🌙 Ketupat Lebaran Disc. upto 20%, Pebisnis Ritel Merapat!
00
Hari
:
00
Jam
:
00
Menit
:
00
Detik
Logo Bee Web

9 Tips Sukses Buka Usaha Digital Printing untuk Pemula

Mau buka usaha digital printing tapi tidak tahu mulainya dari mana? Coba cek artikel di bawah ini untuk tahu apa saja yang harus dilakukan!
Penulis: Rizal Arisona
Kategori:
Dipublish Tgl: Monday, 2 September 2019

Untuk memulai atau bertahan hidup dalam lanskap digital yang berkembang pesat saat ini, kita yang berada di industri usaha digital printing perlu beradaptasi dan itu harus dilakukan dengan CEPAT.

Dalam lima tahun terakhir, menurut perusahaan riset industri terkemuka IBISWorld, seperti dilansir dari mailingsystemstechnology.com, pasar percetakan digital memiliki data sebagai berikut:

  • Pendapatan industri percetakan menurun rata-rata 2,1% per tahun
  • Perusahaan percetakan telah menghilang setiap tahun sebesar 3,2%
  • Jumlah orang yang dipekerjakan oleh perusahaan percetakan telah menurun 4,2% per tahun

IBISWorld memperkirakan industri ini akan terus menurun - meskipun lambat - untuk lima tahun ke depan. Bagaimana cara mengatasinya? Kenali pengertian dan tips suksesnya berikut ini:

Apa itu Usaha Digital Printing?

Apa itu Usaha Digital Printing

Apa itu Usaha Digital Printing (Credit: Freepik.com)

Digital printing adalah layanan percetakan digital sangat populer di kalangan pelajar, individu, dan bisnis di seluruh dunia. Hal ini seiring dengan meningkatnya permintaan untuk percetakan digital serta penurunan percetakan offset tradisional.

Foto, PDF, dokumen dan ilustrasi Microsoft Office Word sekarang dapat dicetak pada kain, stok kartu, kanvas, kertas foto dan bahan lainnya. Proses pencetakan digital menggunakan tinta cair atau toner dan memiliki kemampuan data variabel.

Hal ini membuatnya jadi ideal khususnya bagi pelanggan yang membutuhkan produk yang dipersonalisasi, seperti materi promo khusus. Dengan usaha printer digital, Anda dapat mencetak nama, alamat, dan kode kupon unik pada materi yang Anda gunakan.

Baca Juga: 9 Contoh Promosi Produk Lengkap dengan Tips Penerapannya

9 Tips Buka Usaha Digital Printing di Era Digital

Berikut beberapa tips yang bisa dilakukan dalam membuka usaha digital marketing di era digital:

1. Pelajari Teknologi Digital Printing

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah memahami teknologi digital printing adalah kunci utama. Kenali perangkat lunak dan perangkat keras yang digunakan dalam proses cetak digital, serta pemeliharaannya. Pastikan Anda memahami cara mengoperasikan mesin cetak digital dan peralatan terkait.

2. Pilih Peralatan dan Perangkat Lunak yang Tepat

Pilih mesin cetak digital yang sesuai dengan kebutuhan usaha Anda. Pastikan memiliki perangkat lunak desain yang handal untuk memproses pesanan pelanggan. Mesin yang baik dan perangkat lunak desain yang canggih akan membantu meningkatkan kualitas hasil cetak.

3. Identifikasi Target Pasar

Tentukan target pasar Anda. Apakah Anda akan melayani bisnis lokal, konsumen individu, atau sektor industri tertentu? Mengetahui siapa target pasar Anda akan membantu Anda mengarahkan strategi pemasaran dan penjualan dengan lebih efektif.

4. Harga dengan Bijak

Riset pasar dan tetapkan harga yang kompetitif. Jangan terlalu murah atau terlalu mahal. Pertimbangkan biaya produksi, biaya overhead, serta harga yang bersaing di pasar. Anda juga bisa memberikan diskon atau paket khusus untuk menarik pelanggan baru.

5. Berikan Layanan Pelanggan yang Baik

Pelayanan pelanggan yang baik dapat menjadi kunci kesuksesan bisnis Anda. Tanggapi pertanyaan dan permintaan pelanggan dengan cepat, dan pastikan bahwa hasil cetak memenuhi atau bahkan melebihi ekspektasi mereka. Pelanggan yang puas cenderung kembali dan memberikan referensi positif.

6. Lakukan Promosi Online

Memanfaatkan kekuatan pemasaran online. Bangun situs web profesional untuk bisnis Anda, dan aktif di media sosial. Gunakan platform online untuk memperluas jangkauan Anda dan menarik pelanggan baru. Anda juga dapat menggunakan iklan online untuk meningkatkan visibilitas bisnis.

Baca Juga: 11 Strategi Digital Marketing Untuk Brand Awareness

7. Inovasi dan Diversifikasi

Teruslah berinovasi dan diversifikasi layanan Anda. Selain mencetak dokumen biasa, pertimbangkan untuk menawarkan produk-produk kreatif seperti merchandise, cetakan kanvas, atau produk khusus lainnya. Hal ini dapat membantu Anda membedakan diri dari pesaing.

8. Pertahankan Kualitas

Tips penting berikutnya adalah menjaga kualitas produk, dimana kualitas hasil cetak adalah salah satu faktor kunci yang akan menentukan reputasi bisnis Anda.

Pastikan mesin cetak selalu dalam kondisi baik, gunakan bahan baku yang berkualitas, dan perhatikan detail desain. Jaga konsistensi kualitas agar pelanggan merasa puas dan percaya untuk kembali menggunakan jasa Anda.

9. Kelola Keuangan dengan Baik

Terakhir adalah miliki manajemen keuangan yang baik sangat penting untuk kelangsungan hidup bisnis Anda. Buatlah anggaran yang jelas, catat semua pengeluaran dan pemasukan dengan akurat, dan pastikan untuk membayar semua tagihan tepat waktu.

Pelajari cara menghitung biaya produksi dan tetapkan harga jual yang mencakup semua biaya operasional serta memberikan keuntungan yang wajar. Anda bisa menggunakan software akuntansi online Beecloud untuk meningkatkan kualitas manajemen keuangan bisnis Anda!

Beecloud Bisa Kelola Manajemen Bisnis Tidak Asal Asalan Berdasarkan Laporan Keuangan

Selain itu, jangan lupa untuk mematuhi aturan dan regulasi terkait bisnis digital printing di wilayah tempat Anda beroperasi. Dengan perencanaan yang baik dan komitmen untuk memberikan layanan berkualitas, usaha digital printing Anda memiliki peluang besar untuk berkembang.

9 Ide Bisnis Menjanjikan di Era Digital 2023
Di era digital seperti saat ini, jika Anda ingin memiliki bisnis menjanjikan yang sukses, Anda harus melakukannya berbasis digital juga.
Baca Juga
Tak Cuma Hobi, Ini Peluang Usaha Penggemar Drakor & KPOP
Peluang Usaha Penggemar Drakor  - Efek dari hallyu Korea Selatan memang luar biasa, mulai dari film, musik, fashion, sampai makanan
Baca Juga
9 Rekomendasi Aplikasi Pembukuan Keuangan Usaha 2023
Bisnis mulai besar pencatatan keuangan semakin berantakan, sudah saatnya Anda upgrade dengan menggunakan bantuan aplikasi pembukuan usaha untuk manajemen keuangan
Baca Juga
Tahukah Anda Ciri-Ciri Pasar Monopoli? Ini Pembahasannya!
Informasi terkait ciri-ciri pasar monopoli memberikan gambaran tentang salahsatu sistem jual beli. Anda bakal mengetahui bahwa berbicara pasar dari sisi
Baca Juga
Cari Ide Jualan Makanan Kekinian di 2023?
Anda sedang tertarik untuk cari ide jualan makanan kekinian di 2023, tetapi Anda tidak tahu makanan apa yang menarik untuk
Baca Juga
Profesi Aktuaris Adalah, Kualifikasi Hingga Tantangannya
Di dunia keuangan, ada satu profesi yang memiliki peran penting dalam melindungi perusahaan dari risiko keuangan dan membantu perusahaan membuat
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Aer Space - Jl. Karang Tinggal No.41B, Cipedes, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu