Disc. 11% khusus Ritel & Distributor
00
Hari
:
00
Jam
:
00
Menit
:
00
Detik
Web Logo Bee
Penulis: Rininta Oktaviana

Prospek Kerja Akuntansi, Mulai dari Akuntan hingga Manajer

Dipublish Tgl: Thursday, 22 September 2022

Akuntansi merupakan sebuah bidang studi yang mempelajari metode pencatatan dan penyusunan laporan keuangan. Nah, kedua hal tersebut sangat dibutuhkan untuk membuat keputusan. Maka tidak heran, jika prospek kerja akuntansi cukup menjanjikan.

Jurusan akuntansi juga identik dengan angka dan keuangan. Namun, mahasiswa jurusan ini juga mempelajari seputar perpajakan, manajemen, pengauditan, hingga sistem informasi.

6 Prospek Kerja Akuntansi

Prospek Kerja Akuntansi

Ilustrasi Akuntan di Kantor (Sumber: Freepik.com)

Setelah lulus dari jurusan akuntansi, tahap selanjutnya adalah mencari pekerjaan. Ternyata, terdapat banyak prospek kerja yang dapat dipilih oleh pemilik gelar sarjana akuntansi.

Apa saja prospek kerja akuntan tersebut? Berikut penjelasannya.

  • Akuntan Publik

Akuntan publik bisa bekerja dengan perusahaan atau secara individu. Pekerjaan ini bertugas menganalisa menganalisa dokumen dan laporan keuangan. Oleh karena itu, akuntan publik perlu memahami regulasi perpajakan dengan baik.

Lulusan akuntansi dan memiliki sedikit pengalaman kerja akan dibayar sekitar $54,000 per tahunnya dengan peningkatan bayaran setelah dua tahun masa kerja. Sedangkan, jika sudah memiliki pengalaman kerja, akan dibayar kurang lebih $61,690 per tahunnya.

Namun, nominal di atas bisa saja berbeda, tergantung dengan perusahaan yang diikuti dan beban kerja yang didapatkan.

Baca Juga: Yuk! Kenali Pengertian Akuntan Publik dan Tugasnya

  • Manajer Akuntansi

Manajer akuntansi memiliki tugas dalam mengelola dan mengawasi akuntansi perusahaan dan semua bidang terkait pelaporan keuangan. Profesi ini memiliki tugas untuk mengumpulkan, menganalisis, dan melaporkan informasi.

Selain itu, manajer akuntansi bertanggung jawab atas tim akuntansi dan mendukung manajer dari tim lain terkait prosedur keuangan. Ia juga berhak dalam memberi saran anggaran, laporan keuangan, perkiraan, dan strategi keuangan.

Oleh karena itu, manajer akuntansi harus memahami terkait GAAP atau prinsip akuntansi yang diterima secara umum supaya dapat menjalankan pekerjaannya dengan baik dan benar.

  • Konsultan Pajak

Konsultan Pajak

Ilustrasi Konsultan Pajak (Sumber: Freepik.com)

Jasa konsultasi pada bidang perpajakan disebut dengan konsultan pajak. Adanya profesi ini untuk membantu wajib pajak, baik perusahaan atau perorangan dalam memenuhi kewajiban pajaknya.

Secara umum, konsultan bajak membantu kliennya dalam mengurus PPh dan/atau SPT PPN pajak yang baik dan benar.

Namun, beberapa konsultan pajak menawarkan banyak jasa, mulai dari mengelola hal-hal yang berhubungan dengan kepatuhan pajak milik klien, seperti membayar, menghitung, atau melaporkan pajak. 

Selain itu, pekerjaan ini mampu membuat perencanaan pajak supaya keuntungan klien lebih optimal.

Saat ada pemeriksaan pajak, konsultan pajak perlu mendampingi atau mewakili kliennya. Jika terdapat kelebihan saat membayar pajak, konsultan pajak perlu membantu kliennya untuk melakukan restitusi pajak.

Apabila terdapat sengketa pajak, maka seorang konsultan perlu melayani kliennya untuk menyelesaikan sengketa tersebut. Mulai dari banding, mengajukan keberatan, dan lain sebagainya. Dengan begitu, wajib pajak lebih tenang ketika terjadi permasalahan atau pemeriksaan pajak.

  • Petugas Akuntansi

Petugas akuntansi bertugas memperbarui dokumen keuangan, serta mencatat data-data. Sebenarnya, pekerjaan ini mirip seperti akuntan, tetapi petugas akuntansi hanya menyediakan data.

Prospek kerja akuntansi ini biasanya memanfaatkan komputer dan teknologi, serta dapat bekerja pada berbagai macam industri.

Pendapatan per tahun dari pekerjaan ini yaitu $31,030. Namun, untuk freelance atau pekerja lepas dibayar mulai dari $16 untuk setiap jamnya, tergantung pada pengalaman dan beban kerjanya.

Sebenarnya, petugas akuntansi tidak harus dari lulusan akuntansi, melainkan bisa dilakukan oleh lulusan jurusan lain, dengan catatan telah memahami dasar-dasar akuntansi.

  • Internal Auditor

Internal Auditor

Ilustrasi Internal Auditor (Sumber: Freepik.com)

Prospek kerja akuntansi yang selanjutnya yaitu sebagai internal auditor yang memastikan laporan keuangan sudah sesuai dengan fakta sebenarnya. Selain itu, internal auditor juga memastikan semua manajemen keuangan telah bekerja secara efisien dan tidak terdapat penyimpangan di dalamnya.

Oleh karena itu, fungsi dari pekerjaan ini harus terjaga dengan baik pada suatu perusahaan, sehingga terdapat pengendali di dalam suatu perusahaan supaya terbebas dari penyimpangan.

Tidak heran, internal auditor membutuhkan integritas yang tinggi supaya mampu menjalan tugas-tugasnya dengan baik dan sesuai dengan peraturan.

  • Akuntan Biaya

Akuntan biaya bertugas menganalisis biaya suatu perusahaan, serta memberikan solusi atau saran agar biaya tersebut dapat dipangkas atau dikurangi. Alasannya, supaya dapat memaksimalkan keuntungan.

Gaji yang didapatkan akuntan biaya berkisar antara $49,300 sampai $58,000 setiap tahunnya.

Baca Juga: Pengertian Kode Etik Akuntansi Indonesia dan Tujuannya

Kesimpulan

Setelah mengetahui sejumlah prospek kerja akuntansi, apakah Anda berminat untuk terjun di salah satunya? Jika iya, mulai persiapkan diri dengan matang mulai dari sekarang, ya.

Akuntansi sangat membantu pebisnis dalam mengontrol serta mengembangkan bisnis. Tanpa akuntansi maka Anda sebagai seorang pebisnis tidak bisa menganalisa apakah perusahaan mengalami kerugian ataupun untung.

Salah satu kegiatan akuntansi yang membutuhkan profesionalitas dan ketelitian tinggi adalah membuat laporan keuangan. Kini akuntan tidak perlu lagi khawatir takut membuat kesalahan dalam membuat laporan, dengan menggunakan software akuntansi online Beecloud, membuat laporan hanya 1 kali klik saja.

Banner Beecloud Bikin Laporan Neraca 1x Klik

Beecloud merupakan salah satu aplikasi pembukuan online yang fiturnya lengkap serta harganya hemat. Beecloud menyediakan gratis 14 hari untuk Anda trial, klik disini untuk mencobanya. Selamat mencoba.

Pengertian Akuntansi Pajak, Fungsi, Penerapan dan Contohnya
Akuntansi pajak adalah pengetahuan penting yang harus dipahami oleh Wajib Pajak. Akuntansi perpajakan diperlukan untuk mendapatkan perhitungan pajak tertentu. Pada […]
Baca Juga
Mengenal Neraca Lajur, Cara Membuat Beserta Contoh
Neraca lajur merupakan lembaran kertas berkolom yang dipakai dalam kegiatan akuntansi secara manual. Sebuah perusahaan, baik itu jasa maupun dagang […]
Baca Juga
Format Order dan Cara Membuatnya
Dalam bisnis jual beli online biasanya ada istilah yang dikenal dengan format order. Istilah ini memiliki peran yang sangat penting […]
Baca Juga

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Kontak
No. GSM klik bawah ini
Logo GSM Telp
Copyright © 2022 Bee.id
magnifiercrossmenu