Logo Bee Web

6 Sumber Daya Usaha, Pengertian, Kelompok dan Perannya

Sumber daya usaha adalah segala aset atau elemen yang tersedia dan dapat dimanfaatkan perusahaan untuk kelangsungan operasionalnya
Penulis: Lutfatul Malihah
Kategori:
Dipublish Tgl: Monday, 22 January 2024

Sumber daya usaha adalah segala aset atau elemen yang tersedia dan dapat dimanfaatkan oleh suatu organisasi atau perusahaan untuk mencapai tujuan dan kelangsungan operasionalnya, mulai dari manusia, modal, teknologi, hingga pengetahuan.

Dengan memanfaatkan sumber daya ini secara efektif dan efisien maka perusahaan akan jauh lebih mudah untuk menciptakan daya saing dan keberlanjutan suatu entitas bisnis di tengah persaingan global dan dinamika pasar yang terus berkembang.

Sumber Daya Usaha Adalah

Tujuan Profitabilitas

Mudah atau uang menjadi salah satu komponen dari sumber daya usaha (Credit: Freepik.com)

Apa itu sumber daya usaha (SDU)? Mengutip dari finance.detik.com, pengertian sumber daya usaha adalah segala sesuatu yang dibutuhkan bisnis untuk mendukukung kegiatan produksi/ operasionalnya.

Bentuk dari sumber daya ini juga beragam, mulai dari sumber daya manusia, alat, hingga alam. Dalam penggunaannya, tidak semua sumber daya bisa digunakan, semua perlu disesuaikan dan diidentifikasi sesuai dengan kebutuhan bisnis masing-masing.

Dari segi fungsi, SDU memiliki fungsi yang beragam, tergantung siapa yang akan menggunakannya, berikut penjelasannya:

  • Bagi Pemimpin Usaha, menjadi fondasi bagi pemimpin usaha untuk merencanakan strategi, meningkatkan produktivitas, dan mencapai tujuan perusahaan.
  • Bagi Tenaga Kerja, sumber daya manusia yang terampil dan dikelola dengan bijak meningkatkan produktivitas, kualitas pekerjaan, dan kepuasan karyawan.
  • Sebagai Konsumen, mendapatkan manfaat dari sumber daya usaha melalui produk berkualitas, harga kompetitif, pilihan yang beragam, dan pelayanan yang memuaskan.
  • Sebagai Produsen, seperti bahan baku dan teknologi produksi, memungkinkan produsen meningkatkan efisiensi, mengurangi limbah, dan merespons perubahan pasar dengan lebih fleksibel.

6M Sumber Daya Usaha

Mengutip dari Modul Bahan Ajar SMA/SMK Manajemen Sumber Daya Usaha yang disusun oleh Diana Oktorina (2018), ada 6M Sumber daya usaha terdiri dari Man, Money, Material, Machine, Method dan Market.

Berikut penjelasan lengkapnya:

1. Man (Manusia)

Sumber daya usaha adalah

Ilustrasi sumber daya manusia (SDM) bekerja untuk memajukan usaha (Credit: Freepik.com)

Man atau manusia ini umum disebut dengan istilah sumber daya manusia (SDM), dalam ilmu ekonomi sumber daya manusia menjadi salah satu faktor penting dalam produksi selain modal, tnh dan keterampilan.

Ruang lingkup dari perencanaan SDM secara garis besar dikelompokkan menjadi 4, yakni

  • Organisasi, merinci kebutuhan pegawai dari manajer hingga staff, harus sejalan dengan visi dan misi perusahaan.
  • Departemen/Unit, fokus pada kebutuhan pegawai dalam setiap departemen, diselaraskan dengan tujuan spesifik departemen tersebut.
  • Tim Kerja, mengoptimalkan kinerja tim dengan penekanan pada aspek teknis.
  • Individu, menitikberatkan pada kebutuhan organisasi terhadap individu pegawai, termasuk deskripsi pekerjaan yang akan dilakukan.

Menurut Rivai dan Sagala (2009) ada beberapa tujuan dalam perencanaan SDM, diantaranya untuk menyesuaikan kualitas dan kuantitas, menjamin ketersediaan tenaga kerja, menghindari hilangnya fungsi manajemen, memudahkan koordinasi dan sejenisnya.

2. Money (Uang)

Berikutnya adalah money atau uang, komponen ini menjadi satu hal yang tidak bisa diabaikan karena akan sangat menentukan besar atau kecilnya kegiatan bisnis yang dijalankan.

Secara pengertian uang adalah alat diikat dan alat untuk mengukur nilai dari barang atau jasa. Dengan uang ini juga perusahaan bisa membiayai gaji tenaga kerja, membeli alat-alat, dan menentukan hasil yang dicapai oleh organisasi.

Baca Juga: 7 Langkah Perencanaan Keuangan Bisnis, Contoh dan Manfaatnya

3. Material (Fisik)

Selanjutnya adalah material, atau bahan-bahan. Ini merupakan komponen penting dalam sumber daya usaha. Dimana umumnya perusahaan membeli bahan mentah dari pihak lain dengan harga terbaik.

Proses pengangkutan dan pengolahan bahan mentah menjadi produk akhir harus dilakukan secara efisien untuk mencapai hasil yang optimal.

4. Machine (Teknologi)

Sumber Daya Teknologi

Contoh Teknologi (Credit: Freepik.com)

Berikutnya adalah machine, komponen ini juga berperan penting dalam proses produksi. Dengan perkembangan teknologi, mesin menjadi pengganti pekerjaan manusia dalam revolusi industri.

Penggunaan mesin yang efisien dapat meningkatkan produktivitas. Perencanaan SDM perlu memperhatikan perkembangan teknologi dan penemuan mesin baru untuk meningkatkan efisiensi produksi.

5. Method (Metode)

Komponen kelima adalah metode, cakupan metode ini cukup luas. Contohnya diterapkan pada metode kerja yang akan membantu proses kerja jadi lebih efektif dan efisien.

Metode kerja yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan, baik dalam proses produksi maupun administrasi, memerlukan perencanaan dan implementasi yang matang. Keselarasan metode kerja dengan tujuan perusahaan akan mendukung tercapainya hasil yang optimal.

6. Market (Pasar)

Terakhir adalah market atau pasar, yang merupakan tempat yang digunakan untuk menjual hasil produksi, dimana jika produk yang dipasarkan tidak terjual maka akan memungkinkan jika produksi barang juga akan berhenti.

Oleh sebab itu, pelaku usaha wajib memahami dan menguasai pasar dengan menghasilkan produk yang berkualitas, sesuai selera pembeli dan tentunya masuk dalam daya beli mereka.

Selain itu, perhatikan juga siapa target market, bagaimana Anda membangun awareness yang nantinya akan menghasilkan penjualan dan penguasaan pasar tentunya.

4 Kelompok Sumber Daya Usaha

Dalam ruang lingkup bisnis, ada 4 kelompok sumber daya usaha, yakni:

1. Sumber Daya Manusia

Pertama adalah sumber daya manusia, yakni kelompok sumber daya yang memiliki sifat perorangan dalam bentuk pendidikan/ pelatihan dari manajemen. Adapun pelatihan ini diberikan perusahaan berdasarkan data dari kinerja karyawan itu sendiri.

2. Sumber Daya Finansial

Berikutnya adalah sumber daya finansial, ini mencakup dana atau modal usaha. Selain jumlahnya yang menentukan bagaimana bisnis akan dijalankan, cara mengelolanya juga sangat perlu diperhatikan. Sebab, akan sangat percuma jika memiliki modal besar tanpa memiliki manajemen keuangan yang baik.

Untuk itu, Anda bisa menggunakan software akuntansi online Beecloud, mencatat semua transaksi pembelian dan penjualan, membantu Anda mengontrol stok barang, menghitung harga jual, hutang/piutang, laporan keuangan dan masih banyak lagi secara realtime dan bisa diakses dari mana saja dan kapan saja dengan hasil akurat. Klik banner di bawah ini dan dapatkan gratis uji coba sekarang juga!

Tingkatkan Produktivitas & Kendalikan Keuangan Bisnis Anda Lebih Efisien Dengan Beecloud

3. Sumber Daya Material

Selanjutnya, sumber daya material mencakup segala bahan atau barang yang digunakan dalam proses produksi atau kegiatan usaha. Ini melibatkan semua aspek bahan baku, produk setengah jadi, hingga barang jadi yang diperlukan untuk memenuhi kebutuhan perusahaan atau konsumen.

Manajemen yang efektif terhadap sumber daya ini mencakup pengadaan yang tepat, pengelolaan persediaan yang efisien, dan pemilihan penyedia bahan yang handal untuk mendukung kelancaran operasional perusahaan.

4. Sumber Daya Informasi/ Intelektual

Terakhir adalah sumber daya informasi/ intelektual, mencakup pengetahuan, data, dan informasi yang dimiliki oleh suatu organisasi. Ini termasuk keahlian karyawan, sistem informasi, dan data yang dapat digunakan untuk pengambilan keputusan.

Manajemen sumber daya informasi melibatkan pengumpulan, analisis, dan pemanfaatan informasi untuk meningkatkan efisiensi, inovasi, dan daya saing perusahaan.

Selain itu juga melibatkan investasi dalam pelatihan karyawan dan pengembangan pengetahuan organisasi untuk mendukung pertumbuhan jangka panjang.

Manfaat dari Perencanaan Sumber Daya Usaha

Berikut ini manfaat dari perencanaan sumber daya untuk sebuah unit usaha:

  • Meningkatkan efektivitas dan efisiensi penggunaan sumber daya, dimana dengan perencanaan akan membantu organisasi mengalokasikan sumber daya secara efisien, meningkatkan produktivitas, dan mengurangi pemborosan.
  • Merespons cepat terhadap perubahan pasar, perencanaan sumber daya usaha membantu perusahaan mempertahankan atau meningkatkan daya saingnya.
  • Perencanaan sumber daya usaha mendukung desain proses kerja yang efisien, mengurangi waktu, biaya, dan upaya yang diperlukan.
  • Mengidentifikasi dan mengelola potensi risiko, perencanaan sumber daya usaha membantu mengurangi ketidakpastian.
  • Dengan rencana yang jelas, organisasi dapat fokus pada tujuan jangka panjang dan strategi bisnis untuk pertumbuhan yang berkelanjutan.

Baca Juga: Pengertian Manajemen Strategi, Fungsi, dan Langkah Menerapkan

Contoh Penerapan Perencanaan Sumber Daya Usaha

Jenis Jenis Strategi

Ilustrasi perencanaan usaha (Credit: Freepik.com)

Suatu perusahaan manufaktur yang bergerak dalam industri teknologi memutuskan untuk mengimplementasikan perencanaan sumber daya usaha guna meningkatkan efisiensi operasional dan daya saingnya di pasar.

Berikut adalah langkah-langkah yang mereka ambil:

  • Melakukan identifikasi terhadap kekuatan dan kelemahan sumber daya, termasuk tenaga kerja, peralatan, dan modal.
  • Kemudian mulai merencanakan pengembangan tenaga kerja dengan rekrutmen, pelatihan, dan peningkatan manajemen kinerja.
  • Selanjutnya, mulai melakukan investasi modal untuk memperbarui peralatan produksi dan sistem teknologi informasi.
  • Untuk mengoptimalkan sumber bahan baku, mereka melakukan perundingan dengan pemasok untuk harga bahan baku yang lebih baik dan evaluasi pemasok alternatif.
  • Alur masa depan bisnis tidak bisa ditebak, yang bisa dilakukan adalah melakukan manajemen resiko untuk mengatasi risiko dan krisis, seperti kelangkaan bahan baku.
  • Kemudian melakukan pemantauan kinerja dan evaluasi berkala untuk penyesuaian dan peningkatan berkelanjutan.

Dengan menerapkan perencanaan sumber daya usaha ini, perusahaan dapat meningkatkan efisiensi operasional, meminimalkan risiko, dan tetap bersaing di pasar teknologi yang dinamis.

Financial Distress Adalah Indikasi Awal Kebangkrutan, Ini Cara Cegahnya
Istilah Financial Distress mungkin menjadi mimpi buruk bagi para pebisnis. Sebab, financial distress adalah indikator awal kebangkrutan, yang merupakan sebuah
Baca Juga
Ketahui Pentingnya Nota Penjualan dan Cara Mudah Membuatnya
Pernahkah kalian melakukan pembelian kemudian mendapatkan kertas yang bertuliskan barang apa saja yang kita beli? Kertas yang sering kita sebut
Baca Juga
5 Contoh Skala Prioritas dalam Bisnis 
Contoh skala prioritas adalah alat yang sangat berguna dalam bisnis dan kehidupan sehari-hari untuk membantu kita mengelola waktu, sumber daya,
Baca Juga
Mengenal Konsep Win-Win Solution dan Penerapannya
Dunia bisnis terbilang cukup kompetitif oleh sebab itu perlu mencari solusi yang menguntungkan semua pihak adalah kunci keberhasilan jangka panjang.
Baca Juga
Clickbait: Jenis, Alasan Pro dan Kontra serta Tips Penggunaannya
Clickbait adalah teknik pemasaran yang digunakan untuk menarik perhatian pembaca dengan judul yang menarik dan kontroversial, namun seringkali tidak sesuai
Baca Juga
9 Ide Bisnis Handmade: Modal Minim, Hasil Maksimal
Apakah Anda pernah berpikir untuk memulai bisnis dengan modal kecil yang unik dan penuh kreativitas? Salah satu opsi yang patut
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Ruang 59 - Jl. Surya Sumantri No.59, Sukawarna, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu