Logo Bee Web

SEO Marketing: Jenis, Fungsi dan Penerapannya dalam Bisnis

SEO marketing adalah sebuah teknik optimasi bisnis guna meningkatkan konversi marketing hingga penjualan, bagaimana prakteknua? Simak di sini
Penulis: Lutfatul Malihah
Kategori:
Dipublish Tgl: Tuesday, 1 August 2023

SEO marketing adalah sebuah teknik optimasi bisnis guna meningkatkan konversi marketing hingga penjualan. Konversi sendiri merupakan istilah dalam digital marketing yang diartikan sebagai pencapaian.

Seberapa penting SEO dalam bisnis ini? Tentu saja penting karena dengan menggunakan teknik ini bisnis akan lebih mudah tingkatkan. Bagaimana penerapannya? Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini:

Apa itu SEO Marketing

Seo Adalah

Search Engine Optimization Marketing Strategi Optimalkan Penjualan (Credit: Freepik.com)

SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization Marketing. Ini adalah strategi pemasaran digital yang berfokus pada meningkatkan peringkat dan visibilitas sebuah situs web atau halaman web di hasil pencarian mesin telusur (search engine) seperti Google, Bing, Yahoo, dan lainnya.

Tujuan utama dari SEO Marketing adalah untuk mendapatkan trafik organik atau alami ke situs web dengan memperbaiki posisi situs dalam hasil pencarian untuk kata kunci tertentu yang relevan dengan bisnis atau produk yang ditawarkan.

Dengan mengoptimalkan konten dan struktur situs web, serta menggunakan teknik-teknik tertentu, situs dapat muncul lebih tinggi dalam hasil pencarian, meningkatkan kemungkinan pengguna internet menemukan dan mengunjungi situs tersebut.

Adapun indikasi keberhasilan dalam melakukan SEO Marketing diukur dari seberapa tinggi posisi kata kunci (keyword) yang dituju. Semakin tinggi maka konversinya akan semakin meningkat.

Baca Juga: SEO Adalah Strategi Sukses Digital Marketing, Ini Penjelasannya

Fungsi SEO Marketing bagi Bisnis

Berikut adalah lima fungsi utama SEO Marketing bagi bisnis:

1. Meningkatkan Trafik Organik

Salah satu fungsi utama SEO Marketing adalah meningkatkan jumlah trafik organik ke situs web bisnis. Dengan mengoptimalkan situs web untuk kata kunci yang relevan dan populer, situs memiliki peluang lebih besar untuk muncul di hasil pencarian dan menarik pengunjung secara alami dari mesin pencari.

Trafik organik biasanya memiliki kualitas lebih tinggi karena pengunjung datang dengan minat yang sudah sesuai dengan topik yang dicari.

2. Meningkatkan Visibilitas dan Peringkat

Fungsi selanjutnya adalah meningkatkan visibilitas, dimana melalui strategi SEO ini situs web bisnis dapat muncul di peringkat lebih tinggi pada hasil pencarian mesin telusur.

Semakin tinggi peringkat situs, semakin besar kemungkinan situs ditemukan oleh calon pelanggan. Hal ini meningkatkan visibilitas bisnis secara keseluruhan dan membantu memenangkan persaingan dengan pesaing di pasar online.

3. Meningkatkan Kepercayaan dan Reputasi

Fungsi berikutnya, dari situs web yang muncul di peringkat tinggi pada hasil pencarian cenderung dianggap lebih kredibel dan terpercaya oleh pengguna.

Mengoptimalkan situs web untuk pencarian juga dapat membantu membangun reputasi yang baik bagi bisnis, karena banyak orang cenderung percaya pada situs yang muncul di halaman pertama hasil pencarian.

4. Menghasilkan Prospek dan Pelanggan

Berikutnya dengan memfokuskan SEO pada kata kunci yang relevan dengan produk atau layanan bisnis, situs web dapat menarik prospek yang berpotensi menjadi pelanggan.

Pengguna yang mencari informasi terkait produk atau layanan tertentu cenderung lebih tertarik untuk berinteraksi dengan bisnis yang menawarkan apa yang mereka cari.

5. Efektivitas Biaya dan Pengukuran Kinerja

Terakhir, dibandingkan dengan metode pemasaran tradisional, seperti iklan cetak atau iklan televisi, SEO Marketing sering dianggap lebih efektif dari segi biaya.

Selain itu, kinerja kampanye SEO dapat diukur dan dianalisis dengan menggunakan berbagai alat analitik, sehingga bisnis dapat melihat hasil dari upaya SEO mereka dan melakukan perubahan strategi jika diperlukan.

Jenis-Jenis SEO Marketing

Seo marketing adalah

SEO di Penelusuran Google (Sumber: techfor.id)

Secara garis besar SEO memiliki tujuan yang sama yakni meningkatkan penjualan, namun SEO marketing ini memiliki beberapa jenis berikut diantaranya:

1. SEO On-Page

Jenis SEO ini berfokus pada pengoptimalan elemen di dalam halaman web itu sendiri. Ini mencakup penggunaan kata kunci yang relevan dalam judul, meta deskripsi, heading, konten, dan URL.

Selain itu, SEO On-Page juga melibatkan optimalisasi struktur internal situs, penggunaan tag alt pada gambar, dan peningkatan kecepatan halaman untuk meningkatkan pengalaman pengguna.

2. SEO Off-Page

Berikutnya adalah SEO Off-Page, mencakup upaya untuk meningkatkan otoritas dan reputasi situs web dengan cara membangun tautan (backlink) dari situs web lain.

Backlink yang berasal dari situs yang berkualitas dan relevan dapat membantu meningkatkan peringkat situs di mesin pencari.

Namun, perlu diingat bahwa backlink harus alami dan berkualitas, karena tautan spam atau tidak relevan dapat merugikan peringkat situs.

3. SEO Teknis/ Technical SEO

Jenis berikutnya ini berkaitan dengan aspek teknis dari situs web yang mempengaruhi peringkat dan indeksasi oleh mesin pencari.

Ini melibatkan penyesuaian struktur URL, penggunaan file robots.txt dan sitemap.xml, optimalisasi halaman responsif untuk perangkat seluler, dan penanganan kode status server seperti 404 dan 301.

4. SEO E-commerce

Berikutnya ini khusus untuk situs web e-commerce atau toko online. Fokusnya adalah pada optimasi produk, deskripsi, dan kategori untuk meningkatkan peringkat produk dan mendapatkan lebih banyak kunjungan ke halaman produk.

5. SEO Video

Tidak hanya konten yang berupa tulisan yang membutuhkan SEO ini, untuk marketing video ternyata juga membutuhkan SEO untuk meningkatkan visibilitas video di platform video itu sendiri.

Seperti YouTube atau mesin pencari video lainnya. Ini mencakup pengoptimalan judul, deskripsi, tag, dan metadata video untuk meningkatkan peringkat dan jumlah tampilan.

Baca Juga: Mengenal Strategi Pemasaran Online dan Manfaatnya Bagi Bisnis

Jenis Keyword untuk Optimalkan Penjualan

Salah satu cara untuk mengoptimalkan SEO adalah dengan menggunakan kata kunci atau keyword, sehingga konten bisa lebih fokus dan tertarget. Setiap keyword memiliki tujuan masing-masing. Dalam hal ini dibedakan beberapa jenis, berikut diantaranya:

1. Branded Terms

Jenis pertama ada branded terms, yakni kata kunci yang mencakup merek atau nama perusahaan tertentu. Ini termasuk kata-kata yang secara langsung terkait dengan merek atau bisnis, seperti nama merek, slogan merek, atau variasi merek. Contoh dari branded terms adalah "Nike shoes," "Apple iPhone," atau "Coca-Cola."

2. Product Terms

Berikutnya product terms adalah kata kunci yang menggambarkan produk atau layanan yang ditawarkan oleh sebuah bisnis tanpa menyebutkan merek tertentu.

Kata kunci ini dapat berfokus pada fitur produk, tipe produk, atau kategori produk. Contoh dari product terms adalah "sepatu lari," "smartphone," atau "minuman ringan."

3. Competitor Terms

Selanjutnya competitor terms, yakni kata kunci yang mencakup merek atau nama perusahaan pesaing langsung.

Ini adalah strategi yang digunakan oleh bisnis untuk mencoba menarik pengguna yang mencari produk atau layanan pesaing. Contoh dari competitor terms adalah "sepatu adidas," "Samsung smartphones," atau "Pepsi."

4. Substitute Product Terms

Kemudian substitute product terms, kata kunci yang merujuk pada produk atau layanan yang dapat digunakan sebagai pengganti atau alternatif dari produk atau layanan tertentu.

Bisnis menggunakan kata kunci ini untuk menargetkan calon pelanggan yang mungkin mencari alternatif dari produk yang ditawarkan oleh pesaing. Contoh dari substitute product terms adalah "alternatif hp iPhone," "rekomendasi model sepatu Nike terbaik," dan lainnya

5. Complementary Product Terms

Complementary product terms adalah kata kunci yang berhubungan dengan produk atau layanan yang melengkapi atau cocok dengan produk atau layanan tertentu.

Pengguna yang mencari complementary product terms mungkin juga tertarik pada produk yang relevan yang ditawarkan oleh bisnis. Contoh dari complementary product terms adalah "running shoe accessories," "iPhone cases," atau "snacks for soft drinks."

6. Audience Terms

Terakhir ada audience terms, keyword yang berfokus pada kelompok target atau audiens tertentu. Kata kunci ini tidak selalu terkait dengan merek, produk, atau layanan secara langsung, tetapi lebih berfokus pada karakteristik atau kebutuhan audiens.

Contoh dari audience terms adalah "sepatu lari untuk pemula," "rekomendasi hp untuk gaming," atau "minuman ringan untuk anak."

Teknik dan Cara Menerapkan SEO Marketing pada Bisnis

Seseorang Menulis Iklan Jurnalistik Di Artikel

Ilustrasi Menulis Content Marketing (Credit: Freepik.com)

Menerapkan SEO Marketing pada bisnis sederhana bisa menjadi langkah awal yang efektif untuk meningkatkan visibilitas dan mengarahkan trafik organik ke situs web Anda.

Berikut adalah beberapa teknik dan cara sederhana yang dapat Anda terapkan:

1. Riset Kata Kunci

Langkah pertama adalah melakukan identifikasi kata kunci yang relevan dengan bisnis Anda dan kata kunci yang sering dicari oleh calon pelanggan. Gunakan alat penelitian kata kunci gratis seperti Google Keyword Planner atau Ubersuggest untuk membantu Anda menemukan kata kunci yang tepat.

2. SEO On-Page

Kemudian lakukan optimasi SEO On-Page website bisnis Anda, dalam hal ini ada beberapa poin yang perlu diperhatikan, berikutnya:

  • Optimalkan judul halaman dan meta deskripsi: Pastikan setiap halaman pada situs web Anda memiliki judul unik dan deskripsi yang menggambarkan konten halaman dengan jelas dan menarik.
  • Gunakan kata kunci dalam konten: Integrasikan kata kunci secara alami dalam konten Anda, termasuk dalam paragraf pertama dan judul sub-bagian.
  • Struktur heading: Gunakan heading (H1, H2, H3, dst.) untuk membagi konten menjadi bagian yang mudah dibaca dan gunakan kata kunci dalam beberapa heading.
  • URL yang ramah SEO: Buat URL yang deskriptif dan mudah dibaca oleh manusia dan mesin pencari.

3. Konten Berkualitas

Selanjutnya adalah membuat konten yang informatif, berguna, dan relevan bagi target audiens Anda. Konten yang berkualitas akan menarik lebih banyak trafik organik dan mungkin mendapatkan tautan balik dari situs lain.

4. Optimasi Gambar

Untuk hasil yang lebih optimal Anda perlu memberikan tag alt pada gambar yang relevan dengan kata kunci, sehingga mesin pencari dapat memahami konten gambar dan meningkatkan peluang situs Anda untuk muncul di hasil pencarian gambar.

5. Link Building

Meskipun Anda bisnis sederhana, Anda masih bisa melakukan link building dengan cara berpartisipasi dalam forum atau komunitas online yang terkait dengan industri Anda.

Berbagi konten yang bermanfaat dan membangun keterlibatan dengan pengguna lain dapat membantu Anda mendapatkan backlink alami.

6. Pantau dan Analisis

Gunakan alat analitik seperti Google Analytics untuk memantau kinerja situs web Anda. Perhatikan perkembangan trafik organik, kata kunci yang paling banyak digunakan, dan perilaku pengunjung.

Analisis data ini akan membantu Anda memahami bagian mana yang berfungsi dengan baik dan bagian mana yang perlu diperbaiki.

Dengan mengoptimalkan strategi SEO marketing, bisnis Anda dapat meningkatkan visibilitas online, menarik lebih banyak pelanggan potensial, dan mengalami pertumbuhan yang signifikan. Jangan ragu untuk mengambil langkah maju dan scale up bisnis Anda melalui upaya SEO yang konsisten dan berkualitas.

Beecloud Business Owner Fokus Scaleup

Lakukan scale up bisnis secara berkala agar penjualan semakin meningkat dan manajemen bisnis lebih baik setiap harinya, dengan menggunakan software akuntansi online Beecloud, catat penjualan dan pembelian bisnis praktis mudahkan analisa keuangan dengan laporan akuntansi otomatis.

Customer Retention Adalah: Faktor dan Cara Meningkatkannya
Customer retention adalah aspek krusial dalam strategi pemasaran modern yang tidak bisa diabaikan. Sejauh mana suatu bisnis mampu mempertahankan pelanggan
Baca Juga
Mengenal Buyer Persona, Elemen, Manfaat dan Cara Membuatnya
Dalam dunia pemasaran, pemahaman yang mendalam tentang target audiens atau konsumen potensial sangat penting. Salah satu alat yang efektif untuk
Baca Juga
Marketing adalah Pemasaran, Ini Peran Pentingnya dalam Bisnis
Pernahkah Anda berpikir tentang makna di balik frasa marketing adalah? Dalam dunia yang semakin kompleks ini, konsep marketing memainkan peran
Baca Juga
Content Marketing: Pengertian, Bentuk dan Cara Membuatnya
Content Marketing saat ini memang memegang peranan yang sangat penting. Secara umum, strategi pemasaran konten bisa diterapkan oleh berbagai macam
Baca Juga
5 Jenis-Jenis Reklame dan Contohnya Lengkap
Di dunia ini ada banyak sekali jenis jenis reklame yang terpasang di tempat umum, keberagaman jenis reklame berdasarkan tujuan, sifat,
Baca Juga
Pengertian Sponsor dan Perannya dalam Membangun Awareness
Sponsor dan Sponsorship telah menjadi bagian umum dalam kehidupan sehari-hari, dengan perannya yang kini telah melampaui aspek komersial. Kegiatan sponsor
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Ruang 59 - Jl. Surya Sumantri No.59, Sukawarna, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu