Logo Bee Web

Cara Daftar GrabFood, Syarat dan Langkah-Langkahnya

Melakukan cara daftar GrabFood berarti Anda sudah siap memulai bisnis makanan online. Simak tutorial, kelebihan, dan kekurangannya di sini!
Penulis: Lutfatul Malihah
Dipublish Tgl: Thursday, 9 March 2023

Bergabung dengan GrabFood sebagai mitra bisnis kuliner dapat memberikan banyak manfaat, seperti meningkatkan visibilitas bisnis dan memperluas jangkauan pelanggan. Oleh sebab itu, Anda wajib tahu bagaimana cara daftar GrabFood.

Baca Juga: 8 Cara Memulai Bisnis Kuliner Untuk Pemula

Pada artikel ini, kami akan membahas lebih lanjut tentang cara daftar, syarat daftar, hingga kelebihan dan kekurangan menjadi mitra GrabFood. Mari simak ulasannya sampai akhir!

Syarat Daftar GrabFood

Syarat Daftar Grabfood

Potret Gambar Aplikasi Grabfood (Sumber: Grab.com)

GrabFood adalah salah satu platform layanan pesan antar makanan online yang terkenal di Asia Tenggara, termasuk di Indonesia. Melalui aplikasi, pengguna dapat memesan makanan dari berbagai restoran dan kedai makanan yang bekerja sama dengan GrabFood.

Setelah itu, makanan tersebut akan diantar oleh kurir GrabFood ke alamat yang diinginkan. GrabFood menyediakan beragam pilihan makanan, mulai dari makanan cepat saji hingga makanan khas daerah yang sulit ditemukan di tempat lain.

Saat ini, GrabFood telah tersedia di berbagai kota besar di Indonesia dan terus mengembangkan jaringan bisnisnya untuk memberikan layanan pesan antar makanan yang lebih baik bagi para pelanggan.

Agar bisa bergabung dan mengerjakan cara daftar di GrabFood, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi, antara lain:

1. Mempunyai Usaha Kuliner

Pelaku usaha kuliner harus memastikan bahwa usaha mereka terdaftar resmi dan legal di wilayah yang ditentukan. Hal ini bertujuan untuk memastikan bahwa bisnis berjalan secara sah dan memiliki izin usaha guna menjalankan kegiatan bisnis.

2. Menyediakan Menu Makanan atau Minuman

Mempunyai usaha kuliner berarti juga menyediakan menu makanan atau minuman yang bisa dikirim ke alamat pelanggan. Selain itu, pelaku usaha juga wajib memiliki stok yang cukup untuk memenuhi permintaan

3. Informasi Usaha Kuliner

Agar bisa menjadi mitra GrabFood, Anda perlu melengkapi informasi usaha sebagai persyaratan daftar. Beberapa informasi yang wajib Anda siapkan sebagai pemilik, antara lain:

a. Nama Usaha

Pastikan usaha atau bisnis Anda sudah mempunyai nama dan jika masih belum, maka segeralah tentukan nama yang tidak pasaran serta mudah diingat. Guna memudahkan driver atau pelanggan untuk menemukan Anda, sebaiknya pasang plang di lokasi usaha.

b. Alamat dan Titik Koordinat Google Maps

Lampirkan alamat lengkap yang jelas agar mudah ditemukan. Jika lokasi ada di dalam mall atau gedung, maka sertakan lantai dan nomor kiosnya. Pastikan juga lokasi tersebut sesuai dengan titik koordinat agar bisa dilihat melalui Google Maps.

c. Nomor Telepon dan Email Aktif

Masukkan nomor dan email aktif untuk mendaftar serta memudahkan driver atau pelanggan ketika ingin menghubungi Anda.

d. Foto Tempat Usaha

Ambil foto usaha yang jelas agar orang-orang bisa menemukannya dengan mudah. Sudah disinggung sebelumnya, alangkah lebih baik jika Anda juga memasang plang nama bisnis.

Ketika mendaftar sebagai mitra GrabFood, Anda juga perlu melampirkan foto pemilik dengan makanan yang dijual. Pastikan wajah atau orangnya sama dengan foto KTP serta diambil dengan gambar yang jelas.

4. Informasi Pemilik Usaha

Tidak hanya dibutuhkan informasi lengkap terkait usahanya saja, tetapi ketika mendaftar Anda juga diminta untuk mengisi informasi pemilik usaha tersebut. Berikut ini adalah beberapa hal yang wajib dipenuhi sebelum melakukan cara daftar GrabFood, antara lain:

a. Foto KTP

Bagi WNI Anda perlu memotret KTP aktif, sedangkan bagi WNA bisa memakai foto passport.

b. Foto Selfie Bersama KTP

Selanjutnya, ambil foto selfie bersama KTP secara jelas atau tidak tertutup objek lain maupun blur. Sementara untuk WNA bisa menggunakan foto bersama passport.

c. Foto NPWP

Sertakan juga foto NPWP atau Nomor Pokok Wajib Pajak. Ini bisa berupa kartu atau fotokopian.

5. Informasi Bank

Guna memudahkan proses pembayaran, maka Anda juga perlu mengisi informasi bank yang terdiri dari nomor rekening akun tabungan dan foto buku tabungan hingga tampilan e-banking.

6. Informasi Menu Kuliner

Terakhir, masukkan informasi menu kuliner berupa daftar menu, foto menu, hingga foto makanan sebagai katalog. Pastikan foto diambil dengan baik dan jelas untuk menarik perhatian para pelanggan.

Langkah-Langkah Cara Daftar GrabFood

Daftar Grabfood

Ilustrasi Penyerahan Produk Pada Driver Grab (Sumber: grab.com)

Membuka bisnis kuliner online adalah pilihan yang tepat untuk meraih kesuksesan di era digital seperti sekarang ini.

Bagi Anda yang ingin memulai bisnis makanan di platform GrabFood, berikut adalah panduan langkah demi langkah tentang cara mendaftar dan memulai bisnis Anda di GrabFood, yaitu:

1. Daftar Menggunakan Website Grab

Agar bisa menjadi mitra GrabFood, Anda bisa melakukan pendaftaran lewat website dan inilah langkah-langkahnya, yaitu:

  • Kunjungi https://www.grab.com/id/merchant/food/ dan isi formulir yang telah disediakan. Isinya berupa nama bisnis, alamat, nomor HP, email, dan terakhir klik “Daftar”.
  • Tunggu selama beberapa saat untuk verifikasi.
  • Pilih jenis pendaftaran, seperti merchant baru atau tambah outlet, lalu klik “Next”.
  • Lengkapi informasi pemilik serta penanggung jawab bisnis.
  • Selanjutnya lengkapi informasi dengan foto lokasi bisnis, foto makanan, dan lain sebagainya.
  • Tim GrabFood akan mengirim email yang berisi kontrak untuk ditandatangani pemilik usaha.
  • Terakhir, verifikasi OVO yang menjadi platform pembayaran penjual dan pembeli di GrabFood.

2. Daftar Melalui Aplikasi Grab

Selain menggunakan website, Anda juga bisa melakukan cara daftar grab food dengan melalui aplikasi. Berikut adalah langkah-langkahnya, yaitu:

Unduh dan install aplikasi GoBiz melalui Google Play Store atau App Store.
Daftarkan akun Anda, kemudian isi semua instruksi yang diberikan, mulai dari foto KTP, informasi rekening bank, informasi outlet, dan lain sebagainya.
Centang layanan yang ingin Anda aktifkan, seperti GoFood, POS, hingga GoPay dan klik “Simpan”.

Kekurangan dan Keuntungan Bisnis Makanan GrabFood

Pertimbangkan Kekurangan dan Kelebihan Menggunakan Grabfood (Sumber: Freepik.com)

Pada bagian ini, kami akan membahas secara detail keuntungan dan kekurangan bisnis makanan di GrabFood, sehingga Anda dapat membuat keputusan yang tepat serta mempersiapkan diri dengan baik sebelum memulai bisnis di platform ini.

1. Kekurangan Bisnis Makanan GrabFood

Meskipun memberikan banyak keuntungan, melakukan cara daftar jualan di GrabFood juga memiliki beberapa kekurangan yang perlu diperhatikan, di antaranya:

a. Persaingan yang Ketat

Aplikasi GrabFood adalah platform pesan antar makanan yang sangat populer, sehingga persaingan di dalamnya sangatlah ketat. Anda harus memiliki menu yang unik dan berkualitas untuk dapat bersaing dengan mitra bisnis lainnya.

b. Tergantung Pada Mitra Pengiriman

GrabFood mengandalkan mitra pengiriman untuk mengantarkan pesanan ke pelanggan. Jika mitra pengiriman tidak dapat memberikan layanan yang baik, hal ini akan berdampak pada kepuasan pelanggan dan reputasi bisnis Anda.

2. Keuntungan Bisnis Makanan GrabFood

Bisnis makanan online semakin populer di era digital seperti sekarang ini dan menjadi mitra GrabFood dapat memberikan banyak keuntungan bagi bisnis Anda, antara lain:

a. Meningkatkan Omset Bisnis

Menjadi mitra GrabFood, Anda bisa memperluas jangkauan pasar dan meningkatkan omset bisnis. Terlebih kini banyak pelanggan yang lebih memilih memesan makanan melalui aplikasi dibandingkan datang langsung ke restoran.

b. Mendapatkan Fasilitas Lengkap

Melakukan cara daftar GrabFood berarti Anda mendapatkan berbagai fasilitas lengkap, mulai dari fitur pemesanan dan pengantaran makanan yang mudah hingga dukungan teknis dan bantuan promosi bisnis.

c. Mudah Digunakan

Aplikasi GrabFood dirancang untuk mudah digunakan oleh pelanggan maupun mitra bisnis. Interface yang intuitif dan fitur-fitur yang lengkap memudahkan mitra bisnis untuk mengelola pesanan dan pengantaran makanan.

d. Gratis Promosi

Sebagai mitra bisnis, Anda akan mendapatkan promosi gratis melalui aplikasi GrabFood. Promosi ini akan membantu meningkatkan visibilitas bisnis dan menarik lebih banyak pelanggan untuk memesan makanan di tempat Anda.

e. Menjadi Bagian dari Ekosistem Grab

GrabFood adalah bagian dari ekosistem Grab yang luas dan terintegrasi dengan berbagai layanan Grab lainnya, seperti GrabCar, GrabBike, dan GrabPay. Sebagai mitra, Anda akan menjadi bagian dari ekosistem dan bisa menikmati berbagai keuntungan yang disediakan.

f. Mendapatkan Data Pelanggan

Aplikasi GrabFood menyediakan data pelanggan yang berguna untuk mengembangkan bisnis kuliner. Anda bisa mempelajari preferensi pelanggan, menyesuaikan menu, dan meningkatkan kualitas produk untuk menarik lebih banyak pelanggan.

Baca Juga: Bisnis Modal Minim, Inilah Tips Bisnis Kuliner Kecil-kecilan

KESIMPULAN

Mengikuti langkah-langkah di atas berarti Anda sudah bisa memulai bisnis kuliner online atau menjadi GrabFood. Namun, sebelum memutuskan untuk melakukan cara daftar GrabFood, penting untuk mempertimbangkan keuntungan dan kekurangannya agar Anda dapat mempersiapkan diri serta mengambil keputusan.

Pakai Beepos Resto Bisa Bikin Pelayanan 2x Lebih Cepat Bahkan Saat Ramai

Untuk mengoptimasi kinerja usaha F&B, Anda bisa menggunakan aplikasi restoran Beepos untuk mempercepat pelayanan kasir, manajemen bisnis, kontrol stok sampai laporan keuangannya, karena sudah terintegrasi dengan software akuntansi.

Artikel Terbaru

Artikel Populer

Tips Bisnis

Coba Gratis

Follow Social Media Bee

Contoh Kode Produksi, Pengertian dan Cara Membuatnya
Kode produksi adalah sebuah informasi penting sebuah produk untuk menunjukkan bagaimana proses produksi produk itu sendiri, biasanya berisi tentang tanggal
Baca Juga
Tips dan Ide Jualan Laris Saat Pandemi
Jualan laris saat pandemi sebagai upaya melihat peluang yang punya dampak baik untuk hidup kita kedepannya. Kita harus pandai melihat
Baca Juga
Mengenal Usaha Mikro, Ciri, Kriteria, Contoh dan Perbedaannya
Usaha mikro termasuk dalam usaha skala kecil yang memegang peran penting dalam perekonomian di Indonesia, khususnya dalam pertumbuhan perekonomian yang
Baca Juga
4 Aplikasi untuk Meningkatkan Produktivitas Work From Home
Seperti yang sudah kita ketahui, dunia saat ini tengah mewabah sebuah virus yang begitu cepat menularnya. Berbagai negara sudah mengambil
Baca Juga
Fungsi Pengujian Produk, Prosedur, Metode dan Tipsnya
Pengujian produk adalah tahap kritis dalam siklus pengembangan produk yang tidak hanya menjamin kualitas, tetapi juga keberhasilan dan keamanan suatu
Baca Juga
11 Jenis Teh Indonesia yang Bisa Jadi Peluang Usaha
Indonesia jadi salah satu negara yang menjadikan teh menjadi minuman harian, hampir disetiap cafe, rumah makan, resto, kedai menyajikan menu
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Ruang 59 - Jl. Surya Sumantri No.59, Sukawarna, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu