Logo Bee Web

15 Fakta Unik Bisnis Kopi Starbucks yang Tidak Banyak Orang Tahu

Mau punya bisnis kopi ala starbucks? Coba cek fakta menariknya pada artikel ini siapa tahu bisa jadi inspirasi untuk pengembangan bisnis Anda
Penulis: Lutfatul Malihah
Kategori:
Dipublish Tgl: Wednesday, 25 October 2023

Anda pasti familiar dengan kedai kopi terkenal bernama Starbucks. Mulai beroperasi pada tahun 1971, bisnis ini telah menjadi destinasi ngopi yang sangat populer di seluruh dunia.

Starbucks memiliki sejarah panjang yang menarik dalam perjalanannya menjadi tempat favorit banyak orang. Di balik popularitasnya, terdapat beberapa fakta menarik yang mungkin belum banyak diketahui orang.

Fakta Menarik Kopi Starbucks

Tips Sukses Membangun Bisnis Kedai Kopi Seperti Starbucks

Ilustrasi foto produk kopi (Credit: Freepik.com)

Berikut beberapa fakta menarik bisnis kopi starbucks yang jarang diketahui

1. Dirintis oleh Mahasiswa Drop Out

Starbucks tidak lahir dari tangan seorang ahli waris bisnis kopi. Sebaliknya, Gordon Bowker, seorang mahasiswa yang tidak menyelesaikan kuliah di Seattle, bersama dengan rekannya Jerry Baldwin dan Zev Siegl, adalah otak di balik Kopi Starbucks.

Mereka, yang memiliki obsesi bersama terhadap kopi, awalnya bermaksud menjual biji kopi, teh, rempah-rempah, mesin, dan aksesori kopi. Pada 1980-an, seorang salesman muda bernama Howard Schultz membeli Starbucks, membuka pintu bagi evolusi besar menuju kedai kopi yang kita kenal saat ini.

2. Terinspirasi dari Karakter Fiksi

Nama "Starbucks" sendiri berasal dari salah satu karakter dalam novel klasik "Moby Dick" karya Herman Melville. Dalam buku itu, Starbucks adalah nama kapten kapal, menjadi alternatif setelah Bowker hampir saja memilih nama Pequod.

3. Memiliki Logo Kontroversial

Logo Starbucks yang ikonik, berbentuk putri duyung, awalnya lebih kontroversial. Figur putri duyung dalam logo tersebut awalnya tampil telanjang, mencerminkan godaan kopi yang mereka tawarkan.

Namun, logo tersebut mengalami perubahan pada tahun 1992 menjadi lebih tertutup karena menuai kontroversi. Meskipun demikian, logo aslinya masih dipertahankan di lokasi asli di Pike Place, Seattle, Amerika Serikat.

4. Miliki Menu Minuman Termahal

Sebuah rekor harga tercipta ketika seseorang memesan Pumpkin Spice Latte di Starbucks dengan 101 shot espresso, dengan harga mencapai sekitar Rp1,3 juta atau sekitar US$93,5.

5. Kenny G. dan Frappuccino jadi Investor Pertama

Kenny G., bukan hanya seorang musisi terkenal dengan saksofonnya, tapi juga seorang investor awal di bisnis Kopi Starbucks. Ia bahkan diakui sebagai pencetus ide di balik menu terkenal Kopi Starbucks, Frappuccino. Ia memberikan saran untuk menambahkan minuman blended ala Coffee Bean & Tea Leaf ke dalam menu Starbucks, sukses hingga saat ini.

6. Miliki Kedai Rahasia di CIA

Mungkin terdengar misterius, namun Starbucks ternyata memiliki kedai kopi rahasia di dalam kantor Badan Intelijen Pusat Amerika Serikat (CIA). Barista di Kopi Starbucks CIA harus melewati pemeriksaan ketat, dan dilarang memanggil nama pelanggan demi keamanan.

7. Larangan Penggunaan Parfum untuk Baristanya

Barista di Starbucks memiliki aturan yang unik, yaitu dilarang menggunakan parfum. Hal ini karena biji kopi dapat menyerap aroma, dan adanya aroma lain seperti parfum dapat mempengaruhi kualitas kopi.

8. Meja Bundar Khas Starbuck

Apakah Anda pernah memperhatikan bahwa Starbucks selalu menggunakan meja bundar? Ini bukan kebetulan. Meja bundar tidak memiliki sudut, menciptakan suasana yang ramah dan akrab, terutama untuk pengunjung yang datang sendirian.

9. And the Grammy goes to... Starbucks!

Pada tahun 2004, Kopi Starbucks bekerja sama dengan Concord Records untuk memproduksi, memasarkan, dan mendistribusikan album kolaborasi dengan Ray Charles yang luar biasa, "Genius Loves Company."

Waktu itu, album kolaborasi belum begitu umum, dan Charles berduet dengan artis-artis legendaris seperti Norah Jones, Diana Krall, James Taylor, Elton John, Willie Nelson, dan Bonnie Raitt.

Album ini berhasil meraih delapan penghargaan Grammy®, termasuk Album of the Year dan Record of the Year, serta mendapatkan sertifikasi multi-platinum dengan penjualan lebih dari 5 juta kopi di seluruh dunia.

Baca Juga: Aplikasi Kasir Bikin Kelola Kedai Kopi Semakin Mudah

10. Memiliki Kebun Kopi Sendiri

Bisnis Kopi Starbucks

Bisnis Starbucks miliki kebun kopi sendiri (Credit: Freepik.com)

Iya, Starbucks memiliki kebun kopi, dan Anda bisa mengunjunginya secara virtual! Hacienda Alsacia, dibeli pada tahun 2013, adalah kebun kopi seluas 240 hektar di Costa Rica yang berfungsi sebagai kebun kopi produktif dan fasilitas Penelitian dan Pengembangan global.

Kopi asal Costa Rica telah menjadi bagian dari penawaran utama Starbucks sejak pertama kali dibuka pada tahun 1971. Pada tahun 2018, Starbucks menjual kopi kemasan edisi terbatas dari Hacienda Alsacia kepada pelanggan di seluruh dunia.

Mereka juga meluncurkan pengalaman virtual baru yang mengundang mitra dan pelanggan untuk menjelajahi Hacienda Alsacia. Untuk mengakses pengalaman virtual ini, kunjungi coffee experiences.starbucks.com.

11. Ada Rahasia di Balik Seragam Para Mitra Starbucks

Di lebih dari 80 pasar di seluruh dunia, seragam hijau adalah simbol Starbucks. Ini menandakan sambutan hangat dan keahlian dalam seni kopi dari lebih dari 400,000 barista yang dengan bangga mengenakannya setiap hari.

Tapi tahukah Anda ada banyak jenis seragam Starbucks? Berikut adalah beberapa seragam yang mungkin dikenakan oleh barista Anda di toko:

  • Seragam dengan Bordir Bendera Amerika: Bordir ini merayakan veteran dan pasangan militer.
  • Seragam dengan Bordir Mortarboard: Lulusan dari Starbucks College Achievement Plan menerima seragam ini.
  • Seragam Hijau dengan ASL Fingerspelling: Untuk mitra di Toko Isyarat di Washington, D.C. yang mengidentifikasi diri sebagai individu Tuli dan ASL sebagai bentuk komunikasi utama, seragam ini menjadi sumber kebanggaan dan petunjuk berguna bagi pelanggan tentang komunikasi dan koneksi. Secara global, Starbucks mengoperasikan 10 toko isyarat di pasar seperti Malaysia, AS, Cina, dan Jepang.
  • Seragam Hitam: Penandaan khusus untuk mitra yang telah bersertifikasi untuk pengetahuan kopi mereka, dikenal di beberapa pasar sebagai Coffee Masters.
  • Seragam Merah: Untuk menyebarkan keceriaan liburan, mitra mengenakan seragam merah saat musim liburan tiba.
  • Seragam Starbucks Reserve dan Roastery: Seragam kanvas berwarna tan dengan tali kulit ini diperuntukkan bagi mitra Reserve dan Roastery, diciptakan untuk bertahan selama bertahun-tahun yang diperlukan untuk seni pemanggangan.

12. Latte Pertama Starbucks Diperkenalkan 13 Tahun Setelah Dibuka pada Tahun 1971

Saat pertama kali membuka pintunya, Kopi Starbucks tidak menawarkan kopi tubruk yang sekarang sangat dicintai, meskipun diberikan sebagai sampel.

Toko tersebut menjual biji kopi utuh dalam jumlah besar, teh, dan rempah-rempah serta berbagai mesin pembuat kopi, penggiling kopi, dan teko teh. Semuanya berubah pada tahun 1983 ketika Howard Schultz berjalan-jalan di Milan untuk pertama kalinya dan meresapi budaya kafe Italia.

"Italia telah menciptakan teater, roman, seni, dan sihir dari mengalami espresso," kata Schultz. "Saya sangat yakin bahwa inilah yang seharusnya kita lakukan." Tahun berikutnya, Schultz berhasil meyakinkan para pendiri untuk menguji konsep kedai kopi di pusat kota Seattle, di mana Starbucks Caffè Latte pertama kali disajikan.

13. Berasal dari Kesalahan

Sebuah kesalahan beruntung terjadi ketika Starbucks meluncurkan minuman kopi berkarbonasi bernama Mazagran pada tahun 1994. Pelanggan terbagi antara menyukai dan tidak menyukainya.

Namun, Mazagran tetap menjadi bagian penting dari sejarah Kopi Starbucks, karena meluncurkan North American Coffee Partnership dengan PepsiCo, dan ekstrak kopi tersebut menemukan rumah baru pada tahun 1996 dengan inovatifnya Frappuccino dalam botol.

14. Berinvestasi ke Komunitas

Untuk memberikan peluang ekonomi di komunitas yang kurang dilayani dan pedesaan di seluruh dunia, bisnis ini menciptakan Program Toko Komunitas.

Toko-toko ini fokus pada perekrutan dari komunitas setempat, bermitra dengan organisasi nirlaba, bekerja sama dengan seniman lokal, dan berfungsi sebagai ruang untuk acara dan program komunitas.

Mereka telah berinvestasi di 19 Toko Komunitas, dengan peresmian toko terbaru di Carbondale, Illinois, dan Tampa, Florida. Perusahaan berencana membuka 100 Toko Komunitas pada tahun 2025.

15. Starbucks Reserve Roastery Chicago jadi yang Terbesar di Dunia

Di sini, semua kopi yang disajikan di toko disangrai segar di tempat (mesin pemanggang kopi adalah hal pertama yang dilihat pengunjung saat masuk ke Roastery Chicago).

Roastery Chicago memiliki lima lantai dan toko seluas 35,000 kaki persegi yang merayakan warisan Starbucks dalam pemanggangan kopi dan seni kopi. Sejak tahun 1971, Kopi Starbucks telah terobsesi dengan seni memanggang dan bangga memamerkan keahlian ini di enam Roastery di seluruh dunia.

Master Roasters Starbucks menyesuaikan panggangan unik untuk setiap lot kopi untuk membuka rasa dan nuansa maksimal. Lokasi Chicago juga memiliki toko roti Italia, bar koktail, lift melengkung, dan tabung baja setinggi 56 kaki (tertinggi perusahaan), sebuah campuran bentuk dan fungsi, tempat biji kopi beristirahat dan mengeluarkan gas setelah dipanggang.

Baca Juga: Tips Sukses Membangun Bisnis Kedai Kopi ala Starbucks

Mau Punya Kedai Kopi ala Starbucks? ini Langkah Awalnya

Langkah awal yang bisa dilakukan untuk menjadikan bisnis seperti Starbucks adalah dengan memberikan layanan cepat kepada pelanggan. Untuk menunjang semua itu, Anda bisa menggunakan software kasir online Beepos, yang menawarkan fitur kasir unggulan terintegrasi dengan akuntansi.

Dengan menggunakan Beepos, Anda dapat dengan mudah mengelola transaksi penjualan, melacak inventaris, dan menghasilkan laporan penjualan yang akurat. Ini akan membantu Anda memastikan bahwa proses pembayaran dan pelayanan pelanggan berjalan dengan lancar.

Sehingga Anda bisa memberikan pengalaman yang memuaskan kepada pelanggan Anda, seperti yang dilakukan oleh Starbucks. Selain itu, dengan fitur akuntansi yang terintegrasi, Anda juga dapat mengelola keuangan bisnis Anda dengan lebih efisien dan transparan, sehingga Anda dapat fokus pada pengembangan bisnis Anda menjadi lebih besar seperti Starbucks. Cek banner di bawah untuk infomasi lengkap lainnya.

Beepos Software Kasir Online Integrasi Akunting

Syarat Lamaran Kerja dan 12 Berkas Lamaran Umum Dibutuhkan
Mendapatkan pekerjaan adalah impian setiap orang, dan untuk dapat diterima bekerja seseorang perlu memenuhi syarat lamaran kerja yang diberikan perusahaan
Baca Juga
Cari Ide Jualan Makanan Kekinian di 2023?
Anda sedang tertarik untuk cari ide jualan makanan kekinian di 2023, tetapi Anda tidak tahu makanan apa yang menarik untuk
Baca Juga
7 Tips Sukses Bisnis Minuman Kemasan
Minuman kemasan telah menjadi bagian tak terpisahkan dari gaya hidup modern. Kemudahan dan mobilitas yang ditawarkannya membuat minuman kemasan menjadi
Baca Juga
5 Rahasia Sukses Bisnis ala Warung Madura
Siapa saat ini yang tidak tahu apa itu warung Madura, toko kelontong yang dimiliki dan dikelola oleh orang Madura yang
Baca Juga
Bagaimana Strategi Bisnis UKM Survive Saat "LockDown"?
Sejak 2020, berita duka datang untuk seluruh dunia. Virus tersebar, bumi pun istirahat. Seluruh tempat di lockdown Semenjak adanya sebuah
Baca Juga
Tak Cuma Hobi, Ini Peluang Usaha Penggemar Drakor & KPOP
Peluang Usaha Penggemar Drakor  - Efek dari hallyu Korea Selatan memang luar biasa, mulai dari film, musik, fashion, sampai makanan
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Ruang 59 - Jl. Surya Sumantri No.59, Sukawarna, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu