Web Logo Bee
Penulis: Lutfatul Malihah

Brand Awareness adalah Kesadaran, Begini Penjelasannya

Kategori: ,
Dipublish Tgl: Monday, 26 December 2022

Brand Awareness adalah sebuah kesadaran merek seorang konsumen tentang sebuah merek yang mereka beli, biasanya mereka sudah tidak ragu lagi dengan kualitas dari barang tersebut.

Dengan pemahaman dan kesadaran ini, pastinya sebagai pelaku usaha sangat diuntungkan, karena mereka tidak perlu upaya melakukan promosi besar-besaran untuk menggaet konsumen baru.

Lantas apa itu brand awareness dan bagaimana cara meningkatkannya? Simak selengkapnya di bawah ini:

Apa itu Brand Awareness?

Brand Awareness

Ilustrasi pentingnya brand awareness (Sumber: Freepik.com)

Brand awareness adalah sebuah istilah yang menggambarkan sejauh mana sebuah merek diketahui oleh masyarakat umum. Brand sendiri adalah sebuah nama, istilah, tanda atau sebuah penunjuk identitas dari sebuah produk.

Dan dari brand inilah orang akan tahu dan membedakan produk satu dengan produk yang lain meskipun mereka memproduksi hal serupa.

Ada beberapa ahli yang menjelaskan makna dari brand awareness diantaranya:

Durianto, dkk (2017)

Dalam buku karya Durianto, dkk menyatakan jika brand awareness adalah sebuah kesanggupan seorang calon konsumen dalam mengenali dan mengingat sebuah brand/ merek sebagai kategori barang tertentu.

Rangkuti (2014)

Selanjutnya menurut Rangkuti, kesadaran merek atau brand awareness adalah sebuah kemampuan seorang konsumen untuk mengingat dengan mudah iklan atau merek yeryentu secara spontan setelah dipancing dengan sebuah kata kunci.

Kotler dan Keller (2011)

Hampir sama seperti pendapat dua tokoh di atas, Kotler dan Keller juga memaknai kesadaran merek sebagai sebuah kemampuan sebuah merek untuk selalu muncul dalam pikiran konsumen terutama ketika mereka tengah memikirkan sebuah produk.

Dari ketiga pengertian diatas dapat disimpulkan jika brand awareness adalah sebuah kemampuan dan kesanggupan sebuah merek untuk selalu muncul dalam ingatan konsumennya.

Salah satu dampak yang sering ditimbulkan dari brand awareness adalah ketika seorang sudah menyebutkan merek pada sebuah benda tertentu. Contoh saja air mineral orang akan lebih sering menyebutkan Aqua (merek).

Baca juga: Pengertian, Jenis, dan Manfaat dari Brand Awareness

Tingkatan Dari Brand Awareness

Ada beberapa tingkatan yang menggambarkan seberapa besar keberhasilan sebuah brand awareness yang telah dilakukan. Berikut tingkatan brand awareness/ kesadaran merek dari yang paling tinggi ke rendah:

1. Puncak Pikiran (Top of Mind)

Tingkat tertinggi dari brand awareness adalah top mind, artinya merek tersebut menjadi rekomendasi merek pertama yang muncul diingaran konsumen, tidak jarang juga mereka bahkan menyebutkan nama sebuah benda dengan nama merek tertentu.

2. Pengingatan Kembali Merek (Brand Recall)

Tingkatan berikutnya adalah brand recall, yang artinya merek ini meker ini menjadi rekomendasi merek kedua yang konsumen ingat. Brand ini bisa dikenali dengan mudah oleh konsumen namun tidak seoptimal tingkat pertama.

Konsumen mengingat merek pada tingkatan ini karena mereka sering menggunakan produk atau sekedar sering melihat merek tersebut.

3. Pengenalan Merek (Brand Recognition)

Satu tingkat lebih rendah berikutnya adalah pengenalan merek, dimana konsumen mampu mengenali sebuah merek setelah diberikan petunjuk untuk mengingatnya kembali, meskipun sebelumnya mereka sudah pernah menggunakan merek tersebut.

4. Tidak Menyadari Merek (Unware of Brand)

Tingkatan paling rendah dari brand awareness/ kesadaran merek adalah ketika konsumen tidak mengenali merek yang disebutkan, bahkan tidak mengenalinya. Meskipun mereka kemungkinan pernah menggunakan produk tersebut sebelumnya.

Peran Brand Awareness dalam Perkembangan Bisnis

Dampak dan peran yang ditimbulkan dari brand awareness pada sebuah bisnis sangat signifikan karena mereka bisa dikenali konsumen dengan mudah, selain itu ada peran dari brand awareness lainnya adalah sebagai berikut:

1. Menimbulkan Kebiasaan Penggunaan Merek

Peran pertama dari brand awareness adalah bisa menimbulkan kebiasaan penggunaan merek pada konsumen, sehingga produk mudah dipasarkan dan trafik penjualan bisa terus bertahan bahkan meningkat.

2. Menimbulkan Rasa Suka pada Merek

Peran kedua dari tingginya brand awareness sebuah merek bisa menimbulkan rasa suka pada masyarakat kepada produk yang ditawarkan, meskipun sebelumnya mereka belum pernah mencoba.

Rasa suka ini bisa ditimbulkan karena keberadaan merek ini sudah sangat familiar di ingatan masyarakat sehingga mereka tidak ragu lagi untuk menggunakan produk.

3. Meminimalisir Keraguan Kualitas Merek

Masih berkaitan dengan dua poin di atas, dengan adanya brand awareness masyarakat/ calon konsumen tidak akan mudah ragu dengan produk yang ditawarkan. Karena mereka sudah mengenal produk yang akan mereka beli sebelumnya.

4. Sebagai Sebuah Komitmen atau Substansi

Peran brand awareness berikutnya adalah bisa menjadi penanda seberapa komitmen sebuah perusahaan dalam mengelola produk yang diproduksinya.

Untuk menunjukkan hal ini sebuah perusahaan bisa mengupayakan sebuah pengiklanan yang luas, mempertahankan eksistensi merek dalam waktu yang cukup lama, kemudian memiliki distribusi yang luas dengan pengelolaan merek yang baik.

5. Sebagai Sumber Asosiasi

Selanjutnya, peran dari kesadaran merek yang tinggi dalam membantu adanya asosiasi yang melekat di benak konsumen tentang sebuah merek. Ini bisa ditimbulkan dari tagline atau kalimat-kalimat yang sering dikaitkan dengan produk. Tagline ini juga akan menjadi sebuah citra produk tersebut.

6. Sebagai Rekomendasi Utama

Peran lain dari brand awareness adalah produk bisa menjadi rekomendasi utama konsumen dalam memilih produk, yang artinya konsumen sudah percaya dengan kualitas dari produk sehingga mereka bisa yakin menjadikan merek tertentu sebagai rekomendasi utama diantara banyaknya merek dengan produk serupa.

Cara Meningkat Brand Awareness

Kesadaran merek

Merek menjadi hal awal yang perlu dibangun sebelum brand awareness (Sumber: Freepik.com)

Hal pertama yang harus disiapkan sebelum meningkatkan brand meningkatkan brand awareness adalah membangunnya terlebih dahulu. Berikut penjelasan lengkap membangun dan cara meningkatkan brand awareness:

1. Membuat Brand

Hal pertama yang perlu dilakukan untuk membuat brand awareness adalah dengan membangun brand terlebih dahulu, mulai dengan menyiapkan nama. Gunakan nama brand yang mudah diingat dan bisa dilafalkan dengan mudah. Hal ini akan sangat membantu brand Anda mudah diingat oleh calon konsumen.

Baca Juga: Brand Adalah dan Cara Membangun Brand Yang Kuat

2. Membuat Logo dan Warna untuk Brand

Jika nama brand sudah disiapkan, langkah berikutnya adalah dengan membuat logo dan menentukan warna yang pas untuk brand Anda. Gunakan warna yang unik dan memiliki relevansi dengan produk yang Anda produksi.

3. Membuat Slogan atau Tagline

Berikutnya adalah menyiapkan slogan atau tagline produk yang nantinya akan menjadi salah satu cara membangun citra dari produk.

Anda bisa menggunakan tagline dengan kalimat sederhana, menarik dan pastinya sangat relevan dengan produk dan prinsip dari perusahaan yang Anda miliki.

4. Melakukan Sosialisasi Produk

Proses membangun brand awareness memang tidak bisa instans, tidak bisa asal memiliki merek dan logo saja. Anda perlu melakukan sosialisasi secara mendalam dan berproses untuk mengenalkan produk yang Anda jual kepada masyarakat.

Hal ini akan membutuhkan waktu yang tidak sebentar dan perlu kesabaran. Sosialisasi ini bisa Anda lakukan bersama dengan tim-tim marketing yang anda bangun di beberapa kelompok kalangan masyarakat dan sebagainya.

5. Melakukan Diskusi dan Sharing

Sudah masuk pada proses meningkatkan brand awareness, sebagai seorang pengusaha Anda tidak boleh puas begitu saja dengan hasil dari apa yang Anda dapatkan, karena belum tentu brand milik anda memiliki tingkatan yang sama di daerah yang berbeda.

Sehingga sebagai seorang pebisnis perlu yang namanya belajar kembali, berdiskusi dan melakukan sharing agar bisnis terus berkembang mengikuti perkembangan zaman.

6. Melakukan Kerja Sama

Untuk lebih meningkatkan brand awareness, pebisnis bisa melakukan kerja sama dengan beberapa pihak yang memang sudah terlebih dahulu memiliki brand awareness pada produk mereka.

Dengan menjalin kerja sama ini juga Anda bisa belajar banyak dari mereka yang sudah berpengalaman.

7. Membuat Iklan yang Menarik dan Banyak

Menjadi hal penting yang sangat perlu dilakukan untuk sebuah perusahaan dalam membangun dan meningkatkan brand awareness adalah dengan membuat iklan sebanyak mungkin, namun dengan kualitas terbaik.

Ada banyak jenis iklan yang bisa Anda coba untuk melakukan promosi produk, bisa secara offline maupun online.

8. Menggandeng Brand Ambassador

Cara lain yang bisa dicoba untuk meningkatkan kesadaran merek adalah dengan menggandeng brand ambassador, seorang artis atau influencer ternama agar produk semakin dikenal oleh masyarakat.

Biasanya, dengan menggandeng seorang brand ambassador produk yang dipromosikan akan lebih mudah dikenal dan dipercaya, karena memberikan kesan seorang 'ternama' juga menggunakan produk Anda.

9. Komitmen dengan Kualitas Produk

Jika semua usaha telah dilakukan hal penting lain yang tidak bisa dilewatkan adalah menjaga kualitas produk, karena perubahan buruk pada produk akan sangat mengganggu kinerja brand awareness yang selama ini Anda bangun.

Kesimpulan

Brand awareness adalah kesadaran konsumen atas merek dari produk yang mereka beli/ gunakan. Untuk bisa meningkatkan brand awareness seorang pebisnis perlu melakukan promosi dengan harapan produk yang diproduksi lebih banyak dikenal orang.

Untuk membuat produksi Anda perlu membangun sebuah strategi promosi agar promosi yang dibangun memberikan hasil yang optimal dan tidak sia-sia.

Berikan suatu hal yang khas dan unik pada iklan produk, agar nantinya produk semakin mudah tertanam di benak calon konsumen, menciptakan goodwill dan pengaruh positif pada keputusan pembelian produk.

Untuk melakukan iklan sebuah perusahaan perlu mengatur keuangan mereka, karena biaya iklan tidak sedikit jika menginginkan hasil yang optimal. Untuk itu perlu adanya pertimbangan keuangan perusahaan sebelum melakukannya.

Anda bisa menggunakan software akuntansi Beecloud, yang akan membantu Anda mengelola keuangan bisnis yang Anda jalankan. Tidak perlu ribet semua ada dan mudahkan anda mengambil keputusan kedepannya. Segera coba GRATIS TRIAL untuk Anda pengguna pertama.

Image Software Akuntansi Online Aman Siap Audit Twitter 768x384

Tugas Administrasi Perkantoran Bukan Hanya Surat-Menyurat
Tahukah Anda bahwa administrasi ternyata mencakup arti yang sangat luas. Tugasnya adalah memastikan semua tugas yang berkaitan dengan administrasi perkantoran […]
Baca Juga
Cara Menghitung THR Karyawan dаn Kewajiban Perusahaan
Sebelum kаlіаn mengetahui bаgаіmаnа cara menghitung thr, аlаngkаh bаіknуа mеngеtаhu ара іtu THR? Tunjangan Hаrі Raya atau уаng lеbіh dikenal […]
Baca Juga
KPI Singkatan dari Apa? Penjelasan Lengkap dan Manfaatnya
Apa itu sebenarnya KPI? KPI adalah singkatan dari Key Performance Indicator. KPI ini sangat berguna untuk menunjukkan langkah mana yang […]
Baca Juga

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Kontak
No. GSM klik bawah ini
Logo GSM Telp
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Aer Space - Jl. Karang Tinggal No. 41B, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2023 Bee.id
magnifiercrossmenu