Prinsip Manajemen Keuangan yang Perlu Anda Ketahui

Thursday, 29 August 2019
Anggara Farhan
Anggara Farhan

Share

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

Dalam setiap perusahaan pastinya mempunyai orang yang ahli untuk mengatur keuangan. Dalam mengatur keuangan diperlukan yang namanya prinsip manajemen keuangan yang baik. Tujuan dari manajemen keuangan adalah untuk mengatur segala bentuk kegiatan yang berhubungan dengan keuangan. Dengan hal ini, keuangan perusahaan Anda tetap akan stabil dan terkelola dengan baik.

Manajemen keuangan tidak hanya berlaku untuk perusahaan saja. Dalam sekala kecil berupa rumah tangga, juga diperlukan yang namanya manajemen keuangan. Dengan menerapkan manajemen keuangan yang baik, semua kebutuhan yang ada di rumah tangga akan terpenuhi. Dengan menggunakan manajemen keuangan, ketakutan akan keuangan yang minus akan terhindari.

Baca Juga: Strategi Menentukan Target Pasar yang Wajib Anda Ketahui

Prinsip Manajemen Keuangan

Prinsip Manajemen Keuangan
Prinsip Manajemen Keuangan (Sumber: Freepik.com)

Sebelum bicara prinsip manajemen keuangan. Ada baiknya Anda perlu paham dahulu tentang manajemen keuangan. Kegiatan yang di lakukan untuk menjaga kestabilan keuangan. Jika di lihat berdasarkan pengertiannya. Tidak hanya perusahaan yang wajib untuk menerapkan manajemen perusahaan. Melainkan semua orang perlu untuk menerapkan manajemen keuangan setiap harinya.

Secara umum tujuan dari manajemen keuangan untuk memaksimalkan nilai dari sebuah perusahaan. Sehingga akan memberikan kesejahteraan untuk pemilik perusahaan dan juga pegawainya. Dengan tujuan yang seperti itu diperlukan pemahaman yang jelas untuk dapat menerapkan manajemen keuangan yang baik. Oleh karena itulah ada 7 prinsip manajemen keuangan yang perlu Anda ketahui.

1. Konsistensi

yang di maksud dengan konsistensi adalah prinsip sebuah sistem keuangan harus sesuai dengan yang telah di rencanakan dan tidak berubah-ubah setiap periode. Dengan menjalankan manajemen keuangan yang konsisten akan menghindari manipulasi yang di lakukan oleh pihak tertentu. Akan tetapi,  ada kalanya sistem manajemen keuangan bisa di ubah sesuai dengan kondisi perusahaan.

2. Akuntabilitas

Akuntabilitas adalah kewajiban moral dari setiap individu ataupun kelompok untuk menjelaskan secara rinci  masalah keuangan yang telah di buat. Perusahaan harus bisa mempertanggungjawabkan semua perhitungan pada manajemen keuangan yang telah di buat. Sehingga semua orang yang bersangkutan dapat mengetahui tentang dana dan kewenangan yang di gunakan.

3. Kelangsungan Hidup

Kelangsungan hidup disini di peruntuk-kan untuk masalah keuangan yang menjadi motor utama untuk menggerakkan perusahaan. Dalam manajemen keuangan di perlukan persiapan atau sebuah rencana keuangan untuk kebutuhan setiap harinya. Dalam mengatur keuangan juga harus di sesuaikan dengan jumlah dana yang di terima. Kesesuaian inilah yang akan menjaga perusahaan untuk tetap hidup.

4. Transparansi

Setiap perusahaan harus terbuka dengan pihak yang bersangkutan mengenai pekerjaannya. Memberikan informasi yang akurat, lengkap dan tepat waktu harus di lakukan oleh para manajemen untuk orang yang berkepentingan. Hal ini di peruntuk-kan agar ada kepercayaan dari pihak yang berkepentingan. Apabila transparansi ini tidak terpenuhi, berarti ada suatu hal yang di sembunyikan.

5. Integritas

Dalam setiap kegiatan yang di lakukan, perusahaan wajib memiliki integritas. Sehingga pihak yang berkepentingan yakin dan percaya dengan hasil yang Anda kerjakan. Selain itu. setiap laporan dan catatan keuangan yang Anda berikan harus berintegritas juga. Baik kelengkapan maupun keakuratan laporan keuangan. Hal ini akan memungkinkan untuk menjaga kepercayaan di kemudian hari.

6. Pengelolaan

Setiap perusahaan wajib untuk menggunakan dan mengelola dana dengan sebaik-baiknya. Dana yang telah di peroleh dari pihak yang bersangkutan harus Anda pergunakan untuk mencapai tujuan yang telah di tetapkan sebelumnya. Pengelolaan yang baik dapat meyakinkan untuk menggunakan jasa perusahaan Anda di kemudian hari. Dengan begitu Anda juga akan mendapatkan keuntungan.

7. Standar Akuntansi

Dalam menjalankan manajemen keuangan, Anda harus memahami standar akuntansi yang ada. Dengan Anda berpegang teguh pada standar akuntansi. Pengelolaan keuangan akan berjalan dengan baik. dan kepuasan pihak yang bersangkutan akan terjaga. Sehingga Anda akan mendapatkan kepercayaan untuk mengelola proyek berikutnya yang di berikan untuk Anda.

Menerapkan 7 prinsip manajemen keuangan di atas akan mendapatkan kepercayaan dari pihak yang bersangkutan. Baik secara hasil pekerjaan maupun kinerja Anda. Hal inilah yang akan memberikan keuntungan di kemudian harinya. Dari ketujuh prinsip di atas mungkin tidak semuanya akan menjamin manajemen keuangan dengan baik. Jika ada tambahan, mari kita berdiskusi di kolom komentar.

Banyak Berbagi Banyak Rejeki :

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram
Share on print
Print

Artikel Yang Mungkin Anda Suka :