🎉 Promo Spesial Ritel, Dapatkan Disc. Rp. 750.000
00
Hari
:
00
Jam
:
00
Menit
:
00
Detik
Logo Bee Web

Profitabilitas Adalah: Pengertian, Jenis & Cara Menghitungnya

Profitabilitas adalah istilah yang penting dalam dunia bisnis, di dalam artikel ini akan dijelaskan ratio profit dan cara menghitungnya.
Penulis: Al Faris
Kategori:
Dipublish Tgl: Wednesday, 22 February 2023

Profitabilitas adalah salah satu matriks yang cukup penting dalam dunia bisnis untuk menilai kinerja sebuah perusahaan. Dengan melakukan analisis keuangan menggunakan ratio ini, maka keefisienan perusahaan dalam menghasilkan profit bisa dengan mudah dinilai.

Nilai profitabilitas dalam perusahaan juga bisa menjadi salah satu kriteria untuk menilai kinerja tim di dalamnya, karena semakin besar nilai tersebut maka semakin baik juga tim di dalamnya. Perusahaan yang mempunyai kinerja tim yang baik tentu memiliki potensi kesuksesan yang lebih besar.

Sebelum melakukan analisis mengenai nilai profitabilitas dari sebuah perusahaan, hal penting yang harus diketahui yaitu bagaimana cara menghitungnya. Maka dari itu, untuk mengetahui rumus perhitungan dan cara menghitung yang tepat bisa simak artikel berikut ini.

Pengertian Profitabilitas Adalah…

Pengertian Profitabilitas Adalah

ilustrasi memperoleh profit (sumber: Istockphoto)

Profitabilitas atau lebih banyak dikenal dengan rasio profitabilitas merupakan rasio yang digunakan untuk mengetahui kemampuan sebuah perusahaan memperoleh profit dari pendapatan.

Pendapatan yang dimaksud di sini terkait dengan penjualan produk, aset serta ekuitas yang ditetapkan berdasarkan perhitungan tertentu.
Jenis-jenis profitabilitas yang ada digunakan untuk menunjukan seberapa besar keuntungan atau laba yang bisa didapatkan oleh sebuah perusahaan, berdasarkan kinerja yang telah dilakukan.

Menurut Daily Social, rasio profitabilitas juga biasanya digunakan oleh analisis keuangan dan investor sebagai bahan evaluasi, karena investor biasanya akan mencari perusahaan yang memiliki rasio tinggi. Sebab dengan tingginya sebuah laba, arus kas, atau pendapatan sebuah perusahaan artinya kinerja keuangannya juga berjalan dengan baik.

Kinerja ini nantinya bisa berpengaruh terhadap catatan keuangan perusahaan, dimana hasilnya harus sesuai dengan standar akuntansi keuangan yang telah ditetapkan. Melalui penggunaan rasio ini juga bisa menunjukkan efisiensi dari perusahaan.

Berdasarkan perspektif dari seorang investor, indikator paling penting yang digunakan untuk menilai apakah perusahaan tersebut memiliki prospek yang baik di masa mendatang, yaitu menggunakan hasil dari analisis profitabilitas.

Maka dari itu hal ini penting sekali untuk diperhatikan sehingga bisa mengetahui kemampuan perusahaan, dalam mengembalikan keuntungan dari investasi yang dilakukan oleh investor, apakah sudah sesuai dengan yang diharapkan oleh investor.

Pengertian Rasio Profitabilitas Menurut Para Ahli

Beberapa ahli juga menyampaikan pendapatnya mengenai pengertian dari ratio profit, adapun untuk penjelasan dari masing-masing ahli yaitu sebagai berikut:

1. Menurut Brigham & Houston

Menurut Brigham & Houston, profitabilitas adalah pendapatan bersih yang didapatkan dari serangkaian kebijakan yang ditetapkan, serta keputusan yang diambil. Cara untuk menentukannya yaitu dengan cara menghitung dari berbagai tolak ukur yang masih relevan.
Rasio keuangan menjadi salah satu hal yang digunakan untuk menganalisis kondisi keuangan dari suatu perusahaan, pendapatan hingga hasil operasi.

2. Menurut Riyanto

Pengertian dari profitabilitas menurut Riyanto yaitu kemampuan perusahaan dalam menghasilkan keuntungan atau laba dalam rentang waktu tertentu, dimana hal ini bisa menjadi penentu untuk menunjukkan kinerja dari sebuah perusahaan.

3. Menurut Harahap

Harahap juga memberikan pandangan mengenai istilah ini, jadi rasio profitabilitas adalah sebuah gambaran dari kemampuan sebuah perusahaan dalam memperoleh laba melalui semua sumber daya dan kemampuan yang dimiliki.

Jenis Rasio Profitabilitas

Jenis Ratio Profit

ilustrasi perhitungan ratio profit (sumber: Unsplash)

Rasio profitabilitas sendiri terbagi menjadi 7, untuk masing-masing penjelasannya yaitu sebagai berikut:

1. Gross Profit Margin

Jenis rasio ini digunakan untuk menilai persentase dari laba kotor yang diperoleh terhadap jumlah pendapatan dari hasil penjualan. Rasion ini bisa menunjukkan nilai efisiensi dari hasil perhitungan harga pokok atau biaya produksi.

Semakin besar nilai yang didapatkan, maka kegiatan operasional bisnis juga semakin baik.

2. Profit Margin Ratio

Ratio ini juga dikenal dengan Net profit Margin, yang digunakan untuk menghitung persentase dari laba bersih yang diperoleh setelah dikurangi dengan jumlah pajak yang harus dibayarkan.

3. Return on Assets Ratio

Return on Assets Ratio bisa menjadi informasi untuk mengetahui efisiensi perusahaan dalam mengelola aset yang dimiliki.

4. Return on Equity Ratio

Selanjutnya untuk jenis rasio profitabilitas yang satu ini yaitu berguna dalam menilai kemampuan sebuah perusahaan, untuk menghasilkan keuntungan dari investasi yang dilakukan oleh pemegang saham, nilai ini dinyatakan dalam persentase.

5. Return on Sales Ratio

Rasio profitabilitas ini digunakan untuk menampilkan informasi mengenai tingkat keuntungan yang diperoleh perusahaan, setelah melakukan pembayaran seluruh biaya dari variabel produksi.

6. Return on Capital Employed

Keuntungan perusahaan berdasarkan dari modal yang dipakai dalam bentuk persentase yaitu bisa diukur menggunakan rasio ini.

7. Return of Investment

Rasio profitabilitas yang satu ini dihitung dengan cara mengurangi laba bersih setelah dikurangi dengan pajak total aktiva. Jadi nilai rasio yang semakin tinggi, maka menunjukkan kondisi perusahaan juga semakin baik.

Tujuan dan Manfaat Profitabilitas Pada Bisnis

Tujuan Profitabilitas

ilustrasi peningkatan ratio profitabilitas (sumber: Istockphoto)

Analisis profitabilitas adalah hal yang harus diketahui dengan baik bagi pelaku bisnis, sehingga bisa membantu untuk mengetahui kinerja dan kondisi sebuah perusahaan. Untuk lebih jelasnya berikut ini merupakan tujuan dari profitabilitas dalam bisnis.

  • Menghitung kemampuan perusahaan untuk mengembangkan modal yang dimiliki.
  • Menghitung pemasukan laba yang didapatkan oleh perusahaan berdasarkan periode akuntansi tertentu, menghitung perkembangan dari keuntungan yang diperoleh, kemudian hasilnya dibandingkan dengan periode akuntansi yang lainnya.
  • Menghitung laba bersih yang diperoleh perusahaan setelah dilakukan pengurangan jumlah pajak yang harus dibayar serta modal sendiri, menilai posisi laba yang didapatkan oleh perusahaan dari periode sebelumnya.

Setelah mengetahui tujuan dari profitabilitas, berikut ini merupakan beberapa manfaat dari perusahaan menggunakan rasio profitabilitas, antara lain yaitu sebagai berikut:

  • Sebagai bahan informasi penting yang dibutuhkan untuk para stakeholders serta pemegang saham.
  • Mengetahui nilai dari laba bersih perusahaan yang diperoleh.
  • Mengetahui informasi mengenai perkembangan laba dari sebuah perusahaan.
  • Mengetahui perhitungan laba perusahaan pada periode tertentu.

Cara Menghitung Rasio Profitabilitas

Cara Hitung Ratio Profitabilitas

ilustrasi menghitung ratio profitabilitas (sumber: Istockphoto)

Profitabilitas adalah salah satu penting yang harus dikuasai dalam dunia bisnis, maka dari itu cara menghitung rasio ini juga harus diketahui dengan baik. Berikut ini merupakan rumus-rumus dari beberapa jenis rasio profitabilitas:

1. Profit Margin Ratio atau Net Profit Margin

Net Profit Margin = Laba bersih setelah dikenakan pajak / Hasil penjualan

2. Gross Profit Margin

Gross Profit Margin = (Laba kotor / Total pendapatan yang didapatkan) x 100%

3. Return on Assets Ratio (ROA)

ROA = Laba bersih / Total aset

4. Return on Equity Ratio (ROE)

ROE = Laba bersih setelah pajak: Ekuitas pemegang saham

5. Return on Sales Ratio (ROS)

ROS = (Keuntungan sebelum pajak dan bunga / Total penjualan) x 100 %

6. Return on Capital Employed (ROCE)

Rumus yang digunakan untuk pengembalian modal terdiri dari dua jenis yaitu:

ROCE = Laba sebelum dikenakan pajak dan bunga / Modal kerja
ROCE = Laba sebelum dikenakan pajak dan bunga / (Total aset – Kewajiban)

7. Return of Investment (ROI)

ROI = ((Laba atas hasil investasi – Investasi awal) / Investasi) x 100%

Menghitung laba usaha tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Orang yang harus membuat laporan laba rugi adalah yang paham terkait dengan pembuatan laporan tersebut. Menghitung laba usaha dibutuhkan ketelitian agar tidak menemukan kesalahan yang mungkin akan berakibat pada perusahaan. Untuk menghindari hal tersebut, Anda bisa menggunakan software akuntansi online agar penghitungan laba dapat berjalan secara otomatis.

hitung profit pakai software akuntansi beecloud

Contoh Profitabilitas Bisnis

Setelah mengetahui mengenai rumus untuk menghitung profitabilitas, agar bisa lebih mudah dalam memahami cara untuk menggunakan rumus-rumus perhitungan tersebut, maka bisa melihat contoh dari profitabilitas bisnis berikut ini:

Diketahui PT Makmur Sejahtera tercatat informasi mengenai beberapa data dari bisnis yang dijalankan yaitu sebagai berikut:

  • Laba kotor = Rp580.000.000
  • Total pendapatan perusahaan = Rp650.000.000
  • Hasil penjualan = Rp270.000.000
  • Laba bersih setelah pajak = Rp60.000.000
  • Nilai aset = Rp20.000.000
  • Ekuitas pemegang saham = Rp96.000.000
  • Laba sebelum dikenakan pajak dan bunga = Rp85.000.000

Berdasarkan informasi tersebut maka bisa diketahui nilai dari beberapa rasio profitabilitas yaitu:

1. Margin Laba Kotor

Nilai margin laba kotor dari PT Makmur Sejahtera yaitu:
Margin laba kotor = (Rp580.000.000/Rp650.000.000) x 100%
Margin laba kotor = 89%

2. Margin Laba Bersih

Margin laba bersih dari PT Makmur Sejahtera hasilnya yaitu:
Margin laba bersih = (Rp60.000.000/Rp270.000.000) x 100 %
Margin laba bersih = 22.2%

3. Return on Asset Ratio (ROA)

Nilai persentase ROA PT Makmur Sejahtera yaitu:
ROA = (Rp60.000.000/Rp20.000.000)
ROA = 3%

4. Return on Equity Ratio (ROE)

Sedangkan nilai ROE dari PT Makmur Sejahtera didapatkan nilai persentase sebagai berikut:
ROE = Rp60.000.000/Rp96.000.000)
ROE = 62.5%

5. Return on Sales Ratio (ROS)

Terakhir yaitu untuk nilai ROS PT Makmur Sejahtera yaitu sebagai berikut:
ROS = (Rp85.000.000/Rp270.000.000) x 100%
ROS = 31.48%

Profitabilitas adalah istilah dalam bisnis yang sangat penting diketahui bagi pelaku bisnis, maka dari itu informasi di atas bisa menjadi informasi penting untuk menambah pengetahuan dan pemahaman mengenai apa yang dimaksud dengan profitabilitas dan cara menghitungnya.

Artikel Terkait

Laporan Keuangan Koperasi: Prosedur dan Macam-Macamnya
Sebagai pengurus koperasi, Anda tentu memahami pentingnya keberlangsungan koperasi yang Anda kelola. Salah satu faktor penting dalam mencapai tujuan tersebut
Baca Juga
Komponen Dasar Laporan Keuangan Perusahaan
Laporan keuangan adalah sumber informasi yang paling penting untuk membantu Anda sebagai pemilik bisnis membuat keputusan dalam menjalankan bisnis. Artinya,
Baca Juga
Cara Membuat Anggaran Penjualan Agar Bisnis Tidak Rugi
Setiap pebisnis perlu memiliki anggaran penjualan untuk menentukan kemana mereka akan bergerak dalam aktivitas bisnis yang mereka jalankan. Tanpa adanya
Baca Juga
Ekonomi Syariah: Pengertian, hingga Perbedaannya dengan Konvensional
Ekonomi syariah merupakan sistem perekonomian yang berpegang pada prinsip syariah Islam. Jika dibandingkan dengan sistem perekonomian konvensional, sistem syariah memiliki
Baca Juga
Tips Menghemat Biaya Operasional Perusahaan yang Efektif
Kebanyakan bisnis kecil dan menengah atau startup memiliki biaya operasional yang terbatas. Maka dari itu, tentunya selalu diperlukan cara yang
Baca Juga
3 Contoh Surat Hutang Piutang dan Panduannya Lengkap
Sebagai seorang profesional di dunia bisnis, sudah menjadi kegiatan biasa jika terlibat dalam transaksi hutang piutang dengan pihak lain. Dalam
Baca Juga

Artikel Populer

Wednesday, 15 March 2023
Model AIDA: Pengertian, Kelebihan dan Contohnya
Baca Juga
Wednesday, 28 June 2023
7 Contoh Positioning Produk Brand Ternama dan Strateginya
Baca Juga
Sunday, 4 December 2022
Berbagai Contoh Proposal Bisnis Lengkap dengan Rinciannya
Baca Juga
Wednesday, 18 October 2023
Contoh Matriks SWOT, Pengertian dan Strategi Penerapannya
Baca Juga
Wednesday, 7 June 2023
Feedback Artinya: Jenis, Fungsi, beserta Cara Mendapatkannya
Baca Juga
Wednesday, 7 February 2024
4 Tahapan Proses Manajemen Strategi, Fungsi dan Komponennya
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Aer Space - Jl. Karang Tinggal No.41B, Cipedes, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu