Logo Bee Web

7 Manfaat Laporan Keuangan Perusahaan

Ada banyak sekali keuntungan dan manfaat laporan keuangan bagi bisnis, mulai dari jelaskan alur kas uang hingga meningkatkan penjualan
Penulis: Rizal Arisona
Kategori:
Dipublish Tgl: Wednesday, 28 August 2019

Laporan keuangan perusahaan yang dibuat dengan tepat merupakan suatu hal yang tidak boleh diabaikan oleh suatu bisnis maupun orang-orang yang menjalankannya. Dalam laporan keuangan, jalannya suatu perusahaan bisa diukur dari aspek pendapatan, untung dan rugi, serta aliran dana. Sehingga manfaat laporan keuangan perusahaan terbilang cukup banyak dan penting.

Dari data yang ada, perusahaan akan dimudahkan dalam hal pengambilan keputusan, membuat strategi pemasaran, dan meningkatkan kualitas perusahaan.

Baca Juga: Laporan Keuangan Adalah Dokumen Penting, Apa Saja Jenisnya?

Manfaat Laporan Keuangan yang Tepat Bagi Perusahaan

Laporan keuangan perusahaan

Perusahaan yang memiliki laporan asal-asalan rentan akan kerugian (Sumber: Freepik.com)

Di bawah ini, Anda bisa menelusuri lebih lanjut berbagai alasan yang membuat keberadaan laporan keuangan sangat penting bagi berjalannya bisnis.

1. Pengelolaan Keuangan jadi Lebih Mudah

Jumlah uang yang ada dalam suatu perusahaan sangat penting, sekecil apa pun angka itu. Harga aset akan semakin menurun karena adanya penyusutan. Dalam hal pendapatan, perlu dijelaskan mana yang diterima dalam bentuk tunai atau piutang.

Ada juga beberapa aspek lain yang tak kalah penting seperti jumlah keuntungan, kerugian, penyusutan, dan pajak. Dalam laporan keuangan yang dibuat dengan benar, adanya informasi yang rinci akan membantu dalam mengelola keuangan perusahaan.

2. Menghindari Kerugian Bisnis

Pajak yang dikenakan pada perusahaan terbilang cukup tinggi. Saat suatu perusahaan menghasilkan banyak keuntungan, semakin banyak juga pajak yang harus dibayar.

Jika tidak diperhitungkan, pemilik perusahaan bisa saja terkejut dengan tingginya jumlah ini sehingga keuntungan tidak banyak tersisa. Adanya laporan keuangan akan membantu dalam memperhitungkan bagaimana mengurangi beban pajak.

3. Mengurangi Potensi Kesalahan

Laporan keuangan perusahaan yang tepat juga penting untuk mengurangi kemungkinan kesalahan. Jika fatal, kesalahan apa pun bisa berakibat buruk, bahkan menimbulkan kerugian.

Misalnya jika ada kegiatan mencurigakan yang menyebabkan pendapatan berkurang, hal ini bisa dilacak melalui laporan keuangan. Karena hal ini sangat penting, tak heran jika perusahaan harus sangat teliti dalam memeriksa laporan keuangan setiap periode tertentu.

4. Membangun Kepercayaan

Laporan keuangan yang dibuat dengan benar bisa meningkatkan kepercayaan pihak lain, misalnya investor dan perusahaan lain yang mungkin terlibat dalam kerjasama. Investor memerlukan bukti bahwa suatu perusahaan bisa berkembang dan mendatangkan keuntungan sehingga mereka tidak enggan menanamkan modal.

Sama halnya dengan perusahaan sejenis. Banyak contoh kerjasama antar perusahaan yang menghasilkan suatu produk atau layanan mutakhir, dan hal ini tidak mungkin terjadi tanpa adanya kepercayaan satu sama lain. Oleh karena itu, buatlah laporan keuangan dengan tepat sejak awal karena pasti akan berdampak pada perkembangan perusahaan Anda.

5. Alur Kas Keuangan Jelas dan Teratur

Adanya laporan keuangan akan membantu perusahaan dalam mengatur keuangan dengan lebih baik. Dalam suatu perusahaan, ada banyak aspek keuangan yang harus dipertimbangkan seperti gaji karyawan, dividen untuk pemegang saham, inventaris, serta tagihan. Tentunya sulit untuk mengatur ini semua tanpa adanya laporan keuangan yang tepat dan teratur.

6. Perencanaan Bisnis Lebih Terstruktur

Menganalisa laporan keuangan sangat penting sebelum mengambil suatu keputusan. Misalnya, nilai aset yang dimiliki perusahaan akan menentukan apakah perusahaan harus menambah jumlahnya (jika modal mencukupi) atau menjualnya (jika terjadi terlalu banyak penyusutan).

Saat perusahaan membutuhkan dana untuk mengembangkan bisnis, beberapa hal yang harus dipertimbangkan adalah modal yang tersedia serta ada atau tidaknya utang dan pinjaman. Penyusunan rencana pemasaran pun harus berdasarkan pada laporan keuangan karena membutuhkan modal dan cara apa yang mungkin ditempuh untuk mencapai hasil maksimal.

Laporan keuangan merupakan pedoman paling tepat untuk membuat keputusan bijak dan menyusun rencana dengan baik. Dari enam poin di atas, Anda tentunya semakin yakin untuk serius dalam membuat laporan keuangan perusahaan karena nantinya akan menguntungkan bagi perusahaan serta semua pihak yang terkait.

Baca Juga: Contoh Laporan Keuangan Perusahaan, Lengkap dan Jelas!

7. Meningkatkan Keuntungan Bisnis

Manfaat selanjutnya dari memiliki manajemen keuangan dan manajemen bisnis yang baik, maka keuntungan bisnis juga akan jauh lebih baik. Sebab, semuanya lebih mudah diatur dan dikontrol. Semakin baik pengelolaan bisnis maka semakin baik pula keuntungan dan pendapatan yang akan diperoleh.

Untuk lebih meningkatkan efisiensi kerja Anda bisa menggunakan software akuntansi online Beecloud, dengan fitur laporan keuangan otomatis jadikan bisnis jadi lebih mudah dan menyenangkan.

Beecloud Evaluasi Keuangan Lebih Mudah Efisien Dan Memudahkan Pengambilan Keputusan Bisnis

Artikel Terbaru

Artikel Populer

Tips Bisnis

Coba Gratis

Follow Social Media Bee

Contoh Surat Izin Usaha: Cara Membuat dan Syarat Membuat
Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) merupakan surat perizinan yang wajib dimiliki oleh siapa saja yang menjalankan usaha di bidang perdagangan
Baca Juga
Apa yang Dimaksud dengan Forecast Penjualan dan Tujuan?
Anda mungkin pernah mendengar istilah "Forecast Penjualan" sebelumnya, tetapi apa arti sebenarnya? Dan mengapa hal ini sangat penting? Forecast artinya
Baca Juga
Profitabilitas Adalah: Pengertian, Jenis & Cara Menghitungnya
Profitabilitas adalah salah satu matriks yang cukup penting dalam dunia bisnis untuk menilai kinerja sebuah perusahaan. Dengan melakukan analisis keuangan
Baca Juga
Aplikasi Kasir Toko Pakaian dan Fitur Pentingnya
Aplikasi kasir toko pakaian merupakan sebuah sistem yang dibutuhkan setiap pemilik usaha. Perkembangan teknologi memberikan dampak terhadap beberapa bisnis, salah
Baca Juga
Contoh Usaha Ekstraktif, Pengertian, Karakteristik dan Dampaknya
Contoh usaha ekstraktif mencakup berbagai sektor, mulai dari perikanan, pertambangan, kehutanan, hingga pertanian. Usaha ini juga menjadi salah satu sektor
Baca Juga
Peran Penting Kebijakan Fiskal beserta Jenis dan Contohnya
Kebijakan fiskal adalah kebijakan di bidang ekonomi dan perbankan yang dikeluarkan oleh pemerintah, di mana semua jenis keputusan dan peraturannya
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Ruang 59 - Jl. Surya Sumantri No.59, Sukawarna, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu