Logo Bee Web

Tips Teknik Promosi, Jenis, Strategi dan Contohnya

Ingin cara promosinya punya traffik tinggi, jumlah penjualan meningkat? Yuk, simak bersama bagaimana teknik promosi yang benar disini
Penulis: Lutfatul Malihah
Dipublish Tgl: Friday, 31 March 2023

Teknik promosi adalah serangkaian strategi dan taktik yang digunakan untuk meningkatkan kesadaran dan minat konsumen terhadap suatu produk atau jasa.

Selain itu, teknik cara promosi sangat penting bagi bisnis, terutama bagi yang baru memulai, karena dapat membantu memperkenalkan merek dan produk kepada khalayak yang lebih luas.

Adapun tujuan dari teknik promosi adalah untuk memperkenalkan produk atau jasa kepada khalayak yang lebih luas, meningkatkan penjualan, membangun merek, dan memperkuat loyalitas konsumen.

Jenis-Jenis Teknik Promosi

Teknik Promosi

Ilustrasi Promosi Produk (Credit: Freepik.com)

Ada banyak cara untuk melakukan cara promosi, baik secara offline maupun online. Pada bagian ini, kita akan mempelajari jenis-jenis teknik cara promosi yang sering digunakan oleh perusahaan.

A. Teknik Promosi Offline

Salah satu jenis teknik cara promosi yang masih digunakan secara luas adalah promosi offline. Berikut macam-macam promosi secara offline:

1. Iklan di Media Cetak

Salah satu teknik cara  promosi offline yang umum digunakan adalah iklan di media cetak. Ini meliputi iklan di surat kabar, majalah, tabloid, dan brosur.

Keuntungan dari cara promosi ini adalah mencapai audiens yang lebih luas dan memperkenalkan produk atau jasa secara lebih terperinci.

Namun, biaya untuk melakukan promosi ini bisa menjadi cukup mahal tergantung pada jenis media cetak yang dipilih.

2. Promosi Melalui Event atau Pameran

Teknik promosi lainnya adalah melalui event atau pameran. Dalam hal ini, perusahaan atau individu dapat memperkenalkan produk atau jasa kepada khalayak yang lebih luas.

Dalam event atau pameran, perusahaan atau individu dapat memamerkan produk atau jasa, memberikan presentasi, dan memberikan kesempatan bagi konsumen untuk mencoba produk atau jasa tersebut secara langsung.

3. Brosur dan Katalog Produk

Teknik ini melibatkan pembuatan brosur atau katalog produk sebagai media promosi offline. Brosur dan katalog produk biasanya berisi informasi terperinci mengenai produk atau jasa yang ditawarkan, termasuk gambar, spesifikasi, dan harga. Cocok digunakan untuk produk atau jasa yang memerlukan penjelasan lebih detail.

B. Teknik Promosi Online

Dalam era digital saat ini, promosi online menjadi semakin penting dan efektif dalam memperkenalkan produk atau jasa kepada konsumen.

Berikut penjelasan lebih detail tentang macam-macam promosi di media online:

1. Iklan di Media Sosial

Teknik promosi online yang paling populer saat ini adalah iklan di media sosial. Dalam hal ini, perusahaan atau individu dapat mempromosikan produk atau jasa melalui iklan yang ditampilkan di media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter, dan YouTube.

Keuntungan dari promosi ini adalah mencapai audiens yang lebih luas dan biaya yang lebih terjangkau dibandingkan dengan promosi offline.

2. Email Marketing

Teknik promosi online lainnya adalah email marketing, yaitu mengirim email promosi kepada konsumen atau pelanggan potensial.

Dalam email marketing, perusahaan atau individu dapat memberikan informasi mengenai produk atau jasa yang ditawarkan, menawarkan diskon, atau mengajak konsumen untuk membeli produk atau jasa.

3. Menggunakan Influencer

Teknik promosi online yang berkembang pesat saat ini adalah pemasaran influencer, yaitu bekerja sama dengan influencer atau selebriti di media sosial untuk mempromosikan produk atau jasa.

Dalam hal ini, perusahaan atau individu membayar influencer atau selebriti tersebut untuk mempromosikan produk atau jasa mereka di media sosial. Promosi ini efektif karena influencer memiliki pengikut yang besar dan loyal.

Baca Juga: Influencer: Pengertian, Jenis, dan Tips Optimasi

Strategi dalam Teknik Promosi

Promosi Bisnis Melalui Sosmed

ilustrasi mempromosikan usaha di sosial media (sumber: Unsplash)

Saat mempromosikan produk atau jasa, memilih strategi yang tepat sangatlah penting untuk mencapai hasil yang optimal.

Terdapat beberapa strategi dalam teknik promosi yang perlu Anda ketahui. Berikut penjelasan lebih detail mengenai masing-masing strategi tersebut:

A. Segmentasi Pasar

Segmentasi pasar adalah strategi untuk membagi pasar menjadi kelompok-kelompok yang lebih kecil dan homogen berdasarkan karakteristik dan kebutuhan yang sama.

Dengan melakukan segmentasi pasar, perusahaan dapat lebih fokus dalam mengembangkan produk atau jasa yang tepat sasaran, sehingga dapat meningkatkan efektivitas promosi dan memperoleh hasil yang lebih baik.

B. Branding dan Positioning

Branding dan positioning adalah strategi untuk membangun identitas merek dan menempatkan produk atau jasa di pasar.

Melalui branding, perusahaan dapat menciptakan citra merek yang kuat dan membedakan produk atau jasanya dari pesaing.

Sedangkan, positioning membantu perusahaan menempatkan produk atau jasanya pada posisi yang tepat dalam pikiran konsumen, sehingga dapat memperoleh keuntungan kompetitif yang lebih baik.

C. Penentuan Budget Promosi

Penentuan budget promosi adalah strategi untuk menentukan jumlah dana yang akan dialokasikan untuk promosi produk atau jasa.

Dalam menentukan budget promosi, perusahaan harus mempertimbangkan berbagai faktor, seperti target pasar, tujuan promosi, dan sumber daya yang tersedia.

Dengan menentukan budget promosi yang tepat, perusahaan dapat memaksimalkan efektivitas promosi dan memperoleh hasil yang lebih baik.

D. Pemilihan Media Promosi

Pemilihan media promosi adalah strategi untuk memilih media yang tepat untuk mempromosikan produk atau jasa.

Dalam memilih media promosi, perusahaan harus mempertimbangkan karakteristik target pasar dan tujuan promosi. Ada berbagai jenis media promosi yang dapat digunakan, seperti media cetak, media elektronik, dan media online.

Dengan memilih media promosi yang tepat, perusahaan dapat mencapai audiens yang lebih luas dan meningkatkan efektivitas promosi.

Tips untuk Meningkatkan Efektivitas Teknik Promosi

Menerapkan teknik cara promosi yang tepat bukanlah jaminan bahwa produk atau jasa akan sukses dipasarkan.

Untuk meningkatkan efektivitas promosi, perlu diperhatikan beberapa tips yang dapat membantu memaksimalkan hasil dari teknik yang dilakukan.

Berikut beberapa tips untuk meningkatkan efektivitas promosi:

A. Fokus pada Tujuan Promosi

Fokus pada tujuan promosi adalah strategi untuk menetapkan tujuan yang jelas dan spesifik dalam promosi produk atau jasa. Dengan menetapkan tujuan yang jelas, perusahaan dapat mengarahkan upaya promosi ke arah yang tepat dan meningkatkan efektivitas promosi.

B. Berikan Nilai Tambah

Berikan nilai tambah adalah strategi untuk memberikan manfaat atau keuntungan tambahan kepada konsumen dalam promosi produk atau jasa.

Dengan memberikan nilai tambah, perusahaan dapat meningkatkan daya tarik produk atau jasanya dan membedakannya dari pesaing.

C. Gunakan Gambar yang Menarik dan Relevan

Gunakan gambar yang menarik dan relevan adalah strategi untuk menambah daya tarik pesan promosi.

Dalam menggunakan gambar, perusahaan harus memilih gambar yang menarik dan relevan dengan produk atau jasa yang dipromosikan, sehingga dapat meningkatkan efektivitas promosi.

D. Lakukan Evaluasi Promosi

Lakukan pengukuran dan evaluasi promosi adalah strategi untuk mengevaluasi efektivitas promosi secara teratur.

Dengan melakukan pengukuran dan evaluasi promosi, perusahaan dapat mengetahui kelebihan dan kekurangan dari teknik promosi yang digunakan, sehingga dapat melakukan perbaikan dan meningkatkan efektivitas promosi di masa depan.

E. Anggarkan Biaya Promosi tiap Bulan

Anggarkan biaya promosi tiap bulan penting untuk mengontrol pengeluaran promosi dan mengetahui keuntungan penjualan. Untuk memonitor biaya promosi dan keuntungan penjualan, gunakan software akuntansi online Beecloud.

Pantau Anggaran Real Time Pakai Beecloud

Dengan software ini, Anda dapat memasukkan pengeluaran promosi dan keuntungan penjualan untuk melihat berapa biaya promosi yang dikeluarkan dan berapa besar laba yang dihasilkan setelah mempertimbangkan biaya promosi.

Dengan memantau biaya promosi dan keuntungan penjualan, Anda dapat meningkatkan efektivitas teknik promosi dan mengoptimalkan keuntungan bisnis Anda.

Contoh Kasus Sukses Teknik Promosi

Teknik promosi yang sukses dapat menjadi contoh bagi perusahaan lain untuk mempelajari strategi yang digunakan dan mengadaptasinya ke dalam promosi produk atau jasa yang dimiliki.

Berikut beberapa contoh kasus sukses teknik promosi dari beberapa perusahaan lokal di Indonesia:

A. Teknik Promosi yang Dilakukan oleh Go-Jek

Go-Jek adalah perusahaan ride-hailing asal Indonesia yang sukses melakukan teknik promosi dengan mengadakan acara "Go-Food Festival" untuk memperkenalkan layanan pesan antar makanan mereka.

Selain itu, Go-Jek juga menggunakan program referral untuk memperluas jaringan pengguna aplikasi mereka.

B. Teknik Promosi yang Dilakukan oleh Tokopedia

Tokopedia adalah perusahaan e-commerce terbesar di Indonesia. Tokopedia sukses dalam melakukan promosi dengan mengadakan program "10.10" atau "Hari Belanja Online Nasional" yang menawarkan diskon besar-besaran pada produk-produk yang dijual di situs mereka.

Kampanye ini berhasil meningkatkan popularitas Tokopedia dan meningkatkan jumlah penjualan produk.

C. Teknik Promosi yang Dilakukan oleh Indomie

Indomie adalah salah satu merek mie instan terkenal di Indonesia. Indomie sukses dalam melakukan teknik promosi dengan meluncurkan berbagai varian rasa baru dan mengadakan program "Indomie Traveloka Points" yang memberikan poin kepada konsumen yang membeli produk Indomie.

Program ini berhasil meningkatkan penjualan produk Indomie dan membuat merek ini semakin dikenal oleh konsumen di Indonesia.

Artikel Terbaru

Artikel Populer

Tips Bisnis

Coba Gratis

Follow Social Media Bee

Cara Mengatasi Inflasi Bagi Bisnis dan Penyebabnya
Inflasi adalah masalah yang serius tentang kestabilan dari ekonomi suatu negara dan ada penjelasan mengenai cara mengatasi inflasi tersebut. Beberapa
Baca Juga
9 Ide Bisnis Handmade: Modal Minim, Hasil Maksimal
Apakah Anda pernah berpikir untuk memulai bisnis dengan modal kecil yang unik dan penuh kreativitas? Salah satu opsi yang patut
Baca Juga
Contoh Kode Produksi, Pengertian dan Cara Membuatnya
Kode produksi adalah sebuah informasi penting sebuah produk untuk menunjukkan bagaimana proses produksi produk itu sendiri, biasanya berisi tentang tanggal
Baca Juga
Webinar Adalah: 9 Manfaat serta Cara Mempersiapkannya
Semenjak adanya pandemi covid 19, kegiatan online semakin banyak yang muncul dan webinar adalah salah satunya. Kegiatan ini menjadi salah
Baca Juga
7 Trik Promosi di Facebook Terbaru dan Paling Efektif
Tips Promosi di Facebook - Salah satu bisnis yang paling banyak digandrungi yaitu bisnis online. Hal ini dikarenakan bisnis online
Baca Juga
Mau Kedai Kopi Laku Keras? Lakukan 4 Hal Ini
Kedai Kopi Laku Keras - Setiap orang pasti ingin agar bisnisnya berkembang dengan pesat. Begitu juga jika Anda memiliki bisnis
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Ruang 59 - Jl. Surya Sumantri No.59, Sukawarna, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu