Pemasaran online adalah salah satu teknik marketing yang dijalankan dengan cara memanfaatkan jaringan internet. Contohnya saja media sosial, website, iklan blog, dan sebagainya. Bahkan, manfaatnya saat ini sudah banyak dirasakan oleh para pebisnis.
Tempat yang biasanya digunakan dalam pemasaran online dikenal dengan e-market, seperti media sosial, marketplace, dan sebagainya. Walaupun terlihat mudah dioperasikan, namun dibutuhkan strategi dalam penggunaannya agar lebih efisien.
Strategi Pemasaran Online di Perusahaan (Sumber: Freepik.com)
Digital marketing sebenarnya memiliki strategi tersendiri untuk menyesuaikan antara produk, layanan, serta target konsumen. Berikut ini beberapa strategi pemasaran online adalah yang penting Anda ketahui.
Strategi pemasaran online pertama yaitu SEO atau Search Engine Optimization. Tujuan dari SEO sendiri sebagai sarana pemasaran online, agar website Anda muncul di halaman pertama pencarian Google.
SEO di Penelusuran Google (Sumber: techfor.id)
Namun, hal ini dilakukan tanpa penggunaan iklan melalui Google Ads, sehingga kunci keberhasilannya berada pada konten yang disajikan pada website perusahaan. Bahkan, saat ini, SEO dibagi menjadi dua, yaitu :
Pay Per Click atau PPC merupakan salah satu pemasaran produk menggunakan iklan berbayar, dimana Anda akan membayar jasa promosi sesuai dengan jumlah klik yang dilakukan oleh konsumen. Keuntungan dari menggunakan Pay Per Click adalah sebagai berikut:
Perbanyak Content Marketing seperti Video (Sumber: Pexels.com)
Content marketing merupakan salah satu strategi terbanyak yang digunakan pada media pemasaran online. Anda bisa membuat artikel, infografis, e-magazine, atau video yang diunggah di website maupun media sosial.
Berikut strategi melakukan pemasaran online adalah bekerjasama dengan para pengusaha untuk memasarkan produk dan membagi keuntungannya. Hal ini tidak hanya berpeluang untuk meningkatan penjualan. Namun, Anda juga bisa membangun relasi sehingga semakin dikenal banyak kalangan.
Setelah Anda mengetahui strategi untuk memasarkan produk maka, kenalilah jenis-jenis pemasaran online. Berikut adalah jenis-jenis pemasaran online adalah.
Website merupakan salah satu media pemasaran online. Tidak hanya mudah digunakan, website lebih efektif dalam menarik customer jika dibandingkan dengan media sosial dan email.
Hal ini karena website terus berkembang dalam jangka panjang. Jadi, Anda hanya perlu menampilkan artikel menarik, memastikan konten di dalamnya SEO friendly, dan menambahkan informasi seputar produk, promo, kontak.
Baca Juga: Strategi Promosi Produk ke Luar Negeri, Efektif untuk Ekspansi Bisnis
Contoh dari pemasaran online adalah menggunakan SEM, yaitu mengiklankan website perusahaan agar bisa menempati halaman pertama di pencarian Google. Tentunya layanan ini berbayar karena Anda harus menggunakan iklan terlebih dahulu.
Namun, hasilnya sangat cepat karena iklan produk selalu muncul di first page ketika konsumen sedang mencari jenis produk tersebut.
Online advertising merupakan jenis pemasaran yang memanfaatkan iklan untuk ditampilkan di YouTube, website, atau media sosial. Misalnya saja dengan berlangganan Google Ads.
Strategi Marketing Jaman Sekarang (Sumber: Freepik.com)
Bagi Anda yang sudah memiliki basis pelanggan luas, pastikan untuk selalu berkomunikasi melalui penawaran promo, diskon, produk terbaru, serta strategi lain dengan menggunakan email marketing. Tindakan ini terbilang efektif untuk mempertahankan loyalitas konsumen.
Tren penggunaan Facebook, Instagram, YouTube, TikTok, dan Twitter semakin meningkat beberapa tahun belakangan ini. Hal ini karena adanya pembuatan strategi pemasaran online bisa dilakukan secara mudah. Anda hanya perlu membuat postingan dan copy menarik atau menggunakan software kasir minimarket.
Sementara itu, untuk meningkatkan efektivitas kinerja media sosial sebagai tempat pemasaran online bisa dengan melakukan survey produk atau layanan yang sedang digunakan masyarakat. Hal ini bisa membantu Anda untuk meningkatkan efektivitas produksi.
Itu saja penjelasan mengenai pengertian strategi pemasaran online beserta jenis-jenisnya. Semoga Anda bisa menemukan teknik yang cocok untuk pemasaran online.