🌙 Beerkah Ramadhan Disc. upto 20% dan Cashback 15%
00
Hari
:
00
Jam
:
00
Menit
:
00
Detik
Logo Bee Web

5 Kode Etik Akuntansi Publik dan Penjelasannya

Untuk menjadi seorang akuntansi publik yang profesional tentu harus memenuhi peraturan yang berlaku serta kode etik akuntansi publik..
Penulis: Rininta Oktaviana
Kategori:
Dipublish Tgl: Thursday, 11 August 2022

Apakah Anda pernah mendengar profesi akuntansi publik? Profesi tersebut menyediakan jasa untuk melakukan kegiatan akuntansi yang berbentuk swasta dengan mematuhi berbagai aturan serta kode etik akuntansi publik.

Jika Anda tertarik dengan profesi akuntansi publik, mari simak artikel mengenai kode etik akuntansi publik dan pengertian lengkapnya berikut ini:

Apa itu Akuntansi Publik?

Akuntansi Publik Adalah

Ilustrasi Akuntansi Publik (Sumber: Freepik.com)

Sebelum membahas mengenai kode etik, tentu Anda harus mengetahui terlebih dahulu apa itu profesi dari akuntansi publik. Akuntansi publik adalah profesi yang memberikan jasa akuntansi profesional dan telah mengantongi izin dari negara dan bekerja secara independen.

Tugas dari seorang akuntansi publik adalah membuat analisis laporan keuangan, audit pajak, dan laporan keuangan dan tugas lain yang berkaitan dengan akuntansi. Seorang akuntansi publik juga wajib untuk terdaftar dalam IAPI yang merupakan asosiasi profesi yang telah diakui oleh pemerintah.

Baca Juga: 25 Istilah Dasar Akuntansi yang Wajib Dipahami Pemula

Bidang Jasa Akuntansi Publik

Dalam prakteknya, ada dua bidang layanan jasa dari akuntansi publik. Berikut ini adalah kedua bidang layanan jasa tersebut:

  • Jasa Akuntansi Publik Atestasi

Dalam bidang layanan jasa mencakup audit umum untuk laporan keuangan, pemeriksaan untuk laporan keuangan prospektif dan pelaporan informasi keuangan proforma, review laporan keuangan dan lain sebagainya.

  • Jasa Akuntansi Publik Non-Atestasi

Sedangkan bidang layanan ini mencakup jasa layanan untuk akuntansi, manajemen, keuangan, perpajakan, kompilasi dan konsultasi.

Kode Etik Akuntansi Publik

Kode Etik Akuntansi Publik

Ilustrasi Kode Etik Akuntansi Publik (Sumber: Freepik.com)

Pada dasarnya, kode etik akuntansi publik adalah prinsip-prinsip umum yang juga dimiliki untuk profesi profesional lainnya. Berikut ini adalah kode etik dari akuntansi publik serta penjelasannya:

  • Integritas

Menjadi seorang akuntansi publik harus memiliki integritas yang tinggi. Integritas yang dimaksud adalah bersikap dengan jujur, berterus terang serta terbuka kepada klien mengenai informasi keuangan mereka. 

Seorang akuntansi publik juga harus menjaga rahasia informasi keuangan tersebut dan tidak menggunakannya demi keuntungan pribadi.

Selain itu, seorang akuntansi publik juga harus mengikuti peraturan berdasarkan landasan yang berlaku serta tidak membahayakan klien dengan informasi keuangan yang dimiliki.

  • Objektif

Seorang akuntansi publik juga harus bersikap objektif yang berarti membuat laporan keuangan dengan berdasarkan bukti akurat serta sesuai dengan hasil penelitian dan fakta yang ada. Akuntansi publik tidak boleh untuk membuat laporan keuangan hanya berdasarkan opini yang sifatnya bias.

Kode etik ini berfungsi untuk menghasilkan laporan keuangan agar lebih relevan dan dapat diandalkan sebagai evaluasi dalam posisi keuangan serta arus kas sebuah perusahaan. 

Agar prinsip ini terpenuhi, biasanya kantor akuntansi publik akan membatasi layanan dari seorang akuntansi publik agar tidak membahayakan sikap objektif mereka.

  • Kompeten

Kode etik akuntansi publik selanjutnya adalah kompeten. Yang dimaksud dengan kompeten, yaitu seberapa besar pengetahuan dan pengalaman yang dimiliki dari seorang akuntansi publik.

Seorang akuntansi publik harus memiliki pengetahuan dan wawasan terkini mengenai teknologi, perubahan undang-undang dan peraturan yang berlaku mengenai praktik akuntansi yang terbaik di saat ini. 

Dengan begitu, klien bisa mendapatkan jasa profesional yang cukup kompeten berdasarkan dengan perkembangan terbaru.

  • Independent

Kode Etik Akuntansi Independen

Ilustrasi Akuntan yang Independen (Sumber: Freepik.com)

Yang keempat, seorang akuntansi publik juga harus memiliki sikap yang independen. Maksud dari kode etik tersebut adalah seorang akuntansi publik tidak memiliki kepentingan apapun dari kegiatan akuntansi yang mereka lakukan.

Selain itu, seorang akuntansi publik juga tidak boleh terikat dengan pihak manapun yang memiliki indikasi berkepentingan atau bisa jadi dirugikan dari hasil kegiatan akuntansi yang dijalankan. 

Jika seorang akuntansi publik memiliki kode etik ini maka mereka telah memenuhi syarat untuk melakukan kegiatan akuntansi secara objektif dan integritas yang penuh.

  • Kerahasiaan

Seorang akuntansi publik juga harus menghormati rahasia dari informasi keuangan klien. Hal tersebut sebagai bentuk dari sikap profesionalitas. 

Seorang akuntansi publik juga tidak diijinkan untuk mengungkapkan informasi keuangan klien kepada pihak ketiga tanpa otoritas kecuali jika ada hukum yang mengharuskan.

Jika seorang akuntansi publik dapat memenuhi hal tersebut maka jasa mereka tentu dapat menjadi andalan karena kepercayaan klien yang meningkat.

Baca Juga: Software Akuntansi Keuangan Itu Penting? Ini Alasannya!

Kesimpulan

Dari informasi kode etik akuntansi publik dapat disimpulkan bahwa profesi akuntansi publik memiliki dasar pondasi dalam perusahaan bisnis. Hal tersebut dikarenakan memiliki informasi yang sangat penting dari perusahaan yang dapat digunakan pihak tertentu untuk menghancurkan perusahaan. 

Pembahasan di atas merupakan awal proses dalam akuntansi yang bisa Anda pelajari untuk bisnis Anda agar lebih maju kedepannya. Pecantatan transaksi keuangan salah satu hal yang wajib di perhatikan dalam bisnis agar tidak terjadinya kerugian.

Oleh sebab itu, Anda harus memeriksa dengan jelas catatan keuangan dalam bisnis Anda secara detail dan lebih terperinci. Agar terhindar dari fraud karyawan dan kesalahan dalam perhitungan.

Untuk memudahkan Anda dalam perhitungan transaksi keuangan, gunakanlah software akuntansi yang sudah terpercaya dan yang memiliki fitur yang lengkap.

Software Akuntansi Beeaccounting satu-satunya software akuntansi dengan 47 plugin sesuai bidang usaha Anda. Sistemnya pun sekali bayar , tanpa terkunci langganan.

Coba gratis Software Akuntansi Beeaccounting sekarang! Klik gambar di bawah ini~

Laporan Akuntansi-Pakai-Software-Akuntansi-Beeaccounting

Artikel Terbaru

Artikel Populer

Tips Bisnis

Coba Gratis

Follow Social Media Bee

Neraca adalah Laporan Keuangan, Kenali Bentuk dan Contohnya
Neraca adalah laporan sistematis mengenai akuntansi keuangan dalam sebuah perusahaan, yang sudah seharusnya menjadi makanan sehari-hari seorang akuntan. Laporan ini
Baca Juga
Hubungan Rumus Elastisitas dengan Permintaan dan Penawaran
Rumus elastisitas akan sangat berkaitan dengan ilmu ekonomi yang sering digunakan dalam dunia bisnis. Konsep elastisitas ini diciptakan untuk mengukur
Baca Juga
Biaya Total Adalah: Rumus, Cara Menghitung dan Contohnya
Total cost atau biaya total adalah seluruh biaya yang terlibat dalam suatu kegiatan, proyek, atau operasi yang dikeluarkan untuk kepentingan
Baca Juga
Accounting Software: Mengenal Pengertian dan Kegunaannya
Di zaman yang semakin modern ini, penggunaan accounting software merupakan hal yang lumrah dan justru harus digunakan. Selain penggunaannya yang
Baca Juga
Panduan Lengkap Jurnal Umum dan Cara Membuatnya
Jurnal umum adalah salah satu instrumen keuangan yang vital dalam proses pencatatan transaksi bisnis. Dengan fungsi utamanya sebagai catatan resmi
Baca Juga
Jurnal Penyesuaian Perusahaan Dagang dan Cara Membuatnya
Jurnal penyesuaian perusahaan dagang dapat dijadikan sebagai salah satu bentuk catatan transaksi yang belum dicatat dan sudah terjadi. Fungsi dari
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Ruang 59 - Jl. Surya Sumantri No.59, Sukawarna, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu