Logo Bee Web

Webinar Adalah: 9 Manfaat serta Cara Mempersiapkannya

Webinar adalah web seminar yang digunakan untuk mempresentasikan sebuah produk dalam dunia bisnis, simak manfaat dan caranya berikut ini
Penulis: Lutfatul Malihah
Dipublish Tgl: Monday, 3 April 2023

Semenjak adanya pandemi covid 19, kegiatan online semakin banyak yang muncul dan webinar adalah salah satunya. Kegiatan ini menjadi salah satu alternatif untuk melakukan beragam seminar formal atau informal.

Kegiatan ini dapat Anda laksanakan dimana saja serta kapan saja. Anda tidak menyediakan tempat yang besar. Selain itu, kegiatan ini juga sama dengan kegiatan yang offline yaitu pembicara merupakan orang yang ahli dibidangnya.

Webinar Adalah Web Seminar Online

Seminar

Web Seminar atau webinar kegiatan presentasi yang kerap digunakan pasca pandemi (Credit: Freepik.com/@tirachardz)

Nama kegiatan ini merupakan singkatan dari web seminar. Sesuai dengan namanya, kegiatan ini dilaksanakan secara online sehingga memungkinkan siapa saja mengikuti kegiatan tersebut.

Arti dari web seminar ialah kegiatan yang mempunyai format acara seminar yang berlangsung secara online. Peserta yang ikut dalam acara tersebut juga secara online. Hal ini memungkinkan pembicara untuk membagikan materi yang telah dibuat melalui online.

Meskipun tidak dilaksanakan secara tatap muka, antusias dari peserta web seminar masih sama dengan seminar pada umumnya. Peserta juga bisa mengajukan pertanyaan atau menjawab pertanyaan dari materi yang diberikan oleh pembicara.

Lalu, perbedaan seminar dan webinar berdasarkan pada sistem serta tempatnya. Seminar dilaksanakan dengan sistem offline atau tatap muka. Namun web seminar menggunakan sistem online sehingga bergantung pada jaringan internet.

Seminar membutuhkan tempat dan disesuaikan dengan jumlah pesertanya. Jika jumlah pesertanya banyak, tempat yang dipakai berukuran besar. Selain perbedaan, seminar serta web seminar juga memiliki beberapa kesamaan dan salah satunya ialah adanya partisipasi aktif.

9 Manfaat Melakukan Webinar Bagi Perkembangan Bisnis

Contoh Webinar Menarik

Contoh Pelaksanaan Webinar dan Bentuk Promosinya (Credit: Bee.id)

Sebagai kegiatan yang mengumpulkan orang banyak, web seminar memiliki beragam manfaat bagi individu maupun organisasi. Selain itu, bisnis yang Anda miliki juga akan berkembang jika menggunakan kegiatan ini secara maksimal.

1. Menjangkau Peserta dari Beragam Latar Belakang

Oleh karena diadakan secara online, peserta yang bisa hadir tidak hanya profesi yang sejenis tetapi juga beragam jenis. Selain itu, peserta mayoritas juga berasal dari beragam tempat yang tersebar di Indonesia hingga luar negeri.

2. Mengurangi Beberapa Biaya Selama Acara Webinar

Seminar memiliki beberapa persiapan yang harus dilakukan seperti transportasi, konsumsi, tempat, dan lainnya. Oleh karena web seminar diadakan secara online, hal-hal tersebut tidak perlu dilakukan.

Anda tidak perlu menyiapkan biaya transportasi karena bisa langsung dari peralatan elektronik untuk berdiskusi. Konsumsi beserta tempat juga diperlukan. Hal ini membuat biaya untuk keperluan kegiatan bisa berkurang.

3. Brand Awareness Bisa Semakin Meningkat

Brand Awareness merupakan suatu keahlian bagi pelanggan untuk mengenali suatu merek. Hal ini ialah salah satu dari komponen penting dalam proses pengambilan keputusan sebelum membeli suatu produk.

Manfaat lain dari webinar adalah brand awareness bisa semakin meningkat. Anda bisa menceritakan beberapa keunggulan dari bisnis yang dijalani. Selain itu, cantumkan juga beberapa informasi penting yang yang diketahui oleh orang serta tips bermanfaat.

Brand awareness yang meningkat bisa membuat konsumen percaya pada produk Anda. Penjualan yang dilakukan juga semakin meningkat hingga membuat bisnis menjadi berkembang.

4. Kredibilitas Bisnis Anda Semakin Meningkat

Pentingnya mengundang ahli yang memiliki kemampuan unggul serta dikenal luas bisa memperkuat kredibilitas produk yang bisnis Anda tawarkan. Hal ini juga harus didukung dengan alur acara yang jelas, teratur, dan banyaknya peserta yang join daripada yang keluar.

5. Pendapatan Bisnis Anda Mengalami Peningkatan

Oleh karena biaya-biaya yang tidak perlu dikurangi dan brand awareness yang meningkat, membuat pendapat bisnis Anda semakin hari semakin mengalami peningkatan. Hal ini juga didukung dengan jumlah kerugian yang sedikit serta produk yang berkualitas.

Selain itu, jika citra bisnis Anda sangat baik bisa mengadakan web seminar yang berbayar. Hal ini membuat pendapatan bisnis semakin beragam jenis asalnya.

6. Promosi Produk Bisnis yang Terbaru

Promosi saat ini tidak hanya dari media offline seperti Billboard, brosur, spanduk, baliho, atau kartu nama. Namun, Anda bisa menggunakan media online sehingga bisa menjangkau orang lebih luas lagi.

Manfaat webinar untuk bisnis lainnya yaitu sebagai media promosi online. Anda bisa mempromosikan produk usaha yang terbaru. Ini membuat orang-orang bisa mengenal produk tersebut lebih mendalam.

Selain itu, produk yang diperkenalkan ini bisa tertarget. Ada banyak orang yang memiliki latar belakang berbeda dan bisa salah satunya menjadi konsumen tetap Anda atau orang-orang tersebut bisa merekomendasikan produk kepada orang terdekatnya karena produk terjamin.

Baca Juga: 10 Rekomendasi Media Promosi Paling Efektif dan Efisien

7. Mendapatkan dan Mengumpulkan Beberapa Feedback

Sebelum atau sesudah web seminar, biasanya panitia memberikan formulir feedback kepada peserta untuk mengetahui kualitas dari web seminar yang dilaksanakan. Anda bisa melakukan tersebut dan mengambil kritik serta saran peserta bila ada supaya bisnis berkembang.

8. Konten dari Webinar Bisa Dipakai Kembali

Anda bisa mengedit video web seminar yang sebelumnya sudah direkam untuk dijadikan sebagai konten video pendek di platform sosial media. Anda juga bisa menampilkan infografis dari materi PPTnya.

9. Bisa Memakai Metode Lead Magnet

Lead magnet yang ada di dalam web seminar umumnya berbentuk iklan atau semacam pilihan CTA atau Call to Action. Tujuannya mengundang peserta untuk mendaftarkan diri di website perusahaan serta melakukan pembelian terhadap produk.

Cara Mempersiapkan Webinar Sukses Raih Perhatian Calon Konsumen

Cara untuk mempersiapkan web seminar sangat mudah. Anda hanya membutuhkan beberapa hal penting yang wajib ada. Namun, untuk bisa meraih perhatian calon konsumen perlu beberapa cara seperti dibawah ini.

1. Buat Judul Webinar yang Menarik

Ada beberapa tips membuat judul yang menarik minat calon konsumen atau peserta. Pertama, judul yang menanyakan pertanyaan yang menarik. Hal ini membuat orang tertarik untuk menemukan jawabannya.

Cara berikutnya untuk judul webinar adalah mengajukan pertanyaan yang provokatif serta menghindari pertanyaan yang membutuhkan Ya atau Tidak. Selanjutnya, Anda juga bisa menambahkan kata “Baru”.

Tujuannya untuk mengomunikasikan seberapa terkininya web seminar Anda. Hal ini membuat penonton terdorong untuk mendaftar supaya bisa mempelajari ide baru yang belum dimiliki oleh semua orang.

2. Pilih Platform Web Seminar yang Bagus

Anda bisa memilih platform yang sudah mempunyai reputasi bagus agar web seminar menjadi sukses. Ada beberapa hal yang bisa menjadi pertimbangan seperti tujuan acara, jumlah acara yang dilaksanakan, jumlah penonton.

Selain itu, Anda juga bisa mempertimbangkan platform yang memungkinkan peserta untuk menonton web seminar dengan beragam cara karena tidak semua penonton memiliki perangkat atau jaringan internet yang mendukung.

3. Promosikan Web Seminar dengan Baik

Sebelum melakukan promosi di berbagai media, Anda perlu memperhatikan isi banner dengan baik. Jelaskan secara rinci tentang topik apa yang akan dibahas, manfaat bagi peserta, serta waktu dan link pendaftaran.

Kemudian, Anda juga bisa membuat video teaser yang berisi tentang rekaman pendek yang berisi tentang web seminar serta isinya. Selain video teaser, Anda juga bisa membuat blog dengan tulisan menarik dan lebih detail.

4. Lakukan Latihan Secara Rutin dan Identifikasi Hambatan

Anda bisa melakukan latihan untuk memeriksa kelayakan dari platform yang digunakan. Setelah itu, lakukan pencatatan dan identifikasi tentang hambatan apa saja yang terjadi dan cari tahu solusinya secara cepat.

Kesimpulan

Webinar adalah web seminar yang umumnya memiliki 9 manfaat yang bagus untuk perkembangan bisnis. Tidak hanya semakin dikenal, pendapatan Anda juga mengalami peningkatan. Oleh karena itu, perlu juga beberapa persiapan supaya bisa menarik calon konsumen.

Sebelum membuat web seminar, adanya perencanaan keuangan yang dilakukan karena bisnis yang melakukan scale up perlu melakuakan manajemen keuangan yang matang, agar rencana yang dilaksanakan memberikan hasil yang optimal. Anda bisa memanfaatkan software akuntansi online Beecloud dalam melakukan manajemen keuangan bisnis.

Beecloud Business Owner Fokus Scaleup

Dari memantau laba rugi, neraca, akuntansi sampai stok barang secara real time kapan saja dimana saja. Yuk, scale up bisnis jadi kekinian mengikuti perkembangan zaman bersama Beecloud.

11 Contoh Usaha Kecil di Rumah dengan Modal Pas-Pasan
Menjalankan usaha sendiri bisa jadi sebuah impian bagi sebagian besar orang, khususnya usaha yang dijalankan di rumah tanpa harus meninggalkan
Baca Juga
Ide Bisnis Fashion Wanita Belum Banyak Pesaing
Dunia fashion wanita terus berkembang begitu pesat, persaingan pasar juga semakin ketat. Sehingga pebisnis fashion perlu memutar ide untuk menciptakan
Baca Juga
10 Tips Manajemen Stok Barang Toko Ritel
Tujuan utama dari setiap bisnis ritel adalah menjual produk sesuai target. Karena produk ritel maka proses stok dan inventory harus
Baca Juga
Product Branding: Pengertian, Manfaat dan Strateginya
Hampir semua snack di Indonesia ini disebut dengan nama “ciki”, meskipun mereknya bukan itu. Ini adalah suatu bukti bahwa merek
Baca Juga
Tips Penting Sebelum Memilih Selebgram Sebagai Partner Bisnis
Anda tentu sudah tidak asing dengan istilah selebgram di era modern ini. Sosok satu ini memang tidak lepas dari peranannya
Baca Juga
Clickbait: Jenis, Alasan Pro dan Kontra serta Tips Penggunaannya
Clickbait adalah teknik pemasaran yang digunakan untuk menarik perhatian pembaca dengan judul yang menarik dan kontroversial, namun seringkali tidak sesuai
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Aer Space - Jl. Karang Tinggal No.41B, Cipedes, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu