Web Logo Bee
Penulis: Lutfatul Malihah

Kenali Jenis Jenis Iklan Sebelum Melakukan Promosi

Kategori: ,
Dipublish Tgl: Sunday, 25 December 2022

Jenis jenis iklan secara umum dibedakan menjadi 4 jenis mulai dari jenis iklan berdasarkan isinya, cara penyampaiannya, media dan tujuannya. Semua memiliki maksud yang hampir sama yakni menyuarakan suatu hal untuk khalayak umum.

Penyampaian iklan ini juga bisa menjadi ajang promosi suatu produk dari bisnis/ usaha melalui reklame, televisi hingga sosial media. Agar produk usaha yang dikelola dikenal masyarakat umum.

Kenali jenis iklan sebelum melakukan promosi agar perkembangan bisnis Anda semakin berkembang berikut ini:

Apa yang Dimaksud dengan Iklan?

Jenis Iklan Berdasarkan Isinya

Iklan menjadi media promosi cukup efien bagi perkembangan produk (Sumber: Freepik.com)

Dalam pengertiannya iklan adalah salah satu bentuk pesan perkenalan/ promosi yang memiliki tujuan untuk mendorong masyarakat/ audiens yang melihat tertarik untuk melakukan hal yang disampaikan dalam iklan.

Jika iklan tersebut merupakan promosi sebuah produk maka tujuannya agar pada audience membeli produk yang ditawarkan, jika iklan berisi sebuah ajakan maka audience diharapkan mengikuti perintah yang disampaikan. Dalam hal ini juga yang menjadikan iklan memiliki beberapa jenis.

Penyampaian iklan ini biasanya disampaikan di sebuah jasa tertentu yang sekiranya memiliki peluang untuk dilihat banyak orang. Seperti koran, televisi, media sosial reklame dan masih banyak lagi.

Sedangkan isinya berupa sebuah kalimat menarik, simpel, mudah diingat dan tidak bertele-tele lengkap dengan animasi atau gambar pendukung yang akan semakin menarik perhatian siapa saja yang melihatnya. Oleh sebab ini juga iklan tidak bisa sembarangan jika menginginkan hasil yang maksimal.

Apa Fungsi dan Tujuan dari Iklan

Iklan bisa dikatakan sebagai sebuah pemasaran dengan jangkauan tanpa batas, karena iklan bisa disampaikan melalui banyak media, bisa melalui pemasaran offline seperti reklame, banner dan sejenisnya, atau pemasaran online.

Baca juga: Mengenal Strategi Pemasaran Online dan Manfaatnya Bagi Bisnis

Sehingga bisa disimpulkan tujuan dari iklan tidak jauh berbeda dengan adanya pemasaran, yakni untuk mengenalkan produk kepada khalayak umum. Namun, tidak semua iklan bertujuan untuk mempromosikan sebuah produk tapi juga mengajak. Karena pada dasarnya iklan memiliki sifat mengajak.

Bagi seorang pebisnis wajib baginya memiliki pemahaman tentang iklan, karena iklan akan sangat membantu mensukseskan produk yang diproduksi sukses dipasaran. Semakin sukses sebuah iklan maka peluang produk yang terjual juga semakin besar.

Berikut 5 poin penting tujuan dari iklan:

  • Memberikan informasi pada audience mengenai sebuah produk, promosi, kegunaan, hingga sebuah informasi kemasyarakatan.
  • Membujuk, selain memberikan informasi iklan juga bertujuan untuk membujuk audience. Bisa membujuk untuk membeli produk atau hal lainnya.
  • Mengingatkan, iklan juga bertujuan untuk mengingatkan pada audience tentang produk yang sedang dipromosikan, sehingga produk tidak mudah dilupakan oleh audience.
  • Menambah nilai atau merubah persepsi masyarakat tentang sesuatu, sehingga sangat efektif untuk meningkatkan inovasi dan kesempurnaan produk.
  • Mendampingi, sebagai upaya sebuah perusahaan untuk melakukan proses komunikasi dengan konsumen ketika melakukan pemasaran.

Jenis Jenis Iklan

Jenis jenis Iklan

Perbedaan jenis iklan dibedakan menjadi 4 kategori: isi, media, tujuan dan cara penyampaian (Sumber: Freepik.com)

Jenis iklan dibedakan menjadi 4, yang dibedakan berdasarkan jenis iklan berdasarkan isinya, tujuan, media dan cara penyampaiannya. Berikut penjelasan lengkapnya:

1. Jenis-Jenis Iklan Berdasarkan Isinya

Jenis iklan berdasarkan isinya dibedakan lagi menjadi beberapa kelompok, diantaranya:

  • Jenis Iklan Penawaran

Jenis iklan berdasarkan isinya pertama adalah iklan penawaran, dalam hal ini iklan yang disampaikan berupa sebuah penawaran sebuah produk kepada masyarakat agar mereka tertarik untuk membeli produk yang ditawarkan.

Iklan penawaran ini sangat lumrah digunakan oleh perusahaan untuk mempromosikan produk mereka, seperti iklan sepatu, baju, objek wisata, jasa konsultan dan masih banyak lagi.

Isinya juga secara terang-terangan menyampaikan maksud mereka menawarkan sebuah barang kepada audience untuk membeli produk mereka. Penyampaiannya juga tidak bertele-tele namun tetap menarik.

  • Jenis Iklan Layanan Masyarakat

Berikutnya ada iklan layanan masyarakat, jenis iklan berdasarkan isinya kali ini sering dilakukan oleh sebuah organisasi atau lembaga dengan tujuan mengedukasi masyarakat tentang sesuatu hal. Seperti anjuran vaksin, bahaya narkoba, iklan pajak dan sejenisnya yang berkaitan dengan kemasyarakatan.

  • Iklan Pengumuman

Jenis iklan berdasarkan isinya kali ini biasanya bertujuan untuk menyampaikan sebuah informasi tentang acara atau sebuah event tertentu. Seperti informasi lomba karya tulis, adanya seminar dan lain sebagainya.

  • Iklan Permintaan

Sedangkan untuk iklan permintaan ini biasanya memiliki sifat pribadi seorang individu atau sebuah lembaga yang bertujuan untuk disampaikan kepada khalayak umum.klan ini paling sering ditemukan berupa iklan lowongan kerja dan sejenisnya.

2. Jenis-Jenis Iklan Berdasarkan Tujuannya

Berikut informasi lengkap tentang jenis iklan berdasarkan tujuan, yang dibedakan menjadi dua jenis, diantaranya:

  • Jenis Iklan Non-Komersial

Iklan pertama berdasarkan tujuan adalah non-komersil, yang artinya iklan ini ditujukan untuk hal-hal selain mempromosikan sebuah produk. Biasanya berupa sebuah informasi ajakan, anjuran bujukan dan hal-hal lain yang penting untuk diketahui masyarakat umum.

Adanya iklan ini juga tidak akan menguntungkan atau merugikan pihak manapun karena memang tujuannya untuk kepentingan bersama, terutama untuk keperluan sosial masyarakat.

Iklan ini paling sering disampaikan oleh sebuah organisasi kemasyarakatan atau aliansi pemerintah .

  • Jenis Iklan Komersial

Berbeda dari sebelumnya, jenis iklan komersil ini bertujuan untuk mempromosikan suatu produk kepada khalayak umum. Adanya iklan komersil juga akan menguntungkan pihak penyelenggara iklan dengan menghadirkan pelanggan.

Sederhananya iklan komersil ini akan menghadirkan pundi-pundi uang bagi pihak penyelenggara sedangkan non-komersil tidak menghasilkan apa-apa, karena memang tujuannya berbeda.

3. Jenis-Jenis Iklan Berdasarkan Media

Jenis iklan berikutnya adalah berdasarkan media penyampaiannya, seiring perkembangan zaman media untuk menyampaikan iklan semakin berkembang, berikut diantaranya:

  • Iklan Media Cetak

Media iklan cpertama yang digunakan untuk menyampaikan iklan ini adalah cara paling lama yang pernah dilakukan manusia sebelum adanya media elektronik atau internet.

Dimana informasi iklan yang akan disampaikan ditulis dan dicetak terlebih dahulu sebelum disebarkan. Bentuk media cetak ini juga cukup beragam, bisa koran, majalah, brosur, baliho dan sejenisnya.

Baca juga: Trik Membuat Iklan Baliho sebagai Media Promosi Bisnis

  • Iklan Elektronik

Selanjutnya ada media iklan elektronik yang mana penyampaian iklan ini biasanya berupa audio dan visual atau salah satu dari mereka, semua tergantung dimana iklan tersebut akan disampaikan.

Jika radio maka iklan hanya akan disampaikan menggunakan audio saja, namun juga audio dan visual biasa disampaikan di televisi.

  • Jenis Iklan Internet/ Online

Berikutnya adalah jenis iklan internet atau online ini sangat beragam bentuknya. menggunakan iklan online juga akan lebih menghemat biaya promosi dengan jangkauan lebih luas dibandingkan dengan kedua media di atas.

Iklan ini bisa disampaikan dengan menggunakan Google Ads, yang mana banner iklan Anda akan muncul di beberapa website yang memang bekerja sama, atau dengan menggunakan media iklan lainnya.

Selain itu, iklan online ini juga bisa disampaikan di media sosial dengan bentuk dan cara yang semakin beragam. Seperti iklan di Instagram, Facebook, Twitter dan sejenisnya.

4. Jenis-Jenis Iklan Berdasarkan Bentuk Penyampaiannya

Selain ketiga di atas, iklan juga bisa dibedakan berdasarkan bentuk penyampaiannya, berikut diantaranya:

  • Sponsor

Jenis iklan berdasarkan penyampaian pertama adalah sponsor, dimana iklan akan disampaikan di sebuah space dan slot sebuah media dalam jangka waktu yang ditentukan.

  • Iklan Adlib

Kemudian penyampaian iklan adlib yang sering dilakukan di radio-radio, dimana iklan nantinya akan dibacakan oleh penyiar radio. Iklan nantinya akan disampaikan secara natural sehingga terkesan seperti sedang mengobrol.

Penonton yang mendengarkan juga biasanya lebih menyimak apa yang disampaikan karena mereka tidak mengira jika perbincangan yang dilakukan adalah sebuah iklan.

Namun, iklan adlib ini juga bisa disampaikan secara detail dan menyeluruh menyerupai sebuah berita, sehingga seluruh informasi akan disampaikan secara menyeluruh tanpa kecuali. Hal ini biasanya disebut dengan Advertorial/ Advertising editorial.

  • Iklan Kolom dan Baris

Penyampaian iklan berikutnya adalah iklan kolom dan baris, dimana iklan akan disampaikan pada sebuah halaman media cetak berdasarkan luas dan panjang kolom yang sudah disewa sebelumnya.

Seiring berjalannya waktu iklan ini tidak lagi disampaikan di media cetak namun juga di media online. Iklan ini berisi tentang gambar dan tulisan menarik dan tidak bertele-tele.

  • Iklan Spot

Berikutnya adalah iklan spot, dimana iklan ini nantinya akan ditayangkan secara singkat di televisi atau di radio di sela-sela inti acara. Bentuk dari iklan ini juga beragam dan biasa disampaikan dalam bentuk video, suara dan gambar.

Tips Optimalkan Bisnis Tidak Hanya Iklan

Selain mengoptimalkan iklan, sebagai seorang pebisnis juga sebaiknya melakukan upaya pengelolaan bisnis secara lebih efektif dan efisien, karena akan sangat percuma jika iklan dilancarkan, konsumen meningkat namun kondisi internal berantaran.

Transaksi harian berantakan, tidak ada yang mencatat, laporan tidak ada yang mengoreksi, tidak ada waktu untuk menganalisa semuanya terbengkalai karena konsumen membludak. Bukan untung malah jadi buntung.

Cta Bc 21 Des

Untuk mengatasi semua masalah ini Anda bisa menggunakan software akuntansi Beecloud, yang akan membantu dan mengelola keuangan bisnis secara akurat dan terpercaya oleh 148 ribu pengguna yang tentu saja terus berkembang setiap tahunnya.

Anda bisa mendapatkan software akuntansi berbasis cloud (online) dan mudah terintegrasi dengan anda dimanapun Anda berada. Bisnis jalan bosnya bisa jalan-jalan.

Nah, sekian informasi tentang jenis-jenis iklan. Semoga bermanfaat dan bisa membantu permasalahan Anda.

Apa Itu SWOT? Simak Juga Tujuan dan Strateginya
Dewasa ini banyak jenis analisis yang digunakan untuk membuat strategi bisnis, salah satunya adalah SWOT.  SWOT singkatan dari Strength, Weaknesses, […]
Baca Juga
Apa itu Startup dan Ciri-Cirinya?
Belakangan ini istilah startup sering didengar, namun mungkin belum semua orang tahu apa itu startup. Dari segi bisnis, eksistensinya sudah […]
Baca Juga
Bruto: Perbedaannya dengan Netto dan Tara
Anda tentunya sudah tidak asing dengan istilah netto atau berat bersih. Selain istilah netto, ternyata terdapat juga bruto dan tara. […]
Baca Juga

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Kontak
No. GSM klik bawah ini
Logo GSM Telp
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Aer Space - Jl. Karang Tinggal No. 41B, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2023 Bee.id
magnifiercrossmenu