🔧Diskon se-Juta khusus Bisnis Bengkel, Sisa 3 Hari
00
Hari
:
00
Jam
:
00
Menit
:
00
Detik
Logo Bee Web

Tagline Adalah Frasa Pendek Powerful, Penting dalam Pemasaran

Tagline adalah frasa pendek yang menjadi bagian dari strategi pemasaran. Ketahui fungsi, jenis, contoh tagline dan cara membuatnya di sini!
Penulis: Lutfatul Malihah
Kategori:
Dipublish Tgl: Wednesday, 8 March 2023

Tagline adalah frasa pendek yang sering digunakan sebagai bagian dari strategi pemasaran untuk merek atau produk tertentu. Pembuatan tagline menarik yang tepat dapat membantu merek atau produk menjadi lebih mudah diingat dan dikenal oleh konsumen.

Selain itu, juga memberikan pesan yang kuat dan relevan mengenai merek atau produk tersebut. Dalam sebuah iklan, tagline biasanya ditempatkan di bagian akhir atau bagian dari elemen visual, dan seringkali didukung oleh elemen lain, seperti gambar, video, atau jingle.

Pada artikel ini, kami akan membahas lebih dalam mengenai pengertian, fungsi tagline, jenis-jenis tagline yang umum digunakan, hingga tips dalam membuat tagline menarik dan efektif untuk merek atau produk Anda.

Apa itu Tagline? Tagline Adalah ...

Contoh Tagline

Cpntoh Tagline dari Beberapa Brand Ternama (Sumber: turbologo.com)

Tagline merupakan frasa pendek untuk mengkomunikasikan pesan yang relevan dengan merek atau produk tertentu. Tujuannya adalah untuk menarik perhatian konsumen dan membantu mereka mengingat merek atau produk tersebut.

Biasanya tagline digunakan dalam kampanye iklan dan pemasaran, baik di media cetak, televisi, radio, maupun digital. Sebuah tagline yang baik harus mudah diingat, mudah diucapkan, dan mudah dihubungkan dengan merek atau produk yang diiklankan.

Beberapa contoh tagline adalah "Just Do It" dari Nike, "I'm Lovin' It" dari McDonald's, "Think Different" dari Apple, "The Ultimate Driving Machine" dari BMW, dan "Because You're Worth It" dari L'Oreal.

Fungsi Tagline

Tagline memiliki beberapa fungsi penting dalam konteks pemasaran dan branding. Berikut ini adalah penjelasan lengkap mengenai fungsi-fungsi tagline, antara lain:

1. Menjelaskan Nilai dan Manfaat Produk atau Merek

Tujuannya adalah menjelaskan nilai atau manfaat yang ditawarkan oleh produk atau merek kepada target pasar. Bisa dikatakan bahwa tagline juga membantu mengkomunikasikan pesan yang ingin disampaikan kepada calon konsumen secara singkat dan padat.

Contoh: "Melangkah ke Dunia Baru" (PT. Garuda Indonesia) - tagline ini menjelaskan bagaimana Garuda Indonesia menghadirkan pengalaman terbang nyaman dan mewah kepada para penumpangnya.

2. Meningkatkan Kesadaran Merek

Brand Awareness Megaphone

Tagline Bisa Menjadi Media Brand Awareness (Sumber: Freepik.com)

Baca Juga: Brand Awareness adalah Kesadaran, Begini Penjelasannya

Tagline dapat membantu meningkatkan kesadaran merek, karena menjadikan merek atau produk lebih dikenal dan diingat oleh target pasar. Penggunaan tagline yang kuat dan unik akan membantu calon konsumen mengingat merek atau produk dalam jangka panjang.

Contoh: "Just Do It" (Nike) - tagline ini sangat mudah diingat dan telah menjadi bagian dari budaya populer, sehingga dapat membantu meningkatkan kesadaran merek Nike.

3. Membedakan dari Pesaing

Membantu membedakan dari pesaing di pasar dan menjadikan merek atau produk tampak lebih menonjol dan unik di antara jenis lain yang serupa.

Contoh: "The Ultimate Driving Machine" (BMW) - tagline ini membantu BMW membedakan diri dari merek mobil lain yang ada di pasar dan menekankan kualitas serta performa mobil BMW.

4. Meningkatkan Loyalitas Konsumen

Membantu meningkatkan loyalitas konsumen, karena memudahkan merek atau produk lebih diingat dan diidentifikasi oleh konsumen. Tagline yang kuat dapat menciptakan hubungan emosional antara merek atau produk dengan konsumen.

Contoh: "Because You're Worth It" (L'Oreal) - tagline ini menciptakan kesan bahwa produk L'Oreal adalah produk istimewa dan cocok untuk mereka yang merasa berharga.

5. Membangun Kesan Merek yang Positif

Tagline Mcd

Contoh Tagline Popiler MCDonald's (Sumber: mcdonalds.co.id)

Tagline adalah frasa untuk membantu membangun kesan merek yang positif di benak calon konsumen. Pembuatan yang tepat akan membuat merek atau produk terlihat lebih menarik dan menggugah minat konsumen.

Contoh: "I'm Lovin' It" (McDonald's) - tagline ini menciptakan kesan yang positif di benak konsumen, bahwa McDonald's adalah tempat menyenangkan dan menyediakan makanan enak.

6. Mendorong tindakan konsumen

Tagline dapat mendorong tindakan konsumen dengan mengajak mereka untuk melakukan sesuatu yang spesifik.

Ini juga menjadi CTA (Call To Action) atau panggilan untuk bertindak sehingga dapat memotivasi konsumen untuk melakukan pembelian atau tindakan lain yang diinginkan oleh merek atau produk.

Contoh: "Book now, Pay Later" (Agoda) - tagline ini mengajak konsumen untuk memesan kamar hotel di Agoda dengan cara yang mudah dan fleksibel.

7. Mengubah Persepsi Konsumen

Arti tagline adalah frasa yang bisa mengubah persepsi konsumen terhadap merek atau produk, terutama jika mereka memiliki citra kurang baik di benak konsumen.

Contoh: "The Quicker Picker Upper" (Bounty) - tagline ini membantu merek Bounty untuk mengubah persepsi konsumen terhadap tisu pembersih dari produk biasa saja menjadi produk yang lebih unggul.

8. Menggambarkan personalitas merek

Tagline dapat membantu merek untuk menggambarkan personalitas dan karakteristik atau menunjukkan identitas serta citra yang diinginkan oleh merek itu sendiri.

Contoh: "Think Different" (Apple) - tagline ini mencerminkan personalitas merek Apple yang inovatif, berani, dan berbeda dari merek lainnya.

Baca Juga: Branding Adalah: Pengertian, Jenis, Elemen & Caranya Lengkap

Jenis-Jenis Tagline

Contoh Slogan Brand Nike

Contoh Tagline Deskriptif (Sumber: Nike)

Tagline adalah elemen penting dalam strategi pemasaran sebuah merek atau produk. Jenis tagline yang dipilih harus sesuai dengan merek atau produk yang dipromosikan serta mampu mengundang perhatian dan memberikan kesan yang kuat pada konsumen.

Berikut beberapa jenis tagline yang umum digunakan dalam pemasaran dan branding, antara lain:

1. Descriptive Tagline

Tagline jenis ini menunjukkan gambaran atau deskripsi singkat mengenai produk atau merek. Contohnya, tagline Coca-Cola "Taste the Feeling" atau Nike "Just Do It".

2. Slogan Tagline

Ini biasanya lebih fokus pada pesan atau nilai merek, dan seringkali memiliki unsur kreativitas serta keunikan. Contohnya, tagline McDonald's "I'm Lovin' It" atau KFC "Finger Lickin' Good".

3. Provocative Tagline

Tagline yang bertujuan untuk memancing perhatian dan menciptakan kesan kuat pada konsumen dengan cara mengandung unsur kontroversial atau provokatif. Contohnya, tagline Diesel "Be Stupid" atau Apple "Think Different".

4. Questions Tagline

Hadir dengan mengajukan pertanyaan untuk mengundang perhatian dan mendorong konsumen untuk berpikir lebih lanjut tentang produk atau merek. Contohnya, tagline L'Oreal "Because You're Worth It" atau Visa "It's Everywhere You Want To Be".

5. Imperative Tagline

Memberikan instruksi atau perintah kepada konsumen dengan tujuan memotivasi mereka untuk bertindak atau membeli produk. Contohnya, tagline Subway "Eat Fresh" atau Pepsi "Refresh Your World".

6. Rhyming Tagline

Tagline jenis ini menggunakan rima untuk membuat pesan produk atau merek lebih mudah diingat. Contohnya, tagline KitKat "Have a Break, Have a KitKat" atau M&M's "Melts in Your Mouth, Not in Your Hands".

7. Jingle Tagline

Berupa lagu atau melodi yang biasanya ditampilkan dalam iklan dan bertujuan untuk meningkatkan kesan merek pada konsumen. Contohnya, jingle McDonald's "I'm Lovin' It" atau Intel "Intel Inside".

Cara Membuat Tagline Menarik

Tagline Menarik

Tips Buat Tagline Menarik Dimulai dari Memahami Nilai Produk (Sumber: rookwoodediting.com)

Membuat tagline yang menarik dan efektif dapat menjadi tantangan tersendiri terutama karena tagline harus mampu menggambarkan merek atau produk dengan singkat, padat, dan jelas.

Berikut ini adalah beberapa langkah yang dapat diambil untuk membuat tagline keren yang menarik dan efektif, yaitu:

1. Pahami Nilai dan Manfaat Produk

Pertimbangkan apa yang membuat produk atau merek unik dan mengapa mereka layak untuk dikenal serta digunakan oleh konsumen.

2. Tentukan Tujuan Tagline

Setelah selesai mengidentifikasi, tentukan tujuannya, apakah untuk meningkatkan kesadaran merek, membedakan produk dari pesaing, atau memotivasi konsumen agar melakukan tindakan tertentu, seperti membeli produk atau mendaftar layanan.

3. Tentukan Posisi Merek

Selanjutnya, tentukan posisi merek atau produk dalam benak konsumen. Apa citra atau karakteristik yang ingin merek atau produk ini tampilkan hingga apa nilai atau manfaat utama yang ingin disampaikan melalui tagline.

4. Buat Daftar Kata Kunci

Membuat daftar kata kunci yang menggambarkan merek atau produk serta tujuan dan posisi merek. Pertimbangkan kata-kata yang singkat, kuat, dan mudah diingat.

5. Kombinasikan Kata-Kata Menjadi Tagline

Setelah daftar kata kunci dibuat, cobalah mengkombinasikan beberapa kata-kata tersebut menjadi tagline yang singkat, padat, dan mudah diingat. Tagline artinya frasa yang powerful sehingga penting untuk evaluasi berulang kali hingga menemukan yang paling tepat.

6. Uji Coba Tagline

Ajukan pertanyaan kepada kelompok target tentang apa yang mereka pikirkan ketika mendengar tagline tersebut dan apakah tagline dinilai menarik perhatian mereka atau memotivasi untuk bertindak.

7. Revisi dan Penyempurnaan

Terakhir, lakukan revisi dan penyempurnaan jika diperlukan. Pertimbangkan saran dan masukan dari kelompok target dan evaluasi kembali untuk mencapai tagline yang paling efektif.

KESIMPULAN

Dalam membuat tagline, penting untuk mengingat bahwa elemen pemasaran itu harus mudah diingat, singkat, padat, dan jelas.

Selain itu, tagline juga harus mampu menggambarkan nilai dan manfaat produk dengan baik, serta mencerminkan posisi dan karakteristik merek atau produk.

Dan sudah saatnya bisnis Anda berkembang dan fokus pada scale up bisnis dengan menggunakan menggunakan software akuntansi online Beecloud untuk mengelola keuangan secara praktis dan mudah.

Beecloud Business Owner Fokus Scaleup

Sekian informasi tentang tagline, Anda bisa mengikuti langkah-langkah di atas dengan harapan bisa membantu Anda untuk mengenal bahwa tagline adalah frasa pendek powerful dan cara membuatnya yang efektif serta menarik bagi konsumen.

Artikel Terkait

Pengertian Promotion Mix, Komponen dan Manfaatnya bagi Bisnis
Berbagai cara dilakukan oleh perusahaan supaya penjualan produknya dapat meningkat dari waktu ke waktu, salah satunya melalui promotion mix. Dalam
Baca Juga
Cara Membuat Iklan Advertorial, Jenis, dan Konsepnya (Lengkap)
Iklan advertorial atau jurnalistik saat ini dapat digunakan untuk menarik pasar dengan mudah. Oleh karena itu, ada banyak sekali periklanan
Baca Juga
9 Contoh Iklan Niaga, Pengertian Hingga Jenisnya
Iklan niaga adalah jenis iklan yang menawarkan barang, makanan atau minuman dengan tujuan untuk meningkatkan penjualan. Bedanya iklan ini dengan
Baca Juga
Contoh Iklan Elektronik: Pengertian, Ciri-ciri, Contoh, dan Jenis
Contoh iklan elektronik yang ada saat ini sebenarnya banyak sekali. Bahkan hampir setiap orang sudah memiliki media elektronik terutama untuk
Baca Juga
Clickbait: Jenis, Alasan Pro dan Kontra serta Tips Penggunaannya
Clickbait adalah teknik pemasaran yang digunakan untuk menarik perhatian pembaca dengan judul yang menarik dan kontroversial, namun seringkali tidak sesuai
Baca Juga
Personal Branding Adalah: Tujuan dan Manfaat Bagi Bisnis
Personal branding adalah sebuah cara untuk membentuk persepsi diri demi membangun citra positif di mata masyarakat, yang akan sangat membantu
Baca Juga

Artikel Populer

Wednesday, 15 March 2023
Model AIDA: Pengertian, Kelebihan dan Contohnya
Baca Juga
Wednesday, 28 June 2023
7 Contoh Positioning Produk Brand Ternama dan Strateginya
Baca Juga
Wednesday, 7 June 2023
Feedback Artinya: Jenis, Fungsi, beserta Cara Mendapatkannya
Baca Juga
Wednesday, 7 February 2024
4 Tahapan Proses Manajemen Strategi, Fungsi dan Komponennya
Baca Juga
Monday, 31 October 2022
7 Contoh Ekonomi Kreatif di Indonesia Saat Ini
Baca Juga
Wednesday, 18 October 2023
Contoh Matriks SWOT, Pengertian dan Strategi Penerapannya
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Aer Space - Jl. Karang Tinggal No.41B, Cipedes, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu