Web Logo Bee
Penulis: Farhan Anggara

Proforma Invoice Adalah: Perbedaan Invoice dan Proforma Invoice

Kategori: ,
Dipublish Tgl: Friday, 27 May 2022

Proforma invoice adalah salah satu faktur atau invoice yang disediakan oleh supplier sebelum menyediakan barang atau jasa. Invoice ini dikirimkan kepada pelanggan sebelum mereka menerima barang.

Proforma Invoice memiliki fungsi yaitu untuk melayani pelanggan dalam transaksi, dan memungkinkan pelanggan untuk melihat estimasi transaksi seperti biaya produk, biaya pengiriman, biaya pemrosesan yang juga merupakan salah satu jenis invoice penjualan.

Seperti diketahui, invoice penjualan adalah bukti transaksi setelah membayar barang atau jasa yang dibeli. Invoice penjualan digunakan oleh perusahaan atau penjual untuk berkomunikasi dengan konsumen tentang jumlah yang jatuh tempo atas transaksi penjualan.

Keberadaan invoice ini sangat penting karena merupakan bukti untuk melaporkan atau mencatat transaksi yang dilakukan.

Namun berbeda dengan jenis invoice lain, proforma invoice diberikan sebelum produk atau layanan disediakan. Oleh karena itu, proses penagihan dapat dilakukan secara bertahap.

Apa itu Proforma Invoice?

Proforma Invoice Adalah

Ilustrasi Proforma Invoice (Sumber: Freepik.com)

Definisi Proforma invoice adalah jenis invoice sementara yang diberikan sebelum pengiriman barang secara keseluruhan. Ini berarti bahwa invoice ini digunakan sebagai invoice pengganti sementara karena barang yang diterima oleh pembeli dikirim secara bertahap atau terpisah.

Tujuan dari dokumen ini adalah memberi kepastian untuk penjual dan pelanggan berada di halaman yang sama tentang perjanjian, termasuk harga barang dan jasa. Ini memberi calon klien deskripsi umum tentang biaya produk dan layanan.

Invoice penjualan Proforma biasanya digunakan dalam praktik bisnis yang menerapkan sistem pembayaran uang muka dan angsuran. Penerimaan pembayaran untuk invoice ini dapat dilakukan dengan menggunakan sistem angsuran sesuai dengan nominal yang ditentukan.

Contoh kasus adalah ketika kontraktor mendapatkan proyek yang dibagi menjadi beberapa tahap. Kontraktor mendapat uang muka sebelum proyek dimulai. Proses penagihan kemudian dilakukan secara bertahap sesuai dengan persentase penyelesaian proyek.

Penagihan dapat dilakukan dengan menggunakan invoice ini saat proyek masih berlangsung. Kontraktor masih dapat mengirim tagihan untuk nama proyek yang sama. Kemudian pembayaran disesuaikan dengan tahap mana proyek berjalan.

Menurut contoh kasus di atas, proyek yang disediakan belum selesai atau masih berjalan, tetapi kontraktor mendapat uang muka untuk proyek dan masih mengirimkan tagihan sesuai dengan tahapan yang dilakukan. Kontraktor dapat menggunakan invoice penjualan ini untuk menagih.

Fungsi Invoice Proforma

Ilustrasi Fungsi Proforma Invoice (Sumber: Freepik.com)

Berikut adalah beberapa fungsi invoice Proforma:

  • Menyatakan nilai barang untuk kebutuhan bea cukai sehingga proses pengiriman berjalan dengan lancar
  • Digunakan saat tidak memiliki semua detail yang diperlukan.
  • Beberapa klien menggunakannya sehingga pembelian mendapat persetujuan oleh pihak internal mereka.
  • Biasanya digunakan dalam transaksi impor dan perdagangan.

Manfaat Proforma Invoice

Invoice Proforma memiliki cukup banyak manfaat dalam bisnis. Secara umum, manfaat invoice ini terdiri dari beberapa poin di bawah ini.

  1. Sebagai alat untuk menunjukkan perkiraan harga. Beberapa produk sering kali merupakan harga yang tidak diketahui di awal karena harga material dapat naik dan turun. Dari invoice proforma, pembeli dapat memperkirakan harga barang yang dibeli sebelum akhirnya barang jadi dan dikirim.
  2. Catat perkiraan produk yang akan dibeli. Ada saat -saat ketika produk yang akan dibeli selesai dalam stok atau ada perubahan jumlah. Dengan invoice ini, perubahan dapat dilakukan selama mereka sesuai dengan kesepakatan bersama.
  3. Membuat perubahan angka. Pembeli juga kadang -kadang dapat membuat perubahan sendiri karena mereka membutuhkan lebih banyak barang. Alih -alih membuat invoice terpisah, lebih baik meningkatkan invoice sementara.
  4. Dapat digunakan sebagai referensi dalam buku keuangan. invoice Proforma dapat digunakan sebagai alat yang sah untuk membuat laporan keuangan. Dari invoice ini Proforma, penerbitan invoice penjualan dapat dilakukan setelah beberapa revisi harga untuk jumlah produk atau layanan yang dibeli.
  5. Rujukan yang valid jika barang akan dijual lagi. Ada saat -saat ketika invoice proforma digunakan untuk menunjukkan bahwa produk yang dibeli memang dari produsen tertentu dan asli.
  6. Rujukan yang valid untuk invoice pajak. Jika ada masalah atau ketentuan tertentu, invoice dapat digunakan untuk referensi hukum.
  7. Referensi untuk bukti ketika ada kesalahan dalam pengiriman barang. Misalnya ketika ada kekurangan barang atau mungkin ada barang yang tidak sesuai dengan keinginan.

Perbedaan Invoice dan Proforma Invoice

Ilustrasi Perbedaan Invoice dan Proforma Invoice (Sumber: Freepik.com)

Invoice berisi informasi tentang barang atau jasa yang dibeli, nilai tagihan yang harus dibayar, serta jangka waktu pembayaran yang perlu dibayar oleh pelanggan. Faktur atau invoice resmi, dan biasanya dikirim atau dikeluarkan ketika pembelian telah selesai (misalnya, pembelian 500 PC telah dikirimkan ke tempat pelanggan).

Sementara invoice Proforma adalah invoice ringkasan yang dikirim ke pembeli sebelum mengirimkan barang atau menyediakan layanan. invoice Proforma berisi informasi tentang jenis dan jumlah barang atau jasa yang dibeli, nilai barang atau jasa, dan informasi penting lainnya seperti berat badan dan biaya pengiriman.

Selain itu, invoice Proforma umumnya digunakan sebagai invoice sementara dengan kutipan.

Perbedaan yang paling terlhiat antara invoice dan proforma invoice adalah pembuatan catatan transaksi. Pencatatan transaksi dalam invoice Proforma masih dalam bentuk draft sehingga perlu dikonfirmasi dari pembeli sehingga dapat diproses menjadi invoice.

Pemakaian Invoice Proforma

Kapan perusahaan menggunakan invoice Proforma? Dalam jenis transaksi apa perusahaan mengeluarkan invoice Proforma?

Dalam beberapa transaksi dengan pembayaran di muka, penjual perlu mengeluarkan invoice Proforma untuk memastikan bahwa pembiayaan pembelian dijamin sebelum mulai menyelesaikan pesanan.

Perusahaan juga dapat mengeluarkan dan mengirim invoice Proforma sebagai bentuk permintaan pembayaran kepada pembeli. Jika seperti ini, dapat disimpulkan bahwa penjualan kemungkinan akan terjadi.

Mengapa itu mungkin? Karena ada saat -saat ketika transaksi antara penjual dan pembeli dibatalkan atau masih dalam bentuk pertimbangan. Oleh karena itu, invoice Proforma dipandang sebagai proposal penjualan yang menunjukkan bahwa transaksi masih dalam proses.

Unsur-Unsur yang Tercantum Pada Proforma Invoice

invoice berisi nomor tanggal jatuh tempo 1

Ilustrasi Unsur-unsur Proforma Invoice (Sumber: Freepik.com)

Jika Anda ingin membuat faktur Proforma, ada sejumlah hal yang perlu Anda masukkan ke dalam dokumen, diantaranya:

  • Identitas Penjual.
  • Tanggal Faktur Proforma.
  • Nama dan deskripsi produk atau layanan yang dibeli.
  • Harga, jumlah pembelian, tarif pajak, total pajak, dan jumlah total pembelian.
  • Rincian Pembayaran.
  • Tanggal jatuh tempo (jika disetujui).

Anda dapat memasukkan informasi transaksi lain yang dianggap penting bagi pembeli di Faktur Proforma, termasuk info penjualan dan pemasaran.

Berikut ini adalah contoh faktur proforma yang dapat Anda lihat:

pro forma invoice adalah

Contoh Proforma Invoice

Kesimpulan

Secara umum, invoice proforma dapat diartikan sebagai invoice sementara. Dokumen ini dibuat karena barang atau jasa belum dikirim atau diselesaikan. Selain itu, invoice ini juga dibuat jika ada masalah dengan pengiriman sehingga pembeli harus mengetahui pembaruan terbaru.

Setelah semua barang dikirim atau jasa dikerjakan, maka invoice dikirim. Umumnya invoice ini memiliki tanggal jatuh tempo dan harus dibayar segera karena barang atau jasa telah diterima sebelum batas waktu.

Dalam membuat proforma invoice untuk bisnis Anda, sangat penting untuk diperhatikan secara khusus agar dapat membantu pembiayaan operasional bisnis, dan utamanya agar tercapai kemajuan pada bisnis Anda. Anda memerlukan software akuntansi seperti Beecloud, yang dapat membantu dalam aktivitas keuangan dari bisnis yang lebih besar. Jika Anda tertarik untuk mencoba menggunakan software akuntansi online dalam mencatat keuangan secara dan membuat proforma invoice otomatis, silakan klik di sini.

Selamat mencoba!

Banner Invoice Kirim Email twitter

 

Jika Mengabaikan Akuntansi, Inilah Dampaknya pada Bisnis Anda
Sebagai pemilik bisnis kecil, penting bagi Anda untuk memperhatikan dampak mengabaikan akuntansi dan juga mengetahui bahwa kesalahan yang tampaknya kecil […]
Baca Juga
Simak Pentingnya Laporan Arus Kas Dalam Sebuah Bisnis Berikut ini
Laporan Arus kas adalah sebuah data yang menampilkan uang yang bergerak (mengalir) masuk dan keluar dari bisnis Anda dalam sebulan. […]
Baca Juga
Testimoni Software Akuntansi Bee.id
Testimoni software akuntansi tidak sepenuhnya menjamin bahwa perangkat lunak tersebut benar-benar aman. Pasalnya, testimoni semacam ini terdapat potensi rekayasa data. […]
Baca Juga

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Kontak
No. GSM klik bawah ini
Logo GSM Telp
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Aer Space - Jl. Karang Tinggal No. 41B, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2023 Bee.id
magnifiercrossmenu