panjang yang saling menguntungkan dengan semua pemangku kepentingan terutama dengan pelanggan, pemasok, dan karyawan.

Komunikasi adalah kunci keberhasilan hubungan ini. Pemangku kepentingan internal adalah seperti namanya pemangku kepentingan dalam bisnis.

Misalnya, karyawan secara langsung dipengaruhi oleh operasi bisnis dan harus diperlakukan seperti itu. Perusahaan perlu memastikan bahwa semua tim mereka terlatih dan sadar akan peran mereka dalam keberhasilan organisasi.

Pemangku kepentingan eksternal adalah orang-orang atau kelompok yang memiliki kepentingan dalam keberhasilan bisnis tetapi tidak memiliki afiliasi langsung dengan produk atau operasi internal bisnis grosir.

Pemasok adalah contoh pemangku kepentingan eksternal. Membangun hubungan yang kuat dengan pemasok menempatkan bisnis toko grosir dalam posisi yang lebih baik untuk bereaksi cepat terhadap tantangan eksternal.

Bekerja sama dengan suppliers dapat membantu bisnis grosir mengelola inventaris dan menerapkan peningkatan di seluruh rantai pasokan misalnya, Anda dapat menerapkan sistem inventaris yang dikelola vendor untuk merampingkan rantai pasokan Anda, atau bahkan bekerja sama untuk membawa produk baru ke pasar.

6. Gunakan Software Toko Grosir

Software Distributor twitter

Software Distributor Beecloud, Klik Gambar untuk Info Selengkapnya!

Dasar dari setiap bisnis grosir adalah pengendalian persediaan yang efektif. Pedagang grosir umumnya menyimpan lebih banyak stok secara signifikan daripada pelanggan ritel mereka dan sejumlah besar investasi dan arus kas terikat dalam stok inventaris.

Itu berarti mengelola inventaris dengan baik sangat penting untuk keberhasilan keseluruhan bisnis grosir – mulai dari penyimpanan hingga pengiriman hingga layanan pelanggan dan manajemen pemangku kepentingan.

Mengotomatiskan manajemen inventaris dalam bisnis grosir akan meningkatkan daya saingnya, yang sangat penting bagi grosir yang berurusan dengan stok inventaris dalam jumlah besar. Software toko grosir membantu mengelola pembelian grosir, penjualan, pengiriman, dan pelacakan.

Menggunakan software toko grosir yang dibuat khusus akan meningkatkan akurasi inventaris, mempercepat pemenuhan pesanan, dan memungkinkan respons yang lebih cepat terhadap perubahan kebutuhan pelanggan.

Baca Juga: Distributor Barang: Pengertian, Peluang dan Masalah Umum

Kesimpulan

Menjalankan strategi di atas membutuhkan usaha yang tidak main-main. Anda perlu bekerja lebih keras untuk menerapkan strategi-strategi itu. Namun jika Anda membutuhkan bantuan, Anda bisa menggunakan software distributor untuk memudahkan pekerjaan dengan memanfaatkan segala fitur yang ada.

Saat permintaan pelanggan semakin meningkat dan membutuhkan pengiriman produk yang cepat, maka proses operasional perusahaan pun harus dituntut bekerja lebih cepat. Software distributor Beecloud membantu dalam PO (pengiriman dan pembelian), SO (penjualan da retur). hutang piutang, stok gudang, hingga integrasi laporan akuntansi.

Coba gratis Software Distributor selama 14 hari dan langganan hanya Rp 103.000 saja per bulan. Coba gratis klik banner di bawah ini!

Software Distributor twitter

Software Distributor

Software Akuntansi Online: Bikin Laporan Lebih Mudah
Software Akuntansi Online saat ini sudah menjadi kebutuhan premiere bagi setiap pengusaha. Di era teknologi seperti sekarang, memang sangat dianjurkan […]
Baca Juga
5+ Web Cek Barcode Untuk Memudahkan Pekerjaan Kasir Toko
Web cek barcode saat ini menjadi suatu kebutuhan bagi pemilik bisnis ritel. Ketika ke supermarket dan akan membayar belanjaan ke […]
Baca Juga
Fitur Penting Aplikasi Manajemen Keuangan untuk Perusahaan
Sebagai seorang pengusaha ada kalanya mengikuti perkembangan jaman. Untuk saat ini dunia teknologi sudah jauh berkembang, dan tentunya terdapat beberapa […]
Baca Juga

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Kontak
No. GSM klik bawah ini
Logo GSM Telp
Copyright © 2022 Bee.id
magnifiercrossmenu