🌙 Ketupat Lebaran Disc. upto 20%, Pebisnis Ritel Merapat!
00
Hari
:
00
Jam
:
00
Menit
:
00
Detik
Logo Bee Web

SEO Adalah Strategi Sukses Digital Marketing, Ini Penjelasannya

Penulis: Lutfatul Malihah
Kategori:
Dipublish Tgl: Thursday, 8 June 2023

Pembahasan tentang SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization, sebuah hal yang menarik karena relevan dengan dunia digital seperti sekarang. Internet marketing melalui website tidak luput dari peranan optimasi mesin pencari ini.

Tujuannya agar website yang Anda miliki tidak tenggelam oleh pesaing. Hal ini sangat berkaitan dengan naiknya traffic dan omset pemasaran. Lebih lengkap tentang SEO dan hal terkait, ini ulasannya.

Pengertian SEO Adalah

SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization, yang erat kaitannya dengan digital marketing. Secara definisi, SEO adalah sebuah langkah optimasi agar website berhasil menduduki peringkat atas mesin pencari.

Mesin pencari paling utama disasar dalam upaya ini adalah Google, yang banyak penggunanya. Bagi Anda yang ingin memanfaatkan website untuk mendulang penghasilan, optimasi mesin pencari wajib dilakukan.

Optimasi ini juga menjadi strategi pemasaran digital yang efektif sekaligus hemat budget. Traffic web yang meningkat dan konversi merupakan tujuan dari penerapan teknik optimasi ini.

Baca Juga: 5+ Cara Sukses Strategi SEM (Search Engine Marketing)

Faktor yang Mempengaruhi SEO

Setelah memahami arti SEO, lanjut ke pemahaman faktor apa saja yang berpengaruh terhadap optimasi ini. Ada beberapa faktor yang berpengaruh terhadap hasil optimasi mesin pencari ini.

1. Page Speed

Semakin cepat loading sebuah website tentu peringkat di mesin pencari akan bagus. Pantau secara berkala bagaimana page speed situs Anda memakai tools tertentu. Contohnya PageSpeed Insight atau dengan Pingdom Speed Test.

2. Kualitas Konten

Konten berkualitas bersifat relevan dan bisa menjawab rasa ingin tahu pembaca. Selain itu, struktur dan kata kunci juga harus diperhatikan. Konten unik dan original akan membuat visibilitas website Anda kian menarik.

3. Ramah Versi Ponsel

Faktor berikutnya yang berpengaruh pada SEO adalah mobile friendly. Suatu web dikatakan ramah versi ponsel jika otomatis berubah mengikuti ukuran layar. Gunakan tools khusus untuk mengukur responsibilitas desain website Anda.

4. Keamanan Website

Keamanan website bisa dilihat dari pemakaian HTTPS di URL dan menjadi standar tersendiri Google. Bahkan, situs yang ada tulisan “not secure” tidaklah direkomendasikan mesin pencari.

5. Pengalaman Pengguna

User experience diukur melalui berapa lama waktu tinggal dan bounce rate sebuah situs. Jika banyak pengunjung yang tidak tahan lama berkunjung di situs Anda, maka web dianggap un-relevan.

6. Backlink

Tautan yang mengarah ke situs yang disisipkan disebut sebagai backlink. Jika banyak blog yang menyisipkan tautan website Anda, berarti dipercaya sebagai sumber relevan.

Jenis-Jenis SEO (Search Engine Optimization)

Search Engine Optimization

SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization (Credit: Freepik.com)

Ada beberapa macam optimasi mesin pencari yang menarik untuk dipahami. Selain itu, Anda juga bisa menerapkan teknik sesuai strategi yang diinginkan. Inilah empat macam jenis search engine optimization.

1. SEO On Page

Sesuai namanya, teknik satu ini merupakan upaya optimasi yang dilakukan di setiap halaman website. Tujuannya untuk memaksimalkan konten sehingga dapat mendongkrak peringkat website.

Untuk jenis optimasi ini, fokus utamanya pada HTML source code beserta kontennya. Ada beberapa macam hal yang masuk sebagai bagian SEO On Page.

  • Optimasi Kata Kunci

Optimasi kata kunci bisa dilakukan dengan berbagai tools khusus. Buat konten yang memiliki kata kunci tepat, dengan penempatan senatural mungkin. Jika terlalu over menerapkan keyword, Google tidak segan memberi penalti karena terdeteksi keyword stuffing.

  • Konten

Konten harus bisa memenuhi kriteria framework jika ingin muncul di first page Google. Framework Google sudah dikonsep menjadi E-A-T sebagai benchmark mengukur kualitas konten. Google lebih mengedepankan konten original, terpercaya, dan pastinya berkualitas.

  • Header Tag

Jenis tag ini berguna membantu search engine untuk mencari informasi sesuai search intent. Tidak sebatas merapikan konten, tetapi sangat penting memperbaiki performa di mesin pencari.

  • Title Tag

Title tag juga kerap disebut sebagai judul halaman yang harus ditulis secara menarik. Traffic organik yang dihasilkan akan lebih tinggi jika Anda berhasil membuat title tag unik dan berbeda.

  • Meta Deskripsi

Meta deskripsi terletak di bawah halaman judul/page title. Isinya berupa kolom yang harus dituliskan beberapa karakter mengandung keyword. Pastikan meta deskripsi bagus agar memancing banyak klik dan meminimalisir bounce rate.

  • Deskripsi Gambar

Gambar yang di deskripsi secara tepat sangat mendukung optimasi mesin pencari. Selain itu, gambar yang Anda posting juga akan dideteksi sebagai bagian dari konten. Peluang untuk bertengger di top rank pencarian juga akan lebih besar.

2. Technical SEO

Upaya optimasi ini mengacu pada aspek-aspek teknis yang ada pada website. Tujuannya agar bisa sesuai dengan kriteria algoritma search engine. Untuk optimasi technical ini, Anda harus memperhatikan beberapa hal, diantaranya:

  • XML Sitemap

XML Sitemap berperan sebagai roadmap agar crawler yang menjangkau halaman penting lebih cepat. Untuk membuatnya, Anda bisa memanfaatkan tools gratis seperti Screaming Frog misalnya.

  • AMP

AMP atau Accelerated Mobile Pages sangat penting dimiliki. Hal ini berguna untuk mengurangi waktu loading karena halaman dimunculkan di cache tertentu.

  • Sertifikat SSL

Ciri khas situs yang memiliki sertifikat SSL bisa dilihat dari kode HTTPS di awal URL-nya. Adanya kode tersebut menandakan enkripsi perpindahan informasi di website dan peramban pengunjung. Sertifikat ini juga menjadi faktor penilaian Google terhadap website.

3. SEO Off Page

Optimasi satu ini merupakan upaya menaikkan peringkat situs di luar website it sendiri. Aktivitas ini juga berguna agar Google tahu kualitas website, bisnis, hingga produk di mata konsumen. Cakupan dari off page SEO adalah sebagai berikut:

  • Social Media Marketing

Buatlah akun untuk membangun reputasi brand di media sosial secara bagus. Selain itu, buat konten yang melibatkan interaksi dengan netizen. Misalnya tanya jawab seputar bab tertentu, warna favorit, dan sebagainya, dan hubungkan ke situs Anda.

  • Influencer Outreach

Cakupan off page SEO ini adalah mengajak kerjasama brand atau influencer ternama. Pelanggan baru bisnis dipercaya bisa datang dengan metode kerjasama ini.

  • Link Building

Link building merupakan upaya memperoleh link website luar ke website milik Anda. Tiap link bisa membantu menaikkan kredibilitas link asalkan tidak sembarangan membangun tautan. Perhatikan bagaimana kualitas website yang diajak bekerjasama.

  • Forum

Salah satu kampanye off page SEO adalah melalui forum seperti Stack Overflow atau Quora. Menggunakan forum ini akan membuat Anda bisa lebih dekat dengan audiens. Misalnya dengan memulai diskusi, sekaligus menyisipkan tautan ke website Anda.

4. SEO Local/Local SEO

Local SEO adalah strategi meningkatkan visibilitas website dengan mengandalkan hasil lokal. Anda dapat mempromosikan produk dan sejenisnya hanya sebatas area lokal. Biasanya untuk strategi satu ini menggunakan kata kunci daerah tertentu.

Misalnya Nasi Padang Jakarta Selatan, Martabak Manis Kemayoran, dan sebagainya. Bisa juga dengan keyword “terdeteksi”, contohnya “Restoran Prasmanan Terdekat”. Nantinya, Google mengidentifikasi usaha lokal dan menampilkan hasil yang sesuai.

Ini Dia Manfaat SEO Bagi dalam Pemasaran

Manfaat Seo

Salah satu efek jangka panjang dari penerapan SEO yang tepat adalah meningkatnya penjualan (Credit: Freepik.com)

SEO adalah upaya yang bermanfaat besar bagi pemasaran sehingga lebih optimal. Ini dia sejumlah manfaatnya yang bisa Anda peroleh di bidang marketing.

1. Promosi 24 Jam

Biaya yang cukup terjangkau dari teknik optimasi ini ternyata bisa dipakai untuk promosi 24 jam penuh. Selama situs website tidak hilang, promosi akan terus berjalan, dan mendatangkan traffic bagus.

2. Pemasaran Tertarget

Algoritma di mesin pencari mengarahkan pengguna sesuai keinginannya. Contoh bisnis Anda menawarkan desain rumah. Berarti orang yang datang ke website Anda memang relevan dengan apa keinginan mereka.

4. Meningkatkan Angka Penjualan

Kebiasaan riset dahulu sebelum membeli sesuatu tentu menguntungkan pemilik website. Jika situs Anda bertengger di urutan atas pencarian, maka pembeli potensial akan datang. Hal ini berkesempatan besar untuk meningkatkan angka penjualan.

5. Trafik Lebih Potensial

SEO adalah teknik digital marketing yang bisa potensial karena nantinya website Anda akan bertengger di posisi atas. Tentunya hal ini membuka peluang mendulang banyak konsumen secara optimal.

Baca Juga: Mengenal Strategi Pemasaran Online dan Manfaatnya Bagi Bisnis

KESIMPULAN

SEO atau Search Engine Optimization memang tidak bisa dipisahkan dari upaya digital marketing sehingga harus dilakukan secara optimal. Untuk menggunakan optimasi satu ini, anggarkan dana secara tepat agar hasil maksimal.

Dengan menerapkan strategi SEO ini juga akan lebih mengoptimalkan biaya pemasaran yang dikeluarkan. Sehingga, pebisnis bisa lebih optimal memanfaatkan budget untuk kebutuhan lainnya.

Meskipun demikian, Anda masih perlu melakukan manajemen anggaran dengan tepat agar optimalisasi budget benar-benar sesuai yang diharapkan. Untuk itu, Anda bisa menggunakan software akuntansi online Beecloud.

Beecloud Untuk Mencatat Biaya Promosi Iklan Pemasaran Dan Mengetahui Laba Rugi

Memantau penjualan, pembelian, laba rugi, cash flow sampai stok bisnis secara otomatis sesuai dengan transaksi yang diimputkan. laporan keuangan dipantau secara realtime dimana saja dan kapan saja. Menjadikan bisnis lebih memudahkan dan menguntungkan.

7 Contoh Ekonomi Kreatif di Indonesia Saat Ini
Saat ini ekonomi kreatif merupakan salah satu bidang ekonomi yang menopang pertumbuhan ekonomi suatu wilayah. Menurut John Howkins, ekonomi kreatif
Baca Juga
Brand Ambassador: Peran dan Manfaat Bagi Bisnis
Brand ambassador atau dikenal duta merek merupakan salah satu orang yang bertugas untuk mempromosikan sebuah produk. Kehadiran duta merek ini
Baca Juga
13 Ide Konten Instagram Tingkatkan Engagement Rate
Ide Konten Instagram Menarik - Di era digital yang berkembang pesat saat ini, platform media sosial telah menjadi salah satu
Baca Juga
Tips Optimasi Facebook Business Manager pada Pemasaran Online
Facebook business manager saat ini banyak digemari oleh Masyarakat. Seperti yang diketahui bersama, Facebook sendiri dikenal sebagai salah satu perusahaan
Baca Juga
Mengenal Strategi Segmentation Targeting Positioning (STP)
Segmentation targeting positioning atau yang disingkat dengan STP adalah salah satu konsep yang sangat penting untuk membantu perusahaan dalam mengembangkan
Baca Juga
Memahami Manfaat Influencer Marketing, Contoh dan Tipsnya
Influencer marketing telah menjadi strategi yang semakin populer dalam industri bisnis saat ini. Dengan semakin berkembangnya media sosial dan kekuatan
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Aer Space - Jl. Karang Tinggal No.41B, Cipedes, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu