Logo Bee Web

8 Contoh Iklan Komersial Berdasarkan Medianya

Contoh iklan komersial tidak hanya di media cetak, tetapi juga di media elektronik dan digital. Ingin tahu ada apa saja? Klik disini
Penulis: Lutfatul Malihah
Dipublish Tgl: Friday, 14 April 2023

Contoh iklan komersial merupakan hal yang tidak asing bagi kita semua. Iklan ini seringkali muncul di berbagai media, baik cetak, elektronik, maupun digital. Tujuan dari iklan komersial sendiri adalah untuk mempromosikan produk atau jasa yang ditawarkan agar lebih dikenal oleh masyarakat luas.

Dalam artikel ini, akan dibahas beberapa contoh iklan komersial yang sukses menarik perhatian konsumen dan membantu meningkatkan penjualan produk atau jasa yang ditawarkan. Mari kita simak bersama!

Pengertian Iklan Komersial

Fungsi Iklan Bagi Bisnis

Apa itu Iklan Komersial? Adalah Jenis Iklan Berbayar Utuk Meningkatkan Penjualan (Credit: Freepik.com)

Iklan komersial adalah sebuah pesan promosi yang dibuat untuk mempromosikan produk atau jasa dengan tujuan untuk meningkatkan penjualan atau pemasaran.

Dalam iklan komersial, pesan yang disampaikan biasanya berfokus pada kelebihan dan manfaat produk atau jasa yang ditawarkan, sehingga dapat menarik minat konsumen untuk membeli atau menggunakan produk atau jasa tersebut.

Baca Juga: Apa Fungsi Iklan Bagi Bisnis? Ini Penjelasannya

Contoh Iklan Komersial di Berbagai Media

Iklan komersial adalah bagian penting dari strategi pemasaran sebuah produk atau jasa. Iklan bisa disiarkan melalui berbagai media, mulai dari media cetak, elektronik, hingga media sosial.

Setiap media memiliki kelebihan dan kelemahan masing-masing dalam menyampaikan pesan promosi kepada target pasar.

Pada poin ini, kita akan memahami contoh gambar iklan komersial di tiga jenis media yang umum digunakan, yaitu media cetak, media elektronik dan media digital:

1. Iklan Media Cetak

Iklan Baliho Digital (1)

Contoh Iklan Komersial Pada Baliho (Credit: Donabisnis.com)

Beberapa jenis media cetak yang sering digunakan dalam promosi antara lain surat kabar, majalah, dan reklame. Setiap jenis media ini memiliki ciri khas dan kelebihan yang berbeda dalam menjangkau target pasar dan memperkenalkan produk atau jasa kepada masyarakat.

Mari kita bahas lebih detail mengenai contoh iklan komersial di masing-masing media cetak.

a. Iklan Surat Kabar

Surat kabar masih menjadi salah satu media cetak yang banyak dibaca dan diminati oleh masyarakat. Iklan komersial pada surat kabar biasanya ditempatkan pada halaman yang ramai dibaca, seperti halaman depan atau halaman belakang.

Keuntungan dari iklan di surat kabar adalah dapat menjangkau target pasar yang spesifik sesuai dengan jenis surat kabar yang dipilih, serta memberikan kepercayaan dan citra yang baik bagi produk atau jasa yang dipromosikan.

b. Majalah

Majalah juga menjadi media cetak yang populer dalam memasarkan produk atau jasa. Iklan pada majalah biasanya berbentuk full-page, half-page, atau quarter-page.

Keuntungan dari iklan di majalah adalah dapat menjangkau target pasar yang khusus, seperti pecinta fashion, hobi, atau olahraga. Selain itu, iklan di majalah juga memberikan keleluasaan untuk menampilkan gambar dan informasi yang lebih detail dan menarik.

c. Reklame

Reklame adalah media cetak yang berbentuk spanduk atau banner yang ditempatkan di tempat-tempat strategis seperti jalan raya, gedung perkantoran, atau pusat perbelanjaan.

Keuntungan dari iklan di reklame adalah dapat menjangkau target pasar yang luas dan memberikan kesan yang langsung dan mudah diingat bagi konsumen. Reklame juga memungkinkan pengiklan untuk menampilkan pesan yang singkat namun efektif.

Baca Juga: Pengertian dan Jenis Reklame yang Ada di Tempat Umum

2. Iklan Media Elektronik

Contoh Iklan Sprite

Contoh Iklan Elektronik di Media Televisi (Credit: gonel.id)

Media elektronik menjadi salah satu pilihan utama dalam promosi produk atau jasa karena dapat menjangkau target pasar dengan lebih efektif.

Dua jenis media elektronik yang sering digunakan dalam promosi adalah iklan televisi dan iklan radio.

a. Iklan Televisi

Pertama ada iklan televisi adalah iklan yang disiarkan melalui televisi dengan durasi yang bervariasi. Iklan televisi memiliki keunggulan dalam menampilkan pesan yang visual dan audio secara bersamaan, sehingga dapat menarik perhatian konsumen dengan lebih efektif.

Selain itu, iklan televisi juga dapat menjangkau target pasar dengan luas, terutama jika ditayangkan pada program yang populer dan ditonton oleh banyak orang.

Namun, biaya produksi dan penayangan iklan televisi biasanya cukup mahal dan hanya dapat dijangkau oleh perusahaan besar dengan anggaran promosi yang besar pula.

b. Iklan Radio

Jenis iklan radio adalah iklan yang disiarkan melalui radio dengan durasi yang lebih singkat dibandingkan iklan televisi. Iklan radio biasanya lebih fokus pada pesan audio dan mengandalkan penggunaan kata-kata yang tepat dan suara yang menarik untuk menarik perhatian pendengar.

Keuntungan dari iklan radio adalah biaya produksi dan penayangan yang lebih terjangkau dibandingkan iklan televisi. Selain itu, iklan radio juga dapat menjangkau target pasar dengan efektif, terutama bagi produk atau jasa yang ingin ditawarkan pada kelompok tertentu dengan kebiasaan mendengarkan radio.

3. Media Digital

Contoh Iklan Media Digital Youtube (Credit: Bee.id)

Dalam era digital seperti sekarang ini, media digital menjadi salah satu pilihan yang efektif dalam promosi produk atau jasa. Beberapa contoh media digital yang sering digunakan dalam promosi antara lain video game, situs web, dan media sosial.

a. Video Game

Video game adalah salah satu jenis media digital yang populer di kalangan anak muda dan dewasa.

Dalam promosi, video game dapat dimanfaatkan untuk menampilkan iklan pada saat loading game atau pada area tertentu di dalam game. Iklan dalam video game dapat menjangkau target pasar yang lebih spesifik dan lebih aktif, terutama bagi produk atau jasa yang ingin ditawarkan pada kelompok yang tertarik dengan jenis game tertentu.

b. Situs Web

Berikutnya ada situs web adalah media digital yang digunakan untuk memperkenalkan produk atau jasa kepada masyarakat secara online. Situs web perusahaan dapat dilengkapi dengan informasi tentang produk atau jasa, testimoni dari pelanggan, serta fitur untuk melakukan transaksi online.

Selain itu, situs web juga dapat dimanfaatkan untuk memasang iklan banner atau pop-up, yang dapat menarik perhatian pengunjung dan meningkatkan peluang transaksi penjualan.

c. Media Sosial

Media sosial seperti Facebook, Instagram, dan Twitter, juga menjadi salah satu pilihan yang efektif dalam promosi produk atau jasa. Dalam media sosial, perusahaan dapat memperkenalkan produk atau jasa melalui postingan atau iklan berbayar yang ditargetkan pada kelompok tertentu.

Selain itu, media sosial juga dapat dimanfaatkan untuk berinteraksi dengan pelanggan, meningkatkan keterlibatan konsumen, dan memperkuat citra merek perusahaan.

Ciri-Ciri Iklan Komersial

Setelah melihat contoh-contoh iklan komersial, selanjutnya kita membahas ciri-cirinya agar Anda lebih mudah memahami.

Iklan komersial memiliki ciri-ciri khusus yang membedakannya dengan jenis komunikasi lainnya. Berikut adalah beberapa ciri-ciri iklan komersial:

1. Komunikasi Berbayar

Iklan komersial dibuat dengan tujuan untuk mempromosikan produk atau jasa dan biasanya dibuat oleh perusahaan atau organisasi yang memilikinya.

Oleh karena itu, iklan ini biasanya ditempatkan di media berbayar, seperti televisi, radio, surat kabar, majalah, atau media digital, yang memerlukan biaya untuk menempatkannya.

2. Tidak Berbentuk Komunikasi Personal

Iklan komersial biasanya disebarkan melalui media massa dan tidak bersifat personal seperti komunikasi satu lawan satu.

Sebagai contoh, iklan televisi dapat dilihat oleh jutaan orang pada saat yang sama, sementara iklan surat kabar atau majalah dapat dibaca oleh banyak orang secara bersamaan.

3. Memiliki Sifat Persuasif

Salah satu tujuan utama dari iklan komersial adalah untuk mempengaruhi keputusan konsumen dalam membeli produk atau jasa yang ditawarkan.

Oleh karena itu, iklan komersial cenderung memiliki sifat persuasif, yang ditunjukkan melalui pesan atau narasi yang menekankan manfaat atau keunggulan produk atau jasa yang ditawarkan.

4. Ditujukan untuk Audiens Target

Iklan komersial biasanya ditujukan untuk audiens target, yaitu kelompok konsumen yang dianggap paling cocok untuk membeli produk atau jasa yang ditawarkan. Dengan demikian, iklan ini cenderung menampilkan gambar, pesan, atau narasi yang disesuaikan dengan profil dan kebutuhan audiens target.

Setiap usaha atau bisnis yang ingin menjalankan iklan komersial harus memperhatikan dan memperhitungkan anggaran biaya yang dikeluarkan. Sebab, jika ingin mengadakan iklan yang baik dengan hasil yang optimal pebisnis perlu mengeluarkan biaya.

Pantau Anggaran Real Time Pakai Beecloud

Untuk mempermudah Anda dalam menghitung anggaran biaya bisnis dan analisisnya Anda bisa menggunakan software akuntansi online Beecloud, dengan laporan keuangan yang akurat dijamin akan membantu Anda dalam merancang anggaran bisnis dengan lebih cepat dan efisien. Bisnis jadi lebih mudah dan menguntungkan.

Artikel Terbaru

Artikel Populer

Tips Bisnis

Coba Gratis

Follow Social Media Bee

5 Cara Promosi Produk yang Mudah dan Murah
Promosi produk merupakan strategi penting dalam bisnis untuk meningkatkan penjualan dan meningkatkan brand awareness. Dalam era digital seperti saat ini,
Baca Juga
Ini Dia Definisi Marketing, Strategi, hingga Teknik Lengkapnya
Kata marketing merupakan hal yang sudah tidak asing pada masa kini. Upaya yang juga kerap disebut sebagai pemasaran ini adalah
Baca Juga
Contoh Laporan Neraca dan Cara Membuatnya
Neraca dalam akuntansi merupakan salah satu laporan keuangan yang berperan penting dalam analisa keuangan sebuah bisnis, dengan menggambarkan aset, kewajiban,
Baca Juga
Apa itu Telemarketing? Tugas dan Strateginya dalam Pemasaran
Telemarketing adalah sebuah strategi pemasaran yang telah lama ada, dan terus mengalami evolusi yang signifikan seiring dengan kemajuan teknologi komunikasi.
Baca Juga
Tutorial Mudah Cara Pengisian Aplikasi e-SPT PPh 21
Aplikasi e-SPT PPh 21 diciptakan Direktorat Jenderal Pajak (DJP) untuk memudahkan pembuatan dan pelaporan SPT PPh 21. Sebelum era e-SPT,
Baca Juga
Mengenal Integrated Marketing Communication (IMC)
Integrated Marketing Communication (IMC) adalah sebuah pendekatan pemasaran yang mengintegrasikan berbagai elemen komunikasi pemasaran untuk mencapai tujuan bisnis tertentu. IMC
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Ruang 59 - Jl. Surya Sumantri No.59, Sukawarna, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu