Logo Bee Web

Contoh Slip Gaji Karyawan: Komponen dan Format

Cara membuat slip gaji karyawan saat ini sebenarnya bisa dibuat secara online maupun offline, simak informasi dan contoh di artikel ini.
Penulis: Rizal Arisona
Kategori: ,
Dipublish Tgl: Tuesday, 7 March 2023

Contoh slip gaji karyawan saat ini sebenarnya bisa dibuat secara online maupun offline. Slip gaji merupakan salah satu dokumen yang harus dibuat oleh perusahaan, berisi informasi jumlah gaji karyawan setiap bulannya.

Pada dasarnya, slip gaji berbentuk transparansi sebagai upah perusahaan yang nantinya diterima oleh para karyawan. Jadi dapat dikatakan slip gaji termasuk ke dalam dokumen penting perusahaan dan karyawan.

Komponen-Komponen dalam Slip Gaji

Bagi sebuah perusahaan, slip gaji berguna sebagai besaran dokumen yang harus diterima oleh karyawan. Sedangkan, bagi karyawan, slip gaji berfungsi sebagai kebutuhan lampiran, untuk pengajuan KPR, pengajuan kredit, beserta permohonan visa.

Biasanya, slip gaji dibuat berbentuk elektronik dan kertas/fisik yang dapat diakses secara online. Oleh karena itu, tim HRD secara umum menggunakan aplikasi HRIS (Human Resource Information System) untuk membuat slip ini.

Hal ini dilakukan agar bisa membantu mengelola sistem penggajian secara online dengan praktis. Hanya dengan menggunakan aplikasi HRIS online ini tentunya akan memudahkan pihak perusahaan maupun karyawan.

Jadi kedua belah pihak bisa mengakses pelaporan gaji melalui Smartphone masing-masing. Sebenarnya, masih ada aplikasi lainnya yang bisa digunakan oleh perusahaan.

Sementara itu, ada beberapa komponen slip gaji pegawai yang telah diatur dalam Undang-Undang Ketenagakerjaan No. 13 Tahun 2003. Di bawah ini sudah ada penjelasan terkait komponen yang harus ditulis dalam contoh slip gaji karyawan, antara lain:

1. Gaji Pokok Karyawan

Gaji pokok adalah sebuah imbalan dasar yang nantinya akan dibayarkan langsung oleh perusahaan atau pemberi kerja terhadap karyawan. Untuk besar gaji pokok sendiri biasanya ditentukan oleh pekerjaan atau jabatan, level pekerjaan, jenjang karir, serta lokasi pekerjaan.

Selain itu, besaran gaji pokok ini juga ditentukan berdasarkan kontrak kerja ketika karyawan pertama kali diterima pada perusahaan. Jadi dapat dikatakan besaran gaji perusahaan merupakan kesepakatan antara kedua belah pihak.

Karyawan Menghitung Salary

Ilustrasi Karyawan Menghitung Gaji (Credit: Freepik.com)

2. Tunjangan Karyawan

Tunjangan adalah tambahan insentif atau upah yang diberikan oleh perusahaan terhadap karyawan diluar dari gaji pokok. Terdapat dua jenis tunjangan yang ada di dalam perusahaan, yakni:

a. Tunjangan Tetap

Tunjangan tetap merupakan suatu pembayaran yang akan diberikan secara tetap dan teratur untuk seluruh pekerja. Biasanya, tunjangan tetap akan dibayarkan secara bersamaan dengan gaji pokok.

Contoh dari tunjangan tetap seperti tunjangan kesehatan, tunjangan jabatan, dan tunjangan hari tua. Selain itu, ada tunjangan istri dan anak, tunjangan perumahan, serta tunjangan tidak tetap.

b. Tunjangan Tidak Tetap

Tunjangan tidak tetap merupakan suatu pembayaran yang akan diberikan secara tidak tetap atau tidak langsung. Pembayaran tunjangan ini akan dibayarkan tidak tetap karena dilakukan berbeda dengan gaji pokok yang biasanya didapat.

Contoh dari tunjangan tidak tetap seperti tunjangan makan, tunjangan transportasi, tunjangan kinerja, serta tunjangan lembur. Namun, biasanya tunjangan tetap ini jarang dilakukan perusahaan.

3. Potongan Gaji Karyawan

Potongan gaji merupakan salah satu komponen yang saat ini wajib sekali ada di dalam slip gaji. Biasanya, potongan gaji dapat dihitung secara online maupun manual.

Potongan gaji juga dibuat sebagai hal yang harus dibayar oleh para karyawan. Misalnya saja seperti asuransi kesehatan, iuran BPJS Kesehatan, serta pajak penghasilan atau PPh 21.

4. Informasi Potongan Pajak

Biasanya, informasi potongan pajak harus disertakan dalam slip gaji secara transparansi. Hal ini tentunya agar bisa menghindari kesalahpahaman terkait pemotongan, mempermudah pelaporan SPT tahunan karyawan serta penghitungan pajak.

5. Upah Lembur Karyawan dan Bonus

Jika dilihat dari aturan Menteri Tenaga Kerja Menakertrans No. 102/MEN/VI/2004, definisi lembur merupakan waktu bekerja melebihi 40 jam dalam seminggu/7 jam dalam sehari. Upah lembur ini nantinya dapat dibayarkan secara bersamaan dengan gaji pokok setiap bulannya.

Jadi akan langsung ditampilkan pada slip gaji pegawai. Bonus karyawan juga akan diberikan sebagai salah satu bentuk apresiasi terhadap pencapaiannya di perusahaan.

Oleh karena itu, besar pembagian bonus karyawan akan ditentukan berdasarkan perusahaan dengan kesepakatan karyawan. Hal inilah yang membuat gaji setiap karyawan berbeda-beda.

Baca Juga: Menghitung Gaji 13 Lebih Mudah Menggunakan Aplikasi Gaji

Format Slip Gaji

Hari Pay Day Kalender Laptop

Format Penghitungan Gaji Karyawan (Credit: Freepik.com)

Pada dasarnya, format slip gaji tergantung setiap perusahaan dan tentunya berbeda-beda. Ada beberapa bagian Contoh dari slip gaji yang dijelaskan di bawah ini:

1. Logo dan Nama Perusahaan

Umumnya, slip gaji pegawai tertera informasi perusahaan seperti nama dan logo. Hal ini tentunya berguna sebagai membuktikan bahwa sebuah perusahaan tersebut telah mengeluarkan slip gaji.

2. Identitas Karyawan

Contoh slip gaji karyawan adalah dokumen yang dibuat secara personal, untuk bisa membedakan slip gaji antar karyawan maka data dan identitas karyawan wajib ditulis dalam slip. Biasanya identitas yang ditulis adalah nama karyawan, NIK, jabatan, dan status.

3. Pernyataan Kerahasiaan Dokumen

Slip gaji termasuk ke dalam kategori dokumen yang rahasia. Akan tetapi, slip ini harus tetap dibuat pernyataan kerahasiaan dokumen. Hal ini tentunya agar bisa meningkatkan kerahasiaan dokumen tersebut.

4. Tanggal Pembayaran

Hal penting yang harus dilakukan adalah mencantumkan tanggal pembayaran dalam slip gaji karyawan. Tanggal pembayaran ini dicantumkan karena untuk menghindari kesalahpahaman dan proses dokumentasi periode penggajian.

5. Besaran Gaji dan Jumlah Potongan

Agar bisa menghindari kesalahan informasi, gaji karyawan harus bisa menunjukkan transparansi. Oleh karena itu, slip gaji karyawan harus ada total akhir besaran gaji karyawan dan besar jumlah potongan.

6. Rincian Lengkap Gaji Karyawan

Komponen ini merupakan bagian paling inti dari slip gaji pegawai. Biasanya, rincian gaji karyawan akan menunjukkan penghasilan karyawan setahun berjalan sesudah atau sebelum dikurangi oleh pajak.

Contoh Slip Gaji

Terdapat beberapa contoh slip gaji yang perlu diketahui dengan benar. Berikut ini sudah ada contohnya yang dapat dijadikan sebagai referensi:

Contoh Slip Gaji Perusahaan Pemerintah

Contoh Slip Gaji Karyawan Pln

Contoh Slip Gaji Karyawan PLN (Credit: berita.99.co)

Contoh Slip Gaji Perusahaan Software

Contoh Slip Gaji Perusahaan Software

Contoh Slip Gaji Perusahaan Software (Credit: contohvia.blogspot.com)

Contoh Slip Gaji Perusahaan Swasta

Contoh Slip Gaji Perusahaan Swasta

Contoh Slip Gaji Perusahaan Swasta (Credit: glints.com)

Contoh Slip Gaji Usaha Toko

Contoh Slip Gaji Karyawan Toko

Contoh Slip Gaji Toko Ritel (Credit: linovhr.com)

Contoh Slip Gaji Excel

Contoh Slip Gaji Excel

Ilustrasi contoh slip excel sederhana (Credit: printerius.com)

#Download Slip Gaji Karyawan yang Bisa di Edit

Butuh fotmat atau template slib gaji karyawan yang bisa di edit? Anda bisa mendownload beberapa file dan templatenya pada icon download di bawah ini:

download

Download slip gaji karyawan bisa di edit

Cara Membuat Slip Gaji

Pada dasarnya, Slip gaji karyawan bisa dibuat secara online maupun manual menggunakan aplikasi. Slip gaji yang sederhana bisa dibuat dengan menggunakan Excel atau Word, berikut penjelasannya.

1. Cara Membuat Slip Gaji Menggunakan Word

Adapun langkah-langkah membuat slip gaji menggunakan Word sangat praktis. Berikut ini sudah ada penjelasan terkait cara membuat slip gaji.

  1. Buka Microsoft Word dan buat dokumen baru.
  2. Pilih layout "potrait" atau "portrait" pada tab "Page Layout".
  3. Pilih "Insert" dan klik "Table". Pilih jumlah kolom dan baris yang dibutuhkan untuk membuat slip gaji. Pastikan bahwa jumlah kolom dan baris yang dipilih mencukupi untuk mengakomodasi semua informasi yang akan dimasukkan.
  4. Masukkan informasi seperti nama karyawan, nomor identitas karyawan, jabatan, dan periode gaji di kolom pertama.
  5. Masukkan informasi mengenai gaji karyawan di kolom kedua, seperti jumlah gaji pokok, tunjangan, bonus, dan potongan.
  6. Masukkan jumlah total gaji di bagian bawah slip gaji.
  7. Sesuaikan tata letak dan desain slip gaji sesuai dengan keinginan. Anda dapat menambahkan warna atau logo perusahaan untuk membuat slip gaji lebih profesional.
  8. Setelah selesai, simpan dokumen slip gaji Anda.

Selengkapnya bisa tonton video berikut ini:

2. Cara Membuat Slip Gaji Menggunakan Excel

Ada beberapa langkah buat slip gaji menggunakan Excel yang mudah. Berikut ini sudah ada penjelasan terkait buat contoh slip gaji karyawan.

  1. Buka Microsoft Excel dan buat lembar kerja baru.
  2. Buat kolom untuk informasi karyawan seperti nama, nomor identitas karyawan, dan jabatan di kolom A.
  3. Buat kolom untuk informasi gaji karyawan seperti gaji pokok, tunjangan, bonus, dan potongan di kolom B hingga kolom E.
  4. Buat baris untuk periode gaji dan tanggal pembayaran di atas kolom A.
  5. Masukkan informasi gaji karyawan di kolom B hingga kolom E sesuai dengan jumlah yang sesuai dengan periode gaji yang diberikan.
  6. Buat rumus pada kolom F untuk menghitung total gaji karyawan. Gunakan rumus seperti "=SUM(B2:E2)" untuk menjumlahkan seluruh jumlah gaji karyawan.
  7. Sesuaikan tata letak dan desain slip gaji sesuai dengan keinginan. Anda dapat menambahkan warna atau logo perusahaan untuk membuat slip gaji lebih profesional.
  8. Setelah selesai, simpan dokumen slip gaji Anda.

Selengkapnya bisa tonton video berikut ini:

Kesimpulan

Untuk memudahkan aktifitas rekap biaya gaji karyawan, Anda bisa gunakan software akuntansi Beeaccounting. Dengan menggunakan software ini, Anda dapat dengan mudah mencatat setiap pengeluaran yang terkait dengan gaji karyawan.

Rekap Biaya Operasional Dan Gaji Menggunakan Beeaccounting

Selain itu, software akuntansi Beeaccounting juga memungkinkan Anda untuk memantau biaya operasional dengan lebih efisien. Dengan fitur pelacakan pengeluaran yang akurat dan terperinci, Anda dapat mengelola biaya operasional dengan lebih efektif dan mengambil keputusan yang lebih tepat untuk bisnis Anda.

Selain itu, Beeaccounting juga menyediakan laporan keuangan yang jelas dan teratur, sehingga Anda dapat dengan mudah mengevaluasi performa bisnis Anda dan membuat rencana keuangan yang lebih baik di masa depan. Dengan mengoptimalkan penggunaan software akuntansi Beeaccounting, Anda dapat memastikan bahwa bisnis Anda berjalan dengan lancar dan efisien.

Artikel Terbaru

Artikel Populer

Tips Bisnis

Coba Gratis

Follow Social Media Bee

Pengertian dan Contoh Catatan atas Laporan Keuangan (CaLK)
Pentingnya Pembukuan Sederhana Untuk Bisnis Kecil / UMKMCatatan atas Laporan Keuangan (CaLK) merupakan dokumen tambahan pada isi laporan keuangan. Tujuannya
Baca Juga
BCP (Business Continuity Plan) Strategi Menghadapi Krisis
Dalam menjalankan bisnis, maka menyusun BCP  adalah singkatan dari Business Continuity Plan sejak awal merupakan langkah yang penting. BCP berisi
Baca Juga
Cara Praktis Membuat Laporan Keuangan Online Shop
Laporan keuangan online shop merupakan hal penting yang wajib diperhatikan untuk Anda pebisnis online shop. Pasalnya, banyak pelaku online shop
Baca Juga
Contoh Neraca Saldo dan Cara Praktis Membuatnya
Apakah Anda sudah mengenali neraca saldo ? Artikel kali ini akan membahas seputar neraca saldo mulai dari pengertian, fungsi dan
Baca Juga
Laporan Arus Kas: Pengertian, Contoh dan Cara Membuatnya
Laporan arus kas adalah laporan yang menampilkan serangkaian pendapatan dan pengeluaran yang dilakukan perusahaan dalam satu periode akuntansi. Laporan ini
Baca Juga
Cara Memilih Aplikasi untuk Kasir Minimarket Gratis yang Terbaik
Aplikasi untuk kasir minimarket atau lebih dikenal dengan istilah Point of Sale (POS) merupakan salah satu inovasi dari teknologi yang dapat
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Ruang 59 - Jl. Surya Sumantri No.59, Sukawarna, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu