Web Logo Bee
Penulis: Rizal Arisona

5 Tips Mudah Memulai Usaha Rental Tanpa Modal

Dipublish Tgl: Wednesday, 22 June 2022

Beberapa tahun belakangan ini, bisnis rental mobil di Indonesia lebih sering diminati oleh banyak orang. Hal ini bisa dilihat dari semakin banyaknya orang yang ingin tahu tentang bagaimana cara mudah untuk memulai usaha rental pribadi tanpa modal yang menjanjikan.

Ya, bisnis rental mobil di Indonesia memang sudah menjadi salah satu jenis bisnis yang memiliki peluang kesuksesan cukup menjanjikan. Maka dari itu, tidak mengherankan jika sebagian besar masyarakat Indonesia ingin tahu tentang bagaimana cara memulai bisnis ini dengan tepat.

5 Tips Memulai Usaha Rental Mobil Tanpa Modal dengan Mudah

Usaha rental mobil tanpa modal artinya bukan sebuah usaha yang tidak membutuhkan modal sedikitpun di dalamnya, hanya saja untuk memulai jenis usaha ini Anda tidak akan membutuhkan modal yang terlalu besar, sehingga Anda bisa memulainya kapan saja ketika Anda siap untuk melakukannya.

Nantinya, akan ada beberapa tips khusus yang perlu Anda lakukan untuk membangun bisnis rental mobil seperti ini. Bagi Anda yang tertarik untuk memulai usaha rental tanpa modal bisa mengikuti beberapa tips yang ada di bawah ini:

1. Manfaatkan Mobil yang Ada Terlebih Dahulu

Jika Anda belum memiliki modal yang terlalu besar untuk memulai jenis bisnis ini, maka Anda bisa memulainya dengan menggunakan mobil pribadi Anda terlebih dahulu. Manfaatkan mobil yang Anda miliki terlebih dahulu, untuk memulai bisnis rental mobil seperti ini.

Manfaatkan Mobil Pribadi Untuk Mulai Usaha Rental Pemula

Mobil Pribadi untuk Memulai Usaha Rental (Sumber: Pexels.com)

Dengan begitu, Anda jadi tidak perlu membeli beberapa mobil terlebih dahulu untuk memulai bisnis rental mobil. Nantinya, Anda bisa mengawali bisnis ini dengan menawarkan penyewaan mobil tersebut ke orang-orang terdekat Anda terlebih dahulu.

Jika seiring berjalannya waktu semakin ada banyak orang yang mengenal bisnis Anda dan keuntungan juga sudah berhasil Anda dapatkan, maka sekarang Anda bisa memperbanyak ketersediaan jenis mobil yang ada di dalam bisnis Anda.

2. Pilih Lokasi yang Strategis

Untuk Anda yang memiliki rumah di lokasi strategis seperti dekat dengan destinasi wisata, area sekolah, dan area perkantoran, Anda bisa langsung memulai bisnis ini dengan memanfaatkan mobil yang Anda miliki terlebih dahulu.

Baca Juga: 5 Strategi Memilih Lokasi Bisnis yang Strategis

Mengapa demikian? Karena salah satu tips terbaik yang bisa Anda ikuti untuk memulai usaha rental mobil pribadi adalah dengan membangunnya di lokasi yang strategis.

Tips Memilih Lokasi Bisnis Strategis

Tips Memilih Lokasi Bisnis Strategis

Nantinya, jika Anda memanfaatkan rumah Anda yang terletak di lokasi strategis seperti ini untuk memulai usaha rental mobil, maka Anda jadi tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk menyewa tempat usaha yang berada di lokasi strategis.

3. Beli Mobil dengan Sistem Kredit

Bagi Anda yang ingin memulai bisnis ini namun tidak memiliki mobil pribadi untuk mengawalinya, Anda bisa membeli mobil dengan sistem kredit untuk memulainya. Pada dasarnya, membeli mobil dengan sistem kredit seperti ini akan jauh lebih mudah dibanding dengan membelinya secara kontan.

Kartu Kredit Untuk Cicil Mobil Modal Usaha Rental

Gunakan Kartu Kredit (Sumber: Pixabay.com)

Untuk memudahkan Anda dalam membayar cicilan bulanannya, Anda bisa mengambil sebagian dari pendapatan sewa mobil ini untuk memenuhi beban biaya cicilan tersebut. Dengan begitu, keuangan pribadi Anda tidak akan terpengaruh dengan sistem yang berjalan di bisnis ini.

4. Tetapkan Regulasi Usaha Rental Mobil dengan Baik

Pada dasarnya, regulasi akan berperan sangat penting dalam sistem bisnis rental mobil yang sedang dijalankan oleh seorang pelaku usaha tertentu. Dengan adanya regulasi usaha rental mobil yang baik seperti ini, dapat mengurangi risiko terjadinya kerugian dalam jenis apapun itu.

Sebagai informasi tambahan, Anda bisa mengikuti beberapa cara di bawah ini untuk mengatur regulasi bisnis Anda dengan baik, yaitu:

  • Menerapkan surat perjanjian di atas materai
  • Memberlakukan penahanan Kartu Tanda Penduduk selama masa penyewaan
  • Memberikan formulir resmi penyewaan mobil yang sedang dilakukan
  • Memasang alat pelacak terhadap setiap jenis mobil yang tersedia

5. Kelola Manajemen Usaha dengan Sebaik Mungkin

Tidak hanya berlaku pada usaha rental mobil saja, tapi untuk setiap jenis usaha yang ada di dunia ini juga perlu memiliki manajemen usaha yang terkelola dengan baik. Maka dari itu, untuk memulai usaha rental mobil tanpa modal seperti ini, Anda juga perlu mengelola manajemen usahanya dengan baik.

Beeaccounting Rental Web

Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan aplikasi dari Beeaccounting Rental. Aplikasi ini bisa membantu Anda dalam mengatur pembukuan dan manajemen usaha yang berlangsung di dalam bisnis Anda. Jadi, tak ada salahnya untuk mencobanya sendiri ke usaha Anda.

Cara Menentukan HPP Terbaik Biar Nggak Rugi!
Menentukan HPP adalah sebuah hal penting yang harus dilakukan dengan tujuan untuk memperoleh harga terbaik untuk kegiatan jual beli. HPP […]
Baca Juga
5 Tips Branding Kedai Kopi Agar Mudah Terkenal
Di kota-kota besar, pastinya anda sangat mudah menemukan kedai kopi dengan ciri khas masing-masing. Hal ini dikarenakan kebanyakan orang Indonesia […]
Baca Juga
Contoh Laporan Perubahan Modal
Apa yang dimaksud laporan perubahan modal? Bagaimana cara membuatnya dan seperti apa contoh laporan perubahan modal? Sebagai pelaku bisnis, tentu […]
Baca Juga

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Kontak
No. GSM klik bawah ini
Logo GSM Telp
Copyright © 2022 Bee.id
magnifiercrossmenu