🎉 Promo Khusus Pengguna Beeaccounting, Disc. upto se-Juta
00
Hari
:
00
Jam
:
00
Menit
:
00
Detik
Logo Bee Web

4 Aplikasi untuk Meningkatkan Produktivitas Work From Home

Salah satu cara mencegah virus corona adalah dengan wfh atau work from home. Berikut ini 4 aplikasi untuk Produktivitas Work From Home.
Penulis: Farhan Anggara
Dipublish Tgl: Sunday, 10 May 2020

Seperti yang sudah kita ketahui, dunia saat ini tengah mewabah sebuah virus yang begitu cepat menularnya. Berbagai negara sudah mengambil tindakan dalam mencegah penularan virus covid-19. Pencegahan ini diharapkan dapat memutus rantai penularan virus corona. Salah satu tindakan pencegahan oleh pemerintah agar semua orang tidak terkena virus corona adalah dengan #dirumahaja. Alhasil semua kegiatan harus dilakukan di rumah termasuk work from home.

Beberapa perusahaan sudah memberikan intruksi agar karyawannya kerja dari rumah. Sebenarnya hal ini menjadi sebuah tantangan tersendiri bagi setiap usaha. Karena seperti yang kita ketahui bahwa dalam bisnis tertentu, untuk melakukan dalam jarak jauh bisa dikatakan tidak efisien.

Baca Juga: Bagaimana Strategi Bisnis UKM Survive Saat “LockDown”?

Kebijakan Pemerintah untuk Work From Home

Semenjak Indonesia mulai terkena dampak virus corona, pemerintah mengambil keputusan untuk menyuruh masyarakat melakukan segala kegiatan di rumah saja. Sama seperti halnya kegiatan perkantoran, pemerintah menganjurkan untuk work from home.

Bekerja dari rumah atau work from home yang sedang dilaksanakan untuk saat ini merupakan tindak lanjut atas imbauan Presiden Joko Widodo pada konferensi pers di Istana Bogor.

Presiden mengimbau agar bisa meminimalisasi penyebaran virus corona, masyarakat diminta untuk bekerja, belajar, dan beribadah dari rumah, dengan tujuan salah satunya menciptakan sistem bekerja dari rumah untuk sementara sampai pandemi virus ini berakhir.

Apa itu Work From Home?

work from home

ilustrasi kerja dari rumah (Sumber: Freepik.com)

Work from home atau yang biasa disebut WFH memiliki arti bekerja dari rumah. Sistem kerja dari rumah memang bisa dikatakan memiliki fleksibilitas yang tinggi. Hal ini bertujuan untuk mendukung keseimbangan karyawan antara pekerjaan dan kehidupan.

Tapi untuk saat ini wfh sedang menjadi solusi karena adanya wabah virus corona. Hal ini bertujuan untuk mengurangi risiko penularan virus corona dan keselamatan karyawan.

Kelebihan WFH

Adapun terdapat keuntungan atau kelebihan jika karyawan melakukan wfh. Diantaranya:

  1. Penghematan Biaya, kerja dari rumah dapat menghemat biaya makan dan biaya transportasi yang harus dikeluarkan. Jika biasanya berangkat ke kantor membutuhkan biaya transport, jika wfh maka tidak perlu mengeluarkan biaya.
  2. Dekat dengan Keluarga, wfh tentu sangat menguntungkan seseorang yang telah berkeluarga. Momen bersama keluarga akan didapatkan seiring berjalannya waktu. Walaupun begitu, Anda tetap harus membatasi antara pekerjaan dan keluarga Anda.

Aplikasi untuk Menunjang Produktivitas saat WFH

Tak kalah saat kerja di kantor, tentunya dalam melakukan wfh terdapat beberapa aplikasi yang siap untuk membantu Anda untuk menunjang produktivitas. Beberapa aplikasi berikut memiliki fungsi dan fitur yang berbeda, Anda bisa menggunakannya sesuai dengan keperluan Anda.

1. Aplikasi Meeting Online: Zoom

Ketika wfh jarak jauh memang memisahkan. Hal ini tidak menghalangi kerjasama tim apabila tetap menjaga suatu komunikasi. Salah satu aplikasi pilihan yang bisa Anda gunakan untuk melakukan komunikasi atau meeting yaitu aplikasi Zoom. Kelebihannya Anda bisa melakukan sharing layar sekaligus menggunakan webcam untuk melakukan meeting misalnya.

2. Aplikasi Komunikasi: Slack

Dengan aplikasi Slack, Anda dapat membuat kelompok tim sesuai perannya dan membuat ruang bicara yang berbeda untuk setiap topik. Contohnya, ruang Marketing dimana Anda berbicara dengan team tentang strategi pemasaran.

3. Aplikasi Penyimpanan Bersama: Google Drive

Ketika Anda membutuhkan suatu file yang dimiliki rekan bisnis Anda, biasanya Anda membutuhkan flashdisk. Ketika wfh, Anda akan membutuhkan aplikasi penyimpanan bersama Google Drive. Anda bisa mengupload file yang bisa diakses oleh rekan kerja Anda.

4. Aplikasi Pengelola Keuangan, Stock, Transaksi, Analisa Bisnis: Beecloud

social distance

Salah satu aplikasi canggih yang bisa Anda gunakan untuk mengelola keuangan, stok, transaksi, sampai analisa bisnis ketika wfh adalah Beecloud. Fitur yang diberikan akan sangat menguntungkan Anda. Anda bisa pantau keuangan, pantau stok sampai melakukan analisa bisnis dengan laporan keuangan yang lengkap dan realtime.

Info Lengkap: Aplikasi Work From Home Beecloud

5. Aplikasi Manajemen Kegiatan: Trello

Trello adalah aplikasi yang bisa meningkatkan efektivitas kinerja Anda. Aplikasi ini seperti catatan to-do-list tetapi dengan fitur-fitur yang lebih lengkap dan sangat nyaman digunakan untuk bekerja dari rumah.

Kesimpulan

Wfh menjadi salah satu solusi untuk mencegah penyebaran virus corona. Untuk meningkatkan produktivitas ketika wfh, Anda bisa menggunakan aplikasi-aplikasi pendukung di atas.

Artikel Terkait

13 Contoh & Cara Promosi Produk Paling Efektif Dijamin Laris
Dalam dunia bisnis, promosi merupakan salah satu kunci sukses dalam memperkenalkan produk atau jasa kepada pelanggan potensial. Tanpa promosi yang
Baca Juga
4 Aplikasi untuk Membuat Faktur Penjualan Bisnis
Salah satu teknologi yang sangat diperlukan oleh pebisnis, yaitu aplikasi untuk membuat faktur penjualan yang dapat diakses kapan saja dan
Baca Juga
Aplikasi Kasir Toko Sepatu: Bagaimana Proses Checkout Berevolusi
Kemungkinan Anda telah melewati checkout otomatis pada aplikasi kasir toko sepatu. Anda memindai setiap barang, mengantonginya, dan membayar tanpa bantuan
Baca Juga
Bangkitkan Ekonomi Sosial, UMKM di Bandara Soetta Ramai Unjuk Gigi
Bee.id - PT Angkasa Pura II bersama Pemerintah kabupaten (Pemkab) Bogor, Jawa Barat memfasilitasi puluhan usaha mikro kecil dan menengah
Baca Juga
4 Tools Aplikasi Bikin Surat Penawaran
Membuat surat penawaran bukanlah menjadi masalah bagi orang yang sudsh terbiasa membuat surat penawaran untuk menjual barang atau jasa. Namun
Baca Juga
Inspirasi Bisnis Online Modal Kecil: Menguntungkan Banget!
Saat ini, bisnis yang menguntungkan tidak selalu dikerjakan secara offline atau luring. Namun, bisnis online modal kecil juga tidak kalah
Baca Juga

Artikel Populer

Model AIDA: Pengertian, Kelebihan dan Contohnya
Apakah Anda pernah mendengar tentang konsep Marketing AIDA dalam pemasaran? Dengan menggunakan model ini, Anda dapat meningkatkan perhatian, minat, keinginan,
Baca Juga
Berbagai Contoh Proposal Bisnis Lengkap dengan Rinciannya
Proposal bisnis merupakan suatu rencana bisnis yang ditulis dalam bentuk dokumen. Pelaku bisnis perlu membuat proposal bisnis sebelum memulai suatu
Baca Juga
Contoh Matriks SWOT, Pengertian dan Strategi Penerapannya
Matriks SWOT berfungsi sebagai alat atau metode analisa peluang atau ancaman dalam bisnis, dengan analisis ini pebisnis lebih waspada dan
Baca Juga
[DOWNLOAD] Contoh Cash Flow Excel dan Template Membuatnya Gratis
Contoh cash flow excel berfungsi untuk mengonversi data-data akuntansi pada laporan laba rugi dan neraca menjadi suatu informasi mengenai pergerakan
Baca Juga
5 Format Laporan Keuangan dan Contohnya Lengkap!
Dalam dunia bisnis, laporan keuangan merupakan landasan vital yang memberikan gambaran menyeluruh tentang kesehatan finansial suatu entitas. Format laporan keuangan
Baca Juga
Jenis dan Contoh Pelayanan Prima di Berbagai Bidang Usaha
Pelayanan prima atau service excellent merupakan rangkaian tindakan yang diberikan untuk memberikan layanan kepada pelanggan secara maksimal agar mereka mendapat
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Aer Space - Jl. Karang Tinggal No.41B, Cipedes, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu