Logo Bee Web

Enumerator Adalah: Apa Tugas dan Tanggung Jawabnya?

Enumerator adalah sosok kunci dalam survei dan penelitian, temukan peran, tugas, dan tantangan menarik dalam dunia pengumpulan data.
Penulis: Al Faris
Kategori: ,
Dipublish Tgl: Friday, 11 August 2023

Enumerator adalah sosok yang memiliki peran vital dalam mengumpulkan data yang akurat dan relevan.

Dalam artikel ini, kami akan membahas apa itu enumerator, tugas dan tanggung jawabnya, keterampilan yang diperlukan, serta tantangan yang dihadapinya. Juga, kami akan memberikan tips untuk menjadi enumerator yang sukses.

Jadi, jika Anda tertarik dengan dunia penelitian dan survei, mari kita simak bersama!

Apa itu Enumerator?

Sebelum kita membahas lebih jauh tentang peran enumerator, mari kita definisikan terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan enumerator.

Apa Itu Enumerator

enumerator adalah petugas lapangan yang membantu tim survei dalam pengumpulan data (Credit: Freepik)

Enumerator adalah seseorang yang bertugas untuk mengumpulkan data langsung dari responden dalam survei atau penelitian tertentu.

Mereka merupakan ujung tombak dalam proses pengumpulan informasi yang kemudian akan digunakan untuk analisis lebih lanjut.

Tugas Enumerator

Sebagai seorang enumerator, Anda akan memiliki beberapa tugas penting yang harus dilaksanakan dengan baik. Berikut adalah beberapa di antaranya:

1. Menghubungi Responden dan Menjelaskan Tujuan Survei

Sebagai awal dari proses pengumpulan data, enumerator harus menghubungi responden yang telah dipilih dan menjelaskan dengan jelas tujuan dari survei atau penelitian yang akan dilakukan. Komunikasi yang efektif pada tahap ini akan membantu mendapatkan kerjasama yang baik dari responden.

2. Melakukan Wawancara dengan Responden

Enumerator harus memiliki keterampilan komunikasi yang baik untuk melakukan wawancara dengan responden. Wawancara bisa berlangsung secara tatap muka, melalui telepon, atau bahkan daring. Selain bertanya sesuai panduan survei, kemampuan untuk mengajukan pertanyaan tambahan dengan sopan dan bijaksana juga diperlukan.

3. Mencatat Jawaban Responden

Bagian ini merupakan inti dari pekerjaan enumerator. Enumerator harus teliti dalam mencatat setiap jawaban yang diberikan oleh responden. Akurasi dalam mencatat data sangat penting agar hasil survei menjadi valid dan dapat diandalkan.

4. Memproses dan Menganalisis Data Survei

Setelah semua data terkumpul, enumerator akan bertanggung jawab untuk memproses dan menyusun data tersebut. Data perlu diorganisir dengan baik sebelum diserahkan kepada pihak yang akan menganalisisnya lebih lanjut.

Tanggung Jawab Enumerator

Seorang enumerator juga memiliki tanggung jawab yang harus dipatuhi demi menjaga integritas dan kredibilitas data yang dikumpulkan. Berikut adalah beberapa tanggung jawab enumerator:

1. Mengumpulkan Data yang Akurat dan Lengkap

Akurasi adalah hal yang mutlak dalam pekerjaan seorang enumerator. Data yang tidak akurat atau kurang lengkap dapat menyebabkan hasil survei menjadi tidak valid dan mengarahkan pada kesimpulan yang salah.

Apabila Anda melakukannya manual, maka kemungkinan besar nantinya pekerjaan akan lebih lambat Oleh karena itu, Anda perlu alat yang dilengkapi dengan fitur-fitur canggih bahkan dapat mengelola manajemen data.

Beecloud adalah sebuah aplikasi manajemen yang dirancang untuk membantu bisnis dalam mengelola data dengan lebih efisien dan akurat.

Beecloud Kelola Keuangan Bisnis Tanpa Asal Asalan Laporan Akurat

Dengan menggunakan aplikasi Beecloud, Anda dapat memperoleh keuntungan dalam mengelola data dengan lebih akurat. Selain itu, dengan fitur-fitur canggihnya, Beecloud juga membantu Anda membuat keputusan yang lebih baik berdasarkan analisis data yang akurat.

2. Menjaga Kerahasiaan Data Responden

Sebagai seorang profesional, enumerator harus menjaga kerahasiaan identitas dan data pribadi responden yang diwawancarai. Etika dalam menjaga kerahasiaan adalah hal yang sangat penting dalam dunia survei dan penelitian.

3. Melaporkan Hasil Survei atau Penelitian kepada Pihak yang Berwenang

Setelah data terkumpul dan diolah, enumerator harus menyampaikan hasil survei atau penelitian kepada pihak yang berwenang. Laporan tersebut harus disusun secara jelas dan komprehensif.

Skill yang Dibutuhkan Seorang Enumerator

Untuk menjadi enumerator yang sukses, terdapat beberapa keterampilan yang perlu dimiliki. Beberapa di antaranya adalah:

1. Kemampuan Berkomunikasi yang Baik

Keterampilan komunikasi yang baik akan membantu enumerator dalam menjalankan wawancara dengan lancar. Kemampuan untuk mendengarkan dengan aktif dan mengartikulasikan pertanyaan dengan jelas akan meningkatkan efektivitas wawancara.

2. Kemampuan Bernegosiasi

Enumerator seringkali akan bertemu dengan responden yang enggan atau ragu-ragu untuk berpartisipasi dalam survei. Kemampuan bernegosiasi yang baik akan membantu meyakinkan responden tentang pentingnya kontribusi mereka.

3. Kemampuan Bekerja dengan Komputer

Di era digital ini, enumerator juga harus mahir dalam penggunaan komputer. Penggunaan aplikasi atau software untuk menyusun data survei menjadi hal yang umum dilakukan.

4. Kemampuan Analisis Data

Analisa data enumerator

Ilustrasi seorang enumerator menganalisa data

Meskipun analisis data utama mungkin dilakukan oleh pihak lain, enumerator juga perlu memahami konsep dasar analisis data. Hal ini membantu enumerator dalam mengenali potensi inkonsistensi atau kesalahan dalam data yang terkumpul.

Tantangan Menjadi Enumerator

Seperti pekerjaan lainnya, menjadi enumerator juga tidak lepas dari tantangan. Berikut adalah beberapa tantangan yang mungkin dihadapi oleh seorang enumerator:

1. Bekerja dengan Jadwal yang Ketat

Enumerator seringkali harus mengumpulkan data dalam batasan waktu tertentu. Jadwal yang ketat bisa menjadi tantangan, terutama jika ada banyak responden yang harus diwawancarai.

2. Harus Bertemu dengan Berbagai Macam Orang

Enumerator akan berhadapan dengan responden dari beragam latar belakang dan karakter. Kemampuan untuk beradaptasi dengan berbagai tipe orang adalah hal yang penting untuk menciptakan lingkungan wawancara yang nyaman.

3. Terbiasa Menghadapi Penolakan dari Responden

Tidak semua responden bersedia berpartisipasi dalam survei. Enumerator harus siap menghadapi penolakan dan tetap menjaga sikap profesional.

Gaji Seorang Enumerator

Gaji enumerator bervariasi tergantung pada perusahaan, jenis survei, dan pengalaman enumerator. Namun, secara umum, gaji enumerator berkisar antara Rp 3.000.000 hingga Rp 5.000.000 per bulan.

Enumerator juga dapat menerima bonus atau komisi jika berhasil menyelesaikan survei dengan cepat dan akurat.

Berikut adalah beberapa faktor yang dapat mempengaruhi gaji enumerator:

1. Faktor Perusahaan

Gaji enumerator dapat bervariasi tergantung pada perusahaan yang mempekerjakannya. Perusahaan besar biasanya menawarkan gaji yang lebih tinggi daripada perusahaan kecil.

2. Jenis survei

Jenis survei juga dapat mempengaruhi gaji enumerator. Survei yang lebih kompleks dan membutuhkan waktu lebih lama untuk diselesaikan biasanya menawarkan gaji yang lebih tinggi.

3. Tingkat Pengalaman

Enumerator yang memiliki pengalaman lebih banyak biasanya menawarkan gaji yang lebih tinggi daripada enumerator yang baru memulai.

Jika Anda tertarik untuk menjadi enumerator, Anda dapat mencari lowongan pekerjaan di perusahaan yang bergerak di bidang survei atau penelitian.

Anda juga dapat mendaftar ke program pelatihan enumerator yang ditawarkan oleh beberapa perusahaan.

Tips untuk Menjadi Enumerator yang Sukses

Jika Anda tertarik untuk menjadi enumerator yang sukses, berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu:

1. Lakukan Riset Tentang Survei atau Penelitian

Memahami tujuan survei dan penelitian akan membantu enumerator dalam menyampaikan informasi dengan lebih baik kepada responden.

2. Kenali Karakteristik Responden

Mengenali karakteristik responden sebelum wawancara dapat membantu enumerator dalam menyesuaikan gaya komunikasi agar lebih efektif

3. Bersikaplah Ramah dan Sopan kepada Responden

Sikap yang ramah dan sopan akan menciptakan lingkungan wawancara yang lebih menyenangkan, sehingga responden lebih terbuka untuk berpartisipasi.

4. Jangan Menyerah Jika Menghadapi Penolakan

Penolakan adalah bagian dari pekerjaan enumerator. Jangan menyerah, teruskan usaha Anda untuk mencari responden lain yang bersedia berpartisipasi.

Kesimpulan

Menjadi enumerator adalah peran yang tidak bisa dianggap remeh dalam dunia survei dan penelitian. Dengan tanggung jawab yang besar, enumerator bertanggung jawab atas keakuratan data yang diumpulkan.

Meskipun ada tantangan, dengan keterampilan dan ketekunan yang tepat, Anda dapat menjadi enumerator yang sukses dan memberikan kontribusi berarti dalam dunia penelitian.

Jadi, jika Anda tertarik dengan pekerjaan yang menantang ini, persiapkan diri Anda dengan baik dan jadilah enumerator yang berkualitas.

25 Istilah Dasar Akuntansi yang Wajib Dipahami Pemula
Jika Anda mulai berpikir untuk  mengejar karir di bidang akuntansi, langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah memahami istilah dasar
Baca Juga
4 Aplikasi untuk Membuat Faktur Penjualan Bisnis
Salah satu teknologi yang sangat diperlukan oleh pebisnis, yaitu aplikasi untuk membuat faktur penjualan yang dapat diakses kapan saja dan
Baca Juga
Mengenal Profesi Auditor: Pengertian, Tugas, dan Jenis
Auditor adalah seseorang yang mempunyai kualifikasi dan keahlian tertentu pada bidang finance. Seorang auditor mempunyai tugas untuk melakukan berbagai kegiatan
Baca Juga
Ini Dia Macam-Macam Bukti Transaksi yang Harus Diketahui!
Beberapa orang mengaku bahwa mereka suka menyimpan macam-macam bukti transaksi, tujuannya agar jika ingin mengembalikan atau menukar barang yang sudah
Baca Juga
Neraca Lajur Perusahaan Dagang, Contoh dan Cara Menyusunnya
Neraca lajur perusahaan dagang adalah alat yang sangat penting dalam mengevaluasi kesehatan keuangan. Sebagai suatu bentuk laporan keuangan yang memuat
Baca Juga
Contoh Laporan Keuangan Perusahaan, Lengkap dan Jelas!
Anda membutuhkan contoh laporan keuangan perusahaan? Segala sesuatu yang berkaitan dengan finansial memang harus tersusun dengan baik. Kesalahan dalam membuatnya
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Ruang 59 - Jl. Surya Sumantri No.59, Sukawarna, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu