Logo Bee Web

Dalam Bisnis Sponsor Artinya Apa? Begini Penjelasannya

Sponsorship atau sponsor artinya sebuah bentuk dukungan atas peristiwa, kegiatan atau pihak, simak penjelasan lengkapnya di sini
Penulis: Lutfatul Malihah
Kategori:
Dipublish Tgl: Friday, 6 October 2023

Istilah sponsor dalam bisnis bukanlah hal baru lagi, istilah ini biasanya dikaitkan dengan proses pemasaran, mengingat dari segi makna sponsor artinya sebuah bentuk dukungan atas peristiwa, kegiatan atau pihak yang dilakukan oleh orang ketiga.

Contoh gambaran sederhananya, perusahaan A memiliki produk AB dan pihak C memberikan dukungan produk AB dengan mempromosikan di platform TV, media sosial dan lain sebagainya. Simak penjelasan lengkapnya pada artikel berikut ini:

Apa yang Dimaksud dengan Sponsor?

Sponsor

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Sponsor artinya orang atau perusahaan yang mengusahakan (Credit: Freepik.com)

Secara pengertian, sponsor artinya pihak atau entitas yang memberikan dukungan finansial, sumber daya, atau bantuan lainnya kepada suatu acara, proyek, kegiatan, atau individu dengan harapan mendapatkan manfaat atau pengenalan yang positif sebagai imbalan.

Dalam konteks bisnis, sponsor biasanya mendukung acara atau aktivitas tertentu sebagai bagian dari strategi pemasaran mereka untuk mencapai tujuan tertentu. Sponsorship dapat berupa dukungan finansial, penyediaan barang atau jasa, atau bahkan dukungan promosi.

Selain itu, Sponsorship biasanya menciptakan hubungan simbiotik di mana pihak yang disponsori mendapatkan dana atau sumber daya yang mereka butuhkan untuk melaksanakan acara atau proyek mereka, sementara sponsor berharap untuk mendapatkan eksposur, branding positif, atau manfaat lainnya dari keterlibatan mereka.

Contoh umum sponsorship meliputi sponsor acara olahraga, sponsor konser musik, atau sponsor acara amal. Cara ini juga bisa menjadi bentuk strategi yang kuat dalam pemasaran dan branding, karena dapat membantu meningkatkan kesadaran merek, mencapai audiens yang lebih luas, dan membangun hubungan dengan komunitas atau kelompok target yang relevan.

Fungsi Sponsor dalam Bisnis

Jika sponsor artinya dukungan, maka kurang lebih fungsinya untuk kepentingan pemasaran dan penjualan. Berikut penjelasan lengkapnya:

1. Meningkatkan Kesadaran Merek

Sponsorship dapat membantu meningkatkan kesadaran merek atau brand recognition. Dengan mensponsori acara atau kegiatan yang dikenal oleh publik, perusahaan dapat memperkenalkan merek mereka kepada audiens yang lebih luas.

2. Menghubungkan dengan Audiens Target

Kedua adalah menjadi penyambung dengan target audience, dimana perusahaan akan dipermudah untuk terhubung dengan audiens target yang relevan dengan produk atau layanan mereka. Ini membantu perusahaan mencapai orang-orang yang lebih cenderung tertarik pada apa yang mereka tawarkan.

3. Membangun Citra Positif

Ketiga adalah membangun citra yang baik melalui sponsorship, perusahaan dapat membangun citra positif di mata masyarakat. Dengan mendukung acara atau kegiatan yang bernilai baik atau memiliki dampak positif, perusahaan dapat dipandang sebagai pemangku kepentingan yang peduli dan bertanggung jawab.

4. Mendukung Strategi Pemasaran

Adanya sponsor menjadi bagian penting dari strategi pemasaran perusahaan. Ini bisa membantu dalam mencapai tujuan pemasaran seperti peningkatan penjualan, pengenalan produk baru, atau perluasan pasar.

5. Membangun Hubungan Bisnis

Terakhir sponsor juga dapat digunakan untuk membangun hubungan bisnis yang kuat. Melalui kemitraan dengan acara atau organisasi tertentu, perusahaan dapat menjalin hubungan yang bermanfaat dengan mitra bisnis potensial atau pelanggan potensial.

Jenis-Jenis Sponsorship

Sponsorship

Menjadi sponsorship sebuah acara dapat membantu membangun brand awareness dengan lebih mudah (Credit; Freepik.com)

Berikut adalah jenis-jenis sponsorship dan penjelasannya:

1. Brand Sponsorship

Jenis sponsorship yang pertama ada brand sponsorship, yakni sebuah kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan atau organisasi untuk mendukung sebuah program sebagai strategi pemasaran untuk meningkatkan eksposur merek mereka di mata masyarakat.

Cara ini bisa menjadi strategi yang epik memperkenalkan atau memperkuat kesadaran merek di kalangan khalayak yang lebih luas. Contohnya, pada acara olahraga, perusahaan NIKE memberikan sponsor pada tim atau seorang atlet populer di salah satu grup dengan menggunakan produknya ketika bertanding.

Tidak hanya pada ara olahraga saja brand sponsorship ini bisa dilakukan dalam sebuah komunitas lokal, acara pendidikan, acara amal dan masih banyak lagi lainnya dengan sistem promosi hampir sama.

2. Event Sponsorship

Sedangkan event sponsorship menurut Coulson dan Thomas adalah jenis kegiatan di mana sebuah perusahaan mendukung atau mensponsori suatu acara atau kegiatan. Dengan tujuan utama untuk meningkatkan citra perusahaan dan memastikan bahwa masyarakat terus mengingat nama merek perusahaan tersebut.

Tujuan akhir dari event sponsorship mirip dengan brand sponsorship, yaitu untuk meningkatkan minat masyarakat dalam membeli produk perusahaan. Selain itu, event sponsorship juga memungkinkan perusahaan untuk membedakan diri dari pesaing lainnya dengan membangun citra merek yang kuat di mata masyarakat.

Adapun bentuk kegiatan dari event sponsorship adalah kerjasama di mana media atau pihak-pihak terkait nantinya akan mendatangi acara yang disponsori tersebut dan secara sukarela mempublikasikan acara tersebut. Ini berarti perusahaan yang menjadi sponsor akan mendapatkan eksposur yang lebih luas melalui cakupan media yang berlangsung secara alami.

Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Sponsorship

Berikut kelebihan dan kekurangan menggunakan sponsor

# Kelebihan

  • Pertama, pebisnis bisa memilih target audience dalam keterlibatan merek
  • Sponsorship dapat membantu perusahaan mencapai audiens yang telah ditargetkan dengan tepat, yang memiliki minat atau demografi tertentu yang sesuai dengan produk atau layanan mereka.
  • Terlibat dalam sponsorship acara atau kegiatan tertentu dapat meningkatkan kredibilitas perusahaan di mata masyarakat. Ini dapat membantu membangun citra positif.

# Kekurangan

  • Terlibat dalam sponsorship dapat melibatkan biaya yang tidak terduga. Perusahaan harus mempertimbangkan dengan cermat biaya yang terkait dengan sponsorship, termasuk biaya hak sponsor dan pelaksanaan acara.
  • Terkadang, sponsorship dapat mengarah pada keterbatasan kreativitas dalam perencanaan dan pelaksanaan acara atau proyek, karena harus mempertimbangkan kepentingan sponsor.
  • Ketidakpastian Pengembalian Investasi (ROI), sulit untuk mengukur pengembalian investasi yang pasti dari sponsorship. Terkadang, hasilnya mungkin tidak sebanding dengan biaya yang dikeluarkan.

Kesimpulan

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Sponsor artinya orang atau perusahaan yang mengusahakan (memelopori, memprakarsai, mengusulkan, menyelenggarakan) suatu kegiatan (siaran, pertunjukan, dan sebagainya). Dengan tujuan membangun brand awareness sehingga proses pemasaran bisa dilakukan lebih efektif.

Selain efektivitas penjualan juga berpotensi untuk meningkat, begitu juga dengan pendapatan yang diperoleh. Semakin tinggi pendapatan maka semakin banyak juga catatan pembukuan yang harus dikelola. Untuk mengatasi pembukuan yang lebih ringkas dan rapi, Anda bisa menggunakan software akuntansi online Beecloud.

Dimana setiap transaksi bisa tercatat dengan rinci, lengkap dengan laporan grafik laba rugi, sehingga pebisnis bisa lebih praktis dalam melakukan analisa bisnis. Cek selengkapnya pada banner di bawah ini!

Beecloud Aplikasi Dashboard Untuk Monitor Bisnis Real Time

Penting untuk dicatat bahwa keberhasilan sponsorship tergantung pada pemilihan acara atau kegiatan yang tepat dan pemahaman yang baik tentang audiens target. Jika dilakukan dengan benar, sponsorship dapat memberikan manfaat yang signifikan bagi perusahaan, termasuk pengembalian investasi yang tinggi dalam hal pemasaran dan branding.

Apa Itu Marketing, Jenis dan Tugasnya dalam Pemasaran Usaha
Anda mungkin pernah mendengar kata "marketing" dalam berbagai konteks termasuk pemasaran, tetapi sebenarnya apa itu marketing? Mengapa marketing begitu penting
Baca Juga
Pentingnya Tujuan Promosi dan Bentuk-bentuk Promosi
Dalam kegiatan berbisnis tidak akan jauh dari kata promosi. Dimana secara umum tujuan promosi adalah agar produk yang dihasilkan dari
Baca Juga
Marketing adalah Pemasaran, Ini Peran Pentingnya dalam Bisnis
Pernahkah Anda berpikir tentang makna di balik frasa marketing adalah? Dalam dunia yang semakin kompleks ini, konsep marketing memainkan peran
Baca Juga
Soft Selling: Pengertian, Keuntungan, Cara dan Perbedaannya
Dalam dunia bisnis, teknik penjualan yang digunakan sangatlah penting. Salah satu teknik yang sedang populer saat ini adalah teknik soft
Baca Juga
Ini Dia Definisi Marketing, Strategi, hingga Teknik Lengkapnya
Kata marketing merupakan hal yang sudah tidak asing pada masa kini. Upaya yang juga kerap disebut sebagai pemasaran ini adalah
Baca Juga
Campaign Adalah: Meningkatkan Kesadaran Merek dan Penjualan
Campaign adalah sebuah kampanye periklanan yang penting dalam strategi pemasaran suatu produk atau layanan. Melalui campaign, perusahaan dapat mempromosikan merek
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Ruang 59 - Jl. Surya Sumantri No.59, Sukawarna, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu