🌙 Ketupat Lebaran Disc. upto 20%, Pebisnis Ritel Merapat!
00
Hari
:
00
Jam
:
00
Menit
:
00
Detik
Logo Bee Web

Tips Penting Sebelum Memilih Selebgram Sebagai Partner Bisnis

selebgram adalah gabungan dari dua kata “selebriti” serta “Instagram”. Merujuk pada seorang yang juga dikenal dengan influencer
Penulis: Lutfatul Malihah
Dipublish Tgl: Sunday, 11 June 2023

Anda tentu sudah tidak asing dengan istilah selebgram di era modern ini. Sosok satu ini memang tidak lepas dari peranannya dalam mempromosikan suatu produk. Bahkan tidak jarang influencer media sosial ini bekerjasama menjadi brand ambassador.

Hubungan selebgram dengan pemilik bisnis sebenarnya saling menguntungkan satu dengan lain. Pihak influencer mendapatkan bayaran, pemilik bisnis memperoleh peningkatan omset. Lebih lengkap tentang istilah satu ini, berikut ulasan dan manfaatnya bagi bisnis.

Siapa Selebgram Itu?

Cara Promosi Di Tiktok

Siapa selegram itu? (Credit: Freepik.com)

Istilah selebgram adalah bentuk gabungan dari dua kata “selebriti” serta “Instagram”. Kata tersebut merujuk pada sosok/orang yang memperoleh ketenaran dari platform Instagram. Instagram merupakan media sosial yang saat ini sedang hype, sekaligus sarat manfaat.

Menjadi selebgram bisa disebabkan oleh banyak hal. Misalnya rajin memberikan tips dan trik kecantikan, resep masakan, sampai video komedi. Seseorang dianggap sebagai selebritis Instagram jika akunnya memiliki banyak followers.

Bahkan, ada juga akun yang sudah terverifikasi dengan followers ratusan ribu hingga jutaan. Akun-akun dengan pengikut banyak ini biasanya membuka jasa endorse atau paid promote. Selain bermanfaat bagi pemilik akun, jasa tersebut juga sangat berpengaruh bagi bisnis.

Tips Memilih Selebgram Sebagai Partner Bisnis

Menggunakan jasa influencer Instagram untuk promosi daring memang sangat menguntungkan. Akan tetapi, tidak boleh asal-asalan memilih partner promosi daring ini. ini dia beberapa tips mudah agar selebgram pilihan Anda menguntungkan bagi bisnis.

1. Lihat Kualitas dan Kuantitas Followers

Hal pertama yang dinilai dari seorang influencer adalah jumlah pengikutnya. Baru setelah itu, bagaimana kualitas para followers-nya tersebut. apakah hanya sekadar fake account, atau memang real.

Cek berapa jumlah pengikut dan bandingkan dengan komentar, like, dan interaksi yang diperolehnya. Pengikut berkualitas yang dimiliki influencer tentu akan aktif komentar atau sekadar like.

Baca Juga: Influencer: Pengertian, Jenis, dan Tips Optimasi

2. Sesuaikan dengan Biaya Promosi

Biaya untuk promosi lewat selebgram memang bervariasi. Ada yang mahal tetapi effort dan hasilnya memang memuaskan. Harga mahal ini tentu tidak sebanding dengan omset tinggi pasca postingan endorse dipublikasikan.

Akan tetapi, ada juga tipe influencer skala lokal yang secara tarif masih sangat terjangkau. Bahkan masih kisaran Rp100 ribuan untuk sekali postingan endorse. Sesuaikan dengan biaya promosi yang memang sudah ditetapkan.

Jika memang pemasarannya masih menyasar ke pangsa daerah, menggunakan influencer lokal adalah ide bagus. Akan tetapi, untuk lebih meningkatkan brand awareness, Anda bisa melirik influencer yang lebih besar jangkauannya.

Beecloud Untuk Mencatat Biaya Promosi Iklan Pemasaran Dan Mengetahui Laba Rugi

Untuk mengoptimalkan manajemen biaya promosi Anda perlu memiliki sistem pengelolaan keuangan yang baik, agar bisa menjadi pertimbangan. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan software akuntansi online Beecloud.

Dengan fitur laporan keuangan langsung jadi dari neraca, cash flow hingga laba rugi akan lebih memudahkan Anda dalam memantau keuangan bisnis. Selain itu, dengan teknologi cloud yang digunaan semakin menguntungkan bisnis Anda karena bisa di cek dimana saja dan kapan saja secara realtime.

3. Lihat Engagement Rate

Engagement rate merupakan patokan untuk melihat apakah endorse influencer tersebut sukses atau sebaliknya. Jika ER-nya tinggi maka Anda bisa memilih selebgram tersebut untuk berpromosi.

Pilih public figure yang memiliki interaksi positif dengan para pengikutnya. Misal, rajin membalas komentar secara positif. Hal ini membuka peluang keberhasilan endorse yang lebih besar.

4. Nilai Persona

Followers banyak sebenarnya tidak menjadi jaminan promosi berjalan optimal. Lihat bagaimana personanya, apakah tingkah lakunya layak ditiru atau sebaliknya. Promosi lewat influencer yang image-nya bagus tentu lebih menguntungkan.

Konsumen Anda juga akan semakin tertarik melihat produk yang dipromosikan lewat influencer berperilaku positif. Lihat bagaimana postingan di feed Instagramnya, baru putuskan untuk menggunakan jasa tersebut atau sebaliknya.

5. Cari yang Relevan

Sebaiknya gunakan influencer yang memang masih relevan dengan produk/jasa Anda. Contoh Anda ingin promosi bedak untuk remaja, berarti cari influencer perempuan dan berusia remaja.

Lebih bagus lagi jika niche postingan influencer tersebut berkaitan dengan skincare atau makeup. Tentunya hal ini akan memaksimalkan promosi dan target konsumen terbidik secara tepat.

6. Cek Kualitas Endorse-nya

Jangan sekadar memilih influencer dengan pengikut banyak untuk dijadikan partner promosi. Lihat bagaimana dia membuat video/postingan promosi. Apakah hanya posting ala kadarnya, atau ada effort lebih sehingga menarik audiens.

Selektif dalam memilih sosok endorser agar budget promosi tidak sia-sia. Selain itu, cek waktu postingnya pasca menerima barang endorse. Apakah delay terlalu lama atau posting secara cepat dan profesional.

Baca Juga: Apa itu Endorse Dalam Promosi Online?

Ini Dia Manfaat Menggunakan Jasa Selebgram Bagi Bisnis

Influencer

Bisnis yang menggunakan jasa selebram bisanya akan lebih mudah dikenal (Credit: Freepik.com)

Sekilas sudah dibahas tentang definisi dari selebgram yang ternyata sangat menarik. Untuk para pemilik usaha, ternyata ada beberapa manfaat menggunakan selebgram (pengaruh bagi bisnis), diantaranya.

1. Pangsa Pasar Lebih Luas

Influencer yang aktif di Instagram biasanya memiliki banyak followers. Pengikutnya juga bukan yang fake akun, sehingga efektif untuk promosi. Alhasil, Anda akan mendapat pangsa pasar lebih luas dari jasa promosi lewat influencer ini.

Tanpa upaya memperluas jangkauan pemasaran, prospek konsumen akan itu-itu saja. Bahkan semakin menyempit jika Anda minim langkah untuk ekspansi.

2. Omzet Meningkat

Pangsa pasar yang lebih luas juga berbanding lurus dengan meningkatnya omzet. Hal ini sangat berguna untuk membantu keberlangsungan usaha. Tanpa peningkatan pemasukan, usaha Anda tentunya akan lesu dan berpotensi gulung tikar.

Tidak sekadar promosi mandiri, memanfaatkan jasa selebgram juga ide yang bagus. Anda bisa memilih selebgram lokal atau yang sudah nasional skalanya. Tergantung budget dan strategi pemasaran yang ingin diterapkan.

3. Koleksi Testimoni Bertambah

Testimoni merupakan hal penting pada suatu usaha, termasuk bisnis online. Nantinya, selebgram yang Anda endorse akan memberikan promosi di akunnya. Anda bisa menyimpannya sebagai bentuk testimonial.

Semakin banyak testimoni terlebih dari public figure, tentunya membuat usaha Anda lebih meyakinkan. Bentuk promosi testimoninya bisa berupa gambar, video, sampai review.

4. Kredibilitas Usaha Meningkat

Menggunakan jasa selebgram memang bermanfaat dalam meningkatkan kredibilitas usaha. Terlebih jika Anda memakai endorse selebriti Instagram yang ternama.

Konsumen tentu akan menilai bahwa Anda memang mampu membayar lebih untuk promosi. Hal ini sangat berkaitan dengan upaya branding agar kian optimal. Termasuk memilih salah satu selebgram Indonesia sebagai brand ambassador produk Anda.

5. Media Promosi Kekinian

Puluhan tahun yang lalu, pemilik usaha mempromosikan produk/jasanya lewat media elektronik dan cetak. Baik itu melalui iklan radio, televisi, surat kabar, sampai baliho. Cara-cara tersebut sebenarnya masih digunakan sampai sekarang.

Akan tetapi, jika ingin mengikuti perkembangan zaman, promosi lewat sosial media patut dicoba. Terlebih, pengguna media sosial sangat banyak, terutama Instagram. Gunakan jasa endorse dari influencer agar promosi yang dilakukan lebih kekinian.

Selain itu, mudah sekali sampai ke para calon konsumen terutama para followers selebgram tersebut. Bisnis akan lebih cepat dikenal walau sekadar promosi melalui media sosial.

6. Brand Awareness Meningkat

Tingginya angka persaingan usaha memaksa Anda harus ekstra kreatif agar tetap eksis. Agar produk/brand lebih dikenal, promosi lewat influencer merupakan metode efektif. Tanpa brand awareness yang bagus, mustahil orang akan familiar dengan produk Anda.

Sebaliknya jika sudah familiar, maka potensi menjadi pilihan pertama untuk digunakan lebih besar. Selain menggunakan jasa influencer, Anda juga harus meningkatkan pelayanan sebagai dukungan promosi tersebut.

7. Biaya Pemasaran Lebih Murah

Bandingkan jika Anda harus promosi lewat iklan televisi, radio, atau media mainstream serupa. Tentu membayar endorsement dinilai lebih terjangkau dan efektif menyasar target konsumen.

Akan tetapi, tidak semua selebgram menawarkan tarif terjangkau. Untuk kelas artis dengan followers puluhan juta tentu tarifnya sangat tinggi. Sesuaikan budget promosi dengan tarif endorse influencer pilihan.

Menggunakan jasa selebgram memang sangat penting untuk mendukung keberlangsungan usaha. Terlebih jika bisnis Anda beroperasi secara daring. Tentu perlu dukungan promosi dari media yang berkaitan.

 

Ciri-Ciri Pasar Persaingan Sempurna Beserta Contohnya
Setiap jenis pasar memiliki karakteristiknya sendiri yang membedakannya dari jenis pasar lainnya. Salah satu jenis pasar yang cukup menarik untuk
Baca Juga
10 Strategi Pemasaran Online dan Manfaatnya Bagi Bisnis
Pemasaran online adalah salah satu teknik marketing yang dijalankan dengan cara memanfaatkan jaringan internet. Contohnya saja media sosial, website, iklan
Baca Juga
Product Branding: Pengertian, Manfaat dan Strateginya
Hampir semua snack di Indonesia ini disebut dengan nama “ciki”, meskipun mereknya bukan itu. Ini adalah suatu bukti bahwa merek
Baca Juga
7 Contoh Mind Mapping, Pengertian, Jenis dan Cara Membuatnya
Mind mapping adalah sebuah metode yang digunakan untuk merangkum suatu ide. Untuk memudahkan biasanya seorang membutuhkan contoh mind mapping untuk
Baca Juga
Mengapa Competitive Advantage adalah Kunci Kesuksesan Bisnis
Dalam persaingan bisnis yang semakin ketat, memiliki keunggulan kompetitif atau competitive advantage adalah kunci utama dalam meraih kesuksesan. Competitive advantage
Baca Juga
Contoh Laporan Keuangan Perusahaan Dagang, Lengkap!
Contoh laporan keuangan perusahaan dagang adalah sumber informasi utama yang paling penting bagi setiap pemilik usaha maupun investor individu. Untuk
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Aer Space - Jl. Karang Tinggal No.41B, Cipedes, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu