⌛️ Besok Terakhir, Diskon 15% untuk Distributor!
00
Hari
:
00
Jam
:
00
Menit
:
00
Detik
Logo Bee Web

Prinsip Manajemen Keuangan yang Perlu Anda Ketahui

Dalam setiap perusahaan pastinya mempunyai orang yang ahli untuk mengatur keuangan. Dalam mengatur keuangan diperlukan prinsip manajemen keuangan yang tepat
Penulis: Rizal Arisona
Kategori:
Dipublish Tgl: Thursday, 29 August 2019

Dalam setiap perusahaan pastinya mempunyai orang yang ahli untuk mengatur keuangan. Dalam mengatur keuangan diperlukan yang namanya prinsip manajemen keuangan yang baik. Tujuan dari manajemen keuangan adalah untuk mengatur segala bentuk kegiatan yang berhubungan dengan keuangan. Dengan hal ini, keuangan perusahaan Anda tetap akan stabil dan terkelola dengan baik.

Manajemen keuangan tidak hanya berlaku untuk perusahaan saja. Dalam sekala kecil berupa rumah tangga, juga diperlukan yang namanya manajemen keuangan. Dengan menerapkan manajemen keuangan yang baik, semua kebutuhan yang ada di rumah tangga akan terpenuhi. Dengan menggunakan manajemen keuangan, ketakutan akan keuangan yang minus akan terhindari.

Baca Juga: Strategi Menentukan Target Pasar yang Wajib Anda Ketahui

Prinsip Manajemen Keuangan

Prinsip Manajemen Keuangan

Prinsip Manajemen Keuangan (Sumber: Freepik.com)

Sebelum bicara prinsip manajemen keuangan. Ada baiknya Anda perlu paham dahulu tentang manajemen keuangan. Kegiatan yang di lakukan untuk menjaga kestabilan keuangan. Jika di lihat berdasarkan pengertiannya. Tidak hanya perusahaan yang wajib untuk menerapkan manajemen perusahaan. Melainkan semua orang perlu untuk menerapkan manajemen keuangan setiap harinya.

Secara umum tujuan dari manajemen keuangan untuk memaksimalkan nilai dari sebuah perusahaan. Sehingga akan memberikan kesejahteraan untuk pemilik perusahaan dan juga pegawainya. Dengan tujuan yang seperti itu diperlukan pemahaman yang jelas untuk dapat menerapkan manajemen keuangan yang baik. Oleh karena itulah ada 7 prinsip manajemen keuangan yang perlu Anda ketahui.

1. Konsistensi

yang di maksud dengan konsistensi adalah prinsip sebuah sistem keuangan harus sesuai dengan yang telah di rencanakan dan tidak berubah-ubah setiap periode. Dengan menjalankan manajemen keuangan yang konsisten akan menghindari manipulasi yang di lakukan oleh pihak tertentu. Akan tetapi,  ada kalanya sistem manajemen keuangan bisa di ubah sesuai dengan kondisi perusahaan.

2. Akuntabilitas

Akuntabilitas adalah kewajiban moral dari setiap individu ataupun kelompok untuk menjelaskan secara rinci  masalah keuangan yang telah di buat. Perusahaan harus bisa mempertanggungjawabkan semua perhitungan pada manajemen keuangan yang telah di buat. Sehingga semua orang yang bersangkutan dapat mengetahui tentang dana dan kewenangan yang di gunakan.

3. Kelangsungan Hidup

Kelangsungan hidup disini di peruntuk-kan untuk masalah keuangan yang menjadi motor utama untuk menggerakkan perusahaan. Dalam manajemen keuangan di perlukan persiapan atau sebuah rencana keuangan untuk kebutuhan setiap harinya. Dalam mengatur keuangan juga harus di sesuaikan dengan jumlah dana yang di terima. Kesesuaian inilah yang akan menjaga perusahaan untuk tetap hidup.

4. Transparansi

Setiap perusahaan harus terbuka dengan pihak yang bersangkutan mengenai pekerjaannya. Memberikan informasi yang akurat, lengkap dan tepat waktu harus di lakukan oleh para manajemen untuk orang yang berkepentingan. Hal ini di peruntuk-kan agar ada kepercayaan dari pihak yang berkepentingan. Apabila transparansi ini tidak terpenuhi, berarti ada suatu hal yang di sembunyikan.

5. Integritas

Dalam setiap kegiatan yang di lakukan, perusahaan wajib memiliki integritas. Sehingga pihak yang berkepentingan yakin dan percaya dengan hasil yang Anda kerjakan. Selain itu. setiap laporan dan catatan keuangan yang Anda berikan harus berintegritas juga. Baik kelengkapan maupun keakuratan laporan keuangan. Hal ini akan memungkinkan untuk menjaga kepercayaan di kemudian hari.

6. Pengelolaan

Setiap perusahaan wajib untuk menggunakan dan mengelola dana dengan sebaik-baiknya. Dana yang telah di peroleh dari pihak yang bersangkutan harus Anda pergunakan untuk mencapai tujuan yang telah di tetapkan sebelumnya. Pengelolaan yang baik dapat meyakinkan untuk menggunakan jasa perusahaan Anda di kemudian hari. Dengan begitu Anda juga akan mendapatkan keuntungan.

7. Standar Akuntansi

Dalam menjalankan manajemen keuangan, Anda harus memahami standar akuntansi yang ada. Dengan Anda berpegang teguh pada standar akuntansi. Pengelolaan keuangan akan berjalan dengan baik. dan kepuasan pihak yang bersangkutan akan terjaga. Sehingga Anda akan mendapatkan kepercayaan untuk mengelola proyek berikutnya yang di berikan untuk Anda.

Menerapkan 7 prinsip manajemen keuangan di atas akan mendapatkan kepercayaan dari pihak yang bersangkutan. Baik secara hasil pekerjaan maupun kinerja Anda. Hal inilah yang akan memberikan keuntungan di kemudian harinya. Dari ketujuh prinsip di atas mungkin tidak semuanya akan menjamin manajemen keuangan dengan baik. Jika ada tambahan, mari kita berdiskusi di kolom komentar.

Artikel Terkait

Menghitung Gaji 13 Lebih Mudah Menggunakan Aplikasi Gaji
Apakah Anda pernah dengar istilah gaji ke 13? Istilah gaji 13 adalah hal yang sering didengar tapi hanya sedikit orang
Baca Juga
Contoh Biaya Peluang: Cara Menghitung, dan Manfaat
Contoh biaya peluang saat ini dapat ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Apalagi bagi orang yang bekerja di bidang entrepreneur maupun ekonomi
Baca Juga
Biaya Langsung Adalah? Ini Jenis dan Perbedaanya
Dalam dunia bisnis, pengelolaan keuangan yang efektif menjadi salah satu faktor kunci dalam mencapai keberhasilan. Salah satu aspek penting dalam
Baca Juga
Bagaimana Cara Menyusun Laporan Posisi Keuangan?
Saat Anda bersiap untuk memulai bisnis Anda sendiri, salah satu contoh dokumen terpenting yang Anda perlukan adalah laporan posisi keuangan.
Baca Juga
6 Perbedaan PPn Dan PPh dan Sanksi jika Tidak Bayar Sesuai Aturan
Pajak merupakan bagian dari berbagai transaksi. Dua diantara jenis pajak yang paling sering diperbincangkan adalah Pajak Pertambahan Nilai (PPn) dan
Baca Juga
Utang Wesel Adalah: Karakteristik, Jenis dan Contohnya
Utang wesel adalah salah satu instrumen keuangan yang telah lama digunakan dalam dunia bisnis, utang jenis ini memiliki peran yang
Baca Juga

Artikel Populer

Tuesday, 10 May 2022
Download File Excel Laporan Laba Rugi Gratis
Baca Juga
Friday, 11 September 2020
11 Contoh SIM (Sistem Informasi Manajemen) Perusahaan
Baca Juga
Monday, 7 March 2022
[DOWNLOAD] Contoh Cash Flow Excel dan Template Membuatnya Gratis
Baca Juga
Thursday, 21 April 2022
Aplikasi POS Alfamart Adalah: Pengertian dan Cara Kerja
Baca Juga
Friday, 25 September 2020
Mengenal Sejarah Akuntansi Secara Singkat
Baca Juga
Monday, 25 April 2022
4 Contoh Pembukuan Kas Masuk dan Keluar dan Prosesnya
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Aer Space - Jl. Karang Tinggal No.41B, Cipedes, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu