🌙 Beerkah Ramadhan Disc. upto 20% dan Cashback 15%
00
Hari
:
00
Jam
:
00
Menit
:
00
Detik
Logo Bee Web

Software Antrian Bengkel Ubah Antrian Semrawut Jadi Sistematis

Software antrian bengkel sangat dibutuhkan para pemilik usaha bengkel karena kemudahan mengelola antrian yang terjadi dalam usaha bengkel.
Penulis: Farhan Anggara
Dipublish Tgl: Tuesday, 28 June 2022

Software antrian bengkel sangat dibutuhkan para pemilik usaha bengkel karena kemudahan mengelola antrian yang terjadi dalam usaha bengkel. Seperti yang kita tahu, Indonesia adalah salah satu negara yang dikenal dengan tingginya jumlah pengguna mobil. Ini juga terlihat dari bagian jalan yang padat di kota-kota besar yang dipenuhi dengan kendaraan roda empat.

Sejumlah besar mobil pribadi dapat menjadi peluang bisnis yang menjanjikan, terutama untuk bisnis perbaikan mobil. Mobil membutuhkan perawatan dan perbaikan, terutama jika mereka semakin tua.

Tidak menutup kemungkinan juga usaha bengkel motor juga memiliki peluang yang besar. Karena kenyataannya juga masih banyak masyarakat yang menggunakan motor untuk berkendara kemana-mana. Tetapi yang lebih diuntungkan tidak lain adalah mobil karena target marketnya lebih tinggi jika kita membuka usaha bengkel.

Di sinilah usaha bengkel menjadi sangat baik, terutama ketika mobil ditabrak masalah sehingga harus diperbaiki atau mengganti bagian.

Jika Anda serius untuk memahaminya, peluang bisnis bengkel juga dapat memberikan manfaat besar.

Estimasi Modal dan Keuntungan Usaha Bengkel Mobil

Estimasi Modal Dan Keuntungan Usaha Bengkel software antrian bengkel

Ilustrasi Teknisi Memperbaiki Ban Mobil (Sumber: Freepik.com)

Modal awal untuk menjalankan bisnis bengkel memang cukup besar. Tetapi jika dibandingkan dengan bisnis membeli dan menjual mobil, jumlah modal lebih sedikit dan waktu untuk mengembalikan modal lebih cepat.

Berikut ini adalah perkiraan modal bisnis dari bengkel mobil.

Modal awal:

  • Pembelian Lahan atau Tempat: IDR 300.000.000
  • Biaya Renovasi Tempat: IDR 50.000.000
  • Layanan dan peralatan bengkel: RP150.000.000
  • Komputer dan Printer: IDR 10.000.000
  • Kursi dan meja untuk kantor dan kamar menunggu: IDR 5.000.000
  • Lainnya: IDR 15.000.000
  • Total Modal Awal: IDR 530.000.000

Biaya operasional bulanan:

  • Listrik dan Air: IDR 3.000.000
  • Upah 4 Karyawan: IDR 18.000.000
  • Air Minum: IDR 500.000
  • Lainnya: Rp1.500.000
  • Belanja suku cadang bulanan: IDR 10.000.000
  • Total Biaya Operasional Bulanan: IDR 33.000.000

Angka -angka di atas tidak kecil. Tapi nanti, Anda dapat mencapai laba bersih yang cukup besar.

Ini Perkiraan Keuntungan Usaha Bengkel

Keuntungan Usaha Bengkel

Ilustrasi Keuntungan Usaha Bengkel (Sumber: Freepik.com)

Setelah mengetahui rincian modal, sekarang Anda dapat menghitung estimasi pendapatan. Sebenarnya jumlah pendapatan mungkin berbeda setiap hari - tergantung pada jenis mobil, jumlah mobil yang dilayani, hingga jasa yang dilakukan.

Namun, kita dapat menghitungnya secara kasar seperti berikut - dengan asumsi bengkel hanya membuka 25 hari kerja dalam sebulan:

  • Servis Ringan (@RP 600.000 x 2 unit x 25 hari): IDR 30.000.000
  • Servis Menengah (@RP 800.000 x 2 unit x 25 hari): IDR 40.000.000
  • Servis Berat (@RP 1.400.000 x 1 unit x 25 hari): IDR 35.000.000

Total pendapatan dalam sebulan - di luar penjualan suku cadang dan minyak adalah Rp105.000.000.

Laba bersih yang diperoleh setiap bulan adalah total pendapatan dikurangi dengan biaya operasional:

IDR 105.000.000 - IDR 33.000.000 = IDR 72.000.000.

Dengan adanya laba bersih, maka kita dapat menghitung durasi pengembalian investasi, yaitu dengan membagi modal awal dengan laba bersih:

RP530.000.000: RP. 72.000.000 = 7,3 bulan.

Artinya, Anda telah mengembalikan modal setelah memasuki bulan kedelapan. Selanjutnya, Anda hanya menikmati manfaat bisnis bengkel mobil Anda.

Tips Sukses Menjalankan Usaha Bengkel Mobil

9+ Cara Memulai Usaha Bengkel Mobil

Ilustrasi Teknisi Memperbaiki Mobil

Bisnis perbaikan mobil tidak dapat dijalankan dengan mudah, yang diperlukan persiapan yang cermat agar menguntungkan.

Berikut adalah beberapa hal yang harus dipertimbangkan:

1. Lokasi yang Tepat

Cobalah untuk mendapatkan tanah atau area yang terletak di sisi jalan tempat kendaraan lewat.

Dengan begitu, bengkel Anda dapat dilihat oleh banyak orang sehingga mereka tahu ke mana harus pergi ketika mobil mereka memiliki masalah.

2. Montir Andal

Anda bisa mengatakan bahwa mekanik adalah ujung tombak dari bisnis bengkel. Jadi pastikan Anda memiliki mekanik yang andal yang memahami suku cadang mobil dan tahu cara mengatasi masalah mobil.

Jika ini terpenuhi, konsumen puas dan akan merekomendasikan bengkel Anda ke jaringan mereka.

3. Stok Sparepart Memadai dengan Software Antrian Bengkel

10c Beeaccounting Software Bengkel Laporan Saldo Stok Sparepart software antrian bengkel

Tampilan Saldo Stock Sparepar Software Antrian Bengkel Beeaccounting (Sumber: Bee.id)

Dalam biaya operasional Anda telah memasukkan biaya suku cadang. Beli bagian - bagian spart yang paling dicari dari konsumen seperti busi, lapisan kopling, lapisan rem, dan sebagainya.

Ini penting agar konsumen tahu bahwa bengkel Anda dapat diandalkan ketika mereka membutuhkan suku cadang tertentu.

4. Pembukuan yang Detail

Pastikan semua pengeluaran dan pendapatan bisnis Anda dicatat secara rinci. Terutama pada awal kondisi keuangan bisnis tidak stabil.

Manajemen keuangan yang baik diperlukan sehingga Anda dapat memprediksi di masa depan mengenai kondisi keuangan dan jumlah peralatan atau suku cadang yang dibutuhkan oleh bengkel setiap bulan.

Pembukuan disini sangat penting untuk menjaga kelangsungan usaha bengkel. Karena tanpa ada pembukuan yang baik, tidak dapat menutup kemungkinan bisnis Anda bangkrut.

Hal yang harus dilakukan untuk tetap menjaga pembukuan adalah selalu mencatat pemasukan dan pengeluaran yang terjadi.

Anda juga bisa mempercayakan kepada staf accounting, atau jika punya modal lebih bisa menyewa jasa accounting di luar sana.

Tetapi jika seandainya Anda ingin melakukannya sendiri, Anda sangat membutuhkan aplikasi pembukuan bengkel.

5. Kembangkan Jasa

Cobalah mengembangkan layanan bisnis Anda, misalnya menyediakan layanan perbaikan mobil dengan mengunjungi rumah konsumen bagi mereka yang mobilnya tidak dapat dikendarai karena rusak.

Layanan ini memang akan membutuhkan lebih banyak upaya, yaitu tenaga kerja tambahan. Namun, Anda dapat mempekerjakan lebih banyak karyawan ketika pendapatan meningkat dan telah mengembalikan investasi.

Selain itu, Anda juga bisa melakukan optimasi internal agar pelayanan yang Anda berikan tidak dipandang sebelah mata oleh pelanggan. Dalam artian, apa yang Anda berikan akan selalu membuat mereka puas. Contohnya adalah pelayanan yang cepat.

Pelayanan yang cepat sangat dibutuhkan pelanggan mengingat mereka juga tidak memiliki banyak waktu untuk menunggu kendaraan mereka diperbaiki. Selain membutuhkan mekanik yang handal, Anda juga membutuhkan pengelolaan yang tepat.

6. Menggunakan Software Antrian Bengkel Beeaccounting

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, yaitu adalah pelayanan yang cepat akan memberikan kepuasan kepada pelanggan. Anda bisa menggunakan software antrian bengkel yang mampu memberikan pengelolaan antrian yang baik dalam pelaksanaannya.

Dengan tampilan dashboard yang menampilkan antrian yang sesuai dengan urutannya, dampaknya akan memberikan rasa nyaman terhadap pelanggan. Anda dapat menyediakan layar besar yang dapat menampilkan tampilan kendaraan yang sedang dikerjakan dan juga kendaraan yang menunggu antrian. Selanjutnya, biarkan mekanik Anda mengerjakan pekerjaan mereka dengan cepat.

Anda bisa menonton video berikut ini.

7. Dekati Komunitas Mobil

Perluas jaringan Anda dengan komunitas mobil. Karena, mereka memiliki sejumlah anggota yang tidak kecil.

Setelah satu atau dua anggota tahu tentang bengkel Anda, mereka akan merekomendasikan bengkel Anda ketika anggota lain memiliki masalah dengan mobil mereka.

Jika perlu, berikan promosi khusus untuk anggota komunitas, misalnya diskon atau kupon untuk ditukar dengan satu jenis suku cadang.

Kesimpulan

Selain mengerti modal dan perkiraan pendapatan hingga tips menjalankan usaha bengkel, selanjutnya Anda perlu menerapkannya dengan baik dan benar. Seperti yang sudah disinggung di atas, Anda bisa menggunakan aplikasi bengkel yang memberikan fitur penting yaitu pembukuan usaha dan juga pengelolaan antrian bengkel.

Tentu saja, dengan menggunakan aplikasi bengkel usaha Anda akan lebih mudah untuk dikembangkan.

Menggunakan aplikasi bengkel adalah keputusan yang tepat di mana Anda lebih memilih untuk mengembangkan usaha dengan bantuan dari aplikasi bengkel. Selain memberikan kemudahan, aplikasi bengkel juga akan memberikan Anda kecepatan dalam mengerjakan setiap kegiatan yang ada pada usaha bengkel.

Aplikasi bengkel Beeaccounting yang didesain khusus untuk memudahkan manajemen bisnis bengkel dan toko sparepart/aksesoris mobil & motor. Terintegrasi mulai dari pencatatan order dan servis, antrian kendaraan, riwayat service, penjualan jasa dan sparepart, komisi teknisi, pembelian, hutang, stok, kas/bank hingga akuntansi.

Coba gratis sekarang! Klik gambar di bawah ini untuk info selengkapnya!

Beeaccounting Bengkel Cc Web software antrian bengkel

Artikel Terbaru

Artikel Populer

Tips Bisnis

Coba Gratis

Follow Social Media Bee

Tips Sukses Membangun Bisnis Kedai Kopi ala Starbucks
Apakah kalian tahu Starbucks? Mungkin bagi Anda yang penikmat kopi pastinya tidak asing dengan Starbucks. Starbaucks merupakan salah satu kedai
Baca Juga
11 Tips Cara Memulai Usaha Sembako Laris Manis
Sembako adalah singkatan dari sembilan bahan pokok. Sebagai bahan pokok, orang yang membuka usaha sembako akan dicari banyak orang karena
Baca Juga
Kasir Minimarket yang Penting Untuk Anda Ketahui dan Pelajari
Kasir minimarket selalu stand by di depan mesin kasir dan membantu dalam urusan transaksi ketika kita mengunjungi minimarket. Merekalah yang
Baca Juga
SIUP adalah Surat Izin Usaha Perdagangan, Ini Cara Daftarnya
Dokumen berupa Surat Izin Usaha Perdagangan atau SIUP adalah hal yang tidak boleh sampai dilewatkan pemilik bisnis. Surat izin jenis
Baca Juga
Mengenal Lebih dalam Strategi Bisnis B2B (Business to Business)
Suatu bentuk transaksi yang digunakan antar bisnis perusahaan satu dengan perusahaan lainnya merupakan definisi b2b atau business to business. Istilah
Baca Juga
13 Faktor Keberhasilan Wirausaha, Apa Saja?
Wirausaha adalah seseorang yang memiliki semangat untuk menciptakan dan mengelola usaha, biasanya dengan mengambil resiko untuk meraih keuntungan. Apa saja
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Ruang 59 - Jl. Surya Sumantri No.59, Sukawarna, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu