Web Logo Bee
Penulis: Rizal Arisona

Bagaimana Cara Menyusun Laporan Posisi Keuangan?

Kategori: ,
Dipublish Tgl: Friday, 19 August 2022

Saat Anda bersiap untuk memulai bisnis Anda sendiri, salah satu contoh dokumen terpenting yang Anda perlukan adalah laporan posisi keuangan. Dokumen ini menjabarkan status keuangan bisnis Anda pada titik waktu tertentu.

Mungkin menakutkan untuk menyiapkan dokumen ini sendiri, tetapi jangan khawatir - kami di sini untuk membantu Anda. Dalam posting ini, kami akan menunjukkan kepada Anda cara menyusun laporan posisi keuangan untuk bisnis Anda.

Apa yang Dimaksud dengan Laporan Posisi Keuangan?

Juga dikenal sebagai laporan neraca, adalah gambaran posisi keuangan perusahaan Anda pada titik waktu tertentu. Neraca menunjukkan aset Anda (apa yang Anda miliki), kewajiban Anda (berapa jumlah utang kepada pihak ketiga), dan ekuitas pemegang saham Anda (selisih antara aset dan kewajiban Anda).

Ilustrasi Meeting Para Pemegang Saham

Ilustrasi Meeting Bulanan Para Pemegang Saham (Sumber: Freepik.com)

Penting untuk melacak kesehatan keuangan perusahaan Anda dengan secara teratur menyiapkan dan meninjau laporan posisi keuangan. Ini akan membantu Anda membuat keputusan bisnis yang baik dan mengidentifikasi potensi risiko keuangan.

Apa Saja Komponen Laporannya?

Ketika Anda bersiap-siap untuk menyiapkan laporan neraca, ada tiga komponen utama yang perlu Anda kumpulkan: aset Anda, kewajiban Anda, dan ekuitas pemegang saham Anda.

Aset adalah segala sesuatu yang Anda miliki dan dapat digunakan untuk membayar utang Anda.

Sedangkan kewajiban adalah komponen yang merujuk pada segala sesuatu yang menjadi tanggungan perusahaan, baik dalam jangka panjang maupun jangka pendek.

Ekuitas adalah kompenen terakhir yang berisi selisih antara aset dan liabilitas Anda dikurangi kekayaan bersih perusahaan Anda.

Setelah Anda memiliki angka-angka ini, Anda dapat mulai menyusun laporan posisi keuangan Anda. Penting untuk diingat bahwa urutan daftar kategorinya penting, jadi pastikan untuk berkonsultasi dengan penasihat keuangan atau akuntan jika Anda tidak yakin bagaimana memformatnya dengan benar.

Bagaimana Menyusun Laporan Posisi Keuangan?

Mari kita bahas tentang cara menyiapkan laporan ini. Langkah pertama adalah mengklasifikasikan semua aset dan kewajiban Anda ke dalam kategori. Ini akan membantu Anda mendapatkan gambaran tentang posisi keuangan perusahaan Anda secara keseluruhan.

Contoh Laporan Aset Dan Kewajiban

Contoh Laporan Aset Dan Kewajiban (Sumber: Manajemenkeuangan.net)

Selanjutnya, Anda ingin menghitung total aset, total kewajiban, dan kekayaan bersih perusahaan Anda. Dari sana, Anda bisa mulai mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang stabilitas keuangan bisnis Anda.

Baca Juga: Kenali Perbedaan Omzet dan Profit serta Strateginya Untuk Bisnis

Penting juga untuk diingat bahwa laporan posisi keuangan hanyalah sebuah snapshot dalam periode waktu tertentu. Laporan ini tidak akan menceritakan keseluruhan kisah kesehatan keuangan perusahaan Anda. Tetapi ini adalah titik awal yang baik untuk memahami di mana posisi bisnis Anda secara finansial.

Kapan Saya Butuh Laporan Posisi Keuangan?

Anda butuh laporan ini untuk menilai kesehatan keuangan dan kinerja perusahaan selama periode waktu tertentu. Laporan ini dapat membantu Anda melihat berapa banyak utang yang dimiliki perusahaan, berapa banyak uang yang telah diinvestasikan dalam aset, dan berapa banyak uang tunai yang tersedia untuk membayar kewajibannya.

Neraca Scontro

Contoh Lain Neraca (Sumber: Software Bee)

Laporan posisi keuangan juga berguna untuk membandingkan keuangan perusahaan saat ini dengan kinerja masa lalu. Anda dapat menggunakannya untuk melihat tren dan melacak perubahan dalam posisi keuangan perusahaan secara keseluruhan.

Apa Saja Manfaat Laporan Posisi Keuangan?

Anda mungkin bertanya-tanya, apa manfaat menyusun laporan posisi keuangan?

Pertama, laporan ini dapat membantu Anda membuat keputusan strategis yang lebih baik untuk bisnis Anda. Laporan ini juga dapat membantu Anda mengidentifikasi area-area di mana Anda perlu meningkatkan kinerja keuangan Anda. Selain itu, laporan keuangan dapat membantu Anda membuat keputusan yang tepat dalam hal hal-hal seperti berinvestasi dan meminjam uang.

Perempuan Sedang Menganalisa Bisnisnya

Ilustrasi Pebisnis sedang Menganalisa Bisnisnya (Sumber: Freepik.com)

Jadi seperti yang Anda lihat, ada banyak alasan mengapa menyiapkan laporan posisi keuangan adalah latihan yang berharga untuk bisnis apa pun. Jika Anda tidak yakin bagaimana cara melakukannya, pastikan untuk berbicara dengan akuntan atau pemegang buku Anda untuk mendapatkan panduan.

Manfaat Lainnya dari Laporan Neraca

Laporan neraca memiliki beberapa manfaat diantaranya adalah:

1. Membantu anda mendeteksi permasalahan keuangan anda dan mencari solusinya.

2. Mengidentifikasi potensi permasalahan yang akan datang.

3. Membantu anda dalam mengambil keputusan bisnis yang tepat.

4. Menunjukkan kondisi keuangan perusahaan anda secara realtime dan terukur.

5. Membantu anda dalam mengelola risiko bisnis anda.

6. Meningkatkan efisiensi dan efektivitas kerja perusahaan anda.

Baca Juga: Cara Buat Laporan Neraca 5 Menit & Tanpa Jago Akuntansi

Contoh Laporan Posisi Keuangan

Mari kita lihat contoh laporannya Di bagian atas laporan, Anda akan melihat aset perusahaan. Ini termasuk segala sesuatu yang bernilai yang dimiliki perusahaan, seperti uang tunai, investasi, dan inventaris.

Gambar Laporan Neraca

Contoh Lain Laporan Neraca (Sumber: Siklusakuntansi.com)

Bagian bawah laporan tersebut mencantumkan kewajiban dan ekuitas perusahaan. Kewajiban adalah jumlah utang perusahaan, seperti pinjaman atau utang dagang. Ekuitas adalah apa yang tersisa setelah perusahaan mengurangi kewajibannya dari asetnya. Ini juga dikenal sebagai ekuitas pemegang saham.

Salah Satu Contoh Laporan Keuangan

Salah Satu Contoh Laporan Posisi Keuangan (Sumber: Idmanajemen.com)

Ini hanyalah gambaran dasar tentang apa yang termasuk dalam laporan posisi keuangan. Jika Anda ingin lebih detail, Anda selalu dapat merujuk ke laporan keuangan perusahaan Anda.

Baca Juga: Contoh Laporan Keuangan Usaha Jasa Lengkap

Alternatif, Cara Membuat Laporannya Sekali Klik!

Laporan posisi keuangan (sering disebut neraca) adalah laporan yang menunjukkan posisi keuangan perusahaan pada saat tertentu. Laporan ini memberikan gambaran aset, kewajiban, dan ekuitas perusahaan.

Ada banyak cara berbeda untuk menyiapkan laporan keuangan ini. Pendekatan yang paling umum adalah dengan menggunakan basis akrual akuntansi.

Akuntan Anda dapat membantu Anda menyiapkan laporan keuangan yang paling relevan dengan bisnis Anda.

Software Akuntansi untuk Membuat Laporan Keuangan Otomatis

Atau solusi lain yang sedang tren adalah Anda bisa menggunakan software akuntansi untuk membuatnya. Dengan Beecloud, Anda tidak perlu pusing lagi membuat atau menyusun laporan neraca ini. Karena setiap kali ada transaksi yang Anda input, software akan otomatis membuatkan laporannya. Lebih ringkas, efisien dan hemat waktu. Jika ada koreksi maupun audit, Anda juga tidak perlu repot membuat dari 0. Anda hanya tinggal mencetak saja.

Testimoni Software Akuntansi Bee.id
Testimoni software akuntansi tidak sepenuhnya menjamin bahwa perangkat lunak tersebut benar-benar aman. Pasalnya, testimoni semacam ini terdapat potensi rekayasa data. […]
Baca Juga
Cara Membuat Anggaran Tahunan untuk Bisnis dan Contohnya
Cara membuat anggaran tahunan bisnis pertama-tama harus direncanakan dengan teliti untuk mengetahui kondisi keuangan usaha. Dengan membuat anggaran tahunan, Anda […]
Baca Juga
Wajib Tahu! Software Akuntansi Manufaktur Punya Banyak Kelebihan
Bisnis manufaktur di Indonesia yang biasanya orang sebut dengan pabrik memiliki sistem yang besar dan hilir-mudik perputaran modal yang tinggi. […]
Baca Juga

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Kontak
No. GSM klik bawah ini
Logo GSM Telp
Copyright © 2022 Bee.id
magnifiercrossmenu