🌙 Ketupat Lebaran Disc. upto 20%, Pebisnis Ritel Merapat!
00
Hari
:
00
Jam
:
00
Menit
:
00
Detik
Logo Bee Web

Contoh Iklan Elektronik: Pengertian, Ciri-ciri, Contoh, dan Jenis

Contoh iklan elektronik yang ada saat ini sebenarnya banyak sekali di berbagai platform, simak selengkapnya disini!
Penulis: Al Faris
Kategori:
Dipublish Tgl: Saturday, 10 June 2023

Contoh iklan elektronik yang ada saat ini sebenarnya banyak sekali. Bahkan hampir setiap orang sudah memiliki media elektronik terutama untuk komunikasi atau hanya sekedar mencari hiburan.

Hal ini juga yang membuat perkembangan dunia iklan  juga semakin meningkat. Saat ini ada banyak pemilik produk yang sering beriklan di media elektronik. Apabila Anda tertarik untuk mempelajari tentang e-advertising, maka dapat melihat ulasan lengkapnya di bawah ini.

Mengenal Apa Itu Iklan Elektronik

Sebagai salah satu media periklanan baru, media elektronik banyak menciptakan basisnya sendiri saat ini. Ada berbagai macam iklan yang dapat Anda gunakan untuk bisa mempromosikan produk, misalnya saja iklan elektronik.

Jenis iklan ini memang paling baik untuk mempromosikan berbagai macam produk, baik itu barang atau jasa. Selain itu, perlu juga diperhatikan bahwa televisi yang ada saat ini menjadi salah satu gambaran alat rumah tangga terbaik dari iklan elektronik.

Jadi, contoh iklan ini merupakan salah satu jenis iklan yang seringkali dipublikasikan melalui berbagai macam media elektronik. Misalnya saja seperti televisi, radio, serta internet.

Apa Itu Iklan Elektronik

Ilustrasi iklan elektronik melalui samartphone (Credit: Freepik/nuruddean21)

Di era digital seperti saat ini, masyarakat juga telah menggunakan berbagai macam media elektronik untuk bisa memenuhi kebutuhannya. Kebutuhan ini kini juga dapat dipenuhi dengan lebih sederhana hanya melalui media elektronik seperti radio, televisi serta internet.

Hal ini juga akan memicu banyak perkembangan, salah satunya dunia periklanan. Artinya, iklan yang dulunya hanya digunakan di media cetak kini mulai merambah ke media elektronik.

Jadi contoh iklan ini termasuk iklan yang akan ditayangkan di berbagai jenis media elektronik. Baik itu mulai dari radio, televisi hingga media lainnya yang bisa langsung diakses melalui internet.

Ciri-Ciri Iklan Media Elektronik

Ciri utama dari iklan ini yaitu iklan yang ditampilkan masih terbatas pada suara atau (audio-visual). Pengiklan elektronik juga biasanya waktu diatur untuk dapat menjalankan iklan mereka.

Bahasa yang digunakan di dalam iklan elektronik juga harus menarik, mudah dipahami serta persuasif. Dalam iklan ini, penggunaan bahasa harus lebih efektif agar pesan mudah tersampaikan.

E-advertisement ini juga menggunakan bahasa yang lebih sopan serta singkat. Sopan ini berarti tidak menyinggung kelompok tertentu, sedangkan singkat harus sesuai dengan tujuan iklan.

  • Biasanya, berbentuk cerita pendek dengan durasi atau waktunya lebih singkat. Contohnya saja, jika iklan pasta terlalu panjang, maka akan dipersingkat dengan memotong sebagian iklan.
  • Pemilihan kata yang jauh lebih menarik, logis serta langsung ditujukan kepada kelompok sasaran.
  • Bahasa yang dapat digunakan lebih menarik, mudah dipahami, serta meyakinkan. Selain itu, bahasanya juga lebih cenderung santun dan tepat.
  • Kata-kata yang digunakan lebih meyakinkan dan informatif. Contohnya saja iklan untuk bisa melindungi dari nyamuk demam berdarah.
  • Menggunakan kata-kata yang bisa menjadi inspirasi bagi beberapa orang. Pemilihan kata dalam iklan elektronik akan lebih menekankan pada informasi yang penting. Misalnya saja seperti nama serta karakteristik dari suatu produk.
  • Menggunakan komponen atau iklan berupa gerak, suara, serta gambar. Contohnya saja, ada iklan obat sakit kepala.

10 Contoh Iklan Elektronik di Kehidupan Sehari-hari

Kini sudah ada beberapa contoh iklan elektronik yang dapat dijumpai dalam kehidupan sehari-hari. Berikut ini penjelasan terkait iklan elektronik, antara lain:

1. Iklan di televisi

Bagi Anda yang senang menonton TV, pasti sudah sering melihat iklan TV yang biasanya menggunakan warna-warna cerah. Untuk kata-kata yang digunakan lebih pendek, menarik.

2. Iklan Video YouTube

Iklan elektronik juga dapat ditemukan di YouTube, dalam format yang sedikit berbeda. Iklan YouTube ini juga dapat menjangkau audiens yang lebih spesifik karena berdasarkan algoritma.

3. Iklan di Internet

Kini juga ada banyak iklan di Internet, untuk formatnya hampir sama dengan produk yang biasanya dijual. Namun, ada tambahan detail iklan yang dapat membuat minat pengguna internet lebih banyak.

4. Iklan di Media Sosial

Ads Untuk Jualan Online

Media sosial seperti Instagram juga lebih sering digunakan untuk mempromosikan berbagai macam produk dan brand. Iklan ini biasanya akan dilengkapi dengan teks yang bersponsor.

5. Iklan Jasa Melalui Radio

Meski fungsinya sedikit terbatas, tetapi banyak orang yang suka radio. Iklan radio juga dapat menjadi salah satu contoh iklan elektronik.

6. Iklan Produk Melalui Radio

Biasanya, iklan produk yang menggunakan audio lebih sulit dibuat karena harus menjelaskan produk lebih detail. Hal ini agar penonton tidak hanya membayangkan bentuknya saja.

7. Iklan Masyarakat melalui Radio

Radio juga seringkali menayangkan iklan layanan masyarakat (ILM) yang telah diproduksi oleh pemerintah atau lembaga tertentu. Tujuannya sebagai himbauan Masyarakat untuk praktik hidup sehat.

8. Iklan Banner di Media Online

Jenis iklan banner di media online saat ini juga banyak digunakan. Apalagi jika Anda mengunjungi sebuah website maka tinggal di klik saja akan membawa ke halaman tertentu yang berhubungan dengan iklan tersebut.

9. Beriklan melalui Email

Contoh iklan media elektronik selanjutnya yaitu iklan email. Iklan ini berbentuk email yang dikirimkan oleh penyedia layanan atau produk ke email konsumen atau calon pelanggan.

10. Iklan Luar Ruang

Meskipun tidak termasuk sebagai iklan televisi, radio atau internet. Iklan luar ruang ini juga memenuhi syarat sebagai iklan elektronik karena akan disiarkan di media elektronik, seperti papan reklame.

Jenis dari Iklan Elektronik yang Perlu Diketahui

Pada dasarnya, saat ini sudah ada berbagai jenis iklan elektronik yang memiliki fungsi masing-masing. Adapun jenis iklan elektronik akan dijelaskan berikut ini:

1. Iklan Radio

Iklan radio merupakan salah satu bentuk iklan di media elektronik yang menggunakan perangkat radio. Dikarenakan bersifat audio, maka Anda hanya bisa mendengarkan iklan di radio saja.

2. Iklan di Televisi

Seperti namanya, iklan televisi pasti akan disiarkan melalui televisi biasanya dalam bentuk audio dan video. Contoh iklan elektronik ini lebih menarik karena menggunakan kombinasi audio dan video.

Misalnya saja seperti animasi, live action, stop action, program sponsor, dan body copy. Ada juga iklan komersial, gambar latar belakang dan overlay seperti obat panas untuk anak, ada suara dan gambar anak sakit.

4. Iklan Internet

Iklan internet merupakan sebuah iklan media online yang biasanya memiliki jumlah pengunjung banyak. Misalnya saja seperti situs web, spanduk, sponsor, dan SEO pemasaran email.

Ada juga pemasaran media sosial, iklan promosi, dan lainnya. Anda bisa melihat iklan media digital ini di perangkat seluler saat mengunjungi situs web.

5. Iklan Email

Jenis selanjutnya yaitu email advertising atau email marketing. Email marketing ini termasuk email yang akan dikirim oleh produsen jasa atau produk ke alamat email konsumen.

Kesimpulan

Jenis iklan elektronik saat jni memang sangat banyak dan beragam. Semua iklan ini tentunya sudah memiliki fungsinya masing-masing. Contoh iklan elektronik ini bisa ditemukan dimana saja baik itu dalam televisi, radio, media sosial maupun internet. Jadi iklan ini sering dilihat dalam kehidupan sehari-hari.

Selain mengoptimalkan iklan, sebagai seorang pebisnis juga sebaiknya melakukan upaya pengelolaan bisnis secara lebih efektif dan efisien, karena akan sangat percuma jika iklan dilancarkan, konsumen meningkat namun kondisi internal berantaran.

Beecloud Untuk Mencatat Biaya Promosi Iklan Pemasaran Dan Mengetahui Laba Rugi

Transaksi harian berantakan, tidak ada yang mencatat, laporan tidak ada yang mengoreksi, tidak ada waktu untuk menganalisa semuanya terbengkalai karena konsumen membludak. Bukan untung malah jadi buntung.

Untuk mengatasi semua masalah ini Anda bisa menggunakan software akuntansi Beecloud, yang akan membantu dan mengelola keuangan bisnis secara akurat dan terpercaya oleh 148 ribu pengguna yang tentu saja terus berkembang setiap tahunnya.

Anda bisa mendapatkan software akuntansi berbasis cloud (online) dan mudah terintegrasi dengan anda dimanapun Anda berada. Bisnis jalan bosnya bisa jalan-jalan.

Niche Market Adalah Pasar Kecil, Begini Cara Menentukannya
Niche marketing atau niche market adalah istilah yang juga sering disebut dengan pasar, ini bisa menjadi salah satu strategi kunci
Baca Juga
10 Manfaat Instagram Untungkan Bisnis Anda
Salah satu platform media sosial yang paling populer adalah Instagram, membangun awareness disana adalah salah satu manfaat instagram yang paling
Baca Juga
Endorse: Bentuk Promosi dengan Mempengaruhi Orang Lain
Bagi sejumlah orang, endorse adalah sumber penghasilan yang cukup menjanjikan. Bahkan, ada juga orang yang menjadikannya sebagai penghasilan utama. Lantas,
Baca Juga
Digital Marketing itu Apa? Bagaimana Strateginya?
Mungkin masih banyak orang awam yang bertanya-tanya terkait digital marketing itu apa. Di era yang sudah serba digital saat ini,
Baca Juga
Email Marketing Adalah: Jenis, dan Tips Optimasinya
Apa itu email marketing? Yakni sebuah cara promosi yang dilakukan sebuah bisnis dengan memanfaatkan platform email seperti namanya. Secara garis
Baca Juga
Mengenal Social Media Marketing: Jenis, Contoh, dan Strateginya
Social media marketing adalah teknik pemasaran melalui media sosial merupakan salah satu cara terbaik untuk membangun brand awareness, meningkatkan penjualan,
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Aer Space - Jl. Karang Tinggal No.41B, Cipedes, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu