🎉 Promo Spesial Ritel, Dapatkan Disc. Rp. 750.000
00
Hari
:
00
Jam
:
00
Menit
:
00
Detik
Logo Bee Web

Cara Membuat Nota Kosong Manual dan Jenis-Jenisnya

Nota kosong adalah dokumen fisik yang dipakai untuk mencatat transaksi. Nota kosong dijual di berbagai tempat. Bagaimana cara membuatnya?
Penulis: Farhan Anggara
Dipublish Tgl: Monday, 25 April 2022

Nota kosong bukanlah hal yang asing kita dengar bahkan mungkin beberapa orang dari kita sudah sangat familiar dengan benda ini. Nota ini sering dijadikan barang bukti transaksi. Pihak yang melakukan transaksi juga sangat beragam, mulai dari pedagang hingga kantoran.

Tapi mungkin juga ada beberapa orang yang belum mengenal apa itu nota kosong dan belum tahu fungsinya. Jadi, di sini akan dibahas tuntas tentang pengertian, cara membuat, dan contohnya.

Apa itu Nota Kosong?

nota kosong

Contoh Nota Kosong (sumber: pinterest.com)

Menurut sejarah, nota kosong pertama kali ditemukan oleh Lucio Paciolo pada tahun 1949. Lucio Paciolo adalah seorang ilmuwan yang menemukan rumus catatan keuangan serta berhasil melakukan pembukuan keuangan dengan model berpasangan. Dari zaman ke zaman, pengertian nota kosong semakin beragam.

Nota kosong adalah dokumen fisik yang dipakai untuk mencatat transaksi. Orang-orang yang bekerja di ranah digital memakasi nota dalam bentuk soft copy. Nota yang masih kosong bisa disebut juga dengan kwitansi, bon  atau  struk. Apapun pengertiannya tidak akan mengubah fungsinya karena pada intinya semua hampir sama.

Nota kosong dijual di berbagai tempat, terutama di etalase toko percetakan, marketplace atau alat tulis perkantoran. Harganya cukup terjangkau, bahkan bisa mendapatkan harga miring jika membeli dalam jumlah yang cukup banyak.

Fungsi Nota Kosong

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, salah satu fungsi dari nota kosong adalah sebagai alat bukti transaksi atau mencatat transaksi. Ada tiga macam transaksi yang biasanya ditulis oleh pedagang atau pengusaha.

1. Nota Kosong Sebagai Catatan Hutang

Transaksi jual-beli memang sangat beresiko jika tidak teliti, maka nota sangat berperan banget untuk menghindari hal-hal yang tidak dinginkan saat proses jual-beli atau sesudahnya.

2. Nota Kosong Sebagai Catatan Transaksi yang Belum Dikeluarkan

Untuk pedagang atau perusahaan yang tak jarang membeli sesuatu produk tapi produknya belum sampai ke tangan si pedagang atau perusahaan maka kwitansi kosong ini sangat membantu pencatatannya.

3. Nota Kosong Sebagai Catatan Transaksi yang Sudah Dikeluarkan

Nah ini kebalikannya yang diatas, selain mencatat in and out produk yang ada di storage, mencatatnya di nota juga bisa sangat membantu agar tidak kedoublean dan make sure  kalau barang tersebut jumlahnya tepat antara di storage dan dicatatan.

Selain tiga fungsi di atas, kwitansi kosong bisa digunakan sebagai kertas yang mencatat keuangan, dan selisih transaksi. Jika ditarik garis merah dari semua fungsi nota, maka bisa diartikan sebagai pengingat transaksi. Seandainya anda melakukan transaksi yang menurut anda penting. Tentu benda yang anda sangat butuhkan adalah nota, sehingga anda tahu kapan transaksi itu terjadi dan seperti apa transaksi itu.

Baca Juga : Contoh Laporan Kas Excel Bikin Laporan Keuangan Cuma 5 Menit

Komponen Penyusun Nota Kosong

komponen-yang-ada-di-nota-kosong

Ilustrasi Akuntan Membuat Nota Kosong (Sumber: Freepik.com)

Pada umunya, komponen nota terdiri dari belasan kolom kosong yang menjulur secara vertikal. Jumlah kolomnya juga bisa menyesuaikan secara horizontal guna memperdayakan space. 

Di bawah ini adalah komponen penyusun nota kosong :

1. Adanya Data Nomer dan Waktu Transaksi

Di bagian atas nota kosong selalu dimulai dengan data nomer dan  kapan transaksi dimulai, sehingga memudahkan kita untuk mengetahui dengan cepat waktu dan tanggal transaksi.

2. Informasi Jumlah Barang yang Ditransaksikan

Kolom pertama dan baris pertama dari nota kosong biasanya bertuliskan jumlah atau kuantiti dari suatu barang. Sehingga bisa diketahui berapa jumlah barang yang dipesan, belum dikirim dan barang stok.

3. Nama Barang

Kolom disebelah jumlah barang bisa diisi dengan nama barang yang ditransaksikan.

4. Harga dan Total Keseluruhan

Setelah kolom jumlah barang dan nama barang, ada juga kolom yang dimana biasa diisi dengan harga dan grand total keseluruhan transaksi.

5. Tanda Tangan Penerima

Kolom terakhir berisikan tanda tangan dari si penerima. Kolom ini sangat penting karena jika kita lupa meminta tanda tangan si penerima dan tiba-tiba ada kesalahan dalam jumlah atau barang yang dipesan, kita bisa komplain ke toko tersebut.

Cara Membuat Nota Kosong

Setelah kita memahami isi dari nota kosong, kita sudah punya gambaran tentang elemen-elemen apa saja yang harus ada terdapat di nota kosong. Selain membelinya di marketplace atau toko perkantoran, kita bisa loh membuat nota kosong sendiri. Nah berikut panduannya!!

1. Buat Kolom secara Horizontal dan Vertikal

Membuat kolom ini bisa dilakukan di sebuah buku polos atau bergaris

2. Buat Ruang Sedikit Menyamping

Buat space  yang agak melebar kesamping tapi agak menyempit kebawah

3. Setiap Kolom Beri Nama Sesuai Fungsinya

Biasanya kolom pertama bertuliskan No, lalu kolom kedua bertuliskan tanggal dan waktu transaksi, kolom ketiga bertuliskan nama atau jenis barang, kolom keempat bertuliskan quantiti, kolom kelima bertuliskan harga. Sedangkan dibagian akhir dan bawah dari nota ditutup dengan tanda tangan atau stempel toko atau perkantoran.

Selain cara manual, kalian juga bisa membuat nota kosong menggunakan Microsoft Excel di komputer kalian. Cukup mudah dan menghemat waktu jika kalian membuat nota kosong di Microsof Excel.

Jenis-Jenis Nota Kosong

Ilustrasi Akuntan Melakukan Rekap Nota (Sumber: Freepik.com)

Jika dilihat sekilas pada nota tidak terdapat perbedaan yang mencolok. Perbedaan yang bisa dilihat hanya pada nama toko atau logo yang tertera di nota tersebut.

Namun sebenarnya nota memiliki tiga jenis. Apa saja?

1. Nota Kontan

Nota Kontan, adalah nota yang dilakukan pada transaksi pembelian tunai. Nota ini mudah ditemukan, karena sebagian besar toko menggunakan nota jenis ini.

Biasanya nota ini dibuat dengan dua salinan, satu untuk penjual atau pemilik toko dan yang lainnya untuk pembeli. Ini juga bertujuan agar kita sebagai pembeli memiliki salinan nota yang dapat berguna jika terjadinya kesalahan.

2. Nota Kredit

Nota Kredit, adalah nota yang dibuat pada transaksi penerimaan barang yang telah dijual dengan kredit pada pihak-pihak yang bersangkutan.

Barang tersebut adalah item yang tidak memenuhi pesanan sehingga dikembalikan. Pemilik penjual atau toko pasti akan menyesuaikan item tetapi juga cocok untuk perjanjian penjual atau pemilik toko.

3. Nota Debet

Nota Debit, adalah nota yang dibuat pada transaksi pengembalian barang yang telah dibeli berdasarkan kredit. Atau juga pengurangan harga faktur karena item tersebut mengalami penurunan kualitas atau kerusakan.

Kemudian pemilik toko akan menunggu respons dari produsen barang itu untuk ditindak lanjuti. Ketika dia telah menerima tanggapan, ia dapat mencatat penyesuaian arsip dokumen toko.

Kesimpulan

Dengan mengetahui beberapa tentang nota disini Anda bisa menerapkannya untuk menjadi tanda terima usaha Anda. Tapi, jika Anda ingin yang lebih praktis, Anda bisa menggunakan aplikasi beepos untuk membuat nota secara otomatis.

Di era digital saat ini, pelanggan ingin yang serba cepat, praktis, dan mudah. Karena itu, soal pencatatan transaksi, usaha Anda juga butuh meningkatkan sistem pencatatan nota yang lebih modern dan otomatis. Untungnya, sekarang sudah ada BEEPOS. Mau cek stok barang? Check! Mau bikin nota pembelian atau nota penjualan? Bisa banget!

Menangani retur barang juga gampang dan cepat, karena Anda tinggal masukkan nomornya, dan selesai! Apalagi, BEEPOS dapat berfungsi sebagai aplikasi nota pembelian, sekaligus aplikasi kasir. Nikmati kemudahan BEEPOS sekarang, yuk! Jangan salah pilih software akuntansi, yaa.. coba dulu di sini.

Bikin-Nota-Penjualan-Otomatis-Integrasi-ke-Pembukuan-beepos

Artikel Terkait

3 Jenis Software Akuntansi Indonesia yang Paling Banyak Diakses
Beragam macam jenis software akuntansi yang ada menjadi bukti bahwa tren ekonomi digital tengah menuju puncak kejayaannya. Dunia ekonomi sedang
Baca Juga
Cara Menghitung Persentase Keuntungan dan Contohnya
Untung dan rugi adalah dua hal yang tidak bisa dipisahkan lagi dalam bisnis, agar bisnis bisa berjalan sesuai keinginan maka
Baca Juga
Menghitung Gaji 13 Lebih Mudah Menggunakan Aplikasi Gaji
Apakah Anda pernah dengar istilah gaji ke 13? Istilah gaji 13 adalah hal yang sering didengar tapi hanya sedikit orang
Baca Juga
Mengenal Aktiva Lancar dalam Akuntansi Bisnis
Setiap bisnis pasti mempunyai kekayaan yang dipakai dalam kegiatannya untuk mencetak laba dan kekayaan ini disebut sebagai aktiva yang dibagi
Baca Juga
4 Contoh Pembukuan Kas Masuk dan Keluar dan Prosesnya
Contoh pembukuan kas masuk dan keluar - Buku kаѕ mеruраkаn elemen penting dаlаm реnсаtаtаn kеuаngаn. Tіdаk hanya penting bаgі mereka
Baca Juga
Liabilitas dalam Dunia Bisnis. Apa Saja?
Dalam dunia bisnis, liabilitas bukan hal asing lagi. Liabilitas adalah salah satu komponen keuangan penting untuk menunjang sebuah perusahaan. Meskipun
Baca Juga

Artikel Populer

Wednesday, 15 March 2023
Model AIDA: Pengertian, Kelebihan dan Contohnya
Baca Juga
Sunday, 4 December 2022
Berbagai Contoh Proposal Bisnis Lengkap dengan Rinciannya
Baca Juga
Wednesday, 28 June 2023
7 Contoh Positioning Produk Brand Ternama dan Strateginya
Baca Juga
Wednesday, 18 October 2023
Contoh Matriks SWOT, Pengertian dan Strategi Penerapannya
Baca Juga
Wednesday, 7 June 2023
Feedback Artinya: Jenis, Fungsi, beserta Cara Mendapatkannya
Baca Juga
Wednesday, 7 February 2024
4 Tahapan Proses Manajemen Strategi, Fungsi dan Komponennya
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Aer Space - Jl. Karang Tinggal No.41B, Cipedes, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu