🌙 Beerkah Ramadhan Disc. upto 20% dan Cashback 15%
00
Hari
:
00
Jam
:
00
Menit
:
00
Detik
Logo Bee Web

5 Langkah Mudah Membuat Laporan Keuangan

Membuat laporan keuangan, meskipun sering ditakuti sebagai bagian yang rumit dari proses akuntansi usaha kecil, sebenarnya hanyalah masalah menempatkan
Penulis: Rizal Arisona
Kategori:
Dipublish Tgl: Friday, 22 November 2019

Membuat laporan keuangan, meskipun sering ditakuti sebagai bagian yang rumit dari proses akuntansi usaha kecil, sebenarnya hanyalah masalah menempatkan sejumlah saldo neraca percobaan ke dalam laporan yang sudah diformat dengan benar. Pelajari cara menyiapkan dokumen-dokumen tersebut untuk disajikan dalam bentuk laporan keuangan yang komprehensif untuk pemegang saham, pemodal potensial lainnya, dan semua pemangku kepentingan dalam perusahaan tersebut. Bagaimana prosesnya? Simak ulasan berikut ini:

Setelah Anda menyiapkan entri penyesuaian Anda dalam jurnal umum, memposting total jurnal umum ke buku besar, dan menginjakkan kaki di akun buku besar, Anda siap untuk menyiapkan laporan keuangan. Seperti sebagian besar tugas akuntansi yang telah kami ulas, perangkat lunak akuntansi Anda dapat mengurangi banyak kerja keras.

Baca Juga: Simak Pentingnya Laporan Arus Kas Dalam Sebuah Bisnis Berikut ini

Proses Pembuatan Laporan Keuangan Perusahaan

laporan keuangan

Gambar 1. Proses Pembuatan Laporan Keuangan (Sumber: Freepik.com)

Jika semua entri penyesuaian telah dibuat, dan neraca percobaan dilakukan, maka menyiapkan laporan keuangan sebenarnya hanya masalah menempatkan sejumlah saldo percobaan ke dalam laporan yang diformat dengan benar.

Menyiapkan Komponen Laporan Keuangan

Laporan keuangan yang disiapkan untuk sebagian besar usaha kecil terdiri dari 4 macam (laporan arus kas, laporan laba rugi, laporan perubahan modal dan neraca), namun yang paling utama adalah neraca dan laporan laba rugi.

Biasanya ini disiapkan oleh seorang akuntan. Tetapi dengan bantuan perangkat lunak komputer, Anda mungkin dapat menyiapkan laporan keuangan Anda sendiri. Jika Anda perlu menyiapkan laporan keuangan untuk pihak ketiga, seperti bankir, terkadang pihak ketiga dapat meminta agar laporan keuangan disusun oleh akuntan profesional atau akuntan publik bersertifikat.

Menyiapkan Neraca

Neraca juga disebut sebagai laporan posisi keuangan. Neraca adalah gambaran keuangan bisnis Anda pada tanggal tertentu. Ini daftar aset Anda, kewajiban Anda dan perbedaan antara keduanya, yang merupakan ekuitas pemilik usaha, atau kekayaan bersih. Persamaan akuntansi (aset = kewajiban + ekuitas pemilik) adalah dasar untuk neraca.

Neraca disusun setelah semua entri penyesuaian dibuat dalam jurnal umum, semua entri jurnal telah diposting ke buku besar, akun-akun buku besar telah disiapkan untuk mencapai total akhir periode, dan saldo percobaan disesuaikan dan disusun dari jurnal buku besar.

Mempersiapkan Laporan Laba Rugi

Laporan Laba Rugi juga disebut laporan profit and lost atau "P&L,". Laporan laba rugi mencantumkan penghasilan, pengeluaran, dan laba bersih (atau kerugian) usaha Anda. Laba atau kerugian bersih sama dengan penghasilan Anda dikurangi pengeluaran Anda. SPT bisnis (laporan pajak) usaha Anda bisa menggunakan variasi dari laporan laba rugi untuk menentukan potensi penghasilan kena pajak usaha Anda.

Laporan laba rugi disusun setelah semua entri penyesuaian dibuat dalam jurnal umum, semua entri jurnal telah diposting ke buku besar, akun buku besar telah disiapkan untuk mencapai total akhir periode, dan saldo neraca percobaan yang disesuaikan telah disiapkan dari total jurnal dalam buku besar.

Siapkan Entri Penutupan untuk Menyiapkan Buku untuk Periode Akuntansi Berikutnya

Setelah laporan keuangan disusun, jangan bersantai dulu. Anda perlu menyiapkan jurnal-jurnal Anda untuk periode akuntansi berikutnya dengan membersihkan akun pendapatan dan pengeluaran di buku besar dan mentransfer laba bersih (atau kerugian) ke akun ekuitas pemilik usaha. Hal ini dilakukan untuk menyiapkan entri penutup dalam sebuah jurnal umum.

Langkah-langkah Membuat Jurnal Penutup

Perhatikan perbedaan antara menyesuaikan entri dan menutup entri. Entri penyesuaian diperlukan untuk memperbarui akun tertentu dalam buku besar Anda pada akhir periode akuntansi. Itu harus dilakukan sebelum Anda dapat menyiapkan laporan keuangan dan laporan pajak penghasilan Anda. Entri penutup diperlukan untuk menghapus akun pendapatan dan pengeluaran Anda saat Anda memulai awal periode akuntansi baru.

Mempersiapkan entri jurnal penutupan adalah proses mekanis yang sangat sederhana. Ikuti langkah berikut ini:

  • Tutup akun pendapatan. Siapkan buat satu entri jurnal yang mendebit semua akun pendapatan. (Akun-akun ini akan memiliki saldo kredit dalam buku besar sebelum entri penutupan.)
  • Tutup akun pengeluaran. Persiapkan satu entri jurnal yang mengkreditkan semua akun pengeluaran. (Akun-akun ini akan memiliki saldo debet di buku besar sebelum entri penutup.)
  • Transfer saldo pendapatan ke akun modal. Siapkan entri jurnal yang menghapus akun pendapatan. Entri ini secara efektif mentransfer pendapatan (atau kerugian) usaha ke akun ekuitas pemilik.

Langkah terakhir adalah membuat jurnal penutup Jika bisnis Anda adalah kepemilikan perseorangan atau kemitraan, tutup akun penarikan (jika ada) dengan menyiapkan entri jurnal yang mengkreditkan akun penarikan dan mendebit akun ekuitas pemilik. Selamat mencoba !

buku besar adalah

Artikel Terbaru

Artikel Populer

Tips Bisnis

Coba Gratis

Follow Social Media Bee

Contoh Faktur Pembelian Beserta Penjelasannya
Contoh Faktur Pembelian - Menjalankan suatu usaha memang membutuhkan sebuah perjuangan yang maksimal. Terkadang bisnis yang dijalankan mengalami kenaikan dan
Baca Juga
Rumus ROI (Return On Invesment) dan Cara Menghitungnya
ROI atau return on investment merupakan istilah yang digunakan untuk menggambarkan efisiensi kinerja suatu bisnis, investasi, dan lain sebagainya. Maka
Baca Juga
Mengenal E Wallet Serta Cara Kerja dan Jenisnya di Indonesia
Seiring berkembangnya teknologi manusia kian diberi kemudahan dalam berbagai hal, salah satunya saat melakukan pembayaran transaksi online digital. Transaksi digital
Baca Juga
Penjelasan Inflasi: Definisi, Penyebab, Dampak
Di dalam dunia perekonomian terdapat kata-kata yang kurang dimengerti oleh orang yang awam. Salah satunya adalah inflasi. Singkatnya, inflasi adalah
Baca Juga
Budget Adalah, Fungsi, Jenis, dan Budget Plan
Secara umum budget adalah daftar rencana mengenai perkiraan pendapatan dan pengeluaran dalam periode tertentu yang digunakan untuk keperluan bisnis. Budget
Baca Juga
Prinsip Ekonomi Adalah: Jenis, Ciri dan Manfaatnya, Lengkap
Prinsip ekonomi adalah sebuah hal yang menjadi lumrah dan umum diterapkan pada kegiatan ekonomi. Baik dalam bisnis maupun kehidupan sehari-hari,
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Ruang 59 - Jl. Surya Sumantri No.59, Sukawarna, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu